Home  »  Reseller   »   Cara Menentukan Harga Jual Domain TLD (Panduan Reseller DomaiNesia)

Cara Menentukan Harga Jual Domain TLD (Panduan Reseller DomaiNesia)

Last Update:
No ratings yet.


Hi DomaiNesians! Setelah sebelumnya dijelaskan tentang harga jual domain ID untuk reseller, maka sekarang saatnya menentukan harga jual reseller domain TLD. Ada berbagai macam domain TLD seperti .COM, .NET, .XYZ, .ORG, .ASIA, .INFO, .CO, .BIZ, .TV, .US ataupun .IN. Beberapa domain tersebut dapat dengan mudah kamu peroleh dengan harga lebih murah ketika menjadi reseller domain. Dan dengan menjadi reseller domain, kamu dapat menjual langsung ke customer ataupun kepada subreseller. Pada panduan ini akan dijelaskan cara menentukan harga jual reseller domain TLD agar kamu lebih paham.

Tentang Reseller Domain dan Subreseller

Apa yang dimaksud dengan harga jual bagi reseller domain kepada subreseller? Jadi pada ketika kamu menjadi reseller, maka dapat menjual domain kepada
customer ataupun subreseller. Nah maka dari itu diperlukan penentuan harga jual yang pas agar tidak terlalu murah ataupun terlalu mahal. Untuk tahu lebih jelas tentang reseller domain, kamu bisa baca Panduan Mengelola Kontrol Panel Reseller Domain TLD. Subreseller adalah orang yang menjual kembali domain yang kamu peroleh dari DomaiNesia. Domain yang mereka peroleh adalah domain dari harga reseller. Sebagai contoh,
A = DomaiNesia
B = Toko Kamu (reseller domain dari DomaiNesia)
C = customer toko kamu
D = subreseller toko kamu

B membeli domain di A (DomaiNesia). Kemudian B menjual domain kepada C dengan harga tertentu. Lalu, B juga memberi kesempatan untuk orang lain agar menjadi resellernya. D, menjadi subreseller domain dari toko kamu. Toko kamu tentu saja akan memberikan harga jual yang berbeda dengan si C. Karena D merupakan subreseller yang akan membeli domain ke toko kamu dan menjualnya kepada orang lain lagi.

Cara Menentukan Harga Jual Untuk Reseller Domain TLD

Adapun cara menentukan harga jual untuk reseller domain TLD yaitu,

1. Login Reseller Domain

Silakan login ke kontrol panel reseller domain TLD https://dash.domainesia.com/manage/ Silakan login dengan menggunakan email dan password ketika anda melakukan pendaftaran reseller. Adapun cara mendaftar reseller domain TLD silahkan baca Panduan Mendaftar Reseller Domain TLD.

2. Mengatur Produk Domain yang Dijual

Setelah berhasil login, kamu bisa klik Settings kemudian klik Manage Products & Pricing untuk mengatur produk domain yang akan dijual.

harga jual reseller domain TLD

Untuk mengatur domain apa saja yang ingin dijual, silakan pilih Manage TLDs.
harga jual reseller domain TLD

Kemudian pilih domain yang diinginkan. Kamu bisa klik Sell, No New Orders ataupun Do Not Sell.
Sell : domain tersedia untuk dijual, diperpanjang, di lakukan transfer domain dan direstore
No New Orders : domain tersedia untuk dilakukan perpanjangan dan dilakukan restore tetapi tidak dapat order baru (registrasi baru).
Do Not Sell : domain ini tidak tersedia dan tidak dapat dijual kepada customer ataupun kepada subreseller.
Setelah itu silakan beri tanca centang pada I agree to the Terms and Conditions applicable to all the above selected Products & Services. lalu klik Save.
harga jual reseller domain TLD

3. Menentukan Harga Jual Domain TLD

Apabila telah ditentukan produk domain yang ingin dijual, sekarang saatnya menentukan harga jual domain TLD yang akan dijual kepada customer ataupun subreseller. Silakan klik Manage Prices untuk menentukan harga jual domain.

harga jual reseller domain TLD

Customer Pricing

Pada bagian customer pricing kamu dapat mengatur harga dari tiap domain yang telah dipilih tadi. Silakan klik gambar pensil Manage Prices.
harga jual reseller domain TLD
Pada menu inilah kamu bisa mengatur harga untuk customer dari mulai harga ketika mendaftar(Registration), perpanjang (Renewal), Transfer ataupun Restore.

Untuk harga dasar atau modal awal terdapat dibawah tulisan IDR(in 1000's).
Pada contoh gambar ini:
129.00 : adalah harga dasar/ modal awal
150.00 pada bagian Registration: adalah harga ketika mendaftar domain
140.00 pada bagian Renewal: adalah harga ketika perpanjangan domain
140.00 pada bagian Transfer: adalah harga ketika transfer domain
1400.00 pada bagian Restore: adalah harga ketika harus restore. Harga untuk restore domain 10 kali lipat dari harga normal.harga jual reseller domain TLD

Catatan: Untuk penulisan harga, hingga dua desimal ya. Misalnya ingin menulis harga Rp 140.000,00. Kamu bisa tulis 140.00. Atau jika ingin menulis harga Rp 155.500,00 ribu. Maka silakan tulis 155.50.

Sub-Reseller Pricing

Pada bagian sub-reseller pricing, kamu dapat menentukan harga untuk dijual kembali kepada subreseller. Silakan klik tab Menu Sub-Reseller Pricing setelah itu pilih domain yang diinginkan lalu klik Manage Prices.
harga jual reseller domain TLD

Tentukan harga jual subreseller domain TLD pada bagian Base Selling Price. Kamu bisa tentukan harga ketika registrasi(registration), perpanjang(renewal), transfer ataupun restore. Untuk harga dasar/ modal awal terdapat pada bagian Your Cost Price. Jika sudah, jangan lupa klik Update Pricing.
harga jual reseller domain TLD

4. Harga Berhasil Ditentukan!

Yeay! Bagi reseller, kamu dapat menentukan harga jual untuk customer ataupun subreseller. Untuk harga jual domain TLD ini, kamu dipermudah dengan adanya total profit margin yang bisa kamu gunakan. Misalnya pada gambar di bawah ini terdapat 15.3% yang artinya kamu akan mendapatkan keuntungan sebanyak itu jika menjual dengan harga 447.35 dari modal awal 388.00.

harga jual reseller domain TLD

Sebaliknya jika ada tanda merah, itu artinya penjualan kamu akan mengalami kerugian. Bayangkan saja modal awal 180.00 dijual dengan harga 136.85.

Kesimpulan

Cara menentukan harga jual reseller domain TLD cukup mudah. Sekarang jangan bingung lagi dalam mengatur harga untuk dijual kepada customer ataupun subreseller ya. Pastikan juga kamu memiliki deposit yang cukup sebagai reseller untuk “berbelanja” domain. Untuk menambah saldo deposit, bisa ikuti Cara Tambah Deposit Untuk Reseller Domain.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!