Home  »  Permulaan   »   Cara Install Codeigniter di Hosting Untuk Pemula

Cara Install Codeigniter di Hosting Untuk Pemula

Last Update:

cara install codeigniter di hosting
Hi DomaiNesians! Kamu lebih suka menggunakan Codeigniter daripada Laravel? Baiklah. Pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang cara install Codeigniter di Hosting. Codeigniter adalah salah satu framework PHP yang cukup ringan, simpel, elegan, memiliki konsep MVC, terarah dan punya dokumentasi yang lengkap. Agar dapat diakses banyak orang, kamu bisa membuat website berbasis Codeigniter di localhost terlebih dahulu ataupun langsung install di hosting. Jika kamu membuat website di localhost terlebih dahulu, silakan ikuti panduan cara upload codeigniter ke hosting. Jika kamu ingin langsung melakukan instalasi di hosting, silakan ikuti panduan berikut ini.

Cara Install Codeigniter di Hosting

Adapun cara install codeigniter di hosting yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

cara install codeigniter di hosting

2. Memilih Softaculous Apps Installer

Setelah berhasil login, silakan ketik “softaculous” pada kolom pencarian. Klik Menu Softaculous Apps Installer.

cara install codeigniter di hosting

3. Melakukan Instalasi Codeigniter

Pada form pencarian silakan tulis “codeigniter”. Jika sudah muncul, kamu bisa klik Codeigniter.

cara install codeigniter di hosting
Kamu dapat melihat versi yang digunakan, fitur, rating, screenshots dari Codeigniter. Untuk melakukan instalasi, pada tab Install silahkan klik Install Now.

cara install codeigniter di hosting

Software Setup
Silahkan pilih protokol mana yang diinginkan apakah http:// atau https://. Sesuaikan dengan domain/ subdomain yang nantinya akan dipilih. Kemudian pilih domain atau subdomain yang diinginkan. Jika codeigniter ingin diinstall dalam folder, silakan tulis nama folder di In Directory.

cara install codeigniter di hosting

Advanced Options
Pada bagian ini, kamu bisa tulis nama database yang diinginkan. Pilih juga siklus backup yang kamu mau. Jika sudah, silakan klik Install.

cara install codeigniter di hosting

Tunggu hingga proses instalasi selesai ya!

cara install codeigniter di hosting

4. Instalasi Codeigniter Telah Berhasil

Sekarang coba buka domain/ subdomain di web browser. Voila! Instalasi Codeigniter telah berhasil. Itu artinya cara install codeigniter di hosting telah kamu selesaikan dengan baik. Sekarang kamu dapat mengubah Codeigniter menjadi website impian.

cara install codeigniter di hosting

Kesimpulan

Memang, pilih Laravel atau Codeigniter adalah pilihan setiap developer. Dari semua framework PHP masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk instalasi Laravel, kamu bisa ikuti Cara Install Laravel di Hosting. Nah, buat kamu yang menjatuhkan hatinya pada Codeigniter dan ingin melakukan instalasi langsung di server bisa ikuti panduan cara install codeigniter di hosting berikut. Semua hosting murah di DomaiNesia sudah support PHP, NodeJS, GoLang, Ruby dan Python lho! Jadi jangan khawatir ya! Untuk tahu tentang NodeJs, kamu bisa baca Panduan Setting NodeJS di Hosting. Jika ada pertanyaan silakan hubungi Tim DomaiNesia ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Upload Laravel di Hosting


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!