• Home
  • Berita
  • 10+ Fungsi Evernote Dan Cara Menggunakannya Mudah

10+ Fungsi Evernote Dan Cara Menggunakannya Mudah

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Fungsi Evernote – Perkembangan dunia digital yang makin meningkat akhir-akhir ini membuat masyarakat semakin mudah dalam melakukan berbagai hal. Salah satunya dalam meringkas maupun membuat suatu catatan penting saat mengadakan rapat atau sekedar berdiskusi tentang sesuatu. Berbekal perkembangan teknologi, melakukan pencatatan secara digital sudah sangat memungkinkan. Salah satunya melalui fungsi evernote.

Meski Evernote bukan satu-satunya platform pencatatan. Mengingat saat ini banyak tersedia catatan digital baik melalui smartphone, tablet, ataupun pada PC dan laptop, namun demikian Evernote tetap menjadi salah satu aplikasi yang menarik perhatian dan cukup favorit bagi banyak orang.

Jika ingin tahu lebih jelas mengenai apk tersebut, mulai dari apa saja fungsi Evernote secara lengkap hingga cara menggunakannya, berikut ini informasi lengkapnya.Fungsi Evernote Dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Evernote?

Sebelum mencoba menggunakan Evernote untuk pertama kalinya, tentu saja akan lebih baik jika mengetahui tentang Fungsi Evernote ini terlebih dahulu. Bagi yang belum pernah mencoba menggunakannya, Evernote merupakan salah satu aplikasi yang pada dasarnya dapat membantu pengguna untuk mencatat hal-hal penting secara digital. Baik melalui smartphone, tablet, PC atapun laptop pengguna.

Tidak terbatas pada hal tersebut saja, namun Evernote merupakan salah satu solusi dalam menyimpan berbagai macam ide yang muncul saat berselancar di dunia maya. Karena aplikasi ini dapat membantu menyimpan beberapa artikel yang Anda temukan saat menggunakan internet. Karena itu, Evernote merupakan aplikasi pencatatan yang memiliki fungsi lebih jika dibandingkan dengan pencatatan digital lainnya.

Sayangnya, sebenarnya aplikasi ini merupakan salah satu jenis aplikasi yang meminta penggunanya untuk membayar apabila hendak menggunakan kuota penyimpanan melebihi dari 60MB per bulan.

Namun jika pengguna dapat membatasi penggunaan kapasitas Evernote hanya pada kisaran kurang dari 60MB, maka pengguna dapat memperoleh layanan gratis dari aplikasi tersebut. Umumnya tidak banyak yang membutuhkan kapasitas lebih dari 60MB per bulan, maka dari itu kesempatan untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis sebenarnya cukup besar. Jadi tidak ada salahnya mencobanya dengan segera.

Baca juga : Hosting Indonesia Terbaik

Fungsi Evernote Secara Spesifik

Seperti aplikasi lainnya yang digunakan di dunia digital, sebenarnya Fungsi Evernote juga memiliki berbagai macam fungsi yang cukup spesifik. Sayangnya, para pengguna aplikasi masih pemula sering kali hanya mengetahui fungsi dasar dari Evernote saja.

Padahal sebenarnya jika mengetahui macam-macam fungsi dari Evernote, tentu pengguna dapat memanfaatkannya secara optimal. Nah, jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini beberapa fungsi Evernote secara spesifik.

Sebagai Tempat Mencatat

Fungsi utama dari Evernote yaitu sebagai salah satu alternatif pencatatan secara digital. Sehingga apabila ingin mencatat hasil diskusi maupun ide-ide yang muncul secara efisien dan optimal, maka aplikasi ini merupakan salah satu pilihan yang paling tepat.

Untuk Sarana Pembuatan Checklist

Bagi yang selalu siaga membuat catatan untuk seluruh aktivitasnya, maka Fungsi Evernote sangat sesuai. Karena aplikasi ini dapat menjadi salah satu opsi untuk pembuatan checklist kebutuhan. Mulai dari checklist daftar belanja sehari-hari yang personal, hingga checklist untuk keperluan kantor yang sifatnya lebih kompleks.

Membuat Voice Note

Satu lagi Fungsi Evernote yang dapat ditemukan saat menggunakan aplikasi yang satu ini, yaitu untuk sarana pembuatan voice note. Beberapa orang merasa kesulitan jika harus melakukan pencatatan secara digital di perangkatnya. Maka dari itu cara yang lebih praktis untuk membantu mengingat sesuatu adalah dengan membuat voice note.

Menyimpan Berbagai Macam Lampiran

Evernote rupanya juga dapat membantu penggunanya untuk menyimpan berbagai macam hal penting lainnya. Jadi, apabila membutuhkan lampiran untuk catatan yang dibuat, maka dapat disimpan dengan mudah pada aplikasi tersebut.

Contohnya halaman web atau artikel atau file berupa PDF dan sebagainya. Semuanya dapat tersimpan dengan rapi dalam Evernote untuk kemudian diakses kembali secara mudah.

Membuat Tabel

Bagi yang membutuhkan aplikasi ini untuk kebutuhan yang lebih kompleks dan sifatnya profesional, Evernote juga dapat membantu membuat tabel sesuai kebutuhan. Pengguna dapat membuat tabel dengan berbagai macam ukuran, jumlah kolom, maupun jumlah baris. Selain itu dapat pula melakukan modifikasi dengan merubah warna dan latar belakang tabel sesuai kebutuhan.

Berbagi Pencatatan Dengan Pihak Lainnya

Yang menarik jika Anda menggunakan aplikasi ini yaitu kemampuan untuk membagi catatan serta beberapa hal yang telah disebutkan di atas dengan pengguna lainnya. Maka dari itu, Evernote cocok sekali dijadikan opsi pencatatan hasil diskusi bersama. Selanjutnya, pencatatan dapat dibagikan kepada seluruh rekan yang berdiskusi dan dapat diakses secara mudah oleh seluruh pihak tersebut.

Menyimpan Kliping

Fungsi Evernote juga bisa untuk menyimpan berbagai macam kliping sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Sehingga membuat web kliping dengan mengumpulkan aneka macam materi dari dunia maya menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Sebagai Pengingat

Untuk yang sering merasa lupa, menggunakan Evernote juga dapat bermanfaat sebagai pengingat. Sehingga Anda cukup aktifkan fitur Pengingat pada Fungsi Evernote untuk hal-hal penting yang harus dilakukan. Secara tidak langsung Evernote akan memberikan dan memunculkan notifikasi sesuai setting pengingat tersebut.

Melakukan Sinkronisasi Penting

Dengan Evernote maka pengguna dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi sesuai kebutuhan. Terutama pada kalender, perangkat yang lain, dan sebagainya. Hal ini memudahkan pengguna untuk memaksimalkan pemakaian Evernote sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing.

Mengembalikan Data Yang Hilang

Jangan takut jika tidak sengaja menghilangkan catatan atau lampiran yang telah tersimpan. Berkat adanya fitur trash yang dapat diakses ketika hal ini terjadi, maka pengguna dapat segera mengembalikan catatan atau file yang tidak sengaja terhapus tadi.

Cara Menggunakan Evernote

Tentunya bukan hanya sekedar mengetahui beberapa fungsi penting yang spesifik dari Evernote, mengetahui cara menggunakannya juga jauh lebih penting. Tanpa memahami penggunaan aplikasi tersebut, tentu fungsi yang diberikan di atas juga tidak dapat diperoleh dengan maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya simak bagaimana cara untuk menggunakan Evernote supaya dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik.

Melakukan Download Aplikasi

Langkah pertama jika ingin menggunakan aplikasi yang menarik ini tentu dengan melakukan download terlebih dahulu. Cukup berkunjung ke situs resmi www.Evernote.com dan kemudian klik tombol download yang tersedia pada situs tersebut.

Tidak perlu khawatir tentang biaya yang diperlukan, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila penggunaan masih terbatas maksimal di kapasitas 60MB per bulan, maka Anda dapat menggunakan Evernote secara gratis.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan memilih perangkat yang tepat sesuai dengan yang digunakan untuk menginstal aplikasi ini. Karena itu pilih opsi perangkat yang sesuai, apakah menggunakan smartphone, tablet, PC, atau menggunakan laptop.

Menginstal Aplikasi Pada Perangkat Pilihan

Setelah melakukan download maka pada gadget seperti smartphone dan tablet, Evernote akan terinstal secara otomatis pada gadget tersebut. Namun lain halnya jika Anda menggunakan PC atau laptop untuk download aplikasi ini. Karena jika demikian maka Anda perlu menyimpan file download terlebih dahulu pada suatu tempat dengan nama yang jelas.

Setelah itu, Anda dapat melakukan proses instalasi pada perangkat laptop dan PC. Caranya dengan membuka file hasil download, kemudian tekal file install. Maka setelahnya Anda cukup menunggu hingga proses intalasi berhasil dan muncul notifikasi selesai.

Membuat Akun Pada Evernote

Setelah sukses melakukan download maupun proses instalasi aplikasi ini, maka selanjutnya Anda dapat menggunakan Evernote untuk pertama kalinya. Sebelum mencatat atau menambahkan file pada aplikasi, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Cara membuat akun baru pada Evernote pun cukup mudah. Buka aplikasi ini dan kemudian lihat menu yang berada di sisi kanan aplikasi. Nantinya Anda akan menemukan kalimat “New to Evernote”. Di sini pengguna Evernote akan diminta untuk mengisi sejumlah informasi penting yang diperlukan untuk keperluan registrasi akun. Maka dari itu cukup ikuti petunjuk yang diberikan lalu selesaikan seluruh kolom dan lakukan pendaftaran.

Tunggu hingga informasi akun Anda muncul, karena hal ini berati akun sudah terdaftar dan Evernote sudah dapat digunakan sepenuhnya.

Membuat Catatan Baru

Kemudian untuk menggunakan Evernote pertama kalinya, Anda dapat mencoba membuat catatan baru pada aplikasi ini. Hal ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Temukan kata “Note” pada aplikasi ini, lalu tekan tombol tersebut dan Anda akan mendapati lembaran kosong sebagai halaman untuk catatan yang ingin dibuat.

Jika berhasil mengakses lembaran tersebut, maka lakukan pencatatan sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya mencatat hasil diskusi berupa poin-poin, atau ingin membuat catatan checklist kebutuhan sehari-hari. Semua dapat dilakukan pada lembaran yang kosong ini dengan mudah. Sementara jika harus menambahkan referensi lebih lanjut, maka dapat melakukan penelusuran pada fitur-fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini. Misalnya fitur lampiran file hingga fitur web clipping yang tersedia bagi seluruh pengguna Evernote.

Tips Penggunaan Evernote Yang Optimal

Setelah mengetahui cara menggunakan Evernote, mungkin masih bayak pengguna yang ingin memaksimalkan penggunaan aplikasi catatan digital ini.

Ya, beberapa pengguna bisa saja hanya terpikir menggunakan Evernote secara dasar dan tidak mencari tahu lebih lanjut bagaimana cara terbaik memanfaatkan aplikasi ini. Namun untuk beberapa orang yang benar-benar membutuhkan seluruh fitur Evernote, maka ada beberapa tips menarik yang dapat dilakukan supaya penggunaan Evernote jauh lebih optimal. Simak tipsnya berikut di bawah ini.

Lakukan Perencanaan Yang Tepat

Hal yang sangat penting jika ingin menggunakan Evernote dengan optimal yaitu memastikan Anda sudah melakukan perencanaan yang tepat. Terutama sebelum membuat catatan atau apapun pada aplikasi yang satu ini. Misalnya menentukan apa yang harus dicatat serta file lampiran atauapa saja yang harus dikumpulkan sebagai bahan pendukungnya melalui dunia maya.

Melalui sistem perencanaan yang tepat, sesuai serta sistematis, maka nantinya pencatatan pada Evernote dapat dilakukan dengan terstruktur dan memberikan hasil yang baik. Seperti pencatatan yang rapi, lampiran pendukung yang sesuai hingga berbagai hal penting lainnya. Perencanaan yang baik juga akan membuat hasil pencatatan terlihat baik dan rapi dibanding catatan yang tidak direncanakan.

Manfaatkan Fitur Web Cliping Secara Optimal

Tips berikutnya bagi yang Anda ingin menggunakan Evernote secara optimal yaitu dengan memanfaatkan segala fitur yang ada di dalamnya secara baik. Salah satu fitur yang memberikan hasil sangat baik dan menarik yaitu fitur web clipping.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur ini menolong pengguna aplikasi Evernote untuk mengumpulkan seluruh bahan terkait pada dunia maya. Sehingga yang dibuat lebih rapi dan memiliki referensi yang cukup jelas.

Dengan menggunakan fitur web clipping, artinya pengguna akan sangat terbantu untuk mengumpulkan seluruh konten yang diperlukan dari berbagai website. Semuanya dapat diatur dengan rapi supaya tersusun di dalam catatan yang dibuat sesuai urutan dan referensi yang digunakan tadi.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan screen shoot pada website terkait dan kemudian menambahkan hasil screen shoot tersebut pada catatan di Evernote.

Fitur ini ternyata tidak hanya bermanfaat namun juga cukup mudah dan praktis untuk digunakan.

Bagikan Catatan Dengan Yang Lain Secara Berkala

Agar catatan yang dibuat melalui Evernote bisa memperoleh masukan dari banyak pihak, maka aktifkan fitur sharing dengan pengguna lainnya yang terkait. Inilah salah satu kelebihan Evernote dibandingkan aplikasi catatan digital sejenisnya.

Contohnya setelah mencatat hasil diskusi pertemuan dengan beberapa kolega di kantor, maka segera rapikan catatan dan bagikan kepada kolega tersebut. Dengan demikian masing-masing pihak dapat melihat dan memberikan masukan terhadap catatan yang telah dibuat.

Sehingga pada akhirnya catatan yang dibuat dapat merepresentasikan pandangan dan kesimpulan masing-masing orang yang hadir dalam diskusi tersebut. Tentunya hal ini membuat catatan diskusi menjadi lebih optimal dan memberikan manfaat yang maksimal pula.

Itulah beberapa informasi tentang fungsi Evernote dan cara menggunakannya. Jika tertarik untuk menggunakan Evernote namun masih belum memahami bagaimana untuk memulainya, Anda bisa download aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan demikian, melakukan pencatatan hasil diskusi dan meeting, ataupun membuat catatan penting untuk pribadi dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi digital. Lupakan cara lama, di mana catatan bisa terhapus atau hilang begitu saja.

Beralih pada teknologi pencatatan digital yang lebih memadai, seperti Evernote. Anda juga tak perlu khawatir dengan biaya pembelian buku notes ataupun paket langganan apk, karena Evernote juga menyediakan akses gratis.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!