• Home
  • Tips
  • Ketahui 10 Anti Malware Terbaik dan Perbedaannya Dengan Anti Virus

Ketahui 10 Anti Malware Terbaik dan Perbedaannya Dengan Anti Virus

Oleh Mila Rosyida

Kalau mendengar anti virus tentu sudah sangat tidak asing lagi. Anti virus merupakan suatu software yang dapat menangkal virus, memberikan perlindungan, juga keamanan data dan sistem komputer.

Bagaimana dengan malware? Apa itu malware? Malware adalah hal yang perlu kamu cegah. Karena malware bisa menyerang sewaktu-waktu saat sistem komputer atau data mu terdapat kerentanan. Maka itulah kamu membutuhkan yang namanya anti malware.

Apa itu Anti Malware

Malware (Malicious Software) adalah program atau file apa pun yang dibuat dengan tujuan untuk merusak dan menyusup kedalam sistem komputer pengguna. Jenis malware dapat mencakup virus komputer, worm, trojan horse, dan spyware.

Malware biasa menyebar melalui internet dengan file download, layanan email dan program komputer yang terinfeksi. Infeksi malware adalah ancaman dunia maya paling umum yang dapat dihadapi individu atau organisasi.

Beli Sertifikat SSL

Program jahat ini dapat melakukan berbagai fungsi berbeda seperti mencuri, mengenkripsi atau menghapus data dan berita sensitif, mengubah atau membajak fungsi komputasi inti, dan memantau aktivitas komputer pengguna tanpa izin mereka.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena malware sebenarnya bisa dibersihkan, asal menggunakan anti malware yang tepat. Anti-malware dapat menjadi solusi untuk melakukan pencegahan dan perlindungan informasi sensitif (baik individu atau organisasi) dari paparan penjahat dunia maya.

Contoh Anti Malware

Berikut ini adalah anti malware terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mencegah malware yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab, antara lain :

Norton 360

Norton 360 merupakan anti malware yang menghasilkan beberapa program perangkat lunak dan fitur luar biasa yang digunakan oleh jutaan orang. Anti malware ini banyak digunakan untuk melindungi komputer dari sejumlah malware, ransomware, spyware, dan banyak virus lainnya.

Beberapa fitur tambahan yang dimiliki oleh anti malware ini adalah memblokir situs sensitif, serta memantau aktivitas browsing pengguna, melindungi data saat komputer terkoneksi ke internet, menyediakan privacy manager agar sistem pengguna tidak mudah untuk dibobol, dan menyediakan penyimpanan dengan keamanan tinggi untuk dokumen penting yang dimiliki pengguna.

Norton 360 dapat digunakan untuk Windows, Mac, Android, hingga perangkat iOS.

McAfee

McAfee dirancang untuk mendeteksi, mencegah, dan menghapus berbagai jenis malware, termasuk virus, trojan, worm, ransomware, dan banyak lagi. Produk ini berfungsi untuk melindungi perangkat pengguna dari infeksi dan serangan malware. McAfee bukanlah nama baru di dunia cyber security.

McAfee sendiri selalu menjadi pilihan masyarakat untuk melindungi komputer dari berbagai serangan malware atau virus karena mudah untuk digunakan, memiliki keamanan tingkat tinggi, dan dapat disesuaikan oleh pengguna itu sendiri.

anti malware

McAfee dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja komputer, memiliki manajemen password, menyediakan penyimpanan data, dan memblokir situs yang rentan terhadap infeksi virus atau malware.

Norman Malware Cleaner

Norman Malware Cleaner adalah aplikasi gratis yang dikembangkan khusus untuk mendeteksi dan menghapus malware dari komputer. Meskipun demikian, Norman Malware Cleaner tidak menawarkan langkah-langkah pencegahan terhadap malware.

Kamu hanya dapat menghapus malware setelah komputer kamu terserang. Software anti malware ini mampu menghapus secara langsung malware yang ada di komputer tanpa memerlukan konfirmasi penghapusan sebelumnya.

Selain itu Norman Cleaner ini mampu mengembalikan registry yang sudah terinfeksi oleh malware kembali seperti semula.

Beberapa kemampuan Norman Malware Cleaner diantaranya:

  • Membersihkan sistem yang terinfeksi malware,
  • Kill process malware yang sedang berjalan, menghapus malware dari disk,
  • Memperbaiki registry yang rusak, dan
  • Memperbaiki fungsi firewall yang terserang malware.

Cybereason Ransom

Cybereason Ransom adalah program selanjutnya yang biasa digunakan pengguna komputer untuk melindungi keamanan komputer dari serangan virus atau malware. Cybereason memiliki kemampuan dalam mendeteksi Ransomware pada tahap awal terjadinya infeksi.

Anti malware dengan logo seperti dua mata burung ini mampu bekerja dengan menghalau malware dan juga Trojan. Perlu diketahui bahwa Trojan merupakan salah satu jenis virus berbahaya yang mencuri data kartu kredit dan sejenisnya.

Cybereason juga bisa kamu kombinasikan dengan antivirus lainnya untuk perlindungan yang lebih optimal.

BitDefender Antivirus Free Edition

BitDefender dapat mendeteksi malware atau virus dengan melakukan scanning virus pada komputer. Setelah mendeteksi keberadaan malware, program ini akan langsung menghapus virus yang telah terinfeksi.

BitDefender juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti management password, melakukan import password dari browser pengguna, file shredder untuk menghapus secara permanen file sensitive, fitur Add-in Search Advisor untuk browsing dengan lebih aman, serta fitur perlindungan khusus pada ransomware.

MalwareBytes Anti-Malware Free

Malwarebytes memiliki sistem scan yang terbaik, software ini mengkhususkan untuk mengatasi komputer/laptop yang sudah terlanjur terinfeksi malware. Selain penghapusan malware, perangkat lunak ini juga menangani adware, bilah alat yang tidak diinginkan, dan beberapa alat mencurigakan lainnya.

Program ini dilengkapi dengan fitur khusus yang disebut Chameleon, yang membantu kamu memerangi malware yang menyerang program anti-virus. Kamu dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak ini di Windows, Mac, iOS, dan Android.

Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa membelinya yang versi berbayarnya, tetapi jika tidak masih tersedia versi free untuk menghapus malware yang menginfeksi pada komputer kamu.

Microsoft Safety Scanner

Microsoft Safety Scanner adalah alat keamanan gratis yang menyediakan on-demand scanning dan menghapus virus, spyware, dan software berbahaya lainnya. Sesuai namanya, anti malware ini adalah produk dari Microsoft yang dapat bekerja dengan software antivirus lainnya.

Aplikasi ini bekerja langsung dari berkas unduhan. Kamu dapat memilih untuk memindai virus dari sistem secara keseluruhan atau hanya satu direktori. Microsoft Safety Scanner adalah aplikasi darurat yang bagus karena memungkinkan kamumelakukan pemindaian dari peranti portabel seperti kandar USB.

eScan AV AntiVirus Toolkit

eScanAV Antivirus Toolkit (MWAV) adalah utilitas gratis yang memungkinkan kamu untuk memindai dan membersihkan Virus, Spyware, Adware, dan Malware lainnya yang mungkin telah menginfeksi komputer kamu.

eScanAV Antivirus Toolkit (MWAV) tidak memerlukan instalasi dan dapat dijalankan langsung dari mana saja, baik di komputer kamu, Drive USB, atau dari CD ROM. Anti malware ini juga dapat berjalan jika kamu sudah menginstal perangkat lunak Antivirus lain di komputer kamu.

Meski tidak bisa realtime seperti anti malware lainnya, namun program ini cukup membantu bagi kamu yang ingin melindungi komputer kamu.

Emsisoft Emergency Kit

Emsisoft Emergency Kit adalah kumpulan program yang dapat digunakan tanpa penginstalan software untuk memindai malware dan membersihkan komputer yang terinfeksi.

Emsisoft sendiri diketahui dapat mencegah komputer dari berbagai serangan berbahaya seperti malware, virus, worm, spyware, adware, tracking cookies, bots, keyloggers, backdoors, rootkits, sampai trojan, yang sering dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan.

Meskipun software ini bisa didapat pengguna secara gratis, namun Emsisoft memiliki fungsi yang cukup efektif untuk melindungi komputer karena proses monitoring dilakukan secara realtime.

Sophos Home

Sophos Home merupakan anti malware yang dapat melindungi sistem komputer yang menggunakan Windows dan Mac. Software ini mampu mencegah komputer pengguna dari berbagai serangan malware, virus, ransomware dan adware berbahaya dan bersifat merusak.

Kemampuan dalam melindungi keamanan komputer dari software ini memang telah diakui oleh para ahli yang berkutat dalam dunia cyber security. Sophos Home sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk menganalisa segala aktivitas yang mencurigakan yang disebabkan oleh malware dari file dan program yang sudah terinfeksi.

Sehingga sebelum malware bisa menyebar, anti malware ini sudah lebih dulu menemukannya.

Fitur lainnya Sophos ini memiliki fungsi Antiphishing, jadi saat mengakses website yang mengandung phising maka Sophos akan langsung bekerja.

Perbedaan Anti Malware dengan Anti Virus

Beberapa pihak mungkin melihat antivirus dengan anti malware seperti kategori yang sama, padahal sejatinya keduanya berbeda. Perbedaan utama antara antivirus dan anti-malware terletak pada jenis ancaman yang dapat mereka deteksi dan hapus.

Antivirus terutama fokus pada virus, sedangkan anti-malware meliputi spektrum ancaman yang lebih luas seperti ransomware, trojan, dan ancaman lain yang lebih esoteris, termasuk virus.

Selain itu, antivirus umumnya hanya mampu mendeteksi dan menghapus ancaman yang sudah dikenal dan dicatat dalam database mereka, sementara anti-malware mampu mendeteksi ancaman yang baru dan tidak diketahui.

Pada prakteknya, software anti malware dimaksudkan untuk digunakan bersama dengan software antivirus untuk memberikan cakupan yang lebih luas bagi pengguna dan memastikan bahwa mereka tidak terlalu rentan terhadap ancaman dibandingkan jika mereka hanya menggunakan software antivirus.

Alih-alih mengandalkan satu jenis software untuk melindungi perangkat kamu, lebih baik menggunakan lapisan produk yang memberikan kamu ketahanan yang lebih baik terhadap serangan saat mereka muncul.

Cara Kerja Anti Malware

Penasaran dengan cara kerja anti malware? Simak penjelasan di bawah ini :

Pemantauan Perilaku / Behavior Monitoring

Pemantauan Perilaku adalah teknik yang dilakukan anti malware dengan melibatkan pemantauan aktivitas dan perilaku program atau proses yang berjalan di dalam sistem komputer.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi dan merespons aktivitas yang mencurigakan atau tidak biasa yang dapat menjadi indikasi adanya serangan atau ancaman keamanan.

Ketika Pemantauan Perilaku mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti mencoba mengakses file yang tidak biasa, mencoba mengubah pengaturan sistem, atau berkomunikasi dengan alamat IP yang mencurigakan, anti malware akan melihatnya sebagai ancaman.

Fitur ini membuat pendeteksian malware lebih mudah karena program anti malware tidak perlu memindai atau melihat file lagi.

Dengan memantau perilaku yang mencurigakan, solusi ini dapat memperoleh informasi tambahan dan mendeteksi serangan yang berbasis pada perubahan perilaku, termasuk serangan yang menggunakan malware baru atau modifikasi dari malware yang ada.

Sandboxing

Sandboxing adalah metode keamanan yang dilakukan anti malware dengan menjalankan program atau proses dalam lingkungan terisolasi yang disebut “sandbox”.

Sandbox adalah lingkungan yang terpisah dan terkendali di dalam sistem komputer, yang memungkinkan program atau proses berjalan tanpa dapat berinteraksi dengan komponen lain di dalam sistem.

Tujuan dari sandboxing adalah untuk mencegah program atau proses yang tidak terpercaya atau berpotensi berbahaya merusak atau menginfeksi sistem komputer.

Pada sandbox, program atau proses yang dijalankan tidak memiliki akses langsung ke file sistem atau komponen penting lainnya di dalam sistem. Sebagai gantinya, mereka beroperasi dalam lingkungan yang terisolasi dan terbatas, yang membatasi dampak dan penyebaran yang mungkin dihasilkan oleh program berbahaya.

Anti malware menyimpan program pada sandbox untuk dianalisis lebih lanjut. Jika ditemukan ancaman, maka akan langsung dihapus, sementara file yang tidak ditemukan ancaman akan diizinkan untuk berjalan dalam sistem tetapi akan terus dipantau.

Malware Removal

Jika malware ditemukan, maka anti malware akan langsung menghapusnya untuk mencegah eksekusi dan infeksi pada sistem komputer. Apabila jenis file yang sama mengakses komputer, maka secara otomatis akan dihilangkan.

Penghapusan malware mungkin terdengar seperti pekerjaan yang kompleks, namun dengan menggunakan anti malware hal itu dapat selesai dalam hitungan detik. Sehingga dalam waktu sekejap, malware dapat keluar dari komputer kamu dan kamu dapat yakin bahwa komputer dan informasi pribadi kamu aman.

Lindungi Hostingmu Dengan Immuify360 Anti Malware!

Imunify360 adalah salah satu produk CloudLinux untuk proteksi dan perlindungan web hosting.

Imunify360 dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence dan fitur “Proactive Defense” yang berfungsi untuk menghambat penyebaran malware di setiap server, menghentikan malware yang tidak terdeteksi, dan melindungi dari zero-day attack.

Ikuti step by step nya pada Panduan Imunify360 di Hosting Untuk Proteksi Malware. Semua hosting murah DomaiNesia sudah support Immunify360.

Buat kamu yang belum memiliki hosting segera pilih paket hosting DomaiNesia dan install Immunify360 di hostingmu!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds