• Home
  • Berita
  • Apa itu Podcast? Kenali 10 Definisi Mudah

Apa itu Podcast? Kenali 10 Definisi Mudah

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Apa itu Arti Podcast? Kenali Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya di Sini!

Seberapa sering Anda mendengar kata podcast? lalu Apa itu Podcast? Kenali Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya di Sini! Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kata ini sudah sangat menjamur di kalangan publik figur dalam maupun luar negeri. Sejak tahun 2018 silam, pod cast sudah mulai diminati sebagai salah satu marketing trends dengan influencer, video marketing, Al dan lain sebagainya.

Podcast merupakan hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh audience. Bukan tanpa alasan cara ini banyak diminati, nyatanya rekaman audio ini memiliki sederet kelebihan. Salah satunya yakni dapat dinikmati kapanpun dan di manapun melalui jaringan internet. Berbeda dengan radio yang disiarkan secara langsung melalui frekuensi tertentu, perbincangan ini bisa dinikmati kapan saja melalui internet atau on 0 demand.Apa itu Podcast? Kenali Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya di Sini!

Sejarah Podcast

Pada tahun 2004, istilah “Podcast” pertama kali diusulkan oleh Ben Hammersley seorang jurnalis The Guardian. Podcast berasal dari kata “play – on – demand” serta “broadcast” kemudian diadopsi oleh salah satu produk Apple, aplikasi Apple Pod casts dan juga iPod.

Pada tahun 2005 Apple merilis fitur rekaman audio dan satu tahun setelahnya mulai bermunculan siaran audio dari berbaga jaringan radio seperti CBC Radio One, BBC, NPR dan lain sebagainya. Semakin berkembangkan kecanggihan teknologi, kini podcast tidak hanya bisa dibuat oleh media penyiaran besar namun Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Cara mendapatkan rekaman audio pada zaman dahulu dengan zaman sekarang sangatlah berbeda. Dulu internet belum sepopuler sekarang, namun kini Anda dapat dengan mudah berlangganan maupun mengunduhnya melalui smartphone atau perangkat lain.

Sistem akses yang sangat fleksibel juga menjadi salah satu alasan rekaman audio semakin booming dan diminati oleh banyak kalangan pendengar.

Baca juga : cara membuat website

Apa Itu Podcast?

Mungkin di zaman sekarang Anda sudah terlalu sering mendengar istilah Podcast, apa itu dan bagaimana cara membuatnya?

Podcast merupakan berkas digital berupa audio, yang mana pendengar harus mengunduhnya terlebih dahulu untuk bisa menikmati audio tersebut. rekaman audio ini juga merupakan audio non streaming sehingga berbeda dengan radio.

Audio ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan ilmu, berita, pengetahuan serta sharing ilmu kehidupan maupun pengetahuan yang sifatnya dapat diulang. Mengingat file sudah diunduh terlebih dahulu dan tersimpan pada perangkat.

Dengan begitu Anda dapat mendengarkan podcast kapanpun dan di manapun, sambil sarapan, menunggu kereta, berolahraga dan banyak lagi aktivitas lainnya. Selain itu, ada juga banyak topik yang bisa Anda pilih sesuka hati, setidaknya terdapat ribuan kategori topik yang dapat Anda pilih. Diantaranya yakni   Business, Arts, Education, Health, Games & Hobbies, Comedy Education dan lain sebagainya. Pada masing-masing kategori juga terdapat lagi banyak macam-macam jenis audio.

Baca juga : Cara membuat blog

Tidak perlu mendengarkan semuanya, namun Anda hanya perlu mengunduh topik yang diinginkan.

Podcast di Indonesia berkembang dengan cukup pesat, hal ini dikarenakan pendengar tidak perlu menghabiskan waktu mendengarkan iklan-iklan atau selingan lagu yang kurang menarik. Anda dapat menikmati topik yang diinginkan hingga akhir tanpa jeda.

Ide tema topik atau bahasan podcast biasanya dituangkan dalam bentuk episode-episode, yang mana setiap episode berdurasi antara 10 hingga 90 menit saja. Panjang pendeknya durasi per episode tergantung pada penyiarnya atau orang yang membuat serta apa yang menjadi topik dan apa yang sedang dibicarakan.

Di Indonesia, kini sudah cukup banyak podcaster terkenal, salah satunya yang paling populer adalah acara #CloseTheDoor Deddy Corbuzier.Apa itu Podcast? Kenali Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya di Sini!

Kelebihan Podcast

Setelah mengetahui sejarah dan definisinya, kini saatnya mengetahui kelebihan dari podcast itu sendiri. Selain bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun dengan koneksi internet, podcast juga memiliki kelebihan lain, yaitu:

  • Memiliki banyak opsi topik. Terdapat banyak pilihan topik yang bisa disesuaikan dengan minat, mood dan ketertarikan Anda, apakah hasil tayangan wawacara musisi pada CreativeDisc, diskusi ringan dengan komedi seperti acara Rapot atau jika Anda lebih menyukai diskusi yang lebih mendalam mengenai public figure, maka Makna Talks pilihan yang tepat.
  • Dapat diakses kapan saja melalui jaringan internet.
  • Rekaman audio ini bebas iklan, hal ini jelas berbeda dengan radio yang banyak diselingi oleh iklan-iklan. Meskipun Anda tidak berlangganan pada layanan tertentu, tapi setidaknya tidak akan ada iklan yang muncul di tengah-tengah tayangan podcast.
  • Anda dapat mendengarkan kapan saja. Tidak harus fokus mendengarkan saja, melainkan Anda bisa menikmatinya sambil berangkat atau pulang kerja, ketika mood sedang tidak baik, saat menjelang tidur, atau Anda juga memainkan di mana pun dan kapan pun yang Anda inginkan.

Baca juga : cara mendapatkan uang dari internet

Tips Membuat Podcast Sendiri

Tidak sedikit orang yang mampu menghasilkan pendapatan dalam jumlah yang cukup fantastis. Tidak heran jika saat ini banyak kaula muda yang semakin tertarik untuk membuat podcast pribadi. Apakah mungkin membuat acara sendiri? Lalu bagaimana caranya?

Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang mustahil, Anda dapat membuat rekaman audio sendiri dengan mudah asalkan tahu apa saja yang perlu dilakukan. Oleh sebab itu, perhatikan poin-poin berikut ini ya.

  • Tentukan Tema Podcast

Sekarang sudah ada banyak podcast yang ditayangkan secara umum melalui layanan musik digital. Pada umumnya media digital akan menyediakan berbagai tayangan berdasarkan kategori seperti berita politik, komedi, komentar olahraga, film, musik dan lain sebagainya. Anda dapat memilih niche atau topik yang sesuai dengan keinginan dan minat Anda.

  • Siapkan Alat

Alat adalah salah satu hal yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya jangan menggunakan mikrofon built-in pada laptop atau komputer. Menggunakan mikrofon terpisah dengan harga yang terjangkau dapat menjadikan konten Anda terkesan lebih profesional. Untuk hasil audio yang lebih berkualitas, pilihlah mikrofon lengkap dengan peredam suara sehingga suara gangguan disekitar Anda tidak akan ikut terekam ketika proses pembuatan konten berlangsung.

  • Buat Kontennya

Setelah tema dan alat sudah dipersiapkan, sekarang adalah bagian inti yakni membuat kontennya. Anda dapat membuat script untuk tayangan podcast perdana semenarik mungkin. Untuk menarik minat pendengar, pertama tama, Anda buatlah perkenalan menengani diri Anda dan topik apa saja yang akan dibahas pada episode selanjutnya.

Tidak perlu terlalu panjang, namun buatlah tayangan secara singkat dan tetap informatif. Ajak teman Anda yang cukup populer untuk mendongkrang podcast supaya lebih cepat viral.

Tips selanjutnya, buatlah script yang disesuaian dengan durasi yang telah Anda tentukan. Pada umumnya, setiap episode berdurasi antara 20 hingga 60 menit tergantung pada topik yang ingin dibicarakan.

Namun perlu Anda ingat, script hanya digunakan sebagai acuan Anda untuk berbicara, jadi jangan terlalu banyak terlihat membaca script karena pendengar Anda pasti akan mengetahui bahwa apa yang dibicarakan adalah hasil membaca bukan membawakanbya.

Baca juga : ssl adalah?

  • Gunakan Editing Software

Aplikasi editing audio seperti Abobe Audition atau Audacity dapat Anda jadikan sebagai pilihan aplikasi yang mudah digunakan, termasuk oleh pemula. Anda dapat menggunakan aplikasi Audacity apabila menginginkan software editing audio yang gratis. Tapi jika Anda lebih menyukai layanan yang fleksibel dan tidak masalah dengan biaya langganan, Adobe Audition adalah pilihan yang patut diperhitungkan. Dengan biaya mulai Rp. 285 ribuan per bulan, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam fitur yang menyenangkan.

Anda bisa menghilangkan suara yang mengganggu pada hasil rekaman, memberikan jeda, memperlambat atau mempercepat intonasi dan juga menambahkan sound efek atau musik dalam podcast Anda.

Setelah itu simpan file dengan format MP3 dan bitrates 96 hingga 320 Kbps. Jangan lupa juga untuk memberikan nama pada file agar memudahkan proses pencarian data serta pastikan file tidak berukuran lebih dari 200 MB.

  • Membuat RSS Feed

Tahap selanjutnya adalah membuat RSS Feed untuk tempat file MP3 hasil rekaman. RSS Feed berguna untuk tempat memperbaharui informasi terbaru dari podcast Anda. jika tidak menggunakan RSS Feed, Anda harus mempebaharui masing-masing platform secara manual setiap Anda membuat episode beru.

  • Tambahkan Keterangan dan Unggah

Setelah audio file Anda berhasil diciptakan, sekarang sudah saatnya Anda tampil. Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga atau bahasa kerennya third-party misalnya Anchor untuk mengunggah konten podcast ke berbagai platform digital seperti SoundCloud, Joox, Spotify bahkan Youtube.

  • Jika ini pertama kalinya Anda membuat akun, jangan lupa legkapi informasi dasar dengan menambahkan deskripsi podcast dan nama serinya.
  • Tambahkan caption

Tidak hanya itu, jangan lupakan juga untuk menambahkan caption atau deskripsi pada masing-masing episode podcast setiap kali Anda upload new episode. Buatlah note 1 sampai 2 kalimat yang menjelaskan rangkuman topik utama dari apa yang dibahas pada episode tersebut. jika sudah, buatlah sampul seri podcast Anda dengan gambar yang menarik.

Baca juga : web hosting adalah

Cara Membuat Podcast di Spotify

Salah satu layanan media digital yang cukup terkenal adalah Spotify. Jika Anda ingin membuat podcast di Spotify, maka lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  1. Buka halam Spotify for Podcaster, cobalah buka browser dan kunjungi situsnya atau klik link Spotify for Podcasters. Setelah berhasil mengakses halaman tersebut, klik Get Started untuk mulai membuat podcast pada Spotify.
  2. Langkah yang kedua yaitu masukkan link RSS Feed Anda pada kotak yang telah tersedia, lalu klik
  3. Setelah itu, pihak Spotify akan memverifikasi bahwa benar Anda yang memiliki konten tersebut. masukkan kode berupa 8 digit ke alamat email yang telah Anda gunakan untuk membuat RSS Feed sebelumnya.
  4. Setelah menerima kode verifikasi tersebut, masukkan pada kotak yang telah tersedia dan pilih
  5. Langkah selanjutnya adalah lengkapi informasi mengenai podcast yang Anda buat. Seperti di negara mana Anda membuat, bahasa utama apa yang digunakan, kemudian termasuk dalam kategori apa yang dibuat, dan lain sebagainya.
  6. Setelah mengisi semua informasi, kemudian klik
  7. Langkah terakhir yakni mereview semua informasi yang telah Anda masukkan. Pastikan bahwa semua informasi benar dan detail, jika sudah maka klik
  8. Selesai! Kini Anda secara resmi memiliki pod cast di Spotify. Setidaknya akan memerlukan waktu beberapa jam untuk pihak Spotify memeriksa dan menetapkan kapan pod cast Anda akan live.

Kini Anda sudah paham bukan, apa itu arti Podcast? Pod cast merupakan suatu konten yang berbentuk audio digital dan tersedia di internet.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!