• Home
  • Tips
  • RAM : Komponen Penting Penyimpanan Data

RAM : Komponen Penting Penyimpanan Data

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Random Access MemoryRandom Access Memory merupakan suatu memori tempat penyimpanan data sementara. Dalam hosting, semakin besar Random Access Memory yang dimiliki maka Hosting akan semakin cepat dalam memproses website. Bagaimana dengan Random Access Memory di PC atau laptop? Apa saja jenis-jenis Random Access Memory? Dan apa saja tips untuk memilih Random Access Memory di PC dan laptop? Semua pertanyaan itu akan dikupas tuntas pada artikel berikut ini. Simak terus ya!

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah komponen penting dalam berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, dan PC.

Fungsinya sangat vital, yaitu untuk menyimpan data sementara yang diperlukan oleh gadget dan software tertentu saat digunakan.

Berbeda dengan penyimpanan permanen seperti hard drive atau SSD, data dalam Random Access Memory tidak dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Ini disebabkan oleh sifat Random Access Memory yang dirancang untuk menyimpan data hanya selama perangkat terhubung ke sumber daya listrik. Dengan kata lain, saat perangkat dimatikan, data dalam Random Access Memory akan hilang.

ram
Sumber : envato

 

Ketika perangkat dinyalakan kembali atau digunakan untuk berbagai aktivitas, ruang memori Random Access Memory akan kosong dan siap digunakan lagi.

Kapasitas Random Access Memory yang berbeda-beda ditawarkan di pasaran, mulai dari yang kecil seperti 128 MB hingga yang besar seperti 16 GB atau lebih.

Tapi, apa manfaat dari memiliki Random Access Memory yang lebih besar? Semakin besar kapasitas Random Access Memory, semakin cepat perangkat bisa membaca dan menjalankan aplikasi.

Random Access Memory yang lebih besar juga memungkinkan perangkat untuk melakukan banyak tugas sekaligus dengan lebih lancar, yang dikenal sebagai multitasking.

Sebagian besar perangkat yang tersedia di pasaran saat ini telah dibekali dengan Random Access Memory minimal 4GB untuk mendukung multitasking dengan baik.

Fungsi RAM

RAM adalah komponen penting dalam setiap perangkat elektronik, seperti komputer, laptop, atau bahkan smartphone.

Fungsinya sangat sederhana namun esensial yaitu menyimpan data sementara yang diperlukan oleh perangkat saat beroperasi.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa fungsi dari Random Access Memory yang harus kamu ketahui :

Menyimpan Data Sementara

Random Access Memory bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara yang sedang digunakan oleh perangkat.

Misalnya, saat kamu membuka aplikasi atau melakukan tugas di komputer, data yang terlibat dalam proses tersebut disimpan dalam Random Access Memory untuk sementara.

Kemudian, data ini akan diproses lebih lanjut atau disimpan secara permanen di media penyimpanan lain seperti hard disk.

Mendukung Aktivitas Multitasking

Aktivitas multitasking menjadi semakin umum dalam kehidupan sehari-hari. Random Access Memory memungkinkan perangkat untuk menjalankan beberapa tugas secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performa.

Misalnya, mendengarkan musik sambil menjelajahi internet atau menulis dokumen sambil menjalankan program pengolahan gambar.

Kapasitas Random Access Memory yang lebih besar membantu memastikan bahwa perangkat dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar tanpa mengalami keterlambatan atau jeda yang mengganggu.

Membantu Kerja Prosesor

Random Access Memory bekerja sama dengan prosesor dalam menjalankan tugas-tugas komputasi. Prosesor mengambil data dari Random Access Memory untuk diproses, dan kapasitas serta kecepatan Random Access Memory mempengaruhi seberapa cepat dan efisien prosesor dapat menjalankan tugas-tugas tersebut.

Jika Random Access Memory memiliki kapasitas yang terbatas, prosesor mungkin harus menunggu data yang diperlukan, mengakibatkan kinerja keseluruhan perangkat menjadi lambat.

Oleh karena itu, memiliki Random Access Memory dengan kapasitas yang memadai sangat penting, terutama jika kamu menggunakan aplikasi atau melakukan tugas-tugas yang membutuhkan sumber daya komputasi yang besar, seperti desain grafis atau pengeditan video.

Jenis Random Access Memory

Sekarang mari jelajahi berbagai jenis Random Access Memory yang ada di pasaran. Jika kamu memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing jenis, mak kamu akan dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan komputasi kamu.

Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis Random Access Memory : 

SD RAM (Synchronous Dynamic Access Memory)

SD RAM beroperasi pada kecepatan 100 hingga 133 MHz. Ini adalah jenis Random Access Memory yang memiliki dua celah pada bagian kaki dan biasanya dipasang pada slot DIMM/SD Random Access Memory di motherboard.

Kapasitas penyimpanan data SD RAM bisa mencapai 1 GB. Jenis ini adalah pilihan umum untuk sistem komputer yang lebih lama.

DDR RAM (Double Data Rate Random Access Memory)

DDR Random Access Memory adalah jenis Random Access Memory yang dirancang untuk mendukung multitasking. Artinya, DDR Random Access Memory memungkinkan eksekusi dua instruksi secara bersamaan tanpa mengorbankan kecepatan.

DDR Random Access Memory menggunakan slot dengan 184 pin dan biasanya lebih hemat daya dibandingkan dengan SD Random Access Memory. Kapasitas DDR Random Access Memory bisa mencapai 16 GB, membuatnya cocok untuk kebutuhan komputasi modern.

RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RD Random Access Memory adalah versi lebih cepat dari SD RAM. Meskipun lebih mahal, RD RAM menawarkan kinerja yang lebih baik, terutama cocok untuk sistem komputer yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti PC dengan prosesor Pentium 4. RD RAM menggunakan slot memori dengan hingga 184 pin.

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory

EDO Random Access Memory, atau Extended Data Out Random Access Memory, menonjolkan kemampuan membaca dan mentransfer data dengan lebih cepat dibandingkan dengan jenis RAM lainnya.

Dengan kecepatan lebih dari 66 MHz, EDO Random Access Memory adalah pilihan yang baik untuk sistem komputer yang membutuhkan kinerja yang andal.

Meskipun lebih cepat daripada RAM tradisional, EDO Random Access Memory telah digantikan oleh DDR RAM dan jenis RAM modern lainnya.

Random Access Memory VS Read Only Memory

Perbedaan Random Access Memory dan ROM adalah aspek penting dalam memahami bagaimana kedua komponen ini berperan dalam perangkat elektronik. Mari telusuri perbedaan antara keduanya dalam beberapa aspek berikut:

Jenis Penyimpanan Data

Random Access Memory, yang merupakan singkatan dari Random Access Memory, bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara. Hal ini berarti data yang disimpan di Random Access Memory tidak akan ada untuk selamanya, dan akan hilang saat perangkat dimatikan.

Di sisi lain, ROM, atau Read Only Memory, menyimpan data secara permanen, sehingga memori ROM memiliki batasan dalam hal kapasitas penyimpanannya.

Kecepatan

Random Access Memory memiliki keunggulan dalam hal kecepatan akses data. CPU dapat mengakses data yang disimpan di Random Access Memory dengan cepat, memungkinkan prosesor untuk bekerja dengan efisien dan responsif.

Sumber : envato

Di sisi lain, CPU tidak bisa mengakses data yang tersimpan di ROM dengan mudah, sehingga ROM memiliki kecepatan akses yang lebih lambat dibandingkan Random Access Memory.

Fungsi

Fungsi utama Random Access Memory adalah untuk membaca, menulis, dan menyimpan data sementara yang diperlukan oleh aplikasi dan proses yang sedang berjalan.

Kapasitas Random Access Memory dapat berubah-ubah tergantung pada kebutuhan dan aktivitas pengguna pada saat itu.

Sementara itu, fungsi ROM adalah untuk menyimpan program dan data yang diperlukan oleh perangkat. Contohnya, saat kamu mengunduh aplikasi baru pada smartphone, data tersebut akan disimpan di ROM.

Sekarang, setelah memahami perbedaan antara RAM dan ROM, kamu dapat mengoptimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pastikan untuk memilih kapasitas Random Access Memory yang sesuai untuk perangkat kamu agar dapat bekerja dengan lebih cepat dan responsif.

Hal ini juga berlaku dalam konteks pemilihan layanan hosting untuk website kamu. Dengan memilih layanan hosting yang sesuai kapasitas RAMnya, kamu dapat memastikan performa website kamu tetap optimal.

Tips Memilih RAM Pada PC atau Laptop

Memilih Random Access Memory untuk PC atau laptop dapat menjadi langkah penting, terutama jika kamu merakit PC sendiri atau ingin meng-upgrade Random Access Memory pada perangkat yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kamu dapat memilih RAM yang sesuai dan berfungsi dengan baik:

Memahami Tipe RAM dan Motherboard

Pertama-tama, penting untuk memahami jenis motherboard yang digunakan. Apakah motherboard mendukung dual channel atau tidak? Jika iya, maka kamu dapat membeli dua keping Random Access Memory untuk dimasukkan ke dalam dua slot untuk meningkatkan kinerja sistem.

Pastikan juga motherboard mendukung spesifikasi Random Access Memory yang kamu pilih, termasuk kapasitas maksimal dan clock speed.

Mengetahui Jumlah Slot RAM di Motherboard

Periksa jumlah slot Random Access Memory yang tersedia pada motherboard kamu. Jika terdapat empat slot, kamu dapat memasang hingga empat keping Random Access Memory.

Sesuaikan total kapasitas Random Access Memory dengan kebutuhan komputasi kamu. Misalnya, jika kamu memiliki dua keping RAM awal sebesar 8GB, kamu dapat menambahkan dua keping lagi untuk meningkatkan total kapasitasnya.

Beli Hosting Murah

Mengetahui Kebutuhan Operasional PC dan Laptop

Sebelum membeli atau meng-upgrade Random Access Memory, pertimbangkan kebutuhan operasional komputer atau laptop kamu. Untuk penggunaan sehari-hari dan pengolahan data, Random Access Memory sebesar 8-16GB mungkin sudah cukup.

Namun, untuk gaming atau tugas-tugas berat lainnya, mungkin kamu membutuhkan kapasitas Random Access Memory yang lebih besar, seperti minimal 16GB tergantung pada jenis game yang dimainkan.

Sumber : envato

Mengetahui Ketahui Socket yang Digunakan

Pastikan Random Access Memory yang kamu beli sesuai dengan slot yang tersedia pada motherboard. Jika PC atau laptop kamu menggunakan slot DDR3, maka pilihlah Random Access Memory yang sesuai.

Memilih Random Access Memory yang salah bisa menyebabkan ketidakcocokan dan tidak dapat dipasang. Jadi, pastikan kamu mengetahui jenis slot Random Access Memory yang digunakan sebelum membeli.

Untuk tambahan, sebuah hosting juga memiliki kapasitas Random Access Memory DomaiNesians. Semakin besar RAM yang dimiliki maka Hosting akan semakin cepat dalam memproses website. Nah, sebelum kamu membeli hosting, silakan baca artikel Tips Memilih Hosting Untuk Pemula.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds