Home  »  Hosting   »   Cara Redirect NodeJS ke Port Lain

Cara Redirect NodeJS ke Port Lain

Last Update:

Cara Redirect NodeJS ke Port Lain

Hi DomaiNesians! Terkadang ada beberapa NodeJS yang tidak dapat diakses lewat web browser. Nah, untuk itu pastikan anda telah mengubah file .htaccess agar file NodeJS dapat dijalankan. Adapun cara redirect NodeJS ke port lain yaitu seperti berikut ini.

Bagaimana Menjalankan NodeJS Melalui Port Tertentu?

Terkadang, pada keadaan tertentu anda harus menjalankan script Node.js melalui port yang berbeda. Secara default, port yang digunakan dalam Node.js adalah port 8080. Hal ini dikarenakan fungsi Node.js sebagai server side yang memungkinkan script/ aplikasi tidak menggunakan web server. Untuk menjalankan Node.js melalui port tertentu anda dapat melakukan hal- hal berikut,
Buat file .js dengan script seperti di bawah ini. Pada bagian server.listen(), silahkan isi dengan port yang anda pilih dan pastikan menggunakan port puluhan ribu, misal menggunakan port 62542. Sehingga, pengaturan script anda menjadi server.listen(62542).

var http = require(‘http’); 
var server = http.createServer(function(req, res) { 
res.writeHead(200); 
res.end(‘Hello Http’); }); 
server.listen(62542);

cara redirect nodeJS ke port lain

Bagaimana Cara Agar Service Node.js Dapat Diakses Menggunakan Port tcp:80/http ?

Service Node.js agar bisa diakses di port http / tcp:80 dapat dilakukan dengan cara berikut,

1. Menambah File .htaccess

Tambahkan file .htaccess untuk domain/subdomain/subfolder yang ingin menggunakan service Node.js, dimana rule .htaccess digunakan untuk redirect ke service Node.js. silahkan buat file baru/klik file .htaccess lalu pilih Code Editor pada bagian atas File Manager. Klik Edit.
cara redirect nodeJS ke port lain

2. Menuliskan Script Tambahan

Setelah itu, silahkan tulis script berikut ini.

Options +FollowSymLinks -Indexes
IndexIgnore *
DirectoryIndex<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine on
# Simple URL redirect:
RewriteRule ^(.*)$ https://127.0.0.1:62542/$1 [P]
</IfModule>

Port 62542 merupakan port yg dipakai Node.js sebagai daemon. Sebagai contoh misalnya, https://127.0.0.1:62542. Hal itu berarti anda dapat mengakses localhost melalui port 62542. Mengapa harus ditambahkan di file .htaccess? Hal ini dikarenakan port 62542 tidak bisa diakses secara langsung via web browser. Sehingga, anda perlu menambahkan rules pada file .htaccess biar bisa diakses via web browser.
cara redirect nodeJS ke port lain

Kesimpulan

Anda harus menambahkan beberapa rule di file .htacess agar dapat diakses secara langsung via web browser. Cara redirect NodeJS ke port lain sangatlah mudah. anda cukup ubah file .htaccess saja! Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya! anda juga bisa melakukan instalasi Ghost di Hosting lho! Silakan ikuti Cara Install Ghost di Hosting. Ingin agar servis NodeJS anda dapat berjalan terus menerus? Silakan baca Panduan Agar NodeJS Dapat Jalan Terus.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!