• Home
  • Berita
  • WooCommerce Adalah Cara Cepat Membuat Toko Online Menarik Dan Keren

WooCommerce Adalah Cara Cepat Membuat Toko Online Menarik Dan Keren

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

WooCommerce adalah salah satu platform yang ada di WordPress untuk memudahkan kamu dalam membuat toko online. Dengan WooCommerce ini kamu dapat membuat toko online sesuai dengan keinginan dan mengelola nya sendiri. Pastinya website toko online menjadi menarik dan keren. Yuk, kenali lebih lanjut tentang WooCommerce ini!

Apa itu WooCommerce

WooCommerce adalah plugin e-niaga yang terintegrasi dengan WordPress gratis. Memilih menggunakan WooCommerce dapat memudahkan kamu dalam pembuatan dan pengelolaan toko online.

Berbagai fitur penting yang ditawarkan WooCommerce menjadi alasan banyak pebisnis yang menggunakan platform ini. Fitur yang disediakan diantaranya pembayaran yang aman, manajemen inventaris dan pajak, pilihan ekspedisi pengiriman, dan sebagainya.

woocommerce adalah

Situs WooCommerce bersifat open source yang membuat kamu dapat melakukan kustomisasi tampilan toko online sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga dapat melakukan pengelolaan bisnis e-niaga yang kamu miliki saat bepergian kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan aplikasi seluler WooCommerce.

Kelebihan-kelebihan Woocommerce

Woocommerce memiliki banyak  kelebihan yang membuatnya unggul dibanding dengan platform lain. Kelebihan-kelebihan WooCommerce diantaranya :

Dapat memfasilitasi berbagai macam produk

Pada awal instalasi plugin WooCommerce, kamu akan ditanya mengenai bidang bisnis dan tipe produk yang akan kamu jual. Setelah itu, WooCommerce akan melakukan penyesuaian setting yang cocok untuk produk kamu.

Apapun jenis produk yang akan kamu jual baik barang maupun jasa dapat difasilitasi oleh WooCommerce.

Menawarkan berbagai fitur lengkap

Woocommerce menyediakan berbagai macam fitur lengkap yang sangat bermanfaat yang memudahkan pelanggan untuk berbelanja dan juga membantu kamu dalam pengelolaan transaksi. Tidak perlu memahami coding sedikitpun, kamu tetap bisa mewujudkan toko online kamu secara profesional. 

Mobile friendly

Aplikasi website yang mobile friendly saat ini sudah seperti sebuah kebutuhan. Pelanggan dan penjual dapat dengan mudah mengakses web dimanapun dan kapanpun melalui smartphone yang dimiliki.

Keamanan ketat

Platform WooCommerce sangat berkomitmen dalam menjaga dan meningkatkan proteksinya. Woocommerce rajin melakukan pembaruan sistem keamanan yang lebih ketat sehingga transaksi selalu aman.

Pada data pelanggan, WooCommerce mengamankannya pada database sendiri untuk meminimalisir potensi kebocoran data. Namun, serangan cyber dari luar masih menjadi ancaman bagi kamu.

Oleh karena itu perlu adanya tambahan keamanan seperti memasang SSL dan memilih hosting yang berkualitas untuk mencegahnya. 

Baca Juga : Cara Mengaktifkan SSL (Mendapatkan CSR, Private Key, CRT dan CABUNDLE)

Dapat melakukan pengukuran performa toko

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki WooCommerce adalah menyediakan tool yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan bisnis. Tools ini dapat membantu untuk menampilkan analytics yang berguna dalam memantau performa toko online.

Kamu dapat melakukan pemantauan data penjualan seperti omzet yang didapatkan, daftar barang yang berhasil terjual melalui promo, jumlah keseluruhan item yang terjual dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat membantu kamu dalam melakukan evaluasi bisnis kedepannya. 

Familiar karena didesain dengan WordPress

Woocommerce didesain untuk pengguna WordPress, artinya cara kerja antara WooCommerce dan WordPress sama dan dapat langsung diterapkan pada website. Berkaitan dengan banyaknya pengguna WordPress menjadikan WooCommerce lebih familiar. 

Kemudahan kustomisasi

Kemudian, kelebihan yang dimiliki WooCommerce adalah kamu dapat melakukan kustomisasi tampilan toko online kamu dengan berbagai ekstensi yang disediakan oleh WooCommerce.

Selain itu, WooCommerce juga membebaskan kamu untuk melakukan penyesuaian AJAX website. Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) merupakan sebuah metode yang dapat membuat website menjadi dinamis.

Sumber : Elements Envato

Hal ini berarti website yang kamu punya dapat melakukan update dan menampilkan data-data baru dari server secara real time tanpa harus melakukan reload terlebih dahulu.

Jika kamu kebingungan dengan kustomisasi ini, WooCommerce sudah menyediakan dokumentasi terkait yang sangat lengkap untuk tiap versinya. 

Komunitas besar

Woocommerce memiliki komunitas tersendiri dengan jumlah sekitar 32 ribu anggota yang tersebar dari berbagai belahan dunia.

Komunitas ini banyak mengadakan acara diskusi seperti Woocommerce live dimana pengguna dapat saling berbagi informasi, mendapatkan solusi dan koneksi untuk lebih mengembangkan toko online.

Fitur Woocommerce

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WooCommerce adalah platform yang menyediakan berbagai opsi fitur yang sangat bermanfaat bagi kamu yang akan menggunakan bisnis jual beli berbasis online. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh WooCommerce diantaranya :

Pilihan pembayaran yang aman

Woocommerce menawarkan bermacam pilihan pembayaran yang aman mulai dari cek, cash on delivery (COD), transfer dari berbagai bank, hingga Paypal.

Mata uang default

Selain pilihan pembayaran, WooCommerce juga menyediakan berbagai opsi mata uang yang akan kamu gunakan untuk toko online kamu. 

Kustomisasi proses order dan check out

Menggunakan WooCommerce dapat memudahkan kamu dalam melakukan kustomisasi untuk pemilihan penjualan ke negara tertentu atau seluruh dunia, melakukan pengaturan url untuk alur checkout, maupun pengontrolan proses order dari awal hingga checkout akhir. 

Redirect Cart

Fitur ini dapat kamu aktifkan untuk mengarahkan pelanggan untuk menuju ke keranjang mereka setelah produk ditambahkan. 

Lokasi Geo dan Pajak otomatis

Kamu bisa mengaktifkan opsi ini untuk menampilkan harga barang yang sesuai beserta pajak pada pelanggan dimanapun keberadaannya.

Penanganan pajak ini dibuat secara sederhana agar kamu dapat lebih mudah dalam pengelolaannya. Kamu juga dapat melakukan penentuan tarif pajak dan kontrol tarif pajak yang ditetapkan untuk biaya pengiriman. 

Sumber : Elements Envato

Laporan penjualan

Fitur laporan penjualan membantu kamu dalam melakukan pelacakan data pembelian pada aplikasi lengkap dengan rinciannya mulai dari pendapatan total, pendapatan per transaksi, hingga informasi penjualan produk atau layanan. 

Voucher diskon

Menyediakan voucher diskon atau kupon belanja untuk pelanggan dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan penjualan.

Pelanggan akan lebih banyak tertarik dengan potongan harga yang ditawarkan dari voucher. Voucher diskon ini biasanya tersedia dengan kriteria tertentu seperti saat pelanggan sudah mencapai minimal jumlah pembelian tertentu.

Oleh sebab itu, toko online sangat disarankan untuk menyediakan voucher diskon untuk menarik konsumen. 

Ekspedisi Bervariasi

Saat ini, dijumpai banyak sekali pilihan ekspedisi pengiriman barang yang bekerjasama dengan e-commerce di Indonesia.

Beragamnya pilihan ekspedisi memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan jasa pengiriman yang sesuai dengan daerah masing-masing. B

anyaknya pilihan ekspedisi ini juga menguntungkan pelanggan sebab dapat menyesuaikan dengan biaya pengiriman yang harus dibayar. 

Katalog produk

Katalog merupakan sebuah list atau daftar yang memuat  informasi produk seperti deskripsi barang, warna, harga, stok, ulasan, berat, dan sebagainya. Melalui katalog produk, pelanggan akan lebih mudah dalam mencari informasi dan memilih produk yang dibutuhkan.

Cara Install WooCommerce di WordPress

WooCommerce adalah cara cepat saat kamu ingin membuat toko online. Nah buat kamu yang tertarik dengan WooCommerce ini, kamu bisa mulai melakukan dan mengikuti cara install WooCommerce di WordPress.

Cukup melakukan instalasi WooCommerce di WordPress, maka kamu dapat memiliki fitur dalam mengelola suatu toko online seperti menambah produk, mengatur harga produk dan sebagainya.

Sumber : Elements Envato

Setelah melakukan instalasi, kamu bisa setting WooCommerce, selengkapnya silakan baca di Panduan Setting WooCommerce di WordPress.

Segera Buat Toko Onlinemu Dengan WooCommerce dan Domain ID!

Saat target pasar bisnis ada di Indonesia, untuk membuat toko online dengan WooCommerce disarankan menggunakan ekstensi domain ID.

Selain dapat terkesan website no abal- abal, dengan domain ID juga dapat berpotensi untuk meningkatkan SEO di search engine. Karena domain ID bersifat spesifik dibandingkan dengan gTLD, maka search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD.

Ketika kamu mencari sesuatu di search engine, pastinya search engine akan lebih mengutamakan website yang berlokasikan di negara tertentu.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan domain ID akan bersifat eksklusif. Mengapa begitu? Hal ini karena beberapa tipe domain ID membutuhkan dokumen yang digunakan sebagai legalitas hukum website.

Karena membutuhkan beberapa dokumen, maka proses aktivasinya pun akan berbeda dengan ekstensi domain yang lain. Begitu pula dengan tingkat keamanannya.

Jadi, tunggu apa lagi! Segera buat toko online mu dengan WooCommerce dan domain ID ya!

Baca Juga : Mengenal Macam- Macam Tipe Domain ID

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


lia
September 30, 2022

makasih min, artikelnya mnarik dan mudah dipahami, mantap

Hadi Wahyudi
September 10, 2022

Mampir sini bos ☕ Raginang sama wajit juga ada 😋

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!