Cara Instal Ghost di Hosting

Oleh Mutiara Auliya
4.2/5 (5)

Ghost adalah salah satu CMS (Content Management System) yang berfungsi sebagai blogging platform. Seperti halnya WordPress, Ghost dirancang khusus dengan tampilan elegan cocok untuk para blogger di seluruh dunia. Kamu bisa berbagi ide, berbagi cerita dan berbagi tutorial layaknya blog biasa. Dikembangkan dengan bahasa pemrograman Node.js membuat Ghost ini semakin diminati para blogger. Karena dianggap memiliki performa yang cukup tinggi dan loadingnya lebih cepat jika dibandingkan dengan CMS blogging lainnya. Nah, pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara instal ghost di hosting. Oiya, cara instal Ghost di Hosting ini hanya dapat dilakukan pada Hosting Super ke atas.

Cara Instal Ghost di Hosting

Mungkin bagi kamu yang pernah melakukan instalasi Ghost, bertanya-tanya. Mengapa ada yang berbeda dengan cara instal Ghost kali ini. Yaps, karena Ghost bersifat Open Source maka selalu akan ada update untuk menyempurnakan sistem. Oke, silahkan ikuti panduan cara instal Ghost step by step berikut ya.

1. Membuat Aplikasi NodeJs

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengikuti cara instal ghost di hosting yaitu membuat aplikasi NodeJS dari cPanel Hosting. Kamu harus login cPanel Hosting terlebih dahulu. Kemudian pada form pencarian, silakan klik Setup Node.js App

Setelah itu klik Create Application. Lalu isi sesuai gambar dibawah ini. Pada bagian Node.js version silakan diisi dengan versi Nodejs. Kemudian untuk Application mode diisi dengan mode Production. Untuk Application root silakan diisi dengan nama folder Ghost. Jika sudah, klik Create.

Jangan lupa copy virtual environment tersebut ya. Virtual environment ini berguna untuk proses instalasi Ghost nantinya.

2. Cek Lokasi Instalasi Ghost

Setelah Setup Nodejs App terbuat cek folder Application Root sudah terbuat. Kamu bisa cek melalui cPanel lalu cari menu File Manager. Apabila sudah ada folder ghost-cms artinya folder untuk installasi ghost kamu telah siap. Pastikan dalam folder ghost-cms tersebut tidak ada file/folder apapun ya. Jika ada file/folder seperti app.js dan lainnya silakan di hapus terlebih dahulu sehingga dalam folder ghost-cms itu kosong.

3. Akses SSH ke Hosting

Untuk melakukan instal Ghost, kamu harus masuk ke Hosting via SSH. Proses instalasi Ghost kali ini akan dilakukan via konsol. Jadi, pastikan kamu tahu cara masuk ke hosting via SSH. Jika belum tahu, silahkan baca Cara Akses SSH ke Hosting

4. Instalasi Ghost dan pm2

Nah sebelumnya jangan lupa untuk masuk ke environment NodeJS nya ya. Pada step pertama, kamu harus copy virtual environment terlebih dahulu. Nah, pada step ini silakan paste kode tersebut untuk masuk ke virtual environment. Di dalam virtual environment tersebut nantinya proses instal Ghost akan berjalan.

Kemudian instal Ghost dengan perintah berikut. Perintah ini berfungsi untuk instalasi Ghost dan pm2. Apa itu pm2? Kamu bisa cek pm2: Solusi Service NodeJS Jalan Terus

5. Melakukan Instalasi Ghost di Hosting

Sekarang saatnya melakukan instalasi Ghost di Hosting. Silakan masuk ke folder yang telah dibuat

Secara defaultapp root aku sama dengan folder. Setelah itu tulis kembali perintah berikut ini,

Tunggu hingga proses instalasi Ghost selesai ya.

6. Mengaktifkan Mode Ghost Production

Ghost memiliki dua mode yaitu mode development dan mode production. Adapun perbedaan mode development dan mode production hanya terletak pada developing dan debugging Ghost. Jika kamu menggunakan mode production, kamu bisa mengganti public URL website, nama database, serta menambahkan servis email. Untuk mengetahui informasi lebih detail, silakan baca https://docs.ghost.org/docs/config  Kemudian tulis perintah:

Jika sudah, saatnya mengubah file config untuk mode production. Pada file config ini akan dilakukan juga sinkronisasi nama domain/ subdomain (URL) yang digunakan. Pada bagian URL, silakan ganti dengan nama domain atau subdomain yang tadi dibuat. Kamu bisa gunakan editor seperti Nano ataupun Vim. Pada panduan kali ini akan menggunakan editor Nano.

Lalu tulis nama domain/ subdomain pada bagian URL. Jangan lupa di simpan ya! Bagi kamu yang menggunakan editor nano, untuk menyimpan file yang telah di edit caranya yaitu ctrl+x lalu tekan Y pada keyboard kemudian Enter.

Kamu hanya perlu mengubah pada bagian URL nya saja ya.

Catatan: Pada bagian url, silakan tulis lengkap dengan http://. Misalnya http://namadomain.com/
Jika menggunakan https, silakan tetap tulis http://, kemudian arahkan Ghost ke HTTPS sesuai Panduan Mengarahkan HTTP ke HTTPS

7. Mengaktifkan pm2 Agar Service Berjalan Terus

Sekarang saatnya membuat file config agar pm2 dapat aktif dan service berjalan terus menerus. Kamu bisa jalankan perintah,

Lalu copy kode berikut ini,

Pastikan pada bagian name sesuai dengan nama folder instalasi Ghost dan NODE_ENV merupakan mode production.

Lalu jalankan perintah berikut untuk merestart file ecosystem.config


Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

8. Membuat File .htaccess

Jika sudah, sekarang saatnya masuk ke folder domain/ subdomain dan membuat file .htaccess. Pastikan tidak ada folder apapun didalamnya! Jika ada folder tertentu, silakan hapus terlebih dahulu dengan perintah rm -rf nama_folder/.  Pastikan file hidden juga terhapus ya! Untuk masuk ke folder domain/ subdomain kamu bisa gunakan perintah cd,

Jika sudah silakan buat file .htaccess

Kemudian copy script di bawah ini,

Jangan lupa di simpan ya! Bagi kamu yang menggunakan editor nano, untuk menyimpan file yang telah di edit caranya yaitu ctrl+x lalu tekan Y pada keyboard kemudian Enter.

Catatan: Pastikan port yang ada di .htaccess sama dengan port yang ada di config.production.json

9. Membuka Ghost di Web Browser

Yeay! Cara instal Ghost di Hosting sudah selesai. Coba sekarang kamu buka domain/ subdomain di web browser. Kamu bisa akses halaman Ghost dan halaman Admin Ghost.
You can access your publication at http://namasubdomain.domain.com/ -> halaman Ghost


Your admin interface is located at http://namasubdomain.domain.com/ghost/ -> halaman Admin Ghost

cara instal ghost di hosting

Cara Mengakses Ghost

Install Ghost sudah berhasil. Sekarang saatnya mengakses dan mengelola Ghost. Untuk mengelola Ghost kamu bisa masuk ke halaman Admin. Silahkan tulis /ghost/ setelah nama domain atau subdomain. Misalnya http://namasubdomain.domain.com/ghost/

1. Membuat Akun Ghost

Setelah itu, silahkan klik Create Your Account.

cara instal ghost di hosting

2. Mengisi Form Pendaftaran Akun

Kemudian isi form mengenai data diri. Tulis alamat email, nama lengkap, password serta judul blog. Lalu klik Last Step: Invite Your Team.

cara instal ghost di hosting

Catatan: Untuk alamat email, kamu bisa menggunakan alamat email menggunakan domain sendiri ataupun alamat email dari Gmail, Yahoo dan sebagainya. Namun, kami sarankan untuk menggunakan alamat email menggunakan domain sendiri ya. Jika terjadi lupa password, kamu tidak akan kesulitan. Untuk membuat email dengan domain sendiri, silakan ikuti Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

3. Mengelola Ghost

Setelah selesai, maka Kamu akan diarahkan ke step ketiga. Dengan Ghost, Kamu dapat memberikan undangan (invite) teman- teman untuk berkolaborasi mengenai blog yang Kamu buat. Mereka dapat memberikan feedback mengenai artikel yang Kamu buat dan sebagainya. Untuk mengundang mereka silahkan tulis alamat email masing- masing. Kemudian klik Invite Some Users. Apabila tidak ingin memberikan udangan sekarang, silahkan klik I’ll do this later, take me to my blog!

cara instal ghost di hosting

Jika sudah, silakan tunggu sebentar maka halaman administrator dari Ghost telah muncul. Kamu dapat membuat artikel baru dan mengelola blog melalui halaman ini.

cara instal ghost di hosting

Merasa Kesulitan? Coba Gunakan Instant Deploy DomaiNesia!

Malas untuk instal Ghost secara manual seperti cara di atas? DomaiNesia memberikan kemudahan bagi kamu untuk merasakan sensasi blogging yang berbeda. Kamu bisa lakukan instal Ghost dengan mudah, cepat melalui Instant Deploy DomaiNesia. Mau tahu caranya? Silakan ikuti cara instal Ghost di Hosting dengan Instant Deploy

Error 503 Service Unavailable

Jika kamu menemukan pesan error 503 bertuliskan Service Unavailable seperti gambar berikut, jangan panik ya! Kamu bisa lakukan restart service Ghost. Pertama-tama, silakan masuk ke direktori/ folder tempat dimana Ghost diinstal. Kemudian tulis perintah berikut ini,

npx ghost start

jika sudah silakan tekan “Enter“. Setelah itu, buka browser lalu tulis domain/ subdomain di web browser. Sekarang kamu bisa akses halaman Ghost dan halaman Admin Ghost.

Install Ghost di Subdirektori

Pada prinsipnya hampir sama dengan cara install Ghost di atas, namun untuk htaccessnya silakan disesuaikan dengan kode berikut. Pada contoh berikut, Ghost akan diinstall pada direktori /blog.

Kesimpulan

Cara instal Ghost di Hosting sangatlah mudah. Kamu bisa melakukan instalasi Ghost secara manual ataupun langsung otomatis via Instant Deploy. Jika kamu kurang mengerti cara instal Ghost melalui konsol di Hosting, silakan gunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia. Mudah, cepat, nggak ribet dan dilengkapi dengan fitur manager untuk pengelolaan restart dan stop service Ghost. Jika ada pertanyaan, jangan ragu hubungi Tim Support DomaiNesia ya!

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!