• Home
  • Berita
  • Buat Blog Baru dengan 9 Platform Blog Anti-mainstream

Buat Blog Baru dengan 9 Platform Blog Anti-mainstream

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Blog adalah salah satu media yang paling sering digunakan untuk strategi konten saat ini. Sehingga keberadaannya tidak lagi hanya sebagai tempat untuk menyalurkan hobi saja, melainkan juga untuk membantu perkembangan bisnis. Melalui blog dengan konten berkualitas, kamu akan memiliki traffic pengunjung website yang tinggi. Namun, apa saja platform blog terbaik yang bisa digunakan? 

Apa Itu Blog?

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa blog adalah salah satu bagian dari situs web yang berisi log atau jurnal harian online. Biasanya blog akan menampilkan informasi dalam urutan kronologis dari postingan paling baru. 

Blog sendiri biasa digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Ada yang menggunakannya untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Sehingga, ada dua perbedaan jenis platform untuk membuat blog. 

Baca juga: Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Jenis Platform untuk Membuat Blog

1. Blog Publishing Services

Ini adalah jenis platform untuk membuat blog yang berfungsi untuk mempublikasikan konten dan umumnya tersedia secara gratis. Bagi kamu yang ingin menggunakannya, hanya perlu membuat akun melalui email ke platform yang diinginkan.

Platform blog
Sumber: Envato

Biaya gratis tersebut sudah mencakup hosting, domain, dan sebagainya. Jadi, blog yang kamu gunakan memakai sub-domain dari domain utama platform.  

Jenis platform untuk membuat blog yang satu ini terbilang user friendly, sehingga cocok bagi yang pemula, karena kamu hanya perlu membuat konten dan mempublikasikannya saja. 

2. Content Management System (CMS)

Jenis platform untuk membuat blog selanjutnya adalah CMS yang membutuhkan server hosting dan domain.

Penggunaan CMS ini memang berbayar tetapi banyak memiliki fitur-fitur untuk memaksimalkan blog website. Bahkan kamu bisa melakukan kustomisasi tampilan dan mengatur sistemnya secara mandiri. 

Platform Blog Terbaik

1. WordPress

WordPress adalah salah satu jenis platform untuk membuat blog yang paling populer. Tak hanya sekadar mempublikasi konten, tetapi juga sebagai Content Management System (CMS) yang bisa disesuaikan untuk berbagai kebutuhan bisnis.  

Selain itu, WordPress juga sangat bagus bagi kamu yang berencana untuk meningkatkan skala blog menjadi lebih besar hingga bisa mendapatkan keuntungan.

Pasalnya, WordPress ini open source yang artinya tidak merahasiakan kode-kode sumbernya. Developer atau para pengembang pun dapat masuk dan membuat widget, plugin, serta tools lain untuk menyesuaikan penggunaan WordPress. 

Dengan begitu, kamu sebagai user atau pengguna akan lebih mudah untuk membuat jenis blog apa pun yang diinginkan. WordPress juga dianggap sebagai salah satu platform blog terbaik bagi para blogger karena sudah menyediakan banyak fitur untuk kebutuhan SEO. Itulah mengapa WordPress ini cocok digunakan bahkan untuk pemula. 

2. Blogger

 

Blogger adalah salah satu platform blog yang mungkin sudah digunakan oleh hampir semua orang. Penggunaannya yang mudah dan tools sederhana, membuat banyak orang memilihnya. 

Blogger adalah platform blog yang bisa diakses secara gratis dan dirancang untuk pemula. Meskipun tidak memiliki banyak fitur manajemen konten, namun Blogger lebih kaya akan fitur gratis. 

Oleh karena itu, Blogger sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat blog atau menghasilkan uang tambahan. Bagi yang tertarik dengan Blogger, kamu bisa langsung memulainya hanya dengan membuat akun Google, memilih template, dan mendapatkan publikasi. 

Kamu yang ingin upgrade untuk meningkatkan kualitas blog juga dapat membeli domain khusus, mengoptimalkan pengaturan SEO, menghubungkan blog ke Google Analytics, menggunakan Adsense, bahkan mengedit HTML dan CSS situs. 

3. Medium

Medium adalah salah satu platform blog yang juga terbilang populer saat ini. Pasalnya, selain untuk konten-konten yang memang sudah memiliki konsep tertentu, kamu juga bisa berbagi cerita terkait hal-hal pribadi atau lebih tepatnya untuk sharing pengalaman.

Hal yang membuat Medium sangat menonjol sebagai platform blog adalah orang-orang dapat menelusuri beberapa sumber publikasi dan topik secara luas. 

Penulis juga dapat memposting karya mereka dengan menggunakan akun pribadi atau mengirimkan tulisan ke publikasi tertentu agar bisa diterbitkan di blog Medium lain. Sehingga menarik lebih banyak pembaca.

Dengan adanya jumlah pembaca yang besar, kamu bisa meningkatkan traffic ke situs web dan memungkinkan untuk mendapatkan bayaran bagi penulis. Caranya dengan menulis melalui Program Mitra Medium. Penulis akan mendapatkan bayaran untuk pekerjaan mereka berdasarkan jumlah engagement yang didapat dari setiap artikel. 

Baca juga: Apa Itu Blogspot (Blogger) dan Cara Membuat Blog dengan Blogger!

4. Wix

Platform blog selanjutnya adalah Wix, di mana user atau pengguna yang masih tergolong pemula pun bisa terlihat profesional. Mereka bisa mendesain tampilan blog sendiri tanpa perlu mempelajari kode atau develop web

Wix ini dinilai cukup mudah untuk digunakan dan beberapa materi pembelajaran basic-nya relatif sederhana. Platform blog yang satu ini menawarkan ratusan template di berbagai kategori situs web. Misalnya, template untuk blog perjalanan, portofolio, atau galeri fotografi. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu memiliki pengetahuan banyak tentang kode- kode tertentu untuk memindahkan aset dan membuat blog sesuai dengan keinginan. 

Wix juga sudah dilengkapi dengan support yang baik melalui layanan panggilan selama 24/7 dan adanya beberapa artikel pengetahuan untuk membantu pemula jika mengalami kendala.

Sumber: Envato

5. Weebly

Weebly adalah salah satu platform yang cocok digunakan untuk membuat blog dengan banyak konten tetapi fungsionalitasnya lebih mendasar.

Platform blog Weebly ini juga terjangkau dan mudah digunakan seperti Wix. Tetapi yang membedakannya adalah fitur Editor, di mana mampu mendukung fungsionalitas drag and drop untuk postingan dan halaman. 

Selain itu, kamu juga dapat membuat layout yang lebih kompleks dengan menambahkan elemen seperti form dan galeri gambar. Tambahkan lain juga bisa dilakukan seperti memiliki banyak sub-level ke menu navigasi, sehingga akan lebih mudah untuk mengatur konten dalam jumlah besar.

Semua template di platform blog Weebly juga dioptimalkan untuk mobile, berarti kamu tidak perlu lagi melakukan pengeditan atau pengaturan ulang. 

6. Joomla

Joomla adalah platform blog terbaik untuk membangun sebuah komunitas. Ini merupakan CMS open source yang sudah dilengkapi dengan berbagai konten dan fitur canggih. Sehingga, Joomla seringkali dijadikan alternatif WordPress bagi kamu yang ingin membuat blog untuk fokus pada komunitas.

Joomla juga  menawarkan fungsionalitas bawaan yang kaya serta adanya ribuan ekstensi. Sebagai contoh, Joomla memungkinkan kamu untuk membuat jenis posting khusus, mengelola ratusan user, dan mempublikasikan konten dalam berbagai bahasa.

7. Drupal

Platform blog yang dinilai fleksibilitasnya cukup baik adalah Drupal. Ini merupakan CMS open source yang sangat fleksibel karena cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kebutuhan blogging cukup kompleks. Drupal memiliki ratusan fitur sederhana dan modul pembelajaran bagi kamu yang masih terbilang pemula. 

8. Squarespace

Selain isi konten yang berkualitas, banyak juga pemilik blog yang ingin membuat tampilannya menarik bukan? Squarespace ini pun bisa menjadi pilihan platform blog terbaik karena akan membantu kamu membuat situs yang menarik. 

Squarespace sendiri adalah platform blog pembuat situs web yang dirancang untuk membantu kamu menciptakan ide-ide kreatif.  

Dengan Squarespace, kamu tidak perlu pengetahuan tentang pengkodean apa pun. Tetapi yang sangat dibutuhkan untuk bisa membuat blog Squarespace adalah waktu. 

Penggunaannya yang sederhana dan tidak terlalu sulit akan membantu kamu menciptakan blog menarik yang sudah dilengkapi dengan hal-hal seperti fitur checkout eCommerce, nama domain khusus, dan bahkan sudah ada perlindungan sertifikat SSL.

Ratusan blog Squarespace ini memiliki template yang sangat menarik karena memang dibuat langsung oleh beberapa desainer ternama. Sederhananya, kamu bisa melakukan kustomisasi pada tampilan blog Squarespace sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.  

9. Wattpad

Platform blog yang terakhir adalah Wattpad. Ini agak sedikit berbeda dengan platform lainnya, karena Wattpad secara khusus berisi kumpulan cerita fiksi. 

Kamu selaku pengguna atau user bisa mendapatkan fitur untuk saling berbalas komentar, mengembangkan karya tulisnya, bahkan mengikuti kuis.

Wattpad juga sebagai tempat bertemunya antara penulis dan penerbit. Di mana nantinya setiap penulis-penulis bisa memiliki kesempatan untuk menerbitkan karyanya sendiri. 

Meskipun terbilang cukup mudah untuk digunakan, namun kamu harus menulis cerita di platform ini dengan beberapa strategi khusus. Tujuannya agar bisa mendapatkan pembaca lebih banyak. 

Tips agar tulisanmu di Wattpad banyak dibaca orang adalah sering publikasikan karya secara rutin, menggunakan hashtag, serta aktif di komunitas penulis. Namun, Wattpad ini memang hanya memiliki fitur standar, template yang sedikit sulit untuk di custom, dan beratnya persaingan antar penulis.

Platform blog
Sumber: Envato

Baca juga: 14 Cara Menulis Blog Menarik yang Mengundang Trafik

Yuk, Mulai Sekarang Tentukan Platform Blog Terbaikmu!

Itulah beberapa platform blog terbaik yang saat ini paling sering digunakan. Beberapa platform blog tersebut seperti WordPress, Blogger, Wix, Weebly, Medium, Joomla, Drupal, Squarespace, dan Wattpad. Masing-masing platform memiliki keunggulannya sendiri, sehingga kamu harus tentukan sesuai dengan kebutuhan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk lebih dulu memahami perbedaan jenis platform untuk membuat blog. Sehingga kamu bisa menentukan mana platform blog terbaik untuk mempublikasikan konten-konten milikmu.

Selain platform blog, nama domain yang bagus juga akan membantu blog kamu lebih mudah dikenali oleh audiens. Memilih nama domain kini sudah lebih mudah karena ekstensi domain unik mulai bermunculan. Seperti RADIX dengan ekstensi domainnya yang beragam seperti .PRESS, .SITE, .STORE, .ONLINE, .TECH, .SPACE, atau .WEBSITE.

Seperti yang sudah diketahui, ekstensi .COM mulai sulit untuk digunakan karena ekstensi tersebut adalah ekstensi yang paling lama ada di dunia internet. Oleh karena itu, ekstensi unik milik RADIX ini bisa jadi alternatif terbaik. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!