Cara Setting SSL di Cloudflare

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Setting SSL di Cloudflare – Sekarang ini, HTTPS menjadi salah satu upaya yang banyak dilakukan pemilik website untuk melindungi website mereka. HTTPS adalah versi aman HTTP. HTTPS akan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) saat melakukan pengiriman atau penerimaan request yang terenkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security). Salah satu cara untuk mengaktifkan HTTPS adalah dengan setting SSL di Cloudflare. Pada panduan ini akan dijelaskan bagaimana cara setting SSL di Clouflare.

Mengapa Menggunakan SSL di Cloudflare?

Seperti yang diketahui bahwa SSL atau Secure Socket Layer adalah lapisan keamanan yang digunakan untuk melindungi website berbasis teknologi enkripsi data. Dengan menggunakan SSL, website akan lebih aman dan dapat meningkatkan kepercayaan user saat sedang ingin mengakses atau bertransaksi lewat website. Untuk memasang SSL di website, kamu harus memilih antara free SSL atau SSL berbayar. Sebelum memutuskan, akan lebih baik jika membaca artikel Free SSL VS Paid SSL untuk mengetahui perbedaannya. Setting SSL di Cloudflare merupakan salah satu perlindungan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Selain SSL, Cloudflare juga menyediakan fitur untuk mengatasi serangan hacker seperti DDoS. Banyak mode yang bisa kamu aktifkan untuk mengatasi serangan DDoS.

Baca Juga : Cara Mengatasi Serangan DDoS Menggunakan Cloudflare

Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum melakukan setting SSL di Cloudflare. Adapun beberapa hal yang harus kamu persiapkan antara lain :

1. Memiliki Akun Cloudflare

Pertama- tama silahkan mengakses https://dash.cloudflare.com/login di web browser. Apabila kamu sudah memiliki akun Cloudflare, kamu bisa langsung mengisikan email dan password akun Cloudflare dilanjutkan klik Log in. Namun jika kamu belum memiliki akun Cloudflare, silahkan klik Sign up untuk mendaftar akun Cloudflare.

2. Sinkronisasi Hosting ke Cloudflare

Kedua, silahkan memastikan bahwa kamu telah melakukan sinkronisasi hosting ke Cloudflare. Apabila kamu belum melakukan sinkronisasi hosting ke Cloudflare, silahkan lakukan terlebih dahulu dengan mengikuti panduan Cara Sinkronisasi Hosting ke Cloudflare.

Cara Setting SSL di Cloudflare

Untuk setting SSL di Cloudflare, kamu bisa mengikuti 2 setting di bawah ini.

Memilih Mode Full Enkripsi

Setelah kamu berhasil login pada akun Cloudflare, maka kamu akan berada di dashboard setting Cloudflare seperti di bawah ini. Terdapat berbagai macam menu yang bisa kamu manfaatkan. Karena pada panduan ini menjelaskan cara setting SSL di Cloudflare, maka silahkan pilih menu SSL/TLS.


Pada menu SSL/TLS kamu akan menemui tampilan pertama adalah seperti gambar berikut. Lalu silahkan klik tab Overview untuk mengaktifkan Mode Full Enkripsi. Untuk Mode SSL/TLS Enkripsi di Cloudflare ini terdapat 4 jenis, meliputi :

  • Off (not secure) : Tidak menggunakan Mode SSL/TLS Enkripsi atau enkripsi pada website dalam keadaan mati. Itu artinya website kembali ke HTTP bukan HTTPS
  • Flexible : Apabila kamu memiliki website yang mengandung informasi yang penting, tidak disarankan untuk mengaktifkan Mode Flexibel. Hal ini dikarenakan, Mode Flexible akan melakukan enkripsi antara Cloudflare dengan browser dan tidak menggunakan layanan SSL pada server websitemu.
  • Full : Nah, apabila website mengandung informasi yang penting akan lebih baik jika menggunakan Mode Full ini. Pada mode ini, ekripsi akan melindungi website antara browser dengan Cloudflare dan Cloudflare dengan server websitemu. Namun, Mode Full tidak mempedulikan keaslian SSL yang kamu gunakan dari penyedia SSL.
  • Full (strict) : Mode ini sama halnya dengan Mode Full. Hanya memiliki perbedaan dalam memeriksa keaslian sertifikat SSL dari layanan penyedia SSL.

Apabila kamu sudah memiliki SSL di websitemu dari penyedia SSL, kamu bisa lengkapi dengan setting SSL di Cloudflare. Itu artinya kamu harus mengaktifkan Mode Full di SSL Cloudflare. Cara mengaktifkannya cukup mudah, silahkan klik ikon pada kolom Mode Full.

setting ssl di cloudflare

Mengaktifkan HTTPS

Selain mengaktifkan Mode SSL/TLS Enkripsi di Cloudflare. Kamu juga perlu mengaktifkan HTTPS. Hal ini berfungsi agar saat user mengakses websitemu akan masuk ke protokol aman HTTP atau HTTPS. Untuk mengaktifkannya sangat mudah hanya dengan sekali klik. Silahkan kamu memilih menu SSL/TLS kemudian klik tab Edge Certificates.


Lalu scroll ke bawah hingga menemukan kolom Always Use HTTPS. Langsung saja mengaktifkan HTTPS dengan klik tombol beralih seperti gambar di bawah ini. Apabila berubah menjadi warna hijau itu artinya mengaktifkan HTTPS berhasil dilakukan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Railgun di Cloudflare

Kesimpulan

Selain menggunakan SSL dari penyedia hosting atau SSL, kamu juga bisa memanfaatkan fitur SSL Cloudflare untuk melindungi websitemu. Setting SSL di Cloudflare meliputi 2 hal yaitu mengaktifkan Mode SSL/TLS Enkripsi dan HTTPS. Untuk mengaktigkan kedua setting SSL di Cloudflare sangat mudah dilakukan. Hanya dengan sekali klik saja. Buat kamu yang belum memiliki SSL selain dari Cloudflare, DomaiNesia menyediakan SSL murah untuk melindungi websitemu. Berbagai jenis SSL yang sesuai kebutuhan bisa kamu pilih. Segera pasang SSL demi keamaan websitemu ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!