Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Beli Domain?5 min read

cara menggunakan domain
Hi DomaiNesians! Kamu sudah punya domain belum? Eh sebelum itu, kamu udah tahu kan apa itu Domain? Nah, Domain adalah nama dari website. Ketika kamu browsing di internet tentang sesuatu, pasti kamu akan menemui nama website di sana. Misalnya, kamu mencari domainesia maka akan muncul www.domainesia.com. Nah, domainesia.com inilah yang dinamakan domain. Lalu .COM merupakan ekstensi domain. Kamu perlu tahu, bahwa domain adalah pintu utama masuknya pengunjung. Ada beragam ekstensi domain yang bisa kamu pilih seperti .COM, .NET, .ID, .ONLINE, dan sebagainya. Lalu apa sih yang bisa kamu lakukan dengan domain? Bagaimana cara menggunakan domain ? Kenapa saya harus beli Domain? Kalau saya punya domain, apa saja yang bisa dilakukan? Oke, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah membeli domain.

Cara Menggunakan Domain

Ada banyak domain murah yang bisa kamu beli di DomaiNesia. Bahkan ada domain dengan harga 14 ribu rupiah saja lho! Nah setelah membeli domain, kamu bisa melakukan hal berikut,

1. Membuat Email Profesional

Pernah nggak kamu mimpi untuk memiliki email dengan nama sendiri atau nama perusahaan sendiri? Nah, kamu bisa memanfaatkan domain untuk membuat email lho! Maksudnya, kamu bisa menghilangkan @gmail(dot)com ataupun @yahoo(dot)com. Kamu bisa membuat email dengan nama domain yang kamu miliki. Hal tersebut tentu saja membuat website lebih profesional. Para pengunjung menjadi lebih percaya bahwa website kamu bukan termasuk website penipuan.

Baca Juga: Cara Membuat Email Dengan Nama Perusahaan

2. Melakukan Custom Domain Blogger

Kamu aktif menulis blog di blogspot? Pengen nggak tulisan . blogspot.com di akhir alamat blog itu hilang? Misalnya nih kamu punya blog dengan alamat websitesaya . blogspot. com. Apakah bisa alamat blog tersebut berganti menjadi websitesaya.com ? Bisa dong! Bagaimana caranya? Ya dengan melakukan custom domain! Kamu tidak perlu hosting lho! Kamu hanya butuh domain saja untuk melakukan custom domain. Pertama-tama silahkan lakukan order domain dengan nama website yang kamu mau. Setelah itu, silahkan lakukan custom domain ke Blogger sesuai dengan panduan dari DomaiNesia. Jika kamu mengalami kesulitan, silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia ya!

3. Melakukan Custom Domain Tumblr

Sama seperti Blogger, jika kamu aktif di Tumblr kamu juga bisa melakukan custom domain lho! Kamu bisa menghilangkan .tumblr(dot)com dan menggantinya dengan nama website dan ekstensi domain pilihan kamu. Kamu bisa pilih .COM, .NET, .ID atau ekstensi domain murah lainnya. Dengan melakukan custom domain, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Misalnya semakin banyak pembaca yang berkunjung ke website kamu karena lebih profesional.

cara menggunakan domain

Sumber: Pexels

4. Branding Perusahaan

Cara menggunakan domain selanjutnya yaitu domain menjadi sebuah brand perusahaan. Domain juga bisa kamu gunakan untuk branding usaha kamu lho! Misalnya, kamu beli nama domain bajumurah (dot)id. Kemudian, domain tersebut kamu gunakan sebagai branding nama usaha kamu. Hal ini memiliki kelebihan tersendiri lho. Selain dapat digunakan menjadi nama brand perusahaan, kamu juga bisa memperkenalkan website ke publik. Jika mendengar nama tersebut, publik langsung teringat akan perusahaan dan website yang kamu miliki. Pernahkah kamu menemuni toko/ perusahaan dengan nama domain yang sama? Nah ternyata hal tersebut sangat menguntungkan usaha kamu lho! Dari segi SEO pun, ternyata bagus juga! Menurut Eric Schmidt, pimpinan eksekutif Google, Brand (merek) adalah solusi bukan sebuah masalah. Brand adalah bagaimana kamu memilah sampah agar selalu terngiang dan selalu dapat bertahan di masyarakat

5. Mengarahkan ke URL Tertentu

Bagaimana jika saya tidak memiliki blog? Bagaimana jika saya belum memiliki usaha tertentu? Tenang! Kamu dapat mengarahkan domain ke URL tertentu misalnya akun social media kamu. Kamu bisa menambahkan URL Facebook, Twitter ataupun Instagram kamu lho! Jadi, tidak masalah kalaupun kamu belum memiliki blog yang bisa dilakukan custom domain. Ini adalah salah satu langkah awal untuk kamu jika ingin terkenal lho!

Bagaimana Jika Saya Ingin Membuat Website Sendiri?

Bisa dong! Tetapi, bukan hanya domain yang kamu butuhkan! Kamu juga butuh yang namanya Hosting! Hosting adalah tempat untuk meletakkan file website kamu. Jika hanya memiliki domain saja, tentu saja tidak akan berhasil membuat website impian. Mau ditaruh dimana file website kamu? Nah untuk itu, kamu butuh yang namanya Hosting. Di DomaiNesia ada lho Paket Hemat Domain Hosting yang bisa kamu pilih. Selain harganya lebih murah, kamu juga bisa mendapatkan Gratis SSL untuk melindungi website dari spam atau malware. Selain domain dan hosting, kamu juga perlu memikirkan website apa yang ingin dibuat.
Apakah website pribadi?
Apakah toko online?
Apakah website perusahaan?

cara menggunakan domain

Baca Juga: Apa Beda Domain dan Hosting

Jika sudah, sekarang saatnya pikirkan konten dan tema dari website! Isi konten sesuai website yang kamu buat. Sesuaikan warna dan tampilan website. Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress, kamu bisa gunakan beberapa tema pilihan. Ada ratusan tema gratis dari WordPress dengan berbagai bentuk dan tampilan. Sesuaikan saja dengan website yang kamu bikin. Kalau bingung, coba baca Cara Membuat Website Dari Nol. Jika kamu sudah membuat website dari nol, ya sudah! Yang harus kamu lakukan adalah melakukan upload file website ke Hosting saja. Kamu bisa gunakan cara manual langsung dari File Manager yang ada di cPanel Hosting ataupun menggunakan FTP Client seperti FileZilla.

Kesimpulan

Jadi, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah melakukan order domain. Seperti membuat email menjadi lebih profesional, melakukan custom domain, membuat domain menjadi brand usaha serta mengarahkan domain ke URL tertentu. Cara menggunakan domain juga sangatlah mudah. Nah buat kamu yang ingin membuat website, pastikan kamu juga harus memiliki Hosting ya. Di DomaiNesia, ada beragam hosting terbaik yang bisa kamu order. Buat pemula, kamu bisa baca Tips Memilih Hosting sebelum menjatuhkan pilihan. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan menghubungi Tim Support Kami ya! Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
  • Avatar Eko berkata:

    Terimakasih atas infonya aku akan coba menerapkan dlm blog yg baru aku buat

  • >