• Home
  • Berita
  • Facebook Blueprint, 10+ Pengertian Hingga Manfaat Pelajari Dengan Mudah

Facebook Blueprint, 10+ Pengertian Hingga Manfaat Pelajari Dengan Mudah

Oleh Ayoni Sulthon

Facebook Blueprint bisa jadi belum banyak diketahui oleh masyarakat awam, terlebih lagi mereka yang bukan merupakan penggiat media sosial seperti Facebook. Padahal sampai dengan saat ini, media sosial Facebook masih menjadi salah satu platform media sosial terbesar. Hampir semua orang memiliki akun dari media sosial yang satu ini dan memanfaatkannya untuk berbagai hal, termasuk untuk menjalankan bisnis.

Bagi Anda yang mengaku kaum milenial tentu tak boleh melewatkan pemaahaman tentang istilah yang sedang naik daun ini. Facebook Blueprint sebenarnya merupakan suatu istilah yang merujuk pada hal training gratis online, tepatnya dari Facebook. Dengan adanya fasilitas ini, maka siapa saja bisa mengenal Facebook semakin lebih baik lagi, terutama mengenai Facebook Ads yang semakin banyak digunakan.

Facebook Ads sendiri banyak dikenal karena sering dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk membangun bisnisnya. Untuk mengenal manfaat dan penggunaan Facebook Ads, maka Anda bisa mempelajarinya salah satunya melalui Facebook Blueprint. Lantas apa itu Facebok Blueprint dan seberapa besar manfaatnya? Jawabannya bisa Anda ketahui dan pahami dengan menyimak penjelasan berikut.Facebook Blueprint, Pengertian Hingga Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Pengertian Facebook Blueprint

Beberapa dari Anda bisa saja masih belum cukup paham mengenai Facebook Blueprint, sekalipun sering menjumpai istilah ini. Sebenarnya istilah ini berkaitan dengan training gratis yang bisa didapatkan secara online dari Facebook. Layanan ini akan membantu para penggunanya untuk mengenal lebih lagi mengenai Facebook Ads luar dan juga dalam.

Proses training yang diberikan oleh layanan ini nantinya akan mengajarkan pada Anda bagaimana cara yang tepat untuk membangun dan menjalankan bisnis.

Singkat kata, siapa saja yang mengakses layanan ini akan memperoleh bantuan eLearning dari Blueprint yang tentunya bisa bermanfaat terutama dalam hal pengembangan bisnis. Tentu saja hal ini akan sangat berguna bagi para pengguna Facebook yang ingin melakukan pemasaran digital.

Pengembangan bisnis melalui pemasaran digital memang sudah bukan hal asing lagi terutama di kalangan para pengguna internet. Maka dari penggunaan layanan ini, nantinya setiap orang yang telah mendapatkan layanan eLearning akan memahami lebih lagi bagaimana memanfaatkan Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis.Facebook Blueprint, Pengertian Hingga Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Kelebihan Facebook Blueprint

Tentu saja Facebook Blueprint memberikan banyak kelebihan serta manfaat untuk para penggunanya. Jika terpikir dalam benak Anda untuk memanfaatkan fasilitas besutan Facebook tersebut, simak kelebihan yang diberikan secara lebih jelas berikut ini.

Gratis dan Fleksibel

Layanan eLearning yang diberikan oleh Blueprint ini bisa didapatkan oleh setiap orang secara gratis. Para pebisnis yang biasanya harus mengeluarkan uang demi mendapatkan pengajaran tentang pemasaran digital untuk saat ini bisa lebih berhemat. Anda cukup menikmati layanan dari eLearning persembahan dari Facebook ini tanpa berbayar. Layanan eLearning ini rupanya tidak hanya gratis tetapi juga cenderung fleksibel.

Tentu Anda bisa mengaksesnya kapan saja Anda menginginkannya dan dimana saja Anda berada. Hal ini akan sangat memudahkan bagi siapa saja yang membutuhkan dan menggunakan layanan eLearning dari Blueprint ini. Bahkan untuk pelajaran yang tersedia pada layanan ini dapat dikategorikan, sehingga bisa sesuai dengan tujuan dari bisnis yang Anda jalankan.

Pemilihan jenis pelajaran nantinya bisa didasarkan pada kebutuhan setiap pengguna. Jadi pemilihan pelajaran juga cenderung fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pebisnis.

Dari seluruh pembelajaran yang tersedia, nantinya pengguna akan menemukan berbagai macam topik yang ingin dipelajari dan didalami lebih jauh lagi. Tentukan saja topik manakah yang ingin didalami secara lebih lagi, hingga pengetahuan Anda dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan Facebook Ads bisa bertambah.

Materi Pengajaran Yang Tepat

Sesuai dengan sifatnya yang cenderung fleksibel, maka pada layanan eLearning dari Blueprint ini bisa ditemukan berbagai macam materi pengajaran. Beberapa jenis pengajaran yang ditawarkan mulai dari brand awareness dan lead generation, sampai dengan monetisasi konten. Selanjutnya, para pengguna bisa menemukan berbagai macam topik yang ingin dipelajari secara lebih jauh lagi.

Pengajaran tidak hanya terhenti sampai disitu saja, tetapi layanan eLearning juga akan mengajarkan pada Anda bagiamana cara tepat untuk menargetkan audience. Selain itu, setiap pengguna layanan dari Facebook Blueprint ini juga akan diajarkan cara tepat untuk mengukur performance dari sebuah ads.

Memang pada dasarnya kedua macam skill ini harus dimiliki oleh para pelaku bisnis, terutama pebisnis yang menggunakan Facebook Ads sebagai media promosi. Masih ada 85 pelajaran lagi yang tersedia di Facebook Blueprint dan tentunya keseluruh pelajaran ini sangat berguna.

Nantinya pengembangan bisnis bisa dijalankan dengan berbekal ilmu dari layanan eLearning tersebut. Sebab setiap materi yang diberikan pada training online ini sangat sesuai dengan cara pengembangan bisnis terkini baik pada media sosial Facebook ataupun Instagram.Facebook Blueprint, Pengertian Hingga Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Memberikan Pengalaman Terbaik

Setiap materi yang diterima oleh para pengguna layanan Facebook Blueprint akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis. Berbagai pengetahuan terutama di bidang marketing pun bisa Anda dapatkan di sini. Bahkan pelajaran yang diterima tidak terbatas hanya satu saja.

Setiap Anda juga bisa mendapatkan lebih dari satu pelajaran sekalipun di waktu yang sama. Diharapkan, seluruh pengetahuan yang didapat bisa menggiring Anda pada keberhasilan dan kesuksesan bisnis.

Tidak hanya itu, tetapi masih ada banyak hal lain yang dapat Anda peroleh. Termasuk pula insight mengenai bagaimana performance yang ada pada iklan Anda, tepatnya di media sosial baik Facebook maupun Instagram. Di sini telah tersedia sebanyak 17 kategori yang berbeda dari seluruh pelajaran yang diberikan pada setiap pengguna layanan eLearning.

Dengan adanya banyak pengajaran ini, maka sudah pasti pebisnis yang sebelumnya telah mengikuti pembelajaran atau training dari layanan Facebook Blueprint akan memiliki pengalaman yang terbaik. Pengelolaan bisnis bisa berjalan dengan lancar dan seluruh hal yang diterapkan pada bisnis bisa saja merupakan perwujudan dari apa yang sudah dipelajari.

Adanya Sertifikat

Kelebihan lainnya dari penggunaan Facebook Blueprint adalah adanya sertifikat yang akan diberikan pada setiap pengguna layanan. Bagi Anda yang telah melewati berbagai macam pelajaran yang tersedia, maka akan mendapatkan dua sertifikat tepatnya untuk dua bidang keahlian yang berbeda.

Sertifikat yang pertama adalah Facebook Certified Planning Professional. Sertifikat ini diberikan pada tiap orang yang telah berhasil dalam melakukan perencanaan dan pembuatan campaign iklan Facebook. Hal ini bisa diukur melalui kemampuan pengguna dalam hal pengelolaan Facebook Page dan objektif iklan serta target audience dan masih banyak lagi.

Sertifikat yang kedua adalah Facebook Certified Buying Professional. Jika Anda ingin mendapatkan sertifikat jenis ini, tentu Anda sebelumnya perlu mengetahui dengan lebih jelas mengenai pengelolaan dan pembuatan serta pembelian Facebook Ads. Selain itu Anda juga perlu tahu cara penggunaan lelang ads dan cara mencapai KPI iklan, serta pembuatan laporan yang akurat.

Kedua sertifikasi ini bisa didapatkan jika Anda telah melakukan exam 310-101 dan 322-101 serta mendapat nilai 700 ke atas.Facebook Blueprint, Pengertian Hingga Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Cara Penggunaan Layanan Facebook Blueprint

Bagi yang belum pernah mencoba untuk menggunakan layanan ini, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan. Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa langkah dan cara untuk menggunakan layanan Facebook Blueprint secara mudahnya.

Buat Akun

Langkah awal yang bisa dilakukan bagi setiap Anda jika ingin menggunakan layanan eLearning gratis dari Facebook Blueprint adalah dengan membuat akun. Untuk membuat akun, Anda bisa berkunjung ke situsnya langsung.

Saat pertama berkunjung ke laman dari Facebook Blueprint ini nantinya Anda akan ditawarkan untuk membuka akun. Jadi Anda tinggal mengisi data pada setiap kolom yang tertera. Mulai dari mengisi nama hingga jenis bisnis yang dijalankan di akun Facebook.

Setelah itu jangan lupa berikan alamat email aktif yang juga digunakan tepatnya email untuk akun facebook. Hanya dengan mengisi data maka Anda telah terdaftar sebagai pengguna layanan training online ini.

Jelajahi Kursus

Setelah daftar maka Anda bisa menggunakan layanan ini sepenuhnya. Di bagian bawah, ada tombol Jelajahi Kursus yang bisa diklik setelah memiliki akun Facebook Blueprint. Saat melakukan klik pada tombol tersebut, nantinya Anda akan diajak menuju ke laman yang menampilkan berbagai jenis kursus. Salah satunya adalah bagiamana menggunakan Facebook dan bagaimana mengelola iklan pada akun Facebook.

Selain itu, ada juga pilihan kursus mempelajari pembelian dan juga cara menentukan target. Layanan ini juga menawarkan banyak jenis kursus lainnya yang siap menjadi pelajaran berharga bagi Anda sekalian.Facebook Blueprint, Pengertian Hingga Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Ketrampilan dan Pelatihan

Ketrampilan dan Pelatihan bisa ditemukan dengan cara scroll down setelah melakukan pembuatan akun pada Facebook Blueprint. Pada bagian Ketrampilan dan Pelatihan ini bisa ditemukan sejumlah keterangan, tepatnya mengenai cara untuk menjalankan kurus.

Ada pula keterangan mengenai program pembelajaran yang tersedia dan juga mengenai sertifikasi Facebook. Untuk mengetahui tiap bagiannya, maka Anda bisa melakukan klik pada tombol Pelajari Selengkapnya yang tersedia.

Tentu hal ini akan sangat menolong setiap pengguna layanan eLearning ini. Di samping itu, tiap bagian yang ada pada Facebook Blueprint bisa semakin memudahkan pengguna dalam mendapatkan kursus hingga akhirnya mendapatkan sertifikat dari facebook.

Panduan dan Sumber Informasi

Mendalami cara kerja Facebook Blueprint mungkin pada awalnya terasa tidak mudah seperti yang dibayangkan. Namun dengan adanya berbagai pertunjuk yang tersedia diharapkan agar setiap pengguna bisa memanfaatkan layanan dari training online dari Facebook ini.

Bagi Anda yang merasa masih belum jelas mengenai layanan ini, bisa mencari informasi yang lebih lagi yaitu pada bagian Panduan dan Sumber Informasi. Berbagai informasi terdapat di sini dan Anda bisa mempelajari layanan training online gratis dengan lebih baik lagi.

Jika masih belum jelas lagi tentunya Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan untuk membantu menjawab segala pertanyaan berkaitan dengan Facebook Blueprint.

Layanan Blueprint Live

Layanan lain dari Facebook Blueprint yang juga sangat berguna bagi Anda sekalian adalah Blueprint Live. Layanan ini menjadi salah satu layanan terbaik dari Facebook untuk para pelanggan. Di mana Blueprint Live hadir dengan adanya seminar eksklusif yang pada dasarnya ditujukan bagi para pengiklan.

Tujuannya tak lain adalah agar para pengiklan dapat mempelajari secara lebih lanjut mengenai bagaimana cara yang tepat untuk melakukan pemasaran, baik di media Facebook maupun di media Instagram.

Jadi kesempatan belajar yang disediakan oleh Facebook ini memang sangat direkomendasikan bagi para pengguna Facebook dan Instagram. Layanan ini bahkan dibangun dengan berdasarkan pada sistem pengetahuan peer-to-peer yang bertujuan sebagai hubungan timbal balik. Baik antara sesama rekan kerja maupun lainnya.

Dengan begitu, layanan Blueprint Live ini diharapkan agar Anda juga bisa belajar menjalankan bisnis dari seluruh rekan.

Pentingnya Sertifikasi Facebook Blueprint

Telah diketahui secara jelas bahwa setiap tahapan kursus atau pembelajaran online yang telah dilalui oleh para penguna layanan Facebook Blueprint akan berakhir dengan adanya pemberian sertifikat.

Hal ini membuat layanan eLearning dari Facebook ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Layanan eLearning gratis ini bahkan bisa menciptakan pebisnis yang unggul berkat seluruh materi pelajaran yang telah diberikan pada para pemilik akun Facebook Blueprint.

Memang setiap dari Anda bisa saja belajar sendiri dari berbagai tutorial yang tersedia di YouTube atau website. Namun untuk layanan yang lebih baik, tentunya Anda bisa memanfaatkan eLearning gratis langsung dari Facebook ini.

Setelah mendapatkan sertifikat dari Facebook maka nantinya Anda bisa dikatakan lebih menonjol daripada yang lainnya. Sebab setiap pembelajaran yang diberikannya berkualitas dan sangat bermanfaat.

Terlebih lagi ujian yang diberikan layanan kursus online ini berupa ujian digital marketing yang dinilai paling sulit, sekaligus paling ketat di dunia internet. Untuk itu bagi Anda yang telah memiliki sertifikasi inti tentu saja tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam hal penggunaan Messenger dan Facebook serta Instagram, terutama untuk kepentingan beriklan.

Kursus dan Training Online Facebook Blueprint

Facebook Blueprint sebagai layanan kursus dan training online gratis akan selalu menjadi sarana belajar terbaik yang tersedia via online. Sarana belajar ini menyediakan materi lengkap, terutama di bidang digital marketing. Terlebih lagi dengan adanya sertifikasi yang diberikan dari pihak layanan Facebook akan membuat Anda semakin diakui kemampuannya.

Pada akhirnya Anda akan menjadi seorang digital marketing yang handal dan memiliki kredibilitas yang cukup tinggi. Semua ini bukan hanya akan menjadi impian belaka jika pemanfaatan kursus dan training online Facebook Blueprint bisa Anda maksimalkan. Tentu eLearning ini akan sangat membantu Anda yang ingin menjadi pebisnis digital terbaik.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds