Home  »  Hosting   »   Cara Agar Servis NodeJS Dapat Uptime Terus Menerus

Cara Agar Servis NodeJS Dapat Uptime Terus Menerus

Last Update:

Salah satu masalah yang sering didapat para developer NodeJS adalah servisnya yang tidak uptime secara terus menerus. Lalu bagaimana membuat servis NodeJS tetap uptime 24 jam? Pada panduan ini akan dijelaskan tentang cara agar servis NodeJS dapat uptime terus menerus.

Cara Agar Servis NodeJS Dapat Uptime Terus Menerus

Agar script yang telah dibuat dapat berjalan secara terus menerus, anda dapat menggunakan Forever.js yang dapat didownload secara gratis di https://github.com/foreverjs/forever.
cara agar servis nodejs dapat uptime terus menerus
Forever.js ini berfungsi untuk menjaga agar proses Node.js tetap berjalan. Apabila servis mati tiba- tiba, maka servis Node.js akan secara otomatis melakukan restart. Adapun step by step menggunakan forever.js yaitu,

1. Melakukan Akses SSH

Silahkan akses server/ hosting yang anda miliki melalui SSH. Untuk proses remote SSH, anda dapat menggunakan terminal Linux ataupun Software Putty pada Windows. Bagi yang belum tahu silakan ikuti Cara Akses SSH di cPanel Hosting

2. Masuk ke Folder Node.js

Setelah itu, masuk ke direktori/ folder tempat dimana aplikasi/ script Node.js berada. Anda perlu melakukan sedikit command terminal untuk berpindah direktori. Silahkan ketik cd (spasi) folder script Node.js. Sebagai contoh, pada panduan ini script Node.js berada di folder node. Maka pada terminal dapat ditulis cd node/.
cara agar servis nodejs dapat uptime terus menerus

3. Melakukan Download Forever.js

Apabila telah berada di direktori/ folder script Node.js maka hal selanjutnya yaitu melakukan download Forever.js. Adapun caranya yaitu silahkan ketik

npm install forever

Tunggu hingga proses instalasi berhasil.
cara agar servis nodejs dapat uptime terus menerus

4. Menjalankan Forever.js

Sekarang saatnya untuk menjalankan servis Forever.js. Untuk menjalankan Forever.js ini silahkan tulis command berikut. Selalu diingat bahwa Forever.js hanya dapat dijalankan ketika anda berada pada folder/ direktori script (aplikasi) Node.js!

./node_modules/forever/bin/forever start hello.js

Pada contoh tersebut, hello.js merupakan script(aplikasi) Node.js. Sehingga, agar script tersebut dapat tetap berjalan terus menerus anda harus menjalankan servis Forever.js dengan cara tersebut.
cara menjalankan nodejs di hosting

Baca Juga : Cara Setting NodeJS Mudah dan Cocok Untuk Pemula

Kesimpulan

Salah satu cara agar servis NodeJS dapat uptime terus menerus yaitu menggunakan forever.js. Kamu bisa mendownload forever.js secara free. Setelah di download, pastikan servis forever.js bisa dijalankan dengan baik. Ingin mencoba aplikasi Ghost berbasis NodeJS? Silakan ikuti Cara Install Ghost di Hosting. Pengen melakukan upgrade hosting? Silakan cek Hosting Terbaik DomaiNesia.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!