• Home
  • Berita
  • 8 Website Untuk Buat CV Online Gratis dan Mudah

8 Website Untuk Buat CV Online Gratis dan Mudah

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Perlu kamu tahu bahwa HRD atau recruiter tak hanya sekadar melihat pengalaman kerja seseorang, namun juga melakukan pemeriksaan format Curriculum Vitae (CV) yang benar. Dengan adanya susunan CV yang rapi, menarik, dan jelas tentu membuat pihak HRD ingin membacanya secara rinci. Sehingga kamu harus mulai memperbaikinya dan coba buat CV online gratis melalui rekomendasi website berikut. 

Buat CV Online Gratis

Sebelumnya perlu kamu pahami terlebih dahulu, Curriculum Vitae (CV) adalah adalah dokumen penting tentang dirimu yang berisi pengalaman kerja hingga akademik. 

Umumnya, CV ini mencakup informasi seperti pengalaman kerja, prestasi, penghargaan, beasiswa, kursus, proyek penelitian, dan publikasi pekerjaan.

Buat cv online gratis
Sumber: Envato

CV memiliki panjang dua atau tiga halaman, tetapi bisa juga panjang untuk pelamar dengan tingkat menengah atau senior karena berfungsi sebagai garis besar pencapaian karir seseorang.

Dalam membuat CV pastikan sudah memenuhi standar Applicant Tracking System atau yang lebih dikenal sebagai ATS. 

Pasalnya, sudah banyak karyawan saat ini yang menggunakan perangkat lunak atau software tersebut untuk membantu melakukan proses perekrutan karyawan.

Namun, kamu tidak perlu lagi bingung membuat CV ATS friendly ini secara manual, karena sudah banyak sekali website pembuat CV online gratis. 

Baca juga: Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Rekomendasi Website Pembuat CV Online Gratis

Berikut ini beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk buat CV online gratis:

1. Canva

Website untuk buat CV online gratis yang paling populer saat ini adalah Canva. Selain bisa digunakan secara gratis, Canva juga menyediakan ratusan template buatan desainer yang bisa kamu pakai untuk membuat CV. 

Adanya pilihan yang bervariasi dan unik tersebut, tentu membuat kamu bisa menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan dalam pembuatan CV. 

Template CV ini akan mempermudah pembuatan CV, karena nantinya tinggal input beberapa informasi pribadi ke dalam format yang sudah disediakan. 

Meskipun Canva tidak dirancang secara khusus untuk pembuatan CV, namun website yang satu ini sudah mencakup berbagai macam template, layout, hingga desain menarik untuk dipilih. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih beberapa format download untuk memastikan bahwa CV yang dibuat dapat dilihat dan diambil oleh ATS.

2. Indeed

Website untuk buat CV online gratis selanjutnya adalah Indeed. Melalui website ini, kamu bisa membuat CV secara cepat, mudah dan simpel. 

Selain kemudahan dalam membuat CV, kamu juga bisa langsung membagikan atau mengirimkannya ke beberapa recruiter di Indeed secara otomatis. 

Jadi, apabila kamu sudah selesai buat CV online gratis di Indeed, lalu segera unggahnya ke situs untuk bisa diekspos langsung ke para recruiter

Meskipun tidak terlalu banyak pilihan template seperti Canva, namun keuntungan membuat CV melalui Indeed adalah bisa langsung terhubung dengan para recruiter

Buat CV online gratis di Indeed juga tidak membutuhkan login atau registrasi terlebih dahulu. Kamu dapat langsung mengisi form informasi yang sudah tersedia. 

Kemudian, tabel informasi tambahan lainnya cukup lengkap seperti mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, hingga grup. 

Jika semua data telah terisi, maka kamu bisa memilih beberapa template desain dari 10 kategori yang simpel dan minimalis.

Buat cv online gratis
Sumber: Envato

3. Zety

Zety juga menjadi salah satu website untuk buat CV online gratis terbaik karena menyediakan berbagai template yang bisa dipilih. 

Kamu bisa dengan mudah dan cepat dalam memasukkan beberapa informasi ke dalam format CV. Selain itu, Zety juga mudah digunakan bahkan untuk pemula karena akan ada panduan prosesnya secara bertahap. 

Hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat CV melalui website Zety hanyalah mengisi informasi, dan sudah bisa langsung selesai. 

Bagi yang ingin mendapatkan CV secara gratis, klik download pada tools sebelah kiri, setelah mencapai langkah terakhir, pilih plain text (.txt).

Website untuk buat CV online gratis satu ini juga memberikan tip dan petunjuk dalam mengisi konten, serta adanya opsi penyesuaian untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan kebutuhanmu atau belum.

4. Resume.com

Dengan Resume.com kamu bisa buat CV online gratis hanya dalam hitungan menit. Website pembuat CV gratis ini menjadi salah satu pilihan yang sangat baik. 

Selain itu, situs website satu ini juga memiliki template populer untuk berbagai kategori pekerjaan sehingga membuat CV milikmu tampak lebih menonjol dari persaingan lamar kerja.

Agar bisa menggunakannya secara gratis, kamu bisa lakukan hal ini saat berada di tahap akhir pembuatan CV.

Ketika muncul pop-up untuk membuat akun, ganti dengan klik skip for now. Kemudian di sudut kanan atas, baru klik tombol download

  1. Venngage

Selanjutnya ada Venngage yang bisa jadi pilihan website buat CV online gratis. Venngage ini memiliki banyak tools editing. 

Sehingga memudahkan kamu untuk mengatur atau memodifikasi layout desain dalam CV. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan grafik, pie chart, dan beberapa ikon ke CV. 

Kamu bisa melakukan download CV dengan format PDF atau PNG. Namun, sayangnya agar bisa diakses secara online dan gratis memang perlu membuat akun terlebih dahulu. 

6. Bikin CV

Rekomendasi website untuk buat CV online gratis dari Indonesia adalah Bikin CV. Hingga saat ini sudah ada sebanyak 31.250 orang yang buat CV online gratis melalui website tersebut.

Adanya interface yang sudah user friendly membuat banyak orang lebih memilih menggunakan website ini untuk buat CV online gratis.

Tak hanya itu saja, proses alur buat CV online gratis di sini juga terbilang cukup mudah bahkan untuk pemula. Namun, sayangnya website Bikin CV ini tidak memiliki terlalu banyak template desain. 

Kamu sebagai user atau pengguna hanya perlu mengisi informasi penting ke dalam tabel, memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan, lalu bisa langsung download filenya. 

7. Standard Resume

Standard Resume juga jadi salah satu website buat CV online gratis terbaik karena bisa langsung mengambil beberapa informasi dari LinkedIn, sehingga lebih hemat waktu. 

Selain itu, latar belakang putih dan tersedianya beberapa fitur minimalis memungkinkan kamu untuk fokus pada hal yang benar-benar penting saat mengisi konten. 

Sebelum melanjutkan untuk download file CV menjadi PDF, kamu juga bisa melakukan switch pilihan write dan design terlebih dahulu sehingga dapat melihat preview-nya. 

Keunggulan lain dari website pembuat CV gratis yang satu ini adalah responsif seluler sehingga dapat dengan mudah dilihat serta diakses melalui smartphone.

Buat cv online gratis
Sumber: Envato

8. CV Maker

Website buat CV online yang terakhir adalah CV Maker. Di aman kamu bisa menemukan banyak template desain dengan nuansa simpel. 

Selain itu, alur pembuatan CV juga mudah digunakan atau user friendly. Dalam proses pembuatannya kamu cukup mengisi form informasi, memilih desain setelah itu langsung mengunduh file CV.

CV Maker ini menyediakan berbagai format file seperti PDF, HTML, hingga TXT. Jadi, CV pun bisa lebih ATS friendly

Baca juga: 7 Cara Membuat CV Online yang Menarik

Tips Buat CV Online 

Bagi kamu yang ingin buat CV online gratis melalui beberapa rekomendasi website di atas, maka simak tips berikut ini yuk:

1. Pastikan Memberikan Tagline di CV

Pastikan membuat CV yang bisa langsung menarik perhatian recruiter dengan memberitahu mereka tentang bidang yang kamu kuasai. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyertakan tagline di bagian atas CV. 

Biasanya diposisikan tepat di bawah nama, ini pada dasarnya merupakan sebuah elevator pitch atau singkatnya sebuah pernyataan singkat yang merangkum pengalaman kerja. 

2. Gunakan Bahasa yang Tepat

Penggunaan bahasa yang digunakan di dalam CV juga harus diperhatikan. Tidak hanya sekadar menggunakan frasa yang tepat, tetapi juga menyesuaikan nada suara.

Jenis bahasa yang kamu gunakan akan sedikit berbeda, tergantung pada jenis pekerjaan yang dilamar nantinya. 

Namun, secara keseluruhan, bahasa dalam sebuah CV harus profesional, halus, dan ringkas. Frasa dan kalimat yang panjang dan terlalu rumit juga sebaiknya dihindari. Hal tersebut justru akan dianggap bertele-tele. 

3. Gunakan Urutan Kronologis yang Benar

Kamu juga harus menulis pengalaman kerja atau akademik dalam urutan kronologis yang benar. Hal ini memastikan agar para recruiter melihat riwayat pekerjaan yang terbaru dan relevan.

4. Highlight Skill yang Kamu Miliki di Dunia Pekerjaan

Tak hanya berprestasi di bidang akademik saja, biasanya sebuah perusahaan juga akan melihat skill dan kualitas tertentu karena dianggap bisa memenuhi kriteria dengan posisi yang dilamar. 

5. Pastikan ATS Friendly

Terakhir, pastikan juga bahwa CV yang kamu buat sudah ATS friendly sehingga akan lebih mudah di tracking oleh sistem dan meningkatkan peluang kamu dilirik oleh recruiter jadi lebih besar. Selain itu, buatlah CV dengan layout dan isi informasi yang jelas dan rinci.

Buat cv online gratis
Sumber: Envato

Mulai Buat CV Online Gratis Sekarang Juga!

Jadi, tidak perlu lagi dilakukan secara manual dan input data satu persatu. Kini dengan menggunakan salah satu rekomendasi website buat CV online gratis di atas semua jadi lebih mudah dan simpel. 

Hanya dengan hitungan menit saja, kamu sudah bisa buat CV online gratis. Beberapa rekomendasi website yang bisa diakses gratis seperti Canva, Bikin CV, Standard Resume, Indeed, dan lain-lainnya.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Adam Muiz
May 18, 2022

Awalnya kukira internetnya yang lemot, ternyata web saya loadnya lama. setelah instal plugin Wp Super Cache sekarang web jadi lebih cepat dan terasa ringan. Terimakasih.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!