• Home
  • Berita
  • Domain Cloud: Makin Eksis Dengan Domain Unik!

Domain Cloud: Makin Eksis Dengan Domain Unik!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi dan bisnis online, domain telah menjadi salah satu aspek paling penting dalam mendirikan sebuah situs web.

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses situs web, seperti www.nama-situs.com. Alamat ini unik dan harus didaftarkan agar dapat digunakan oleh pemilik situs web. Ekstensi domain juga bermacam-macam seperti domain .cloud, .com, .id, dan lain sebagainnya.

Namun, tidak semua domain dapat dengan mudah didapatkan karena semakin banyaknya situs web yang dibuat, semakin banyak pula domain yang telah didaftarkan. Seperti misalnya domain .com yang sangat populer.

domain .cloud
Sumber: Envato

Mungkin alamat www.nama-situs.com sudah digunakan oleh orang lain. Jika kamu ingin mempertahankan nama domain, kamu bisa mencari alternatif dengan mengganti jenis ekstensinnya, misal dengan menggantinya menjadi www.nama-situs.cloud. 

Nah, artikel kali ini akan memberikanmu pengetahuan lanjutan mengenai jenis domain .cloud. Secara sekilas saja nama domain cloud ini sangat menarik. Lalu apa itu domain cloud dan bagaimana personanya untuk dapat digunakan pada alamat website? Yuk, simak penjelasan cloud domain ini!

Baca juga: Sudah Tahu Cara Memilih Domain yang Tepat untuk Websitemu?

Mengenal Domain

Apa Itu Domain?

Domain adalah

Domain adalah nama unik dan dapat diidentifikasi yang digunakan untuk mengakses situs web di internet. Ini pada dasarnya adalah alamat online dari sebuah situs web, yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, seperti “www.nama-situs.com” atau “www.domainesia.com”.

Domain adalah komponen penting dari sebuah situs web, karena memungkinkan pengguna menemukan dan mengakses situs dengan mudah. Ibarat rumahmu, untuk dapat dikunjungi oleh teman maka dia harus memiliki alamat rumahmu terlebih dahulu. Jika tidak, maka dia tak akan pernah sampai rumahmu.

Oh ya, ‘domainesia’ ini adalah nama domain sedangkan .com adalah ekstensi domain. Ekstensi domain adalah akhiran dari domain. Terdapat berbagai macam ekstensi domain yang bisa dipilih. Nah terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain.

Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

Domain didaftarkan oleh pendaftar nama domain, yaitu organisasi yang mengelola pendaftaran nama domain. Ketika sebuah domain didaftarkan, itu diberikan ke alamat IP, yang merupakan pengidentifikasi numerik unik yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain di internet.

Alamat IP dikaitkan dengan nama domain, jadi ketika pengguna mengetikkan nama domain, komputer mencari alamat IP dan terhubung ke server yang sesuai untuk mengakses situs web. Kamu juga bisa beli domain murah DomaiNesia.

domain .cloud
Sumber: Envato

Beli Domain Murah .CLOUD

Pengertian Domain .Cloud

Domain .cloud adalah domain tingkat atas (TLD) yang diperkenalkan pada tahun 2015. Seperti namanya, domain ini dimaksudkan untuk digunakan oleh bisnis dan individu yang menyediakan layanan, aplikasi, atau teknologi berbasis cloud. .cloud TLD dibuat untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan layanan komputasi awan alias cloud dan untuk menyediakan ekstensi domain yang unik dan mudah diingat bagi mereka yang ada di industri ini. 

Salah satu manfaat menggunakan domain .cloud adalah dapat membantu bisnis menonjol di pasar yang ramai. Ini memberikan sinyal yang jelas kepada calon pelanggan bahwa situs web atau bisnis difokuskan pada teknologi cloud. Selain itu, TLD .cloud seringkali lebih tersedia daripada TLD populer lainnya seperti .com atau .net, yang mungkin sudah jenuh dengan pendaftaran yang ada.

Selain manfaat pencitraan mereknya, domain cloud juga dapat membantu bisnis meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO). Dengan semakin banyaknya bisnis yang memindahkan operasinya ke cloud, mesin telusur seperti Google semakin menekankan pada kata kunci dan frasa terkait cloud. Dengan menggunakan cloud domain, bisnis dapat memberi sinyal ke mesin telusur bahwa situs web tersebut relevan dengan penelusuran terkait cloud, yang dapat meningkatkan peringkat penelusuran dan mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web.

Baca juga: Ketahui Kilas Balik Sejarah Domain dan Fakta Menariknya

Fungsi Domain

Fungsi utama sebuah domain adalah memberikan nama yang unik dan mudah diingat yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah website di internet. Domain membantu pengguna menemukan dan terhubung dengan situs web tanpa harus mengingat alamat IP (kombinasi angka yang panjang) yang terkait dengan situs tersebut. Sebagai gantinya, pengguna cukup memasukkan nama domain di browser web dan browser akan mencari alamat IP yang sesuai untuk terhubung ke situs web.

Selain fungsi utamanya tersebut, fungsi domain lainnya adalah sebagai strategi Branding dan eksistensi online, domain memainkan peran penting dalam branding dan identitas online. Dengan memilih nama domain yang mencerminkan nama atau tujuan situs web, bisnis dan individu dapat menciptakan eksisten online yang kuat dan berkesan. Nama domain yang dipilih dengan baik juga dapat membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan pengguna, membuatnya lebih mudah untuk menarik dan mempertahankan pengunjung.

Tentang Domain .Cloud

Pada dasarnya domain .cloud ini bisa digunakan oleh siapapun yang mau menggunakannya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, domain cloud ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif jika nama domain dengan ekstensi populer lainnya telah digunakan oleh orang lain. 

Namun jika mengacu pada namanya, domain ini akan sangat cocok untuk digunakan pada website yang memiliki kaitannya dengan ‘cloud’. Istilah ‘cloud’ saat ini memang sedang banyak dibicarakan. Istilah ini populer diartikan sebagai sebuah industri yang bergerak pada bidang teknologi. 

Cloud industry dikenal sebagai komputasi awan, mengacu pada pengiriman sumber daya komputasi, termasuk perangkat lunak, penyimpanan data, dan daya pemrosesan, melalui internet. Alih-alih menghosting sumber daya ini di server lokal atau komputer pribadi, teknologi cloud memungkinkan pengguna mengaksesnya dari jarak jauh melalui jaringan server dan pusat data.

domain .cloud
Sumber: Envato

Industri cloud menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh kemajuan teknologi, meningkatnya permintaan akan solusi komputasi yang fleksibel dan dapat diskalakan, serta tren yang berkembang menuju pekerjaan jarak jauh dan transformasi digital.

Komputasi awan menawarkan berbagai manfaat, termasuk biaya yang lebih rendah, skalabilitas yang ditingkatkan, dan keamanan yang ditingkatkan, menjadikannya pilihan yang menarik untuk bisnis dari semua ukuran dan industri.

Baca juga: Bagaimana Sistem Penamaan Domain Website dan Cara Kerjanya?

Maka dari itu, domain .cloud ini bisa menjadi alternatif ekstensi domain-mu jika kamu memiliki beberapa bisnis dibawah ini:

  1. Cloud service providers, banyak bisnis yang menawarkan layanan berbasis cloud, seperti cloud hosting, cloud storage, dan cloud backup, menggunakan domain.cloud untuk situs wenya.
  2. Cloud technology companies, bisnis yang mengembangkan dan menjual perangkat lunak atau teknologi berbasis cloud juga sering menggunakan domain .cloud. 
  3. Cloud-related blogs and resources, ada juga banyak blog dan sumber online yang didedikasikan untuk komputasi awan yang menggunakan cloud domain.
  4. Cloud-focused startups, banyak startup yang berfokus pada pengembangan produk dan layanan inovatif berbasis cloud menggunakan cloud domain untuk situs web mereka. 

Keuntungan lain menggunakan domain .cloud adalah dapat membantu bisnis mengomunikasikan jangkauan secara global. Teknologi cloud memungkinkan bisnis beroperasi dalam skala global, dan domain cloud dapat membantu menyampaikan pesan ini kepada pelanggan dan mitra di seluruh dunia. Dengan menggunakan domain cloud, bisnis dapat menunjukkan komitmen mereka untuk menyediakan layanan dan teknologi cloud kepada pelanggan di seluruh dunia.

domain .cloud
Sumber: Envato

Gunakan Domain .Cloud Sebagai Pilihan Alternatifmu

Secara keseluruhan, domain .cloud adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis dan individu di industri komputasi awan. Ini memberikan ekstensi domain yang ditargetkan dan mudah diingat yang dapat membantu bisnis menonjol di pasar yang ramai.

Selain itu, domain .cloud dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan menyampaikan pesan jangkauan secara global. Saat ini, permintaan akan layanan cloud terus meningkat, domain .cloud kemungkinan besar akan menjadi bagian yang semakin penting dari ekosistem komputasi cloud. Jadilah pioner bisnis ber-domain .cloud!

Kamu bisa mendapatkan domain murah .cloud di DomaiNesia lho. Hanya dengan Rp39.000 aja kamu sudah bisa memiliki nama domain .cloud.  Kunjungi website DomaiNesia sekarang!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds