• Home
  • Hosting
  • Cara Setting NodeJS Default di Hosting DomaiNesia

Cara Setting NodeJS Default di Hosting DomaiNesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Setting NodeJS Default – Apakah kamu pengguna NodeJS? Sekarang hosting DomaiNesia sudah support NodeJS loh. NodeJS dapat berjalan di hosting minimal Hosting Super. Untuk instalasinya pun mudah dilakukan hanya dengan membuat aplikasi NodeJS melalui menu yang telah disediakan. Namun tidak semua versi NodeJS disediakan. Eitss, tenang! Buat kamu yang ingin melakukan instalasi versi NodeJS yang tidak ada di dalam aplikasi NodeJS, kamu bisa ikuti panduan ini.

Pengertian NodeJS

NodeJS adalah suatu platform yang dibuat oleh Ryan Dhal dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript. NodeJS bekerja di belakang layar atau biasa disebut sisi server (server side). NodeJS ini dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux maupun Mac OS. Dengan NodeJS, apabila ingin membuat website tidak perlu melakukan coding dari dua sisi yaitu sisi client (client side) maupun sisi server (server side). Di hosting DomaiNesia kamu dapat melakukan setting NodeJS dengan mudah. Berbagai versi NodeJS bisa kamu pilih untuk websitemu.

Catatan : Fitur NodeJS di hosting DomaiNesia hanya tersedia minimal Paket Hosting Super

Cara Setting NodeJS Default di Hosting DomaiNesia

Di hosting DomaiNesia Adapun langkah-langkah cara setting NodeJS default di hosting DomaiNesia sebagai berikut :

1. Masuk Hosting Melalui SSH

Langkah pertama untuk melakukan setting NodeJS default yaitu masuk ke hosting melalui SSH. Mengapa harus SSH? Dengan SSH kamu bisa mengakses server hosting tanpa harus berinteraksi secara fisik. Bayangkan saja, jika server hosting yang kamu punya ada di Singapura ataupun Amerika. Apakah kamu harus pergi ke sana hanya untuk melakukan instalasi aplikasi tertentu? Tentu tidak! Nah, lebih lengkapnya silahkan mengikuti step by step pada panduan Cara Akses SSH di cPanel Hosting agar bisa masuk hosting dengan mudah.

2. Download Versi NodeJS

Ketika sudah berhasil masuk hosting, langkah setting NodeJS default selanjutnya adalah melakukan download versi NodeJS yang kamu diinginkan dan sesuai kebutuhan. Pada panduan kali ini sebagai contohnya akan melakukan download NodeJS versi 16 melalui https://nodejs.org/download/release. Pertama- tama kamu bisa mengakses https://nodejs.org/download/release, lalu pilih versi NodeJS.

Setelah itu silahkan salin link file yang belakangnya terdapat linux-x64.tar.gz dengan cara klik kanan lalu pilih Copy Link.

Jika sudah kamu bisa jalankan command seperti dibawah ini dan pada bagian perintah wget silahkan paste link yang telah disalin tadi.

Setelah selesai download versi NodeJS yang diinginkan, silahkan lanjutkan untuk instalasi NodeJS.

setting nodejs default

Baca Juga : Panduan Setting Node.js

3. Melakukan Instalasi NodeJS

Sekarang saatnya melakukan instalasi NodeJS. Karena NodeJS yang telah didownload memiliki ekstensi .tar.gz, kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu. Kamu bisa menjalankan perintah berikut untuk melakukan ekstraksi folder. Untuk perintah di bawah ini sesuaikan dengan folder versi NodeJS yang kamu download ya.

Setelah itu rename file node-v16.13.0-linux-x64 menjadi nodejs. Kamu bisa menjalankan command di bawah ini untuk rename-nya

Kemudian hapus file kompress agar tidak memenuhi disk hosting.

4. Setting NodeJS Default Berhasil

Untuk mengetes apalah setting NodeJS default telah berhasil dilakukan, kamu bisa jalankan semua command berikut :

Apabila seperti gambar di bawah ini, itu artinya kamu telah berhasil melakukan setting NodeJS default di hosting DomaiNesia.


Nah, ada satu setting tambahan yang bisa kamu lakukan. Setting ini bersifat optional. Setting tambahan yang dimaksud bertujuan agar node dapat dipanggil langsung tanpa mengulangi command export nya. Silahkan jalankan command di bawah ini :

Kesimpulan

Setting NodeJS default di hosting DomaiNesia mudah dilakukan. Mulai dari masuk hosting melalui SSH kemudian instalasi NodeJS. Kamu bisa menikmati NodeJS di hosting DomaiNesia minimal Hosting Super ya! Apabila saat ini kamu memiliki Hosting Extra dan ingin menggunakan NodeJS, kamu bisa melakukan upgrade hosting. Kamu bisa upgrade ke Hosting Super, Monster, hingga Bisnis. Silahkan ikuti panduan Cara Upgrade Layanan Hosting.

Ingin membuat servis NodeJS tetap uptime 24 jam? Langsung saja baca panduan Cara Agar Servis NodeJS Dapat Uptime Terus Menerus

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!