Google AdMob: Platform Gratis Untuk Menghasilkan Uang6 min read

5/5 (1)

Hai, DomaiNesians! Ada kabar buat kamu yang suka bikin aplikasi Android atau iOS. Kamu bisa menghasilkan uang dengan menggunakan Google AdMob. Apa itu? Google AdMob adalah platform gratis yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan uang, dengan menampilkan iklan bertarget di aplikasi kamu. Kamu bisa menampilkan iklan yang relevan dan menarik bagi pengguna aplikasi kamu, bahkan menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan supaya cocok dengan aplikasi yang kamu punya.

Google AdMob menyatukan teknologi terbaik di kelasnya dalam satu platform, jadi kamu bisa memperoleh wawasan tentang pengguna kamu dan membantu memaksimalkan pendapatan kamu melalui iklan. Kamu tidak perlu memilih iklan mana yang akan ditampilkan di aplikasi kamu. AdMob secara otomatis menayangkan iklan ke aplikasi kamu dari AdMob Network dan jaringan pihak ketiga yang kamu pilih. Tetapi kalau kamu ingin mengontrol apa yang muncul di aplikasi kamu, kamu bisa memblokir iklan dari pengiklan dan kategori tertentu supaya tidak ditampilkan di aplikasi kamu.

Seperti judul di atas, kamu bisa menggunakan platform ini secara gratis. Google dan jaringan iklan pihak ketiga akan membayar kamu untuk setiap klik, tayangan, dan interaksi lainnya dengan iklan yang ada di aplikasi kamu.

Memonetisasi Aplikasi Dengan Iklan

Memonetisasi aplikasi dengan iklan memungkinkan pengguna mengunduh dan menggunakannya secara gratis, sementara kamu juga mendapatkan penghasilan. Secara historis, developers telah menggunakan berbagai macam strategi monetisasi aplikasi khususnya game, misalnya model berlangganan atau in-app purchase (IAP). In-app purchase adalah salah satu cara developer meningkatkan kinerja aplikasi mereka dari hasil pembelian pengguna. Namun, seperti yang bisa kita duga, tidak banyak pengguna aplikasi yang menghabiskan waktu menggunakan aplikasi pada masa-masa tertentu. Oleh karena itu, banyak developer yang mulai beralih ke iklan seluler sebagai cara untuk memperoleh pendapatan.

Iklan Pada Game Seluler Adalah Win-win Solution

Karena tidak semua pengguna bersedia atau bisa membayar aplikasi atau item pembelian di dalam aplikasi, iklan merupakan cara yang paling populer untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi. Iklan dalam aplikasi seluler adalah solusi untuk semua orang, baik developer, pengguna, dan pengiklan itu sendiri. Developer bisa memperoleh penghasilan yang mereka butuhkan untuk terus menghasilkan konten yang disukai. Pengguna bisa terus memainkan game favorit mereka secara gratis. Sementara pengiklan sendiri memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengguna baru dengan iklan yang ditargetkan dan relevan.

Iklan Bisa Digabung Dengan Model Monetisasi Lain

Selain memberikan layanan gratis untuk pengguna, iklan dalam aplikasi adalah model yang sangat fleksibel. Model iklan dalam aplikasi bisa dilakukan bersamaan, misalnya dengan model in-app purchase. Semakin banyak developer menemukan bahwa iklan bisa dijalankan berdampingan dengan in-app purchase tanpa menghilangkan salah satunya. Developer juga menemukan bahwa iklan yang memberikan reward, bisa membuat pengguna berpikir untuk membeli item dalam aplikasi. Bahkan terkadang bisa mengubah pengguna gratis menjadi pengguna berbayar.

Menerapkan Format Iklan Terbaik Untuk Aplikasi

Google AdMob menyediakan beragam format iklan yang fleksibel, tidak mengganggu, dan berkinerja tinggi. Iklan banner mudah digunakan dan merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai beriklan di aplikasi seluler. Iklan Interstitial menyediakan iklan layar penuh untuk pengguna. Iklan yang menggunakan sistem reward akan memberikan pengalaman yang sangat menarik. Kemudian, kalau kamu ingin menyesuaikan tampilan iklan dengan konten aplikasi, Native Ads bisa menjadi solusi yang tepat. Apapun format yang kamu pilih, pilihan tersebut akan mempengaruhi pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi kamu. Google AdMob menawarkan berbagai sumber daya untuk menguji berbagai format iklan dan menganalisis kinerjanya dengan pengguna.

google admob

Sumber: Pixabay

Iklan banner adalah iklan persegi panjang yang bisa ditempatkan di bagian bawah atau atas layar. Iklan ini bisa ditampilkan sebagai teks, gambar, atau video. Iklan banner sangat mudah diterapkan. Model tersebut cocok dengan permainan kasual. Iklan banner bisa membantu kamu memaparkan iklan saat pengguna memainkan aplikasi tanpa mengganggu aktivitas tersebut. Iklan banner juga akan secara otomatis me-refresh, sehingga iklan yang ditampilkan berbeda-beda. Google AdMob menawarkan konsep smart banner, dimana iklan akan menyesuaikan ukuran banner untuk beradaptasi dengan berbagai perangkat yang berbeda.

Interstitial Ads

Interstitial ads adalah iklan layar penuh. Google AdMob memberikan semua jenis format interstisial yang menarik, termasuk materi iklan interaktif dan video. Iklan interstisial bisa ditutup dengan mudah sesuai keinginan pengguna, karena iklan model ini juga menyediakan tombol untuk menutup iklan. Iklan ini juga mudah diterapkan dan tidak mempengaruhi tata letak konten karena ditampilkan secara penuh. Iklan model ini cocok untuk aplikasi atau game yang memiliki titik transisi alami diantara loop game. Iklan interstisial akan muncul ketika pengguna sedang jeda dari gameplay. Meskipun iklan ini menayangkan lebih sedikit iklan dari iklan banner, iklan interstisial cenderung menghasilkan biaya per seribu tayangan (CPM) yang lebih tinggi, sehingga tetap menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Native Ads

Native ads bisa disesuaikan dengan desain visual, tata letak, dan konten aplikasi. Model ini biasanya menyertakan aset gambar atau video utama disertai dengan teks yang cocok dengan alur kampanye. Dengan mencocokan tampilan dan nuansa aplikasi, native ads bisa mengurangi churn rate dan meningkatkan nilai jangka panjang. Native ads cocok untuk sebagian besar aplikasi selama kamu bersedia melakukan hal-hal yang diperlukan untuk menyesuaikan tata letak iklan.

Rewarded Ads

Pengguna bisa merasakan manfaat rewarded ads ketika mereka memilih untuk terlibat. Ada berbagai bentuk hadiah, seperti waktu tambahan atau imbalan koin. Rewarded ads biasanya berupa iklan video interaktif seperti lucky wheel yang bisa diputar. Rewarded ads memberikan kendali kepada pengguna, apakah mereka akan terlibat atau tidak. Rewarded ads telah menjadi format iklan yang populer karena memberikan dorongan besar bagi pendapatan para developer. Iklan model ini umumnya juga memiliki CPM tertinggi dari semua format iklan, karena pengiklan melihat peningkatan keterlibatan pengguna yang belum pernah terjadi sebelumnya.

google admob

Sumber: Pixabay

Cara Membuat Iklan Pertama Kali

Kamu bisa mulai menampilkan iklan dengan beberapa langkah berikut:

  1. Masuk ke akun AdMob di https://apps.admob.com
  2. Siapkan aplikasi kamu, jika belum ada di AdMob
  3. Tentukan jenis unit iklan yang ingin kamu buat. Ada 4 pilihan, yaitu banner, interstisial, rewarded, dan native.
  4. Selanjutnya, buat unit iklan tempat kamu akan menampilkan iklan.
  5. Pastikan juga untuk menerapkan SDK.

Kapan Kamu Akan Mendapat Pembayaran Pertama?

Kamu akan mendapat pembayaran jika sudah menyelesaikan syarat-syarat menerima pembayaran. Kamu akan menerima pembayaran satu bulan setelah melewati total $100 atau setara, pada penghasilan akhir. Penghasilan yang kamu dapatkan, semua akan diproses di halaman Pembayaran akun kamu selama beberapa hari pertama bulan tersebut. Kemudian, saldo akan dikirim. Misalnya saldo kamu mencapai total $100 selama bulan Januari, maka Google AdMob akan mengirimkan pembayaran pada akhir Februari. Pembayaran akan terbit pada tanggal tertentu, namun membutuhkan beberapa hari hingga sampai ke rekening kamu.

#MulaiBikinAja Aplikasi Menggunakan Website

Buat kamu yang tidak memahami seluk beluk IT atau developer, jangan khawatir. Sudah banyak website yang memudahkan kamu membuat aplikasi Android tanpa harus menggunakan coding. Website seperti Appsgeyser, Andromo, atau Appypie memungkinkan kamu membuat aplikasi Android sederhana tanpa susah payah memikirkan coding. Atau kamu justru ingin membuat website untuk membuat aplikasi? Bisa banget, DomaiNesians. Langsung aja cek di website DomaiNesia. Harga domain dan paket hostingnya berani diadu. So, tunggu apa lagi? Yuk, #MulaiBikinAja

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar