Cara Mengatasi Lupa Password Yahoo Dengan Mudah5 min read

Para pengguna internet pasti sudah hafal betul fungsi dan kegunaan password di dunia digital. Password atau kata kunci merupakan salah satu instrumen yang sangat berguna sebagai “kunci gembok” untuk menjamin kerahasiaan data-data digital. Saking pentingnya keberadaan password, jangan sampai kita lupa password Yahoo.

Dengan adanya password, kita bisa membuat akun di ragam platform digital, termasuk di Yahoo, untuk ragam kebutuhan, tanpa perlu khawatir bocor data atau terkena serangan hacker. Sebab, hanya pemilik password lah yang bisa membuka dan mengakses akun-akun pribadinya. Mengingat sifat password yang bersifat pribadi dan eksklusif, tidak sembarangan orang boleh mengetahuinya, kecuali pengguna akun itu sendiri.

Sebagai perusahaan internet kelas multinasional, Yahoo sudah sangat mapan dalam menjaga kerahasiaan akun para penggunanya. Dengan begitu, kita bisa mengakses Yahoo untuk berbagai keperluan (browsing, berkirim pesan, menyimpan data digital, dan kebutuhan lainnya) dengan akun pribadi tanpa perlu khawatir akun tersebut diretas.

Mengingat password Yahoo bersifat unik dan eksklusif, ada sebagian penggunanya yang lupa password Yahoo yang dibuatnya sendiri. Akibatnya, user jadi tak bisa mengakses akun Yahoo miliknya. Sebelum kami memaparkan cara mengatasi Lupa password Yahoo, mari sejenak kita ulas beragam penyebab lupa password Yahoo, di antaranya:

1. Lama Tidak Membuka Akun Yahoo

Penyebab lupa password Yahoo yang pertama adalah, Anda sudah lama tidak membuka akunnya. Mungkin Anda sedang sangat sibuk sehingga tidak sempat menggunakannya, atau kegiatan sehari-hari Anda mungkin jarang bersinggungan dengan akses ke Yahoo sehingga jadi sulit. Nah, karena jarang digunakan, peluang lupa password Yahoo semakin besar.

lupa password yahoo

Sumber: Pixabay

2. Password Terlalu Rumit

Penyebab lupa password Yahoo selanjutnya adalah, password yang Anda buat terlalu rumit. Mungkin ketika Anda membuatnya, memang sengaja membuatnya rumit agar tidak sembarang orang bisa mengakses akun Anda. Lantas Anda menggunakan huruf besar, simbol-simbol tertentu dan rangkaian huruf yang super rumit. Saking rumitnya, di kemudian Anda sendiri yang lupa bagaimana rangkaian passwordnya.
Tentu saja ini sangat merugikan, apalagi juga Anda sangat tergantung pada Yahoo sebagai alat komunikasi dan sarana kerja. Membuat rangkaian password yang rumit memang bagus untuk keamanan akun Anda. Tapi jangan sampai Anda lupa password Yahoo Anda sendiri sehingga jadi repot ketika ingin mengaksesnya.

3. Ada Orang Asing yang Ingin Membuka Akun Anda

Penyebab yang ketiga ini juga sangat bisa terjadi, di mana sistem Yahoo mengklaim “Lupa Password” karena bukan pemilik akun tersebut yang berupaya membukanya. Bisa jadi, ada seseorang dengan maksud dan tujuan tertentu yang ingin membuka akun Yahoo Anda tanpa sepengetahuan Anda. Karena itulah, fungsi password yang unik dan eksklusif jadi sangat penting sehingga orang asing tidak mudah untuk mengakses akun Anda secara sembarangan.
Setidaknya, tiga penyebab yang kami sebut di atas adalah yang paling sering terjadi, sehingga Anda diklaim “Lupa Password Yahoo” oleh sistem. Meski begitu, jangan segera galau dan berputus asa ketika Anda benar-benar lupa password Yahoo. Sebab dalam artikel ini, kami ingin berbagi informasi solusi, bagaimana cara agar Anda bisa tetap mengakses akun Yahoo Anda meski lupa password. Berikut ini uraiannya:

Baca juga: Cara Filter Email Spam di Hosting

Cara Mengatasi Lupa Password Yahoo Pakai PC

Langkah paling pertama yang harus Anda lakukan setelah berhenti sedih dan galau adalah, segera mengunjungi halaman login Yahoo Di sana, jangan memaksakan diri dan terus mencoba password yang berujung penolakan. Jika Anda ingin mengaksesnya melalui komputer, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

lupa password yahoo

Sumber: Pixabay

  1. Segeralah masuk ke halaman login yahoo dan masukkan alamat email Yahoo Anda, atau no ponsel Anda. Setelah itu klik “Next”.
  2. Pilih opsi metode pemulihan yang diinginkan. Anda bisa melakukan pemulihan melalui no kontak maupun email alternatif. Jika melalui telepon, maka klik “send a text message”. Jika melalui email lain, maka klik “Send an email.”
  3. Nantinya akan tampil layar untuk Anda memasukkan no kontak yang bisa dikirim email, maupun email alternatif. Setelah dimasukkan secara jelas, nanti sistem akan mengirim pesan kode verifikasi ke no kontak atau email Anda.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut sesuai yang dikirimkan Yahoo lalu klik “OK”.
  5. Buatlah kata sandi baru dua kali pada kolom yang disediakan, lalu “Next”
  6. Selesai. Anda telah memiliki password baru dan Anda bisa kembali mengakses akun Yahoo Anda kapan dan di mana saja.

Cara Mengatasi Lupa Password Yahoo Pakai Smartphone

Tak melulu menggunakan PC, Anda juga bisa melakukan reset password via ponsel. Caranya hampir sama, yakni tinggal mengakses halaman login Yahoo, kemudian ikuti langkah berikut ini:

lupa password yahoo

Sumber: Pixabay

  1. Pada halaman login yahoo, ada kolom-kolom kosong berupa “Yahoo Username” dan “Password”. Anda klik link paling bawah yang bertuliskan “I can’t access my account”.
  2. Nantinya akan ada tampilan di mana Anda berpeluang melakukan reset password lewat no kontak maupun email alternatif.
  3. Segera setelah Anda memasukkan no kontak pribadi maupun email alternatif, sistem Yahoo akan segera mengirimkan kode verifikasi. Nah, setelah menerima kode, silakan segera memasukkannya sebagaimana diminta.
  4. Urusan lupa password Yahoo pun akan segera terselesaikan, dan Anda bisa me-reset ulang password baru Anda.

Baca juga: Cara Membuat Email Signature

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang cara mudah mengakses Yahoo jika Anda lupa password Yahoo. Saran dari kami, jangan mudah untuk memberikan kode verifikasi Anda kepada orang lain, apalagi jika bukan Anda sendiri yang memintanya. Meski mungkin Anda berpikir bahwa akun Anda tidak berisi hal-hal yang terlalu substansial, tapi tetap saja keamanan akun dan password harus selalu terjaga.

Alasannya, kita tidak pernah tahu, mungkin saja ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan akun Anda untuk kepentingan pribadi, lantas jadi berdampak negatif bagi diri Anda. Jadi, selain Yahoo yang selalu berupaya menjaga akun penggunanya, Anda pun harus terampil menjaga akun Anda sendiri.

Selain itu, agar tidak lupa password Yahoo berulang kali, sebaiknya Anda membuat password yang mudah diingat untuk diri Anda sendiri. Bisa jadi password tersebut terdiri dari huruf, angka dan simbol. Tapi ketika Anda mengingatnya, Anda tidak perlu lagi kerepotan mengakses akun Yahoo kapan [un dibutuhkan.

Pada intinya, sistem di Yahoo tidak muluk-muluk dalam memberikan pelayanan untuk Anda. Begitu pula, ada banyak cara dan opsi pilihan yang ditawarkan Yahoo agar Anda bisa membuka akun tanpa harus pakai password yang terlupakan. Originalitas data dan identitas Anda sangat menentukan mudah tidaknya Anda untuk melakukan reset password.

Dengan kata lain, sejumlah prosedur yang harus ditempuh demi memastikan bahwa Anda lah (bukan hacker) harus dijalani, sehingga sistem Yahoo benar-benar yakin bahwa pemilik akun pribadi Yahoo adalah Anda, sehingga hanya Anda yang berhak untuk mengaksesnya.
Selamat mencoba!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar