Cara Mengaktifkan Railgun di Cloudflare

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Mengaktifkan Railgun – Selain Cloudflare digunakan untuk melindungi website dari serangan DDoS, Cloudflare juga memiliki kemampuan untuk mempercepat website. Itulah fitur Railgun. Railgun adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Cloudflare yang bisa mempercepat koneksi jaringan antara server DomaiNesia dengan jaringan CloudFlare. Itu artinya ketika kamu mengaktifkan Railgun di Cloudflare maka website akan berjalan lebih cepat daripada biasanya. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare.

Tahap Persiapan

Sebelum mencoba cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare. Persiapkan 3 hal di bawah ini ya DomaiNesians, supaya saat mengikuti langkah- langkah cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare dapat berjalan lancar.

  1. Memiliki hosting dan domain. Buat kamu yang ingin menggunakan layanan Cloudflare sebagai keamanan website. Kamu harus memiliki komponen penting dalam pembuatan website yaitu hosting dan domain. DomaiNesia menyediakan hosting terbaik dan domain murah untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan website.

    Baca Juga : Perbedaan Domain, Hosting, SSL, & Website?

  2. Memiliki akun Cloudflare. Untuk melakukan cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare pastinya membutuhkan akun Cloudflare agar kamu dapat login ke website Cloudflare. Jika kamu belum memiliki akun Cloudflare, silahkan buat akun terlebih dahulu dengan cara mengakses http://dash.cloudflare.com/ dan klik Sign up.
  3. Hosting Sudah di Sinkronisasi ke Cloudflare. Sebelum kamu mengikuti langkah- langkah pada cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare, pastikan hosting sudah sinkron ke Cloudflare. Jika hosting belum sinkron, silahkan ikuti panduan Cara Sinkronisasi Hosting ke Cloudflare terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Railgun di Cloudflare

Setelah mempersiapkan 3 hal diatas, sekarang saatnya melakukan cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare. Adapun langkah-langkahnya antara lain :

1. Melakukan Provisioning Domain

Ketika kamu ingin melakukan setting Cloudflare, kami sarankan melakukan setting Cloudflare di http://dash.cloudflare.com/ walaupun pada cPanel terdapat fitur Cloudflare. Hal ini dikarenakan, ada beberapa fitur Cloudflare yang belum terupdate di cPanel. Bagaimana jika saya pernah melakukan setting Cloudflare di cPanel? Jika kamu pernah melakukan setting Cloudflare melalui cPanel, silahkan untuk melakukan Provisioning Domain terlebih dahulu. Pertama- tama silahkan login ke cPanel hosting melalui https://namadomain/cpanel dan isikan username dan password cPanel kamu. Jika kamu tidak berhasil login cPanel, silahkan ikuti panduan Cara Login cPanel.

Setelah berhasil login cPanel, Kemudian ketik Cloudflare pada kolom pencarian dan klik menu Cloudflare.

Lalu, klik menu Domains.

Selanjutnya silahkan scroll ke bawah hingga menemukan tombol yang berisikan tulisan Remove domain from Cloudflare kemudian klik tombol Remove domain from Cloudflare. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan domain selesai.

Setelah proses penghapusan domain selesai, silahkan klik Provision Domain with Full Zone Setup. Tunggu proses hingga selesai.

Proses Provisioning Domain selesai akan ditandai dengan munculnya nameserver Cloudflare kamu. Nameserver itu nantinya akan kamu masukkan ke dalam menu Nameserver pada MyDomaiNesia agar domain dapat mengarah ke Cloudflare. Jika ingin menyalin nameserver, silahkan copy terlebih dahulu.

Jika sudah selesai, silahkan menuju ke MyDomaiNesia lalu masukkan username dan password.

Setelah itu, kamu bisa mengubah nameserver dari server DomaiNesia menjadi Custom Nameserver. Silahkan klik Domains, lalu pilih domain kamu dan langsung klik menu Nameserver dan klik Use Custom Nameserver untuk mengarahkan nameserver ke Cloudflare.

Pada kolom nameserver 1, kamu bisa isikan atau paste nameserver yang telah dicopy tadi. Begitu pula pada kolom nameserver 2. Setelah itu klik Change Nameserver.

Sekarang silahkan kembali ke menu Cloudflare di cPanel. Kamu bisa klik Recheck Nameserver untuk menyelesaikannya. Proses mengarahkan nameserver dari DomaiNesia ke Cloudflare membutuhkan waktu untuk propagasi. Untuk mengetahui apa itu masa propagasi, silahkan baca Apa itu Propagasi Domain. Jadi, harap bersabar ya DomaiNesians.

2. Login Cloudflare

Silahkan login ke https://dash.cloudflare.com/ lalu klik Log in dan masukkan email dan password.

3. Memilih Menu Speed

Setelah berhasil login, kamu akan menemui banyak menu yang bisa kamu gunakan di layanan Cloudflare ini. Nah, cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare kali ini akan menggunakan menu Speed.

4. Memilih Tab Optimization

Kemudian, silahkan memilih tab Optimization untuk melanjutkan cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare.

5. Mengaktifkan Railgun di Cloudflare

Saatnya melakukan langkah cara mengaktifkan Railgun di Cloudflare yang terakhir. Silahkan scroll ke bawah hingga menemukan kolom Railgun. Untuk mengaktifkannya kamu bisa klik tombol beralih pada gambar di bawah ini. Railgun akan aktif jika tombol beralih berubah menjadi warna hijau.

cara mengaktifkan railgun

Catatan : Jika kolom Railgun tidak ditemukan pada tab Optimization, silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia melalui kirim tiket.

Kesimpulan

Cloudflare memang digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan mengenai serang website. Namun tidak hanya mendukung untuk melindungi website, Cloudflare juga memiliki kemampuan untuk mempercepat website hinggan mengelola cache website. Fitur yang bisa mempercepat website adalah Railgun. Cara mengaktifkan Railgun sangat mudah dilakukan. Kamu cukup login ke Cloudflare dan mengaktifkannya.

Selain fitur Railgun, Cloudflare bisa membantu dalam mengatasi serangan DDoS. Salah satunya dengan mengaktifkan Mode Under Attack.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!