• Home
  • Berita
  • Kamu Pemilik Bisnis? Kamu Wajib Memahami Algoritma Instagram!

Kamu Pemilik Bisnis? Kamu Wajib Memahami Algoritma Instagram!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Instagram adalah salah satu sosial media yang memiliki jutaan pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Bahkan Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Pada tahun 2021 saja pengguna Instagram di angka 91.012.200. Bisa terbayangkan bagaimana banyaknya pengguna pada tahun 2022 sekarang ini.

Tidak hanya digunakan sebagai kepentingan pribadi saja, Instagram juga berperan dalam dunia bisnis. Mulai dari meningkatkan brand awareness, branding, komunikasi dengan pelanggan, hingga kegiatan transaksi.

Tidak heran bahwa kini pemilik bisnis sudah memanfaatkan Instagram untuk marketing. Cara mendapatkan uang dari Instagram ini memang diminati oleh sejumlah pemilik bisnis.

Namun, untuk membangun bisnis digital menggunakan Instagram, tidak semata-mata hanya mengunggah konten saja karena ternyata terdapat algoritma Instagram yang harus dipahami karena akan terus berganti-ganti.

Tujuan memahami algoritma Instagram adalah mengoptimalkan hasil promosi yang dilakukan.

Ingin membangun bisnis melalui Instagram? Ikuti pembahasan algoritma Instagram hingga akhir hanya di artikel ini!

Apa itu Algoritma Instagram?

Algoritma Instagram adalah rumus yang dimiliki Instagram untuk menentukan konten mana yang akan ditampilkan pada setiap akun pengguna.

Algoritma Instagram ini akan terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu.

Apa tujuan dari algoritma Instagram? Tujuannya untuk menampilkan tatanan feed dan juga konten terbaik bagi setiap penggunanya.

Contoh penerapan algoritma Instagram adalah unggahan siapa yang akan berada di urutan teratas feeds, unggahan apa saja yang akan ditampilkan pada explore, dan juga urutan Instagram stories.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi algoritmanya seperti ketertarikan, ketetapan waktu, dan juga hubungan.

algoritma instagram
Sumber : envato

Bagi kamu yang saat ini memanfaatkan Instagram untuk berbisnis, ada baiknya kamu mengetahui cara kerja Instagram agar konten yang kamu ciptakan mampu menjangkau lebih banyak audiens.

Baca Juga: Carousel adalah Solusi Feeds Menarik, Yuk Kenali Lebih Jauh!

Cara Kerja Algoritma Instagram

Berikut cara kerja Instagram terbaru yang wajib kamu tahu.

Hubungan

Cara kerja Instagram yang pertama yaitu hubungan. Apakah kamu pernah merasa bahwa unggahan orang yang sering berinteraksi denganmu akan selalu muncul pada feed teratas di berandamu?

Itu karena dalam algoritma Instagram mengasumsikan bahwa setiap orang yang berinteraksi dengan kamu akan dinilai selalu tertarik dengan setiap konten yang kamu unggah.

Interaksi tersebut bisa berupa like, comment, direct message, tagging, dan juga mention. Melalui interaksi tersebut, Instagram akan berusaha untuk menampilkan konten mereka pada akun Instagram milikmu. 

Ketertarikan

Setelah kamu like sebuah postingan, pasti pada halaman explore atau iklan yang kamu dapati adalah unggahan dengan tema yang sama, benarkan?

Hal tersebut bisa terjadi karena algoritma Instagram membaca setiap konten yang kamu like dan Instagram akan menilai bahwa kamu tertarik dengan tema konten tersebut.

Misalnya kamu sering memberikan like pada postingan sepak bola, maka kamu akan menemui konten berupa sepak bola yang serupa pada bagian explore.  

Ketetapan waktu

Lamanya postingan Instagram juga berpengaruh terhadap algoritmanya. Yang menjadi fokus algoritma Instagram adalah kapan seseorang mengunggah konten dan juga mencari unggahan terakhir yang menarik.

Postingan yang menarik dan juga tepat waktu pastinya akan berbuah manis bagi si pengupload karena bisa menambah jangkauan audiens. Kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten?

Sebaiknya kamu mengunggah pada saat orang-orang sedang aktif menggunakan sosial media seperti pada jam istirahat.

Sumber : envato

Mengikuti

Semakin banyak orang yang kamu ikuti, maka semakin banyak juga postingan yang akan menumpuk pada beranda Instagram. Dengan begitu maka semakin banyak postingan yang terlewatkan.

Pengikut yang tidak pernah berinteraksi ternyata juga bisa mempengaruhi algoritma Instagram. Apabila ada akun yang jarang berinteraksi maka kamu bisa menghapusnya dari follower dan juga following kamu agar algoritma Instagram tetap berjalan normal. 

Pemakaian

Algoritma Instagram juga bisa dipengaruhi atas banyaknya waktu yang kamu habiskan dalam mengakses media sosial ini.

Semakin banyaknya waktu kamu mengakses Instagram maka ketersediaan konten akan semakin menipis sehingga algoritma Instagram akan membaca interaksi terakhir.

Namun apabila kamu jarang mengakses Instagram maka media sosial ini akan menampilkan konten sesuai dengan algoritma untuk kebutuhan dalam kurun waktu satu hari.

Tips Bekerja dengan Algoritma Instagram

Algoritma Instagram adalah rumus yang harus kamu pahami agar konten yang kamu sajikan bisa membawa dampak yang positif dan bisnis yang kamu bangun bekerja maksimal.

Untuk memenuhi apa tujuan dari algoritma instagram, berikut tips untuk memaksimalkan cara kerja Instagram.

Unggah konten secara konsisten

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis yaitu bekerja secara konsisten. Sama halnya dengan mengunggah konten.

Untuk menggaet lebih baik audiens kamu harus melakukan upload konten secara konsisten agar audiens yang awalnya tidak tertarik bisa jadi akan tertarik karena sering melihat konten yang kamu unggah.

Tidak ada jumlah pasti berapa konten yang harus diunggah oleh pemilik akun bisnis, namun sesering mungkin konten diupload maka akan semakin memperluas kemungkinan jangkauan lebih luas.

Pastikan waktu yang pas saat kamu mengunggah konten yaitu saat banyaknya pengguna sosial media aktif, misalnya saat hari kerja.

Jadi usahakan kamu memiliki jadwal unggahan yang konsisten agar  akun milikmu bisa beradaptasi dengan algoritma Instagram.

Analisis akun media sosial

Hal terpenting yang harus dilakukan yaitu melakukan analisis terhadap performa akun media sosial.

Melalui fitur insight yang sudah dikemas sedemikian rupa pada Instagram bisnis, pastinya dapat memudahkan pemilik akun melakukan analisis.

Melalui fitur tersebut kamu bisa mengetahui unggahan mana yang mendapatkan insight paling tinggi, berapa banyak kunjungan orang ke akun bisnismu, dan berapa orang yang melihat setiap postingan.

Dari situ, kamu bisa menilai konten seperti apa yang diinginkan oleh audiens, kapan waktu aktif mereka, dimana lokasi audiens kamu berada, hingga umur sampai jenis kelamin.

Berikan penghargaan kepada audiens

Memberikan penghargaan kepada audiens bisa mempererat hubungan dengan audiens. Penghargaan yang diberikan tidak melulu tentang materi sebab penghargaan kecil seperti melakukan repost postingan audiens.

Melakukan repost memang bukan hal yang besar tapi memiliki arti yang sangat besar bagi audiens karena audiens bisa menganggap bahwa pemilik bisnis mengakui keberadaannya dan merasa dihargai.

Selain untuk membangun hubungan, merepost postingan juga bisa menjadikan ide konten menarik jika dikemas dengan maksimal.  

Manfaatkan hashtag pada setiap unggahan

Tips selanjutnya untuk memanfaatkan hashtag pada setiap unggahan. Bagi kamu yang bekerja dengan algoritma Instagram menambahkan hastag bisa meningkatkan insight.

Tidak sedikit orang yang mencari informasi di media sosial melalui hashtag. Gunakan hashtag yang relevan dengan unggahan agar sasaran audiens tepat sasaran.

Melansir dari Influencer Marketing Hub, hashtag akan memabantu cara kerja Instagram dalam memahami jenis dan juga isi dari konten. 

Ciptakan konten yang sesuai dengan tren

Selalu buat konten yang mengikuti perkembangan tren. Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi algoritma Instagram. Sebab Instagram akan memunculkan konten-konten yang sedang ramai dibicarakan dan menjadi tren.

Bagi kamu yang sedang kehabisan ide, coba lakukan analisis terhadap tren yang ada saat ini.Konten yang mengikuti tren pasti akan banyak peminatnya karena topik tersebut sedang dicari-cari oleh audiens.

Bahkan ada potensi postingan yang kamu buat viral dan mendapatkan banyak followers baru. Untuk itu, coba ikuti tren yang ada dan kemas promosi produk di dalamnya agar promosi kamu terlihat tetap menarik. 

Sumber : envato

Adakan giveaway

Giveaway adalah salah satu strategi marketing untuk mendapatkan banyak audiens dan juga tambahan follower. Giveaway biasanya berupa kuis dengan hadiah dan juga syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap pengguna.

Syarat tersebut bisa berupa ajakan untuk mention beberapa orang pada postingan giveaway, mengikuti akun Instagram, memposting produk dengan kreatifitas, hingga tag akun.

Cara tersebut jelas sangat efektif dalam meningkatkan kunjungan profil dan juga interaksi dengan setiap postingan. Semakin menarik hadiah yang diberikan maka akan membuat banyak audiens semakin tertarik.

Namun kamu harus tetap waspada terhadap segala hal yang bisa terjadi hanya karena giveaway.

Bangun kreasi melalui instagram reels

Fitur yang masih tergolong baru ini ternyata banyak peminatnya loh DomaiNesians! Penggunaan reels yang maksimal bisa meningkatkan visibilitas akun Instagram.

Ternyata cara kerja Instagram yaitu dengan menilai setiap reels yang mengandung hiburan. Jadi jangan takut untuk berkreasi melalui reels dan pastikan informasi yang dikandung bersifat ringan dan menghibur. 

Selain isi konten, pastikan juga durasi reels yang kamu buat, jangan terlalu panjang dan jangan juga terlalu pendek. Pastikan durasi yang pas agar audiens kamu bisa menerima informasi secara utuh namun tetap tidak membuat mereka bosan.

Beberapa contoh reels dari DomaiNesia yang bisa kamu terapkan yaitu review produk, tutorial, tips penggunaan produk, dan juga cara penggunaan produk.

Bagikan postingan dalam bentuk carousel

Apakah kamu tahu yang dimaksud postingan carousel? Postingan carousel adalah postingan yang berjumlah banyak namun tetap dalam satu kali posting.

Jadi audiens bisa menggeser setiap foto atau video yang diunggah. Konten ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan cara kerja Instagram dalam menjangkau audiens jika dibandingkan dengan hanya mengupload satu foto saja.

Carousel ini cocok untuk jenis konten seperti before after, panduan, dan foto dari angel yang berbeda-beda.

Unggah video yang menarik lebih sering

Jika dibandingkan dengan postingan berupa teks dan juga gambar, informasi akan lebih mudah diterima oleh audiens apabila menggunakan video.

Apakah kamu merasakan hal yang sama? Yup karena memang video membuat pengguna jenuh dengan membaca penjelasan yang panjang di dalam teks.

Untuk mengakali cara kerja Instagram, kamu bisa memposting video melalui reels, igtc, atau stories. Tidak perlu video dengan kualitas yang diatas rata-rata, cukup video singkat yang bermakna dan memiliki banyak variasi.

Baca Juga : 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Pahami Algoritma Instagram untuk Bisnis yang Lebih Berkembang!

Cara kerja Instagram memang akan terus berubah-ubah setiap saat. Apa tujuan dari algoritma Instagram?

Tujuannya untuk membuat pengguna tetap nyaman dan betah dengan konten-konten yang disajikan baik melalui reels, stories, postingan, dan juga igtv.

Bagi pemilik bisnis yang memanfaatkan sosial media, mereka harus benar-benar tahu bagaimana algoritma sosial media tersebut berjalan.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas seperti mengunggah lebih banyak video, mengunggah konten secara konsisten, melakukan analisis performa akun, mengadakan giveaway, menciptakan konten yang relevan dengan tren saat ini, dan masih banyak tips lain yang harus kamu perhatikan supaya bisnismu bisa semakin berkambanng lagi!

Yuk mulai pahami dan terapkan beberapa tips di atas mulai dari sekarang!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds