Home  »  Email   »   Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM

Last Update:

cara mengaktifkan spf dan dkim
Hi DomaiNesians! Pernah mendengar SPF dan DKIM? Dulu, fitur ini berada dalam Menu Email authentication pada cPanel Hosting namun sekarang berada dalam Menu Email Deliverability. SPF dan DKIM berfungsi untuk membantu mencegah spam email. Fitur ini akan mengatur secara otomatis email yang masuk dan email keluar serta mencegah spam. Email yang dimaksud tentu saja adalah email perusahaan atau email dengan nama domain sendiri. Apa itu SPF? Apa itu DKIM? Apa fungsi SPF dan DKIM? Bagaimana cara mengaktifkan SPF dan DKIM? Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkan SPF dan DKIM.

Apa itu SPF dan DKIM?

SPF adalah singkatan dari Sender Policy Framework. Dikutip dari openspf.org, SPF adalah metode untuk mencegah pemalsuan alamat pengirim email. SPF tidak akan menghentikan spam, namun SPF akan melakukan kontrol dan menghentikan pemalsuan pengirim email. Sedangkan DKIM adalah singkatan dari DomainKeys Identified Mail. DKIM adalah TXT record yang diterbitkan dalam DNS (Domain Name System). DKIM adalah metode untuk memvalidasi nama domain dengan menggunakan teknologi kriptografi. Dikutip dari dkim.org, DKIM akan menggunakan suatu kunci untuk memastikan bahwa email yang dikirimkan adalah email pengirim aslinya. Jika kamu mengaktifkan SPF dan DKIM maka akan meminimalisir pengiriman email gagal. Fitur ini juga berfungsi untuk mencegah spammer untuk memalsukan pesan email yang mengaku berasal dari domain kamu. Intinya, SPF dan DKIM ini akan melakukan pengecekan email yang masuk. Fitur ini akan memastikan email benar-benar dikirimkan dari alamat email asal dan bukanlah termasuk email spam.

Cara Mengaktifkan SPF dan DKIM

Adapun cara mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel Hosting adalah sebagai berikut:

1. Login cPanel Hosting

Silakan login cPanel Hosting melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara mengaktifkan spf dan dkim

2. Memilih Menu Email Deliverability

Setelah berhasil login, silahkan ketik “email deliverability” pada form pencarian cPanel Hosting.

cara mengaktifkan spf dan dkim

3. Mengetahui Status SPF dan DKIM

Silakan ditunggu terlebih dahulu maka kamu akan diarahkan ke halaman Email Deliverability. Terdapat Email Deliverability Status yang bisa kamu lihat.

Valid

Jika berstatus Valid, itu artinya SPF dan DKIM sudah terkonfigurasi dengan benar. Kamu bisa klik Manage untuk cek SPF dan DKIM nya.

cara mengaktifkan spf dan dkim

Maka akan muncul tampilan seperti berikut,

cara mengaktifkan spf dan dkim

dan

cara mengaktifkan spf dan dkim

Problem Exist (DKIM dan SPF)

Jika statusnya Problem Exist (DKIM dan SPF), artinya ada masalah dengan SPF dan DKIM email kamu. Silakan klik Repair

cara mengaktifkan spf dan dkim

Silakan ditunggu terlebih dahulu, maka akan ada penyebab SPF dan DKIM belum terkonfigurasi dengan sempurna. Biasanya hanya dikarenakan SPF dan DKIM belum disetting DNS nya ke Hosting. Jika error seperti ini, silakan lanjutkan ke step ke-4.

cara mengaktifkan spf dan dkim

4. Menambahkan SPF dan DKIM ke Hosting

Jika status yang muncul yaitu Problem Exist maka kamu harus menambahkan kode SPF dan DKIM ke Hosting. Bagaimana caranya? Silakan kembali ke cPanel lalu pilih Menu Zone Editor. Setelah itu, tambahkan SPF dan DKIM menggunakan TXT record.

Menambahkan SPF

Setelah masuk ke menu Zone Editor, silakan klik Add Record. Lalu silakan kembali ke Menu Email Deliverability dan klik Repair pada domain yang error. Silakan copy Name SPF dan paste ke nama domain yang ada di Zone Editor. Kemudian copy Value SPF dan paste ke Recorddi Zone Editor. Untuk Type, silakan pilih TXT. Jangan lupa klik Add Record ya!

Menambahkan DKIM

Untuk menambahkan DKIM, hampir sama dengan menambahkan SPF. Silakan kembali ke Menu Email Deliverability dan klik Repair pada domain yang error. Silakan copy Name DKIM dan paste ke nama domain yang ada di Zone Editor. Kemudian copy Value DKIM dan paste ke Recorddi Zone Editor. Untuk Type, silakan pilih TXT. Lalu klik Add Record.

Sekarang coba cek apakah sudah muncul dua-duanya atau belum.

cara mengaktifkan spf dan dkim

5. SPF dan DKIM Telah Valid

Sekarang coba kembali ke Email Deliverability dan coba cek apakah nama domain tersebut masih berstatus Problem Exist atau sudah Valid. Yeay, SPF dan DKIM kamu sudah valid!

cara mengaktifkan spf dan dkim

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu SPF dan DKIM kan? Untuk cara mengaktifkan SPF dan DKIM di cPanel Hosting sangatlah mudah. Silakan login cPanel Hosting lalu pilih Menu Authentication. Kemudian untuk mengaktifkan SPF dan DKIM, silakan klik Enable. SPF dan DKIM ini bermanfaat sekali dalam mengontrol dan memastikan bahwa email yang dikirim adalah benar dan bukan spam. Ada pertanyaan tentang email? Silakan baca Serba Serbi Email. Jika ingin melakukan setting email di Android, silakan baca Cara Setting Email di Android. Ingin website kamu lebih aman? Silakan pasang SSL Murah agar website kamu terlindungi. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya.

Baca Juga: Cara Membuat Email Signature

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!