Home  »  Permulaan   »   Cara Menghapus Database MySQL di Hosting

Cara Menghapus Database MySQL di Hosting

Last Update:

Cara Menghapus Database MySQL

MySQL adalah salah satu jenis database yang paling banyak digunakan. Dikutip dari Insight Stackoverflow, hasil survei di tahun 2017 menunjukkan bahwa sebanyak 55,6% developer menggunakan MySQL untuk teknologi databasenya. Disusul SQL Server di angka 38,6% lalu SQLite dan PostgreSQL sebanyak 26,6% dan 26,5%.
Cara Menghapus Database MySQL
Karena sifatnya yang mudah dan support di segala jenis hosting, untuk itu banyak website yang menggunakan MySQL sebagai teknologi database. Bagi kamu yang belum tahu cara mmebuat database, silahkan baca Cara Membuat Database MySQL di Hosting. Jika kamu sudah memiliki website di localhost dan ingin memindahkannya ke Hosting agar bisa online, maka silahkan lakukan import dan export database. Dari localhost, silahkan lakukan export database. Kemudian, lakukan import database ke Hosting melalui phpMyAdmin. Nah, lalu bagaimana jika ingin menghapus database? Bagaimana caranya? Silahkan ikuti cara menghapus database MySQL berikut ini.

Cara Menghapus Database MySQL

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Cara Menghapus Database MySQL

2. Memilih MySQL Databases

Setelah berhasil login, silahkan ketik “MySQL” pada kolom pencarian. Untuk menghapus database MYSQL, silahkan pilih menu MySQL Databases saja agar lebih mudah.

Cara Menghapus Database MySQL

3. Memilih Database Yang Ingin Dihapus

Sekarang saatnya pilih database yang ingin dihapus. Pilih database yang ingin dihapus lalu klik Delete. Pastikan kamu tahu nama databasenya ya! Jangan sampai salah menghapus.

Cara Menghapus Database MySQL

Tunggu sebentar hingga muncul tulisan “Are you sure you wish to permanently remove the database ?”. Jika sudah, silahkan klik Delete Database. Voila! Database MySQL dari website berhasil dihapus.

Cara Menghapus Database MySQL

Kesimpulan

Menghapus database MySQL di Hosting sangatlah mudah. Silahkan login cPanel Hosting lalu pilih database yang ingin dihapus. Hati-hati dalam menghapus database ya! Pastikan kamu tahu bahwa yang kamu pilih tersebut adalah database yang seharusnya dihapus. Jika salah hapus, maka website lainnya akan terganggu. Jika ingin mencoba database PostgreSQL, silahkan baca Cara Membuat Database PostgreSQL ya! Salam DomaiNesia


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!