• Home
  • Tips
  • Lengkap, Simak Cara Ciptakan Feed Instagram yang Menarik!

Lengkap, Simak Cara Ciptakan Feed Instagram yang Menarik!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Instagram menjadi salah satu sosial media yang saat ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pemasaran online. Bagi kamu yang memiliki bisnis, maka kamu bisa menggunakan instagram untuk menarik dan memperluas pangsa pasarmu. Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki bisnis kecil, instagram sangat cocok karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya jika hanya melakukan promosi melalui feed instagram dan juga unggahan instagram story.

Pada artikel kali ini, DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas bagaimana sih menciptakan feed instagran yang menarik dan rapi. Dengan feed instagram yang rapi maka kamu akan mendapatkan banyak like dan followers. Untuk itu, perhatikan dan terapkan beberapa hal yang akan DomaiNesia sampaikan untuk kamu ya!

feed instagram
Sumber: Envato

Baca juga: Cara Promosi di Instagram yang Benar, Jangan Sampai Salah Langkah!

Apa itu Feed Instagram?

Feed instagram adalah halaman pertama kali yang dilihat oleh pengunjung apabila membuka akun instagram milikmu. Postingan instagram ini terdiri dari berbagai jenis konten yang bisa kamu tata dan kelola mulai dari video, foto, instagram reels, instagram tv, dan beberapa highlight dari instagram story yang kamu simpan.

Jika kamu memiliki bisnis online misalnya saja bisnis makanan, maka feed instagram adalah katalog yang bisa kamu kenalkan dan kamu tawarkan kepada pengunjung instagram mu. Kamu bisa melengkapinya dengan berbagai informasi, penawaran, hingga pengenalan produk. Untuk itu, feed instagram adalah hal wajib yang harus kamu perhatikan apabila ingin berjualan online. Lalu bagaimana cara membuat feed instagram yang bagus? Simak setelah ini.

Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik

1. Menentukan jenis grid postingan

Cara membuat feed instagram kamu lebih menarik lagi yang pertama yaitu memperhatikan jenis grid. Grid postingan adalah bentuk tata letak postingan instagram. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menentukan postingan apa yang selanjutnya akan diposting. Tatanan layout ini yang akan membuat postingan instagram kamu menjadi lebih aesthetic. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba.

Border

Border adalah jenis feed yang menggunakan border pada setiap postingan. Hal ini juga bisa membuat postingan instagram mu terlihat lebih rapi. Usahakan pilih warna border yang netral seperti warna hitam atau putih.

Puzzle

Puzzle adalah jenis postingan instagram yang saling berkaitan dari satu postingan dengan postingan lain. Biasanya saling berkaitan untuk membentuk sebuah pola atau gambar. Jenis postingan instagram ini memang susah jika diterapkan dalam keseharian, karena memang cukup rumit untuk memecah gambar menjadi beberapa bagian. Kamu bisa memilih jenis feed ini untuk memperkenalkan akun instagram baru, campaign, dan juga membuat teka-teki.

Checkerboard

Contoh postingan instagram ini yaitu menampilkan foto dan unggahan quotes secara selang-seling layaknya papan catur. Hal ini dapat membuat postingan instagram tampil beda dan cukup menarik.

Horizontal Lines

Horizontal lines berarti kamu mengunggah 3 baris foto yang kemudian disusul dengan 3 baris postingan quotes. Maka akan nampak garis penjeda antara satu baris foto dengan baris foto lainnya.

feed instagram
Sumber: Envato

Baca juga: 15+ Instagram Tools Terbaik Untuk Kebutuhan Marketing

2. Memilih tema 

Selanjutnya, cara membuat feed instagram kamu tampak lebih tertata yaitu menentukan tema apa yang akan digunakan. Tema ini akan menggambarkan bagaimana personality dan branding. Nah biasanya banyak orang dan pemilik bisnis yang hanya melakukan update foto saja tanpa memperhatikan tema yang digunakan. Pasti hal itu akan mempengaruhi feed instagram dan membuatnya kurang tertata. Ada beberapa tema yang bisa kamu pilih seperti:

Black & White

Tema black & white berarti feed instagram kamu nantinya akan berisi foto dengan warna hitam dan putih. Hal ini cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian yang misterius.

Minimalis

Dengan mengusung tema minimalis maka tampilan instagram milikmu akan terlihat simpel, bersih, dan juga rapi. Cara menggunakan tema ini yaitu dengan memposting foto dengan banyak white space sehingga tampilan instagram akan terlihat lebih minimalis dan tidak banyak warna yang ditampilkan.

Vintage

Vintage terkenal dengan warna warm. Jika kamu menggunakan tema vintage pada feed instagram maka kamu akan mendapatkan kesan klasik dan elegan.

Dark

Tema dark berarti feed instagram akan didominasi oleh warna hitam. Dengan menggunakan tema ini maka instagram kamu akan berkesan maskulin.

Pastel

Tema pastel biasanya menggunakan dominan berbagai campuran warna pastel seperti warna pink pastel, biru pastel, kuning pastel, dan masih banyak lagi. Warna ini menggambarkan keceriaan.

3. Menggunakan tone filter yang sama 

Ada banyak jenis feed instagram yang bisa digunakan. Seperti foto, quotes, video, dan infografis. Jika kamu memilih konten instagram menggunakan foto, maka kamu perlu memperhatikan tone filter dan jenis filter yang kamu gunakan. Cara membuat feed instagram ini bisa kamu coba agar warna pada setiap foto yang kamu unggah bisa seragam. Ada banyak aplikasi yang kamu gunakan mulai dari Lightroom, VSCO, Snapseed, Daz Cam, dan masih banyak lagi. 

4. Memperhatikan urutan konten yang akan disajikan

Feed instagram adalah hal yang sangat wajib kamu perhatikan apabila memanfaatkannya untuk personal branding atau memulai bisnis. Maka dari itu membuat perencanaan konten sangat penting. Perencanaan konten ini kamu harus menentukan akan memposting gambar, video, atau quotes. Untuk mencoba tata letak dan urutan konten ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti Preview dan Feed Master.

feed instagram
Sumber: Envato

5. Menentukan warna apa saja yang akan digunakan

Tampilan feed instagram adalah sebuah katalog yang bisa kamu manfaatkan apabila kamu menggunakan sosial media ini untuk berbisnis. Selanjutnya hal yang wajib kamu perhatikan untuk cara membuat feed instagram tampak rapi yaitu menentukan warna yang akan digunakan. Penonjolan dan penggunaan warna ini akan sangat mempengaruhi loh!

Misalnya saja kamu sudah memiliki feed instagram dengan pilihan warna putih, coklat, dan krem. Lalu tiba-tiba ada salah satu foto yang mengandung warna merah dan biru. Maka hal itu bisa merusak feed kan DomaiNesian? Jadi kamu harus memperhatikan ya pilihan warna apa saja yang akan digunakan.

6. Menggunakan foto dan video dengan kualitas tinggi

Apakah enak melihat postingan dengan kualitas gambar yang pecah, blur, atau bahkan tidak jelas? Tentu saja tidak enak! Kualitas video dan foto yang diunggah pada feed instagram adalah nyawa. Percuma kan jika kamu sudah memiliki foto dan video dengan tone warna yang sama namun kualitasnya dibawah rata-rata. Untuk itu, cara membuat feed Instagram yang bagus, bagian terpentingnya berada pada kualitas postingan.

Lebih baik kamu menggunakan foto dan video dengan kualitas HD ya! Namun biasanya di Instagram foto yang HD sekalipun akan terlihat penurunan kualitas apabila sudah diposting. Jika kamu merasa seperti itu berarti kamu belum mengaktifkan pengaturan postingan HD di Instagram. Caranya yaitu kamu pergi ke halaman profil kemudian klik Pengaturan, klik Akun, pilih Penggunaan Data, dan aktifkan Unggahan dengan Kualitas Tinggi. 

7. Terus belajar dan mencari inspirasi

Terakhir, cara membuat feed instagram adalah dengan terus belajar dan mencari inspirasi dari berbagai akun Instagram milik brand-brand ternama yang pastinya sudah memiliki tampilan Instagram yang ciamik. Sebuat saja seperti Scarlett Whitening yang mengusung warna pastel nan cantik dan menggemaskan. Tak lupa juga Instagram pribadi milik Fiersa Besari yang menggunakan tone warna dan pilihan filter yang seragam.

feed instagram
Sumber: Envato

Sudah Siap Membuat Feed Instagram Semakin Cantik?

Feed Instagram adalah hal wajib diperhatikan jika ingin menciptakan tampilan Instagram yang estetik dan menjual. Dengan tampilan yang cantik, kamu dapat dengan mudah meraup banyak like dan pengikut baru. Nah, strategi ini bisa nih kamu manfaatkan untuk mulai memasarkan produk.

Untuk itu kamu harus benar-benar memahami dan menerapkan cara membuat feed Instagram seperti yang sudah DomaiNesia jelaskan di atas. Mulai dari memperhatikan kualitas foto, jenis grid yang akan dan selalu diterapkan, penggunaan filter yang seragam, susunan postingan, dan pilihan warna yang sudah dipikirkan matang-matang. Bagaimana sudah semakin tertarik dan semangat untuk menciptakan Instagram yang cantik dan menarik? Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah