Home  »  Permulaan   »   Cara Export Database MySQL di phpMyAdmin

Cara Export Database MySQL di phpMyAdmin

Last Update:

cara eksport database MySQL
Eksport database digunakan ketika anda ingin berpindah dari localhost ke Hosting, berpindah dari Hosting satu ke Hosting lainnya, melakukan backup database dan sebagainya. Intinya, ketika anda melakukan eksport database MySQL maka anda ingin menyimpan/ memindahkan file database dari website. Dan anda akan mendapatkan file MySQL dalam berupa format .SQL, CSV atau yang lainnya. Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan cara eksport database MySQL di phpMyAdmin.

Cara Eksport Database MySQL di phpMyAdmin

Adapun cara eksport database MySQL yaitu,

1. Masuk ke phpMyAdmin

Langkah pertama yaitu masuk ke phpMyAdmin. Bagi yang ingin melakukan eksport database dari localhost, maka silahkan buka phpMyAdmin dari localhost. Biasanya dengan mengaktifkan XAMMP terlebih dahulu kemudian buka phpMyAdmin. Bagi yang ingin melakukan eksport dari Hosting, maka silahkan buka phpMyAdmin dengan cara login ke cPanel lalu ketik “phpmyadmin” pada form pencarian. Bagi yang belum tahu cara masuk cPanel Hosting, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.

Cara Eksport Database MySQL

2. Eksport Database MySQL

Langkah selanjutnya yaitu silahkan pilih database yang ingin di eksport. Jangan sampai salah dalam memilih ya DomaiNesians! Kemudian klik Menu Export kemudian pada Export Method silahkan klik Quick. Lalu pilih format SQL. Terdapat berbagai format yang bisa anda pilih seperti .sql, .pdf, .csv dan sebagainya. Jika anda ingin melakukan import database lagi maka sebaiknya memilih SQL. Setelah itu klik Go.

Cara Eksport Database MySQL

Tunggu sebentar hingga proses eksport selesai. Apabila selesai maka akan ada file dengan ekstensi .sql yang muncul. Kamu bisa menemukan file tersebut dalam folder Download.

Cara Eksport Database MySQL

3. Melakukan Import Database MySQL

Nah, setelah database berhasil di eksport maka hal selanjutnya yaitu anda dapat melakukan import database MySQL ke Hosting. Adapun caranya silahkan baca Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin.

Closing

Cara eksport database MySQL di phpMyAdmin sangat mudah kan? Anda dapat melakukan eksport database jika ingin menyimpan database, melakukan backup database atau ingin berpindah dari localhost ke Hosting. Pengen beli Hosting terbaik dan juga Hosting murah? Yuk cek aja Hosting DomaiNesia. Ada banyak Hosting Murah dengan beragam spesifikasi dan harga yang terjangkau. Ssstt.. Beli Hosting GRATIS Domain lho! Ayo buruan order sekarang juga!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!