• Home
  • Berita
  • Kupas Tuntas Apa itu Virtual Machine, Fungsi dan Contohnya!

Kupas Tuntas Apa itu Virtual Machine, Fungsi dan Contohnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, ada teknologi virtualisasi yang disebut dengan virtual machine. Untuk kamu yang terjun di dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Meskipun tidak semua orang paham teknologi virtualisasi ini.

DomaiNesia akan menjelaskan seputar virtual machine supaya kamu bisa menambah wawasan seputar teknologi. Scroll terus penjelasannya hingga akhir agar kamu tidak ketinggalan penjelasannya!

Virtual Machine Adalah….

VM atau Virtual machine adalah perangkat lunak yang mampu menjalankan sistem operasi dan aplikasi seperti halnya di sebuah komputer fisik. Artinya, saat menggunakan virtual machine maka satu komputer fisik dapat menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi secara bersamaan.

Virtual machine adalah solusi bagi pengguna agar dapat melakukan pengujian perangkat lunak baru atau mempertahankan sistem operasi yang berbeda pada satu komputer fisik yang sama tanpa mempengaruhi kinerja sistem operasi utama.

virtual machine
Sumber : envato

Tak hanya berhenti sampai situ, virtual machine umum digunakan untuk berbagai aktivitas seperti pencadangan data, pengembangan perangkat lunak, bahkan simulasi jaringan.

Penggunaan virtual machine juga dapat digunakan untuk perusahaan atau bisnis yang ingin menghemat biaya dan sumber daya, karena beberapa sistem operasi dapat dijalankan pada satu komputer fisik.

Mengapa banyak perusahaan yang menggunakan VM? Jawabannya karena fungsi virtual machine yang banyak. Apa fungsi virtual machine? Lanjut ke poin berikutnya ya DomaiNesian!

Apa Saja Fungsi Virtual Machine?

Sebelum DomaiNesia menjelaskan macam–macam virtual machine dan contohnya, kamu harus tahu dulu fungsi virtual machine yang membuat banyak bisnis dan perusahaan memanfaatkan kehadirannya.

Berikut adalah beberapa fungsi virtual machine: 

Pengujian dan pengembangan perangkat lunak

Fungsi virtual machine yaitu dapat digunakan oleh pengguna untuk menguji dan mengembangkan perangkat lunak. Sebagai seorang pengembang dan penguji perangkat lunak, memerlukan lebih dari satu sistem operasi untuk memastikan bahwa aplikasi yang dibuat bisa berjalan diberbagai sistem operasi.

Jadi, pengguna tidak membutuhkan banyak komputer fisik lagi untuk mencobanya.

Konsolidasi Server

Dalam dunia bisnis dan perusahaan raksasa, fungsi virtual machine digunakan untuk mengkonsolidasikan beberapa server fisik menjadi satu server fisik, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya perangkat keras dan juga biaya operasional. 

Simulasi jaringan

Fungsi virtual machine berikutnya yaitu dapat digunakan untuk memudahkan dalam simulasi jaringan. Dalam simulasi jaringan, VM dapat digunakan untuk menciptakan topologi jaringan yang kompleks, menguji protokol jaringan, dan mensimulasikan skenario jaringan yang berbeda tanpa mengganggu sistem jaringan yang asli.

Pemulihan dan Restorasi

Saat terjadi bencana alam atau kegagalan sistem, virtual machine adalah solusi yang bisa disiapkan untuk mencegah terjadinya kehilangan data. Dalam kasus bencana atau kegagalan sistem, VM dapat digunakan untuk memulihkan sistem yang rusak atau hilang. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan cepat melakukan pemulihan sistem dan mengurangi waktu downtime. 

Sumber : envato

Macam-Macam Virtual Machine

Tidak hanya terdiri dari satu macam virtual machine saja, namun ada macam-macam virtual machine yang wajib kamu tahu. Apa aja sih macam–macam virtual machine tersebut? Berikut  macam-macam virtual machine.

Desktop virtual machine

Jenis VM yang pertama ini dirancang untuk menjalankan sistem operasi lengkap seperti Windows, Mac OS, atau Linux di dalam sistem operasi lain. Desktop VMs sangat berguna dalam pengembangan perangkat lunak, pengujian aplikasi, dan virtualisasi lingkungan kerja.

Server virtual machine

Server virtual machine digunakan untuk menjalankan aplikasi dan layanan di lingkungan server. Virtualisasi memungkinkan beberapa server virtual yang berjalan di atas satu perangkat keras fisik. Dengan menggunakan VM, administrator sistem dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Network virtual machine

Jenis network virtual machine dirancang untuk menyediakan lingkungan jaringan virtual, sehingga sering digunakan dalam pengujian keamanan jaringan dan pengembangan jaringan sebelum diterapkan pada sistem jaringan yang asli.

Contoh Virtual Machine Terbaik

Berikut ini adalah beberapa contoh virtual machine yang umum digunakan:

VMware

Contoh virtual machine pertama adalah VMware. VMware adalah salah satu perusahaan teknologi virtualisasi terkemuka yang menyediakan berbagai produk dan solusi virtualisasi, termasuk vSphere, vCenter, dan banyak lagi.

VMware mengembangkan teknologi virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengkonsolidasikan beberapa mesin fisik menjadi beberapa mesin virtual pada satu server fisik.

Hal ini membantu organisasi untuk menghemat biaya dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Beberapa keunggulan dari VMware adalah: 

Kemudahan Penggunaan

VMware memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengelola lingkungan virtual mereka tanpa pengalaman teknis yang mendalam. 

Ketersediaan Tinggi

VMware menyediakan fitur ketersediaan tinggi (high availability) yang memungkinkan mesin virtual untuk beralih ke server fisik yang berbeda jika server utama mengalami masalah. Hal ini memastikan bahwa aplikasi dan layanan tetap tersedia dengan minimal downtime. 

Kinerja yang Tinggi

VMware dirancang untuk memberikan kinerja yang tinggi dan memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Fitur ini memungkinkan organisasi untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Sumber : envato

Skalabilitas

VMware memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi sumber daya (CPU, RAM, dan penyimpanan) dengan mudah, tergantung pada kebutuhan bisnis mereka. 

Keamanan

VMware menyediakan berbagai fitur keamanan, termasuk isolasi jaringan dan sandboxing, yang membantu melindungi lingkungan virtual dari ancaman keamanan. 

VirtualBox

VirtualBox adalah contoh virtual machine open source yang dikembangkan oleh Oracle. Perangkat lunak ini dapat diinstal pada berbagai sistem operasi dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi di atas sistem operasi yang sedang digunakan. Beberapa keunggulan dari VirtualBox adalah: 

Gratis

VirtualBox adalah perangkat lunak open-source yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi pengguna yang ingin menjalankan lingkungan virtual tanpa biaya tambahan. 

Kemudahan Penggunaan

VirtualBox memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh pengguna dengan pengalaman teknis yang berbeda-beda. Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan panduan penggunaan dan dokumentasi online yang mudah dipahami. 

Sumber : envato

Kompatibilitas yang Luas

VirtualBox dapat diinstal pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan Mac OS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi di lingkungan yang berbeda tanpa memerlukan perangkat keras tambahan. 

Snapshot

VirtualBox memungkinkan pengguna untuk membuat snapshot atau gambaran sistem operasi yang sedang berjalan pada saat tertentu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan sistem operasi ke kondisi sebelumnya jika terjadi masalah atau kesalahan. 

Portabilitas

VirtualBox memungkinkan pengguna untuk mengekspor mesin virtual ke file yang dapat diimpor ke komputer lain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membawa mesin virtual dengan aplikasi dan data mereka ke komputer lain tanpa harus menginstal ulang.

Dalam kesimpulannya, VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi open-source yang dapat diinstal pada berbagai sistem operasi dan digunakan secara gratis.

Beberapa keunggulan dari VirtualBox adalah kemudahan penggunaan, kompatibilitas yang luas, snapshot, dan portabilitas. VirtualBox juga merupakan pilihan populer bagi pengguna yang ingin menjalankan lingkungan virtual tanpa biaya tambahan.

Microsoft Hyper-V

Microsoft Hyper-V adalah contoh virtual machine yang dikembangkan oleh Microsoft. Hyper-V memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi di atas sistem operasi yang sedang digunakan.

Hyper-V biasanya diinstal pada server atau sistem operasi Windows dan digunakan untuk mengelola lingkungan virtual pada skala besar. Beberapa keunggulan dari Microsoft Hyper-V adalah: 

Integrasi yang Kuat dengan Sistem Operasi Windows

Hyper-V telah diintegrasikan ke dalam sistem operasi Windows dan dapat diaktifkan tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk diimplementasikan di lingkungan yang menggunakan sistem operasi Windows. 

Kinerja yang Tinggi

Hyper-V dirancang untuk memberikan kinerja yang tinggi dan memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Fitur ini memungkinkan organisasi untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Ketersediaan Tinggi

Hyper-V menyediakan fitur ketersediaan tinggi (high availability) yang memungkinkan mesin virtual untuk beralih ke server fisik yang berbeda jika server utama mengalami masalah. Hal ini memastikan bahwa aplikasi dan layanan tetap tersedia dengan minimal downtime. 

Keamanan

Hyper-V menyediakan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi lingkungan virtual dari ancaman keamanan. Fitur-fitur ini termasuk isolasi jaringan, sandboxing, dan pengaturan hak akses yang ketat. 

Baca Juga : 10 Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan Server VPS – DomaiNesia

Skalabilitas

Hyper-V memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi sumber daya (CPU, RAM, dan penyimpanan) dengan mudah, tergantung pada kebutuhan bisnis mereka. Fitur ini memungkinkan organisasi untuk mengelola lingkungan virtual pada skala besar. 

QEMU

QEMU (Quick Emulator) adalah sebuah emulator dan contoh virtual machine perangkat open source yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda di atas platform yang sama.

QEMU dapat berjalan pada berbagai sistem operasi termasuk Windows, Linux, macOS, dan FreeBSD. Beberapa keunggulan dari QEMU adalah: 

Portabilitas

QEMU dapat berjalan pada berbagai platform dan sistem operasi yang berbeda, sehingga membuatnya sangat portabel dan mudah digunakan pada lingkungan yang berbeda. 

Kompatibilitas

QEMU mendukung banyak jenis sistem operasi, termasuk Linux, Windows, dan Mac OS X, serta arsitektur seperti x86, ARM, PowerPC, dan SPARC. Ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi pada berbagai platform yang berbeda. 

Performa

QEMU dirancang untuk memberikan kinerja yang tinggi dan efisien, terutama ketika digunakan sebagai virtual machine. QEMU menggunakan teknologi khusus seperti acceleration hardware, khususnya ketika dijalankan pada arsitektur x86 dan ARM, yang membuatnya sangat cepat dan efisien. 

Modularitas

QEMU sangat modular dan dapat diperluas dengan mudah melalui penggunaan plug-in atau modul tambahan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konfigurasi dan fitur sesuai dengan kebutuhan mereka.

Fleksibilitas

QEMU memungkinkan pengguna untuk mengelola mesin virtual secara fleksibel, termasuk mengatur jumlah CPU dan memori yang digunakan, mengelola jaringan, dan menggunakan sistem file virtual. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengelola lingkungan virtual mereka secara efektif dan efisien. 

VMware Fusion

VMware Fusion adalah salah satu contoh virtual machine yang populer untuk macOS. VMware Fusion memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi lain seperti Windows, Linux, dan macOS di atas mesin virtual yang dijalankan di atas perangkat Mac. Beberapa kelebihan dari VMware Fusion antara lain: 

Kompatibilitas

VMware Fusion mendukung berbagai sistem operasi tamu, termasuk Windows, Linux, dan macOS. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji atau menjalankan aplikasi yang hanya tersedia pada sistem operasi tertentu. 

Kemudahan Penggunaan

VMware Fusion dirancang untuk pengguna macOS dan menawarkan antarmuka yang mudah digunakan. VMware Fusion juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur drag-and-drop untuk mengirim file antara mesin virtual dan perangkat Mac. 

Performa

VMware Fusion memiliki performa yang sangat baik dan efisien. Dalam banyak kasus, pengguna mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang menggunakan sistem operasi yang dijalankan pada mesin virtual. 

Sumber : envato

Integrasi

VMware Fusion secara otomatis mengintegrasikan aplikasi dan sistem operasi yang dijalankan pada mesin virtual ke dalam lingkungan macOS. Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop yang diinstal pada mesin virtual seolah-olah mereka diinstal langsung di atas perangkat Mac. 

Keamanan

VMware Fusion menyertakan fitur keamanan yang kuat, termasuk isolasi sistem operasi dan snapshot. Snapshot memungkinkan pengguna untuk membuat salinan mesin virtual dan mengembalikan keadaan mesin virtual ke salinan sebelumnya jika terjadi masalah atau kerusakan. 

Dalam kesimpulannya, VMware Fusion adalah perangkat lunak virtualisasi yang kuat dan efisien yang memungkinkan pengguna macOS untuk menjalankan sistem operasi lain di atas mesin virtual.

VMware Fusion memiliki antarmuka yang mudah digunakan, performa yang sangat baik, integrasi dengan lingkungan macOS, dan fitur keamanan yang kuat. VMware Fusion sangat cocok untuk pengguna macOS yang ingin menjalankan aplikasi atau sistem operasi lain tanpa meninggalkan lingkungan macOS.

Beli Cloud VPS

Virtual Machine Mana yang Menjadi Pilihanmu?

Virtual machine adalah perangkat lunak yang dapat menjalankan aplikasi bahkan sistem operasi layaknya komputer fisik pada umumnya. Saat menggunakan virtual machine, pengguna dapat menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus loh dalam satu perangkat komputer.

Contoh virtual machine terbaik seperti VMWare, Virtualbox, Qemu, Microsoft Hyper-V, dan VMware Fusion.

Contoh virtual machine tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Apabila membutuhkan virtual machine yang 100% gratis maka kamu bisa memilih QEMU, lalu jika kamu menggunakan Mac OS maka bisa memilih untuk menggunakan VMware Fusion.

Jadi, mana yang akan kamu gunakan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba virtual machine!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds