Home  »  Email   »   FAQ: Email

FAQ: Email

Last Update:

Di jaman yang serba modern ini semua akses lebih cepat menggunakan email. Dari mulai pengumuman penerimaan kerja, email newsletter, email detail akun hosting hingga email bahwa hosting kamu sudah akan expired. Nah untuk itu, keberadaan email sekarang ini sangat penting lho! Jangan sampai kamu ketinggalan info atau berita penting hanya karena tidak membuat email atau melakukan sinkronisasi email ke smartphone. Rugi! Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer tentang email. Yuk ketahui selengkapnya.

Apa itu Email ?

Email (Elektronik Mail) adalah sebuah surat elektronik yang berfungsi sebagai sarana berkomunikasi melalui media internet.

Apakah Saya Bisa Membuat Email dengan Domain sendiri?

Tentu saja bisa. Anda dapat membuat alamat email dengan domain sendiri. Misalnya support@domainesia.com atau sebagainya. Adapun caranya dapat anda baca di Panduan Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel.

Bagaimana Caranya Agar Saya Dapat Mengelola Email Melalui cPanel?

Di dalam cPanel, khusus untuk pengelolaan email anda dapat mengaksesnya lewat Webmail. Di dalam Webmail anda dapat memilih tampilan atau interface yang anda sukai kemudian melakukan pengelolaan email seperti melihat kotak masuk, melihat kotak keluar, membuat email, melihat kota terkirim bahkan menghapus beberapa email yang sudah tidak perlu. Untuk dapat mengakses Webmail dan mengetahui interface apa saja yang ada di Webmail maka anda dapat membacanya di Panduan Cara Login Webmail.

Apa Perbedaan POP3 dan IMAP?

Dalam melakukan setting email di email client seperti Outlook atau pada smartphone maka anda biasanya dihadapkan dengan pilihan POP3 atau IMAP. Pada informasi Manual Settings yang ada di Webmail masing- masing akun email memiliki pengaturannya sendiri. Terkadang masyarakat bingung memilih POP3 atau IMAP. Perbedaanya yaitu terletak pada proses sinkronisasinya saja. Dengan POP3, anda dapat menghapus email melalui smartphone secara cepat dan mudah. Apabila telah dihapus, maka email tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, email yang terhapus tersebut masih ada di server. Berbeda dengan IMAP. IMAP dapat melakukan sinkronisasi antara server dan client. Sehingga, apabila anda menghapus email melalui smartphone maka email yang terdapat di server juga akan ikut terhapus.

Apakah Ada Kebijakan dan Batasan Email di DomaiNesia?

Ada. Adapun kebijakan dan batasan email yaitu 250 email per jam tiap domain. Batas ini juga diterapkan terhadap mailing list. Apabila Anda mengirim lebih dari jumlah yang ditentukan dalam setiap jam, maka e-mail akan gagal terkirim. Dan apabila batas telah tercapai, anda perlu menunggu sekitar satu jam berikutnya untuk melanjutkan pengiriman email. Apabila masalah ini tidak hilang pada jam berikutnya, maka silahkan untuk mengirimkan ticket ke DomaiNesia. Tim kami akan segera melakukan pengecekan lebih lanjut.

Apakah Saya Dapat Melakukan Sinkronisasi Terhadap Email?

Tentu saja. Anda dapat melakukan sinkronisasi email dengan beberapa email client seperti Outlook for Windows ataupun Mac OS. Selain itu, anda juga dapat melakukan sinkronisasi terhadap perangkat smartphone berbasis Android, IOS ataupun Blackberry. Adapun cara sinkronisasi yaitu,

Melalui Outlook

Agar dapat melakukan pengecekan email secara offline, anda dapat menggunakan Outlook. Silakan baca Panduan Setting Email di Outlook. Panduan ini ditujukan untuk para pengguna Windows ataupun Mac OS.

Melalui Thunderbird

Bagi pengguna Linux, kamu juga bisa menggunakan Thunderbird. Thunderbird adalah email client yang diproduksi oleh Mozilla Foundation. Fungsinya hampir sama seperti Outlook yaitu untuk pengelolaan email. Untuk melakukan setting email di Thunderbird, silakan baca Cara Setting Email Melalui Thunderbird.

Sinkronisasi Email Domain ke Gmail

Selain melalui email client, anda juga dapat melakukan pengelolaan email melalui Gmail. Anda tidak perlu susah- susah membuka email melalui Webmail di cPanel. Hanya cukup melakukan integrasi antara email dengan domain anda sendiri dan akun Gmail yang anda miliki. Adapun panduannya dapat anda baca di Panduan Setting Email Domain di Gmail.

Sinkronisasi Email ke Android

Agar dapat mengetahui email yang masuk secara realtime, pastikan anda melakukan sinkronisasi email ke smartphone android. Jangan sampai anda tidak sadar jika ada email masuk ya. Siapa tahu penting. Untuk itu coba ikuti Cara Sinkronisasi Email ke Android.

Sinkronisasi Email ke iOS

Bagi pengguna iOS, jangan khawatir! Kamu tetap bisa melakukan sinkronisasi email ke smartphone kamu. Silakan ikuti Cara Sinkronisasi Email ke iOS.

Apakah Saya Bisa Melakukan Filter Email?

Bisa! Anda dapat menyaring dan memfilter email yang masuk berdasarkan kategori tertentu. Cukup baca Panduan Filter Email dan anda tidak perlu melakukan filtering satu persatu.

Apakah Ada Fitur Membalas Email Secara Otomatis?

Ada! Jadi, anda tidak perlu mengirimkan email satu-persatu secara manual. Selain itu, anda juga tidak perlu satu persatu membalas email dengan konten yang “sama”. Silakan baca Cara Membalas Email Otomatis di cPanel.

Bagaimana Jika Saya Punya Banyak Email?

Bagi anda yang sering bergonta-ganti email, sepertinya segera aktifkan fitur email forwarding. Dengan mengaktifkan fitur ini maka anda dapat melihat email masuk di email A melalui email B. Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui cPanel atau Client Area. Adapun panduannya dapat anda baca di Panduan Setting Email Forwarding Melalui cPanel. Lalu, bagaimana jika saya hanya memiliki domain saja di DomaiNesia? Anda dapat mengikuti Panduan Setting Email Formwarding Melalui Client Area

Jadi, bagaimana? Segera buat email domain kamu sendiri dan lakukan sinkronisasi ke komputer dan smartphone! Dijamin, bisnis dan segala urusan anda menjadi lancar. Jika ada pertanyaan, jangan ragu menghubungi Tim Support DomaiNesia ya!

 


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!