• Home
  • Berita
  • 10 Fungsi VPS Hosting yang Perlu Kamu Tahu

10 Fungsi VPS Hosting yang Perlu Kamu Tahu

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Oleh sebab itu, banyak bisnis saat ini memilih untuk menggunakan Virtual Private Server atau VPS untuk kebutuhan hosting mereka.

Selain membantu meningkatkan server web berikut beberapa fungsi VPS lainnya yang bisa kamu rasakan yang manfaatnya.

Kamu juga dapat dengan mudah beli VPS hosting di sini.

Fungsi VPS
Sumber: Envato

Yuk, mulai bangun bisnis web milikmu sekarang juga dan temukan berbagai promo menarik lainnya untuk hosting hanya di DomaiNesia.

Jenis layanan VPS hosting

Apa itu VPS hosting?

Sebenarnya istilah Virtual Private Server atau VPS sama dengan VPS hosting.

Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang menggunakan VPS sebagai tempat menyimpan data atau hosting, seperti tulisan, video, dan gambar.

Nantinya berbagai jenis data tersebut akan dikemas menjadi sebuah website yang disimpan dalam VPS. Itulah mengapa muncul istilah VPS hosting.

Virtual Private Server atau VPS adalah teknologi virtualisasi yang dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

Pada dasarnya, VPS bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan yang tidak hanya berhubungan dengan website saja.

VPS bisa digunakan untuk  pembuatan email server, FTP server, dan masih banyak lagi. Jadi, sebuah VPS yang digunakan untuk membuat website disebut VPS hosting.

VPS hosting telah menjadi pilihan populer karena umumnya lebih murah daripada dedicated hosting.

Soal kualitas pun VPS hosting tetap memberikan keandalan, keamanan, dan kinerja yang lebih baik dari shared hosting.

Selain itu, pengguna mendapatkan akses root ke server, memberi mereka kebebasan untuk menginstal aplikasi dan membuat perubahan tanpa harus melalui penyedia hosting.

Fungsi VPS Hosting

Lebih lengkapnya, berikut ini fungsi dari VPS (Virtual Private Server) Hosting yang akan kamu rasakan manfaatnya:

1. Mampu meningkatkan kualitas server web

Shared hosting diibaratkan dengan setumpuk kartu domino, apabila satu pengguna hosting ada yang mengalami gangguan maka juga dapat menyebabkan seluruh server macet.

Pertama, fungsi VPS Hosting adalah meningkatkan keandalan dan stabilitas dibandingkan dengan shared hosting.

Dalam kebanyakan kasus, sangat sedikit server yang di-host pada satu node. Tentu saja hal ini membantu memastikan kinerja dan waktu aktif server web yang kamu miliki.

2. Sebagai sumber daya khusus

Fungsi VPS Hosting juga bisa sebagai sumber daya khusus untuk website. Mirip dengan dedicated hosting, semua sumber daya VPS Hosting akan didedikasikan hanya untuk web milikmu.

Selain itu, jumlah RAM (Random Access Memory) dan CPU (Central Processing Unit) yang tersedia di VPS Hosting jauh lebih banyak daripada yang ditawarkan oleh shared hosting.

Tentu saja dengan keuntungan tersebut, kamu dapat lebih banyak menerima trafik yang tinggi saat menjalankan beberapa aplikasi.

3. Peningkatan efisiensi pada green platform

Selama beberapa tahun terakhir, topik yang terkait dengan teknologi dan hosting ramah lingkungan telah mendapatkan banyak sorotan dari banyak orang.

Sangat penting untuk ikut serta membantu mengurangi jejak karbon sebanyak mungkin.

Penggunaan VPS Hosting inilah yang salah satunya dapat membantu mengurangi jejak karbon.

Jika memiliki server khusus, itu berarti kamu mengambil semua sumber daya yang ditawarkan server.

Ini juga berarti kamu adalah satu-satunya bisnis atau orang yang mendapat manfaat dari konsumsi daya server tersebut.

4. Peningkatan kinerja website

Ketika lebih banyak sumber daya yang didedikasikan sepenuhnya untuk kebutuhan bisnis, kamu dapat mencapai tingkat kinerja yang jauh lebih tinggi.

Peningkatan kapasitas dan daya pemrosesan, membuat konten-konten yang dimuat lebih cepat di browser pengunjung.

Hal ini menghasilkan tingkat kunjungan pengguna internet yang lebih tinggi, tingkat konversi lebih baik, dan peningkatan peringkat Search Engine Result pages atau SERP website milikmu.

Selain itu, setiap proses yang berjalan di server mereka juga akan berjalan lebih cepat dan tidak terlalu berdampak pada operasi lain yang sedang terjadi.

Misalnya, situs web kamu tidak akan berjalan lambat, jika mengirim email banyak dalam satu waktu atau mencadangkan file tertentu.

5. Skala sumber daya yang besar

Kemudian yang menjadi salah satu fungsi dan kegunaan VPS Hosting adalah bagi kamu yang memulai situs web baru dengan harapan akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar, kemampuan untuk menskalakan sumber daya hosting tanpa masalah teknis atau down time, sangatlah penting.

Salah satu hal terbaik untuk mengetahui tentang tempat hosting VPS tersebut adalah mereka dapat dengan cepat dan mudah mengalokasikan sedikit atau banyak sumber daya sesuai kebutuhan.

6. Harga lebih terjangkau

Dengan deretan keuntungan yang ditawarkan, fungsi VPS Hosting dalam segi harga pun juga mendukung.

Saat akan membangun website layanan VPS hosting ini bisa menjadi keputusan yang tepat.

Perlu kamu ingat, bahwa ada baiknya untuk membandingkan tarif sebelum memilih penyedia hosting web, karena ini akan mempengaruhi jumlah pembayaran setiap bulannya.

Fungsi VPS
Sumber: Envato

7. Pelayanan kepada pelanggan cukup baik

Keuntungan lain menggunakan jenis layanan ini, fungsi VPS Hosting adalah dapat menjadi sarana untuk melayani pelanggan saat terjadi beberapa gangguan.

Ketika masalah yang dihadapi dengan layanan hosting dapat membuat situasi stres.

Bagaimanapun, mata pencaharian bisnis dapat bergantung pada server ini.

Jika menggunakan VPS Hosting maka akan ada perwakilan layanan pelanggan khusus yang dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun dan juga menawarkan rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

8. VPS hosting ini memiliki sistem keamanan yang ketat

Jangan khawatir, jenis layanan VPS Hosting mendukung sistem keamanan yang baik bagi para penggunanya.

Seperti kita ketahui sebelumnya situs web pada VPS Hosting berada di ruang virtualnya sendiri, maka jika ada gangguan dari pengguna lain kamu akan jauh lebih aman.

Lebih aman karena umumnya perusahaan akan memberikan akses root, untuk menerapkan langkah-langkah sistem keamanan tingkat lanjut di lingkungan server.

9. Bisa menggunakan server secara remote

Terakhir, fungsi VPS Hosting adalah juga memungkinkan untuk melakukan akses dan menggunakan komputer atau server secara remote.

Jadi, secara singkatnya kamu juga memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi lokasi serta mampu mengontrol server di manapun berada.

10. Kustomisasi Server Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan aplikasi, website dan server di setiap perusahan memang berbeda- beda.

Ada yang membutuhkan server dengan kapasitas yang besar untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang cukup kompleks.

Namun ada juga yang membutuhkan kapasitas server yang tidak begitu besar.

Dengan VPS Hosting, pemilik VPS Hosting dapat melakukan kustomisasi server dengan bebas sesuai kebutuhan bisnis atau perusahaan.

Itulah beberapa fungsi VPS Hosting yang bisa kamu rasakan manfaatnya.

Selain memiliki sumber daya khusus, keuntungan lain yang dapat kamu rasakan adalah harga terjangkau dengan banyak penawaran fitur yang andal seperti sistem keamanan, mampu menerima trafik yang tinggi bahkan server sudah dikelola oleh penyedia hosting.

Kapan sebaiknya mulai menggunakan VPS hosting?

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus mulai mempertimbangkan untuk menggunakan VPS hosting:

  • Ketika situs web yang kamu miliki sudah tidak lagi sanggup menampung trafik pengunjung yang tinggi dan sumber daya yang digunakan juga melebihi dari shared hosting.
  • Saat kamu mulai perlu menginstal modul atau aplikasi khusus yang tidak didukung oleh shared hosting.
  • Ketika sudah membutuhkan akses root ke server website milikmu.
  • Saat menginginkan lingkungan pengembang virtual untuk pengujian bahkan pengembangan perangkat lunak yang ada.
  • Ketika mulai melakukan proses transaksi keuangan dan menangani data sensitif.

Kapan sebaiknya tidak menggunakan VPS hosting?

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada beberapa alasan penting mengapa penggunaan VPS hosting sangatlah penting untuk mendukung perkembangan kualitas website.

Kini juga ada beberapa alasan kamu belum terlalu membutuhkan VPS hosting, jika:

  • Trafik pengunjung website masih rendah.
  • Bagi kamu seorang pemula dan hanya ingin mempelajari dasar-dasar seperti FTP, WordPress, dan cPanel tidak terlalu membutuhkan VPS hosting.

Secara keseluruhan, VPS hosting adalah pilihan serbaguna untuk berbagai situasi yang berbeda, dan itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa jenis layanan hosting ini sangat populer.

Alasannya karena menawarkan peningkatan kinerja dan skalabilitas jika dibandingkan dengan shared hosting sekaligus mengisolasi situs dari pengguna lain.

Dan juga tersedia dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada hosting khusus.

Namun, bagi kamu yang tidak begitu mengerti dan paham mengenai persoalan teknis server, lebih baik tidak memilih VPS hosting melainkan disarankan menggunakan hosting atau shared hosting.

Hal ini mengingat karena berdasarkan pengelolaannya, VPS hosting sendiri terdapat 2 jenis yaitu managed VPS hosting dan unmanaged VPS hosting.

Pada umumnya VPS hosting bersifat unmanaged, yang berarti bahwa semua instalasi, persoalan, pengelolaan VPS hosting menjadi urusan pemilik VPS hosting.

Jadi sebelum memutuskan pilihan layanan hosting, kamu juga harus lebih dulu memastikan kebutuhan bisnis serta tujuan membangun situs web tersebut.

Tingkatkan Performa Dengan Biaya Rendah

Teknologi yang kini terus berkembang, dan semakin banyaknya bisnis memanfaatkan kekuatan internet untuk meningkatkan penjualan, tentu penggunaan Virtual Private Server (VPS) sudah mulai dibutuhkan.

Walaupun benar masih ada paket hosting lainnya, seperti shared hosting, namun penggunaannya dapat berdampak negatif pada fungsi situs web jika trafik terus meningkat.

VPS akan memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih mudah saat mengembangkan bisnis online.

Fungsi VPS
Sumber: Envato

Selain itu, biaya rendah menggunakan VPS membuat opsi ini terjangkau untuk hampir semua perusahaan.

Jadi, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan layanan VPS hosting ini ketika ingin mengembangkan bisnis online.

Dan juga bila kamu adalah seorang pengembang website dan mencari lebih banyak fleksibilitas untuk menjalankan aplikasi serta konfigurasi perangkat lunak maka layanan VPS ini bisa menjadi pilihan paling tepat.

Fungsi VPS adalah bekerja dan beroperasi seperti mesin fisik independen, kecuali itu dipartisi menjadi beberapa server “virtual”, menawarkan keamanan dan fleksibilitas untuk situs website milikmu hingga kontrol penuh atas lingkungan hosting.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!