• Home
  • Berita
  • Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Oleh Ratna Patria
Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Buat kamu yang mengelola suatu website atau situs, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya VPS (Virtual Private Server). Jika kamu belum memahaminya atau bahkan belum pernah mendengar istilah ini, kamu berada di artikel yang tepat karena kali ini, kita akan membahas tentang VPS sebagai salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

VPS hosting sering digunakan untuk mengonlinekan website. Meskipun digunakan lebih dari satu user, tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan resource dedicated (pribadi) pada server. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pengertian, cara kerja, kelebihan dan kekurangan dari VPS.

Pengertian VPS

Sebelum melangkah lebih jauh dalam mengenal VPS hosting, kamu harus memahami apa pengertian dari VPS. VPS hosting adalah solusi yang aman dan stabil dibandingkan tipe hosting yang lain karena VPS tidak menggunakan ruang server yang dedicated. Meskipun tipe lain lebih mudah dibanding kamu menyewa atau membeli semua ruang server, tapi tetap saja fitur dan pelayanan yang diberikan VPS akan lebih memuaskan.

Biasanya, pemilik situs menyewa VPS karena jumlah traffic pada website yang sudah tinggi, bahkan mencapai batas penggunaan yang disarankan pada shared hosting atau tipe lainnya. Akan tetapi, kamu mungkin belum memerlukan resource dari server dedicated sehingga VPS dirasa menjadi pilihan yang bagus karena dapat mengcover kebutuhan, namun tidak berlebih.

hosting
Sumber: Pixabay

kamu akan mendapatkan tawaran yang banyak mengenai paket VPS yang bisa dipilih. Setiap paket yang ditawarkan biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kamu harus lebih jeli sebelum memilihnya. Bukan hanya spesifikasi, fitur, pelayanan dan harga setiap paket tentunya berbeda agar kita bisa memilih paket VPS sesuai dengan kebutuhan.

Cara Kerja VPS

Sebagai server, komputer merupakan tempat hosting untuk menyimpan database dan file yang diperlukan website. Apabila ada visitor mengakses website kamu, permintaan atau request akan dikirimkan oleh browser ke server, kemudian server mengirimkan file yang dibutuhkan melalui internet. Fungsi VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa user yang terbagi.

VPS bersifat private karena kamu memiliki kendali penuh. VPS terpisah dengan server user lainnya pada level OS. Teknologi ini serupa dengan proses pembuatan partisi pada komputer saat kamu menggunakan lebih dari satu OS tanpa reboot. Selain itu, VPS memiliki sifat virtual karena adanya layer virtual di atas sistem operasi dari server yang membagi server ke partisi. Setiap user pun bisa menginstall OS dan software.

Dengan menggunakan VPS hosting, website kamu akan menjadi platform yang lebih aman karena adanya jaminan resource (CPU core, disk space, memori dan lain sebagainya) yang tidak memaksa kita untuk berbagi bersama user lain. Selain itu, kamu juga memiliki akses root-level yang sama, seperti saat kamu menyewa dedicated server meski harganya lebih terjangkau.

hosting
Sumber: Pixabay

Kelebihan VPS

Setelah membahas tentang pengertian dan cara kerja VPS hosting, sedikit banyak pasti kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan pertama adalah lebih handall dan cepat dibanding server shared hosting, kemudian adanya jaminan resource server, seperti processing power atau memori sehingga fluktuasi resource yang tersedia bahkan tidak ada.

Kelebihan VPS selanjutnya adalah akses superuser (root) ke server. Selain itu, apabila terjadi masalah pada website dan traffic pada user lain, situs kamu tidak akan terganggu karena kamu bisa menjaga kestabilan dengan baik. Jadi, situs kamu tetap lancar jaya meskipun ada kendala pada user lainnya karena tidak akan berpengaruh.

Kelebihan lainnya adalah adanya layanan yang mudah di-scale. Kamu bisa mengupgrade resource server (CPU, bandwidth, RAM, disk space dan lainnya. Dengan kelebihan ini, diharapkan mampu memaksimalkan kinerja website menjadi lebih baik sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung.

Kekurangan VPS

Di samping banyaknya kelebihan yang dimiliki, tentu saja VPS hosting juga memiliki kekurangan yang tidak bisa kita hindarkan. Kekurangan pertama dari VPS adalah harga yang relatif lebih mahal dibandingkan shared hosting. Hal ini tentu saja berkaitan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Jadi, sebenarnya harga yang dikeluarkan sebanding dengan kualitasnya.

hosting
Sumber: Pixabay

Kekurangan kedua adalah kesalahan pengaturan server akan mendatangkan risiko yang cukup besar atas keamanannya. Jadi, sebisa mungkin kamu harus menjaga server ini agar tidak mendatangkan masalah yang sulit untuk diselesaikan dengan baik.

Kekurangan ketiga adalah mengharuskan kita untuk memiliki pemahaman teknis agar server bisa dikelola dengan baik. Jadi, mau tidak mau kamu harus mempelajari bagaimana cara mengelola server dengan tepat dan baik.

Itulah tadi informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan VPS hosting. Informasi di atas bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih server yang dibutuhkan. Pelajari, pahami dan pilihlah tipe hoster dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat berkarya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!