Home  »  Permulaan   »   Panduan Backup Artikel pada Blogger

Panduan Backup Artikel pada Blogger

Last Update:

Introduction

Bagi para penulis blog, pastilah tidak asing dengan website blogger.com atau blogspot.com. Blogger sendiri merupakan layanan publikasi Blog yang didirikan oleh Pyra Labs namun pada tahun 2003 telah diakuisisi oleh Google. Blogger ini sangat populer dikalangan para penulis blog karena mudah digunakan dan cukup simpel bagi pengguna. Melalui subdomain blogspot.com, para pengguna dapat menulis dan mempublikasikan berbagai macam artikel yang diingikan. Misalnya tutorial, tips dan trik, cerita pendek, bahkan cerita pengalaman pribadi sekalipun. Di sisi lain, banyak hal yang dapat merusak blog anda misalnya terdapat hacker yang tidak bertanggung jawab, kesalahan proses migrasi blog dan sebagainya. Untuk itu, diperlukan adanya backup artikel pada Blogger.

Backup Artikel pada Blogger

Adapun langkah- langkah dalam melakukan backup artikel di Blogger yaitu,
1. Buka www.blogger.com kemudian masukkan email dan password akun blogger anda. Lalu klik Berikutnya.
enter image description here2. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman Dashboard Blogger. Silahkan klik tombol Opsi Lainnya maka akan ada beberapa opsi/ pilihan yang dapat anda pilih. Kemudian klik Setelan.
enter image description here3. Maka anda akan diarahkan ke halaman Setelan seperti gambar di bawah ini. Lalu pada bagian kiri bawah silahkan klik Lainnya.
enter image description here4. Untuk melakukan backup artikel pada blogger silahkan klik Cadangkan Konten.
enter image description here5. File backup artikel tersebut dapat disimpan di komputer tempat anda mengakses blogger tersebut. Untuk menyimpannya, silahkan klik Simpan ke komputer.
enter image description here6. Tunggu hingga beberapa saat. Maka akan ada file berformat .xml yang terdownload. File ini berisikan data- data blog anda seperti artikel, gambar dan sebagainya berformat XML.
enter image description here

Closing

Dengan melakukan backup artikel pada blogger, apabila terjadi beberapa hal tertentu seperti kesalahan migrasi atau kerusakan yang disebabkan oleh hacker tentunya tidak ada masalah. Tipe file backup dengan format XML ini juga dapat digunakan dalam proses migrasi blogger ke WordPress. Untuk mengetahuinya, silahkan buka Panduan Import Blogger ke WordPress Melalui Plugin.  Ingin website anda aman dari serangan hacker? Coba pasang SSL pada website! Yang belum mengetahui apa itu SSL, silahkan baca artikel Kami di Perbedaan dan Tipe SSL. Tertarik untuk pasang SSL pada website? Silahkan cek di SSL DomaiNesia. Kami memiliki SSL dari berbagai vendor baik berbayar ataupun GRATIS!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!