• Home
  • Berita
  • Apa Itu Server: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Server: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Atau bahkan dalam kegiatan kita sehari-hari, yaitu bermain internet dan sosial media saja, apakah kamu sadar jika terhubung dan menggunakan sistem ini?

Hampir semua kegiatan kita yang memanfaatkan perangkat komputer dan jaringan otomatis akan terhubung dengan sistem yang juga disebut peladen.

Bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia IT dan pemrograman, server adalah sistem komputer yang sangat penting untuk segala transaksi penyimpanan dan monitoring data.

Server Adalah
Sumber: Envato

Jika kita buat analoginya, bayangkan server adalah sebuah laci kecil atau bahkan lemari besar yang menyimpan berbagai barang pribadi, misalnya pakaian, sepatu, buku, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah kamu apa server itu? Bagaimana fungsi detailnya dan cara kerjanya di zaman yang sudah serba teknologi ini?

Pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab satu per satu secara mendalam melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Server?

Jadi, server adalah sebuah sistem komputer berkinerja tinggi yang membantu mengirimkan atau menerima banyak resource, data, atau bahkan layanan dari atau ke mesin jarak jauh lainnya melalui berbagai jenis jaringan seperti Local Area Network (LAN) atau Wide Area Network (WAN).

Di pusat data, server adalah komputer fisik berupa mesin khusus atau mesin yang digunakan untuk tujuan lain agar bisa menjalankan program layanan untuk klien.

Biasanya mesin tersebut berukuran besar dengan spesifikasi prosesor kencang dan RAM berkapasitas besar.

Dalam model pemrograman, server adalah sistem atau layanan yang menunggu dan memenuhi permintaan dari program klien yang mungkin berjalan di komputer yang sama atau komputer lain.

Sistem ini mampu berjalan di beberapa jenis sistem komputer, tetapi sistem komputer yang digunakan harus didukung sesuai permintaan kebutuhan sistem itu sendiri.

Misalnya, server web membantu menjalankan sejumlah besar halaman web secara real time.

Perangkat lunak server adalah sistem yang dirancang untuk target layanan tertentu, di mana perangkat keras tidak menjadi perhatian utama.

Seperti halnya ketika kamu mengubah komputer atau laptop kamu menjadi perangkat pusat, asalkan menggunakan perangkat lunak yang sesuai.

Misalnya, jika kamu mengizinkan komputer atau laptop kamu untuk membuat koneksi melalui jaringan rumah, maka perangkat tersebut ditetapkan sebagai perangkat layanan terpusat.

Lalu, sistem operasi server adalah sistem yang menyediakan lingkungan komunikasi yang lebih baik antara klien dan aplikasi.

Sistem operasi diberikan alamat IP dan nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat.

Fungsi Server

Apakah sudah jelas dengan penjelasan pengertian dari sistem yang juga dikenal dengan istilah peladen?

Berdasarkan deskripsi tersebut, adapun beberapa fungsi penting lainnya dari server adalah:

  • Penyimpanan Data Digital

Sistem untuk mengakses, menyimpan, dan mentransfer semua file dan data dari mesin komputer lain melalui jaringan komputer.

  • Sebagai Layanan Komputer Klien

Sistem untuk mendengarkan semua permintaan dari mesin klien melalui koneksi jaringan. Fungsionalitas ini dihadirkan sebagai bagian dari sistem operasi yang dijalankan pada semua aplikasi.

  • Mengatur Traffic Data

Sistem permintaan dan tanggapan suatu data atau file dengan mengidentifikasi identitas semua pemohon, dengan syarat mesin klien harus diberikan izin untuk mengakses semua data dan resource lainnya.

  • Bentuk Perlindungan Dari Serangan Hacking

Ketika terjadi komunikasi antara klien dan aplikasi, sistem akan memeriksa alamat IP dan bahkan nama domain jika diperlukan.

Apabila sistem mendeteksi resource aneh atau ancaman serangan, maka server akan mencegah bentuk komunikasi apa pun hingga tak sampai mengakses data-data yang tersimpan.

Jenis Server

Sistem ini sering dikategorikan berdasarkan fungsi, wujud, dan tujuan penggunaannya. Beberapa contoh jenis server adalah sebagai berikut.

  • Web server

Sebuah program komputer di jaringan internet yang menyajikan halaman atau file HTML sesuai permintaan user.

Dalam hal ini, browser web bertindak sebagai klien.

Ketika pengguna mencoba membuka website apa pun di browser mereka melalui jaringan, maka semua data diproses dalam jaringan internet dengan menggunakan HTTP.

  • Application server

Merupakan program di komputer yang digunakan untuk membuat koneksi antara database dan mesin klien yang juga dikenal sebagai “Middleware”.

Sistem ini juga menyediakan layanan untuk aplikasi yang ada di smartphone.

Misalnya, aplikasi cuaca pada smartphone kamu yang terhubung ke pusat informasi dan data cuaca.

  • Communications server

Layanan yang menyediakan konektivitas jaringan dan komunikasi lain seperti suara kepada klien.

Misalnya, perangkat telekomunikasi yang menyediakan jaringan 4G atau WiFi ke ponsel dan klien perangkat seluler lainnya.

Server Adalah
Sumber: Envato
  • Proxy server

Merupakan perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara perangkat titik akhir (end-point); seperti komputer; dengan sistem peladen lain tempat pengguna atau klien meminta layanan.

  • Name server

Sebuah sistem yang berguna dalam penyimpanan sekaligus pencarian alamat website seperti memetakan nama domain ke IP.

Sistem ini adalah infrastruktur dasar yang ada pada jaringan global seperti internet.

  • Mail server

Sebuah aplikasi yang bertugas menerima email masuk dari pengguna lokal atau orang-orang dalam domain yang sama ke pengirim jarak jauh dan meneruskan email keluar untuk proses pengiriman.

  • Virtual server

Merupakan sebuah program yang berjalan pada shared server yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga setiap pengguna memiliki kendali penuh atas perangkat.

  • Blade server

Sebuah sasis server yang menampung beberapa papan sirkuit elektronik modular tipis yang dikenal sebagai blade servers.

Setiap blade adalah sistem tersendiri sehingga sering kali didedikasikan untuk satu aplikasi.

  • File server

Sebuah perangkat komputer yang bertanggung jawab atas penyimpanan pusat dan pengelolaan file data sehingga komputer lain di jaringan yang sama dapat mengaksesnya.

  • API server

Sebuah sistem yang mengimplementasikan fungsionalitas untuk perangkat lunak lain dengan menawarkan layanan API (Application Programming Interface).

  • Policy server

Cukup unik karena merupakan suatu komponen keamanan dari jaringan policy-based yang menyediakan layanan otorisasi dan memfasilitasi pelacakan dan pengontrolan file.

  • Database server

Sistem yang bertanggung jawab untuk menampung satu atau lebih database.

Aplikasi klien melakukan query database yang mengambil data dari database atau menulis data ke database yang di hosting di server.

  • Game server

Merupakan sebuah pusat sistem yang berguna dalam mengimplementasikan layanan untuk game seperti elemen sosial dari gameplay.

Layanan ini memberi kesempatan user untuk mengakses ke satu atau lebih printer yang terhubung ke jaringan atau perangkat cetak lainnya.

Sistem ini bertindak sebagai antrian untuk pekerjaan cetak yang dikirimkan user.

Beberapa sistem ini dapat memprioritaskan pekerjaan dalam antrian cetak berdasarkan jenis pekerjaan atau siapa yang mengirimkan permintaan cetak.

  • System services

Merupakan sistem perangkat lunak yang melakukan otomatisasi, perhitungan, dan fungsi lain yang tidak langsung digunakan oleh pengguna.

Sistem ini sering diimplementasikan dengan layanan yang berjalan di server seperti layanan mikro.

Cara Kerja Server

Sejatinya istilah server adalah merujuk ke perangkat keras, virtual machine, atau perangkat lunak layanan lainnya.

Cara kerja sistem ini sangat bervariasi tergantung pada bagaimana kebutuhan user.

Tapi pada dasarnya cara kerja server adalah berdasarkan permintaan atau instruksi klien.

Kita ambil contoh prinsip layanan pada website.

Ketika kamu sedang menggunakan browser karena ingin mengakses suatu website, browser akan meminta akses ke server web yang mana selanjutnya akan direspons dengan hasil tampilan halaman website yang kamu cari.

Tahapan cara kerja server adalah sebagai berikut.

  1. Memperoleh Alamat IP Dari Nama Domain

Pertama-tama, browser kamu akan mendapatkan alamat IP website yang kamu cari dari nama domain.

Misalnya, kamu akan mengakses website www.domainesia.com. Alamat IP bisa didapatkan dengan 2 cara, yaitu dengan mencari di cachenya dan dengan meminta satu atau lebih DNS (Domain Name System) server.

  1. Browser Meminta URL Lengkap

Setelah mengetahui alamat IP dari website yang akan kamu akses, browser akan meminta URL lengkap website tersebut dari server web.

  1. Server Web Merespons Permintaan

Server web merespons browser dengan mengirimkan halaman yang diinginkan.

Jika halaman tidak ada atau terjadi kesalahan lain selama pengaksesan, browser akan mengirim pesan kesalahan seperti Error 404 Not Found atau Error 401 Unauthorized.

  1. Browser Menampilkan Halaman Web

Jika berhasil, browser akhirnya mendapatkan halaman web dan menyajikannya ke kamu.

Server Adalah Separuh “Nyawa” Perangkat Komputer

Wah, ternyata peran server dalam segala kegiatan kita yang terhubung dengan jaringan sebegitu pentingnya ya?

Apalagi perangkat ini tidak hanya ada satu jenis, melainkan ada banyak jenis yang punya fungsi atau kegunaannya masing-masing.

Bila disimpulkan, server adalah sebuah sistem komputer dalam jaringan yang berfungsi untuk menyimpan segala data digital.

Server Adalah
Sumber: Envato

Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali instansi atau organisasi yang menyediakan layanan jual-beli dan pengelolaan server yang lengkap dengan segala fitur kenyamanan dan keamanan.

Bahkan dalam lingkup web, server adalah layanan yang akan selalu disangkut pautkan dengan hosting dan VPS yang juga berguna sebagai “rumah” dari data-data yang ada di website.

Lalu dimana kamu bisa beli hosting dan VPS terpercaya se-Indonesia? Jawabannya ya DomaiNesia, dong!

Untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan lain seputar website, hosting, dan teknologi lainnya, langsung saja akses blog DomaiNesia ya.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!