Basic Technology: Apa itu Cloud Computing?4 min read

No ratings yet.

Secara sederhana layanan cloud computing adalah semua jenis layanan melalui internet. Dari software, analitik, hingga penyimpanan data dan sumber jaringan yang aman, itu semua bisa dikirim melalui cloud. Kamu mungkin saja menggunakan aplikasi berbasis cloud yang berbeda setiap hari. Kamu juga pasti sering mengirim file ke teman kuliah atau teman kantor lewat web, menggunakan aplikasi handphone, download gambar, atau bermain game online. Semua yang kamu lakukan disimpan di cloud dan di beberapa ruang digital.

Menyimpan data di OneDrive, Google Drive atau server email, berbeda dengan menyimpan data di hard drive komputer atau USB. Data yang disimpan di cloud bisa kamu akses di komputer manapun yang memiliki akses internet. Keuntungan layanan cloud computing untuk kamu yang memiliki bisnis adalah meningkatkan produktivitas dan pengurangan biaya yang signifikan. Karena dengan cloud, kamu akan memiliki perlindungan data yang lebih baik dan akses yang diperluas oleh teknologi mutakhir.

3 Tipe Layanan Cloud Computing

Ada tiga jenis cloud computing. Masing-masing memiliki manfaat yang unik. Oleh karena itu, kamu harus mempelajari satu persatu untuk memutuskan layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Public Cloud

Layanan public cloud adalah layanan terbaik untuk sistem pengembangan dan web server. Karena sifatnya yang umum, penyedia layanan ini juga akan memberikan beberapa ruang digital ke penyewa lainnya. Jenis cloud ini lebih hemat biaya karena model pay-as-you-go paling banyak disediakan. Kamu hanya perlu membayar jumlah jam yang kamu perlukan untuk menggunakan cloud dan berhenti kapanpun pekerjaan selesai. Setelahnya, kamu tidak ada kewajiban untuk membayar lebih dari yang dibutuhkan.

layanan cloud computing

Sumber: Pixabay

  1. Private Cloud

Private cloud atau cloud pribadi menawarkan seperti namanya: privasi. Dengan menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu menggunakan ruang digital yang dibagikan dengan orang lain. Platform private cloud biasanya dibangun di rumah, yang hanya akan digunakan oleh pemilik dan bisnisnya. Private cloud juga bisa dikonfigurasi di pusat data pihak ketiga. Layanan cloud computing ini cocok untuk organisasi besar dan pengguna yang peduli dengan keamanan data. Perusahaan yang perlu melindungi informasi sensitif seperti data pelanggan juga sebaiknya menggunakan layanan private cloud.

Keuntungan lain yang didapatkan jika menggunakan private cloud adalah kamu akan tahu siapa saja yang memiliki akses ke data, siapa yang membuat perubahan,dan akan tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat. Private cloud memungkinkan kamu memiliki kontrol penuh atas cloud tanpa perlu khawatir jika penyedia layanan membuat perubahan pada sistemnya. Sistem yang disebut dengan firewall akan melindungi kamu dari gangguan pihak luar.

  1. Hybrid Cloud

Jenis yang ketiga adalah hybrid cloud, jenis terbaik dari dua jenis sebelumnya. Hybrid cloud memungkinkan kamu mengontrol database internal dan menggunakan public cloud saat dibutuhkan. Akan ada saat-saat dimana kamu perlu memindahkan data dari private cloud ke public cloud untuk pemeliharaan terjadwal, blackouts, dan natural disaster. Hybrid cloud memungkinkan kamu untuk memigrasikan informasi dengan sempurna untuk memulihkan bencana dan mencegah kehilangan data.

Contoh Layanan Cloud Computing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak bisnis yang menggunakan berbagai layanan cloud computing dalam berbagai bentuk. Berikut adalah beberapa layanan cloud yang dipakai secara umum:

  1. Cloud Storage dan Hosting

Menyimpan dokumen-dokumen penting di lokasi penyimpanan online pusat memudahkan semua pihak untuk mengaksesnya. Metode penyimpanan cloud sangat penting untuk bisnis, dimana semua karyawan bisa mengakses informasi yang sama untuk melakukan pekerjaan mereka. Penyimpanan dengan model ini akan membuat pekerjaan lebih efisien. Penyimpanan cloud juga berguna untuk penggunaan pribadi, karena kamu bisa menyimpan dokumen yang diperlukan di web server untuk diakses lagi di lain waktu. Misalnya seperti Google Docs atau OneDrive. Kalau kamu menyimpan data di platform tersebut tidak perlu lagi membawa flash drive untuk mengedit spreadsheet atau sekedar membaca file.

  1. Cloud Backup

Mencadangkan file di cloud, sampai saat ini merupakan cara yang efisien untuk memastikan ketersediaan. Alternatif solusi lain pencadangan cloud adalah dengan membuat banyak salinan file dan menyimpan data tersebut di lokasi yang berbeda. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir file akan hilang jika salah satu cloud server kamu atau milik penyedia sedang turun.

layanan cloud computing

Sumber: Pixabay

  1. Email

Orang-orang mengirim sekitar 105 miliar email setiap harinya. Jutaan newsletter, greetings, dan pengingat akan masuk ke kotak masuk tujuan di seluruh dunia. Semua ini tidak akan terjadi tanpa infrastruktur seperti cloud.

  1. Business Intelligence

Ketersediaan sistem Business Intelligence cloud memicu beberapa perubahan paling revolusioner dalam bisnis. Sistem analisis, pemrosesan, dan pelaporan data yang kompleks sekarang sudah tersedia melalui internet dengan harga yang relatif murah. Satu lisensi bisa digunakan oleh beberapa pengguna tanpa instalasi atau pengaturan yang berbelit-belit.

Manfaat Layanan Cloud Computing

Contoh-contoh yang disebutkan di atas hanya segelintir. Layanan Cloud computing memiliki banyak manfaat sampai hampir mustahil untuk dihitung. Setiap perusahaan bisa menemukan kegunaan layanan cloud dari satu dan lain cara. Memastikan bisnis tetap beroperasi ketika terjadi bencana adalah tantangan besar untuk setiap perusahaan. Layanan cloud menawarkan pemulihan pasca bencana dan solusi kesinambungan untuk bisnis. Kamu bisa mempercayakannya untuk menjaga data dan aplikasi tetap aktif meskipun ada bencana yang menyerang. Dengan rencana kesinambungan bisnis yang baik dan solusi yang tepat, kamu bisa meminimalkan efek gangguan. DomaiNesia memiliki layanan hosting terbaik lho, DomaiNesians. Demi kenyamanan kamu, DomaiNesia menyediakan layanan terbaik dengan membackup data harian ke cloud. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk #LangsungBikinAja. Kamu bisa kontak ke DomaiNesia untuk informasi yang lebih jelas. Kami selalu siap siaga 24 jam lho, jadi kamu bisa hubungi kami kapanpun dan dimanapun.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar