• Home
  • Berita
  • VMware Adalah : Yuk Mengenal Pengertian, Fungsi, Hingga Kelebihannya

VMware Adalah : Yuk Mengenal Pengertian, Fungsi, Hingga Kelebihannya

Oleh Mila Rosyida

VMware adalah teknologi yang tidak semua orang pernah menggunakannya sebab teknologi satu ini biasa digunakan bagi orang yang terjun didunia software virtualisasi. Sebenarnya tak hanya digunakan pada perusahaan software virtualisasi saja, namun pembelajaran seputar VMware juga pernah masuk ke beberapa kurikulum pendidikan di sekolah Indonesia.

Apakah kamu pernah mencobanya? Atau bahkan sudah pernah mempelajari sebelumnnya? Belajar bareng DomaiNesia yuk jika kamu belum pernah tahu apa itu VMware karena artikel ini akan mengupas tuntas seputar VMware mulai dari fungsi, kegunaan VMware, hingga kelebihan VMware.

Buat kamu yang sudah familiar dengan VMware, tidak ada salahnya kan untuk mengenalnya lagi lebih dalam? Kalau gitu, simak pembahasan seputar apa itu VMware hingga tuntas ya!

VMware Adalah …

Bagi sebagian besar orang pasti tidak familiar dengan istilah VMware. Apa itu VMware? Nama VMware sendiri diadopsi dari nama perusahaan yaitu VMware Inc yang berdomisili di California, Amerika Serikat.

Perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 1998 dan didirikan oleh Diane Greene, Ellen Wang, Edouard Bugnion, Scott Devine, dan juga Mendel Rosenblum. Awalnya, perusahaan ini hanya berfokus pada pengembangan perangkat lunak virtualisasi untuk komputer pribadi yang menggunakan sistem operasi Windows.

Pada tahun 1999, VMware memperkenalkan produk utamanya, yaitu VMware Workstation yang memungkinkan para pengembang perangkat lunak untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada satu mesin fisik yang sama.

Pada tahun 2004, VMware diakuisisi oleh EMC Corporation dan menjadi anak perusahaan dari Dell Technologies setelah Dell mengakuisisi EMC pada tahun 2016. Saat ini, VMware tetap menjadi pemimpin dalam teknologi virtualisasi dan menyediakan berbagai solusi cloud dan virtualisasi bagi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia.

Singkatnya, VMware adalah penyedia layanan yang menawarkan layanan seperti cloud computing dan juga software virtualisasi pada server, komputer, dan beberapa perangkat keras lainnya.

vmware adalah
Sumber : envato

Perangkat lunak VMware dapat berjalan diberbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows, dan juga Mac Os. Misalnya dalam satu komputer kamu membutuhkan dua sistem operasi yang berbeda yaitu Windows dan Mac Os, maka kamu bisa memanfaatkan VMware untuk menjalankan dua sistem operasi tersebut dalam satu perangkat saja.

Siapa yang Membutuhkan VMware?

Jika kamu termasuk dalam kelompok yang tidak familiar dengan VMware, lalu bertanya-tanya siapa saja yang membutuhkan VMware? Apakah bisnis yang kamu kembangkan termasuk yang membutuhkan VMware?

Dari situs VMware melansir bahwa kini sudah banyak usaha kecil menengah hingga UMKM yang menggunakan teknologi virtualisasi dengan tujuan untuk menghemat biaya.

Tak hanya untuk mengurangi biaya modal saja, namun VMware adalah teknologi virtualisasi yang bisa membuat operasional jauh lebih responsif terhadap perubahan-perubahan ekonomi dan juga kebutuhan bisnis.

Pemanfaatkan VMware adalah salah satu upaya agar bisnis tetap bisa eksis dan bersaing untuk memberikan yang terbaik baik mitra dan juga pelanggannya.

Jadi pada intinya, siapa yang membuutuhkan VMware? Mayoritas perusahaan atau bisnis yang membuutuhkan VMware adalah peruusahaan yang bergerak di IT. Tak hanya itu, berikut beberapa perusahaan atau lembaga yang membutuhkan VMware untuk kelangsungan bisnisnya.

  • Pemerintahan
  • Pelayanan kesehatan dan juga rumah sakit
  • Perusahaan IT (software dan hardware)
  • Sekolah
  • Pemilik bisnis retail
  • Ahli TI atau administrator sistem yang ingin mempelajari, menguji, dan mengembangkan kemampuan virtualisasi mereka.

Apakah dari penjelasan di atas, kamu merasa bisnismu perlu untuk memahami apa itu VMware dan menerapkannya?

Apa Fungsi VMware dan Kegunaannya?

Siapapun boleh menggunakan produk layanan VMware. Penggunaan untuk virtualisasi memang mengundang segudang fungsi dan juga kegunaan.

Untuk itu, simak beberapa fungsi VMware lengkap dengan kegunaan VMware juga!

Konsolidasi server

Hal pertama yang menjadi kegunaan VMware adalah perihal konsolidasi server. Apa itu VMware untuk konsolidasi server? Jadi jika kamu menggunakan VMware maka kamu dapat melakukan konsolidasi beberapa server fisik ke dalam satu server fisik yang lebih besar.

Hal ini dapat membantu bisnis mu untuk menghemat biaya, mengurangi penggunaan energi, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Meningkatkan ROI

Sebenarnya hampir sama dengan konsolidasi server, kegunaan VMware kali ini yaitu dapat meningkatkan ROI atau Return of Investment. Pada sebuah perusahaan atau bisnis biasanya memiliki banyak aplikasi yang dijalankan pada satu sistem operasi yang sama.

Namun hal ini kurang efektif dan menimbulkan risiko yang tidak main-main, karena jika salah satu aplikasi mengalami masalah maka bisa berdampak pada aplikasi lain yang dijalankan pada sistem operasi tersebut.

Untuk itu, kegunaan VMware adalah administrator bisa menjalankan aplikasi pada sistem operasi yang sudah terbagi-bagi, namun tetap menggunakan server fisik yang sama.  

Mempermudah uji coba software

Apakah DomaiNesians sering melakukan uji coba aplikasi atau website pada beberapa sistem operasi? Kegunaan VMware disini sangat membantu kamu loh sebab VMware adalah software virtualisasi yang dapat digunakan oleh developer atau penguji untuk melakukan pengujian perangkat lunak pada beberapa sistem operasi yang berbeda tanpa memerlukan komputer tambahan lagi.

Sumber : envato

Lebih hemat biaya dan juga efisien kan? Jadi kamu tidak perlu pusing untuk berpindah-pindah komputer lagi!

Mempermudah pemulihan server

Kegunaan VMware adalah dapat digunakan untuk membuat salinan virtual mesin dan menyimpannya di lokasi yang terpisah dari mesin fisik utama.

Apabila terjadi kegagalan sistem seperti bencana alam, maka mesin virtual dapat dengan cepat diaktifkan dan digunakan untuk menggantikan mesin fisik utama.

Selain beberapa kegunaan VMware di atas, fungsi VMware juga harus kamu tahu ya DomaiNesians! Kira-kira apa saja fungsi VMware? 

Virtualisasi server

Fungsi VMware adalah memungkinkan beberapa sistem operasi untuk berjalan pada satu mesin fisik. Dengan begitu, bisnis kamu dapat menghemat biaya perangkat keras dan perawatan, serta meningkatkan penggunaan sumber daya.

Virtualisasi jaringan

Selain untuk server, fungsi VMware juga bisa kamu manfaatkan untuk virtualisasi jaringan loh DomaiNesians!  Dengan menggunakan VMware maka kamu bisa membuat, menguji, dan mengkonfigurasi jaringan secara virtual.

Jadi kamu bisa dengan bebas untuk mengoptimalkan konfigurasi jaringan tanpa harus mengganggu jaringan fisik yang sedang berjalan.

Manajemen sumber daya

Terakhir, fungsi VMware adalah memungkinkan pengguna untuk mengelola sumber daya secara efisien dan otomatis. Jika kamu menggunakan virtualisasi maka kamu bisa mengalokasikan sumber daya sesuai dengan kebutuhan aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional.

Kelebihan VMware

Masih semangat untuk mempelajari seputar VMware? Harus semangat dong! Pada poin kali ini, DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas apa itu VMware dan kelebihannya.

Memang VMware menjadi solusi yang tepat untuk virtualisasi bisnis. Yuk lanjut untuk membahas apa aja sih kelebihan VMware?

Hemat biaya

Hemat biaya adalah kelebihan VMware yang pertama. Coba jelaskan apa itu VMware? Yup, VMware adalah penyedia layanan software virtualisasi yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan berbagai macam sistem operasi pada satu komputer secara bersamaan.

Nah, dari sini kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan virtualisasi maka kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk kebutuhan hardware karena kamu bisa menggunakan berbagai sistem operasi hanya dalam satu perangkat saja. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat biaya perangkat keras, perawatan, dan energi.

Tingkat skalabilitas tinggi

Skalabilitas tinggi juga menjadi salah satu kelebihan VMware. VMware memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk menambah atau mengurangi kapasitas sumber daya sesuai dengan kebutuhan.

Jadi kamu bisa dengan mudah untuk memperbesar atau mengecilkan infrastruktur IT tanpa memerlukan biaya yang sangat besar untuk perangkat keras dan juga software. 

Sumber : envato

Keamanan yang baik

Saat menggunakan sebuah teknologi, tingkat keamanan adalah fokus utama yang harus diperhatikan. Tenang, sebab keamanan juga menjadi kelebihan VMware.

VMware menyediakan teknologi virtualisasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat lingkungan virtual yang terisolasi dan aman. Tak perlu takut kehilangan data sebab VMware mampu membantu pengguna untuk melindungi data dan aplikasi dari ancaman keamanan.

Bisa digunakan oleh berbagai pengguna

Salah satu kelebihan VMware adalah dari penggunaannya. Tak hanya dapat digunakan oleh pengguna tertentu saja, namun VMware dapat digunakan oleh berbagai pengguna dengan banyak tujuan seperti untuk pengembangan aplikasi, pengujian, pembelajaran, atau praktik hacking yang aman.

Efisiensi operasional yang lebih tinggi

Selanjutnya, kelebihan VMware adalah lebih efisien dari segi operasional karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya pada poin fungsi VMware bahwa VMware dapat digunakan untuk virtualisasi server dan jaringan.

Hal tersebut dapat membantu perusahaan dan bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meningkatkan efisiensi operasional.

Sumber : envato

Jadi, Apa itu VMware?

Apakah DomaiNesians sudah bisa menyimpulkan apa itu VMware? VMware adalah software virtualisasi yang namanya diambil dari nama perusahaan pengembangnya yaitu VMware Inc.

Kini, teknologi virtualisasi memang banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan seperti hemat biaya dan lebih efisien. Tak hanya berkembang pada dunia komputasi saja, namun kini virtualisasi juga sudah merambat ke dunia hosting.

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud? Benar sekali, kini virtualisasi juga sudah menjalar ke dunia hosting yang dikenal dengan layanan VPS. VPS adalah server yang terbagi-bagi menjadi beberapa resource yang diperuntukkan khusus untuk pemiliknya saja.

Banyak orang yang kini berbondong-bondong untuk mencoba menggunakan layanan VPS karena lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan dedicated hosting dan juga lebih fleksibel karena semua resource yang tersedia menjadi tanggung jawab pemiliknya saja.

Tertarik mencobanya? Lalu dimana bisa menemukan layanan VPS terpercaya? Layanan VPS terbaik DomaiNesia bisa kamu jadikan pilihan utama!

Kenapa harus layanan VPS DomaiNesia? Sebab konektivitas yang ditawarkan sangat andal karena dilengkapi dengan teknologi canggih, dukungan uptime hingga 99,9%, dan harga yang ditawarkan cukup terjangkau loh! Mulai dari Rp 48.000 saja perbulannya, kamu sudah bisa menikmati layanan VPS terbaik! Yuk buruan langganan VPS DomaiNesia sekarang juga!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds