Panduan Setting Email di Outlook

cara mengatur email di outlook

Introduction

Outlook merupakan salah satu email client yang dapat anda gunakan untuk pengelolaan email seperti menerima email, melihat email masuk, menulis email bahkan membuat agenda tertentu. Outlook merupakan salah satu produk keluaran Microsoft yang saat ini sudah tersedia di berbagai platform seperti Windows dan Mac OS.

Mengetahui Informasi Email Melalui cPanel

Sebelum melakukan setting email di Outlook, anda harus mengetahui informasi email yang telah anda buat di cPanel. Untuk mengetahuinya anda dapat melakukan hal berikut,

  1. Masuk ke dalam cpanel anda melalui http://namadomain/cpanel,
    enter image description here
    lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting
    enter image description here
  2. Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “email” lalu pilih Email Accounts
    enter image description here
  3. Lalu anda akan diarahkan ke halaman Setting Email Account. Scroll ke bawah hingga muncul bagian Email Accounts. Bagian ini berisi beberapa akun email yang telah dibuat.
    enter image description here
  4. Pilih email yang akan diintegrasikan dengan Outlook. Kemudian klik More. Lalu pilih Access Webmail.
    enter image description here
  5. Silahkan tunggu sebentar, maka anda akan diarahkan ke halaman Webmail.
    enter image description here
  6. Setelah masuk ke halaman Webmail, klik pada akun email di samping tombol Logout. Maka akan muncul beberapa pilihan, klik pada Configure Mail Client.
    enter image description here
  7. Lalu anda diarahkan ke halaman konfigurasi email. Scroll ke bagian bawah, terdapat beberapa informasi apabila anda ingin melakukan manual settings. Sangat direkomendasikan menggunakan informasi settings melalui Secure SSL/ TLS Settings.
    enter image description here

Konfigurasi Outlook di Mac OS

Untuk melakukan konfigurasi Outlook di Mac OS, anda dapat melakukan langkah- langkah berikut,
1. Silahkan buka Outlook anda.
enter image description here
2. Klik Outlook pada menu bar. Kemudian pilih Preferences.
enter image description here
3. Maka akan muncul beberapa pilihan menu yang dapat anda pilih. Karena ingin melakukan konfigurasi email dengan Outlook maka anda perlu masuk ke menu Accounts dengan cara klik menu Accounts.
enter image description here
4. Kemudian anda akan masuk ke pengaturan akun email. Pilih Other Email agar anda dapat melakukan sinkronisasi email yang ada di webmail tadi.
enter image description here
5. Untuk menambahkan akun email ke Outlook, maka anda perlu mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di webmail tadi (Step 7). Masukkan alamat email beserta passwordnya. Pada bagian username tuliskan alamat email anda. Untuk type pilih IMAP. Pada form Incoming Server dan portnya tuliskan sesuai dengan informasi yang ada di Webmail. Begitu juga dengan Outgoing Server. Berikan tanda centang pada Override default port dan Use SSL. Kemudian klik Add Account.
enter image description here
6. Maka akun telah berhasil dibuat sesuai dengan informasi yang anda masukkan. Pada bagian kiri, terdapat warna orange yang menandakan bahwa Outlook sedang melakukan sinkronisasi email.
enter image description here
7. Apabila warna telah berubah menjadi hijau, itu pertanda bahwa email anda telah sinkron dengan Outlook. Pada bagian sidebar dapat anda lihat akun yang baru dibuat. Terdapat inbox, draft, sent, junk dan trash. Anda dapat melihat email masuk, menghapus email dan melakukan pengelolaan email dengan mudah di Outlook.
enter image description here

Konfigurasi Outlook di Windows

Selain di Mac OS, tentu saja sinkronisasi email dengan Outlook dapat dilakukan di Windows. Bahkan di Windows, apabila anda telah melakukan instalasi Office maka Outlook pun sudah ada dengan sendirinya. Untuk melakukan setting email di Outlook Windows, anda dapat membacanya di Panduan Setting Email di Outlook Windows.

Closing

Dengan melakukan settings email di Outlook, anda dapat melakukan pengelolaan email seperti melihat email masuk, menghapus email dengan lebih mudah. Anda dapat melakukan sinkronisasi beberapa email yang anda miliki di satu email client yaitu Outlook. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki email lebih dari satu dan terdapat di beberapa hosting sekaligus.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles