• Home
  • Berita
  • Hi Blogger! Kamu Tahu Sejarah Blog dan Jenisnya?

Hi Blogger! Kamu Tahu Sejarah Blog dan Jenisnya?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.
Sejarah Blog dan Jenisnya

 

Sejarah Blog “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” -Pramoedya Ananta Toer

Kutipan di atas sepertinya cocok dengan kondisi kita sekarang ini di era serba teknologi. Mengapa? Ada begitu banyak tulisan termuat terutama jika kita berbicara mengenai internet. Internet menjadi media yang hingga hari ini memberi ruang untuk perkembangan platform baru seperti media jejaring sosial.

Perkembangan Blog

Media jejaring sosial memiliki beragam bentuk sedemikian rupa disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Blog menjadi salah satu media yang perkembangannya cukup intensif sejak kemunculannya di internet. Dibalik kemunculannya , apakah kamu tahu sejarah blog?

Era digital sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan blog? Banyak orang sudah memiliki platform blog baik itu untuk personal maupun bisnis. Blog berkembang menjadi basis dari sekian banyak platform yang ada di dunia maya. Bagaimana blog basis ini bisa berkembang seperti sekarang? Simak sejarah blog yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

sejarah blog
Sumber: Pixabay

Sejarah Blog

Tahun 1994

Keberadaan blog dimulai sekitar tahun 1994 dalam bentuk jurnal pribadi online oleh Justin Hall. Situsnya diberi nama links.net dengan tampilan sederhana kala itu, background putih polos dengan tulisan yang dia buat. Hal ini membuat Justin mendapat gelar The Founding Father of Personal Blogger pada tahun 2004 oleh The New York Times Magazine atas inisiatifnya membuat jurnal online kala itu dan berisi konten personal.

Tahun 1997

Muncul istilah weblog yang dikenalkan oleh Jorn Barger untuk menggambarkan aktivitas pada internet atau “logging to the web”.Jorn juga orang pertama yang membuat konsep kronologi pada weblog nya. Sehingga seperti sekarang kita bisa melihat mana postingan terbaru dan terlama di dalam weblog dengan lebih mudah.

Tahun 1999

Kata blog akhirnya dimunculkan oleh Peter Merholz yang merupakan desainer website. Blog dianggap lebih nyaman daripada weblog dan siapa sangka, kata blog menjadi umum seperti sekarang. Di tahun ini juga ada variasi blog muncul yakni blog personal yang mungkin kita kenal sampai sekarang seperti LiveJournal, Blogger dan Xanga.

Tahun 2003

Dalam sejarah blog, Februari 2003 merupakan tahun yang penting karena Google mengakuisisi Pyra Labs induk dari Blogger. Kemudian, di tahun ini juga WordPress muncul dan diresmikan. Dua platform penyedia layanan blog gratis ini masih kamu kenal sampai hari ini dengan masing-masing keunggulannya.

sejarah blog
Sumber: Pixabay

Tahun 2018

Perkembangan pesat terjadi pada dua platform blog besar yaitu Blogger dan WordPress. Berjalan 15 tahun, WordPress menunjukkan kemampuannya dalam hal layanan dengan cukup menjanjikan. WordPress menjadi platform basis website dari toko online hingga profil perusahaan. Pasar dari layanan blog ini pun disabet WordPress dengan menguasai lebih dari 50 persen, jauh meninggalkan Blogger yang berada sekitar 2 persen.

Dengan model CMS (Content Management System) WordPress menyediakan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan kustomisasi pada halaman website yang ingin mereka tampilkan. Sekarang siapa yang tak kenal WordPress? Semua orang tahu bahkan menggunakannya. Blogger? Namanya semakin tenggelam dan segelintir orang yang masih bertahan dengan blogger yang “old school”.

Jenis Blog

Blog yang sekarang kita kenal telah berkembang sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Perkembangan ini tidak hanya dari segi teknologi yang dipakai yang semakin mutakhir namun juga jenis-jenis blog semakin terpetakan dengan tujuan tertentu. Berikut beberapa jenis blog yang bisa kamu simak:

Blog Pribadi

Kemunculan blog pertama kali seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memang terkait urusan personal penggunanya. Blog pribadi dimanfaatkan oleh user untuk alasan dan tujuan tertentu seperti menulis cerita pribadi secara online. Konten yang dipilih pun bebas, pemilik blog boleh dengan bebas menentukan tema yang akan mereka tulis di dalam blog. Banyak blogger yang sekarang terkenal, berawal dari menulis blog secara personal dan sukses seperti Raditya Dika.

Blog Profesional

Blog profesional dikelola lebih serius secara konten oleh divisi tertentu dengan tujuan tertentu. Jenis blog ini umumnya berisi konten-konten yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Blog ini fokus menyajikan konten tertentu, menggunakan analisa tertentu agar konten bisa dibaca dan dilihat, dan menggunakan strategi tertentu agar konten mudah diakses dan ditemukan oleh pengguna lain. Umumnya, blog seperti ini menggunakan fasilitas layanan SEO dengan tujuan untuk dapat menyasar pembacanya.

Blog Bisnis

Saat ini blog menjadi basis dari banyak platform website yang digunakan oleh personal maupun perusahaan. Tujuannya tentu untuk meraup pundi-pundi uang dari akses yang dilakukan oleh user lain ketika mengunjungi laman website. Blog dipilih karena dinilai lebih dinamis untuk melakukan update konten dengan tidak terbatas. Blog untuk bisnis seperti ini umumnya berisi konten pemasaran (content marketing) dengan tujuan untuk menjalin kedekatan dengan penggunanya.

sejarah blog
Sumber: Pixabay

Banyak toko online yang memberikan tips dan trik dari produk yang mereka sajikan agar kunjungan ke laman website tetap ada. Hal ini karena, banyak pembeli sekarang yang sudah melek untuk melakukan kroscek pada barang yang mereka beli sehingga mereka tergerak untuk mencari informasi terlebih dahulu.

Demikian penjelasan lengkap tentang Sering Ngeblog? Apakah Kamu Tahu Sejarah Blog dan Jenisnya? yang bisa kamu simak. Jangan ragu untuk menuliskan pendapat atau pikiran kamu pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Anas
March 27, 2020

No komentar

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!