• Home
  • Berita
  • PostgreSQL vs MySQL: Mana yang Lebih Baik?

PostgreSQL vs MySQL: Mana yang Lebih Baik?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

PostgreSQL vs MySQLDatabase merupakan bagian paling penting dari sebuah sistem. Salah satu teknologi yang tidak pernah bisa lepas dengan database adalah website. Mengapa? Setiap website pasti memiliki data atau informasi yang harus dimuat, mulai dari teks, gambar, tabel dan sebagainya.

Untuk membangun website kamu harus memerlukan hosting, dan jika kamu ingin membangun sebuah website gunakan hosting murah yang sudah di support PostgreSQL dan MySQL dalam implementasinya. Jangan lupa, hanya ada di DomaiNesia!

Sebuah data yang ingin dimuat pada website harus memiliki database yang dapat menampung segala data yang dibutuhkan. Penggunaan tools dari database juga bisa berbagai macam, sesuai dengan kebutuhannya.

Artikel ini akan membahas dua tools database yang sangat populer dikalangan para programmer, yaitu PostgreSQL vs MySQL. Ingin tau lebih lanjut terkait perbandingan beda PostgreSQL vs MySQL? Simak hingga akhir artikel ya!

Basic Knowledge PostgreSQL vs MySQL

Berikut adalah definisi dari masing-masing PostgreSQL dan MySQL antara lain :

Postgresql

PostgreSQL adalah memungkinkan pengolahan data dalam tabel yang memiliki hubungan satu sama lain, dan yang terbaik, sistem manajemen database ini dapat digunakan secara gratis serta dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Postgresql bermula dari project sebuah universitas yaitu University of California, Berkeley. Pada tahun 1986, proyek PostgreSQL dimulai di universitas ini, yang kemudian menjadi dasar bagi PostgreSQL.

PostgreSQL ini lebih dikenal sebagai open source RDBMS. Lebih lengkapnya kamu dapat melakukan instalasi melalui web resmi dari PostgreSQL.

Kelebihan PostgreSQL

Berikut merupakan kelebihan dalam penggunaan PostgreSQL

  1. Database dengan software open-source
  2. DIgunakan untuk skalabilitas yang besar
  3. Replikasi mudah
  4. Memiliki dokumentasi lengkap
  5. Pengembangan yang dilakukan secara fleksibel

Kekurangan PostgreSQL

Berikut merupakan kekurangan dalam penggunaan PostgreSQL

  1. Kinerja yang masih harus dioptimalisasi
  2. Kurang populer di kalangan programmer
  3. Fungsionalitas yang masih terbatas
  4. Kurangnya dukungan NoSQL
  5. Kurangnya integrasi dari berbagai aplikasi

MySQL

MySQL adalah platform database yang dikembangkan, didistribusikan, dan didukung oleh Oracle Corporation. Mysql adalah sistem database yang sering digunakan pada pengembangan website yang memerlukan kapasitas database yang menengah hingga besar.

MySQL awal mulanya dikembangkan oleh Michael Widenius, David Axmark, dan Allan Larsson pada tahun 1994 di Swedia. Asal nama “MySQL” ini berasal dari nama anak perempuan Michael Widenius yang bernama My.

MySql terkenal mudah dipelajari dan dipahami oleh orang awam, hal ini membuat maraknya dokumentasi-dokumentasi yang dimiliki oleh developer tersebar luas di internet.

Kelebihan MySQL

Berikut merupakan kelebihan dalam penggunaan MySQL

  1. Sebagai database relasional
  2. Berupa software open-source
  3. Tipe data yang bervariasi
  4. Tidak memerlukan RAM yang besar
  5. Mudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman lain

Kekurangan MySQL

Berikut merupakan kekurangan dalam penggunaan MySQL

  1. Skala data yang cenderung menengah ke kecil
  2. Tidak cocok dengan aplikasi berbasis game
  3. MySQL kurang cocok digunakan untuk data transaksional

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Dengan memanfaatkan dokumentasi dari setiap tools serta jam terbang yang tinggi, kamu dapat menguasai tools tersebut dan akan lebih mengetahui kapan harus menggunakan tools-tools tersebut. Jadi, jika kamu kesulitan pasti di dokumentasi ada jawaban!

Mengapa PostgreSQL vs MySQL layak dibandingkan?

PostgreSQL vs MySQL seringkali menjadi perdebatan saat ingin menerapkan sebuah database pada website atau sistem tertentu.

Mengapa kedua tools ini sering dibandingkan? Kedua tools ini memiliki kemiripan sekaligus memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi objek serta kinerja yang dimilikinya.

Contohnya, seperti saat orang awam ingin mempelajari sebuah tools database, pasti yang disarankan terlebih dahulu adalah mempelajari MySQL dibandingkan PostgreSQL. 

Beli Hosting Murah

PostgreSQL dikenal lebih memiliki tantangan dalam mempelajarinya, pertama karena popularitasnya yang tidak terlalu tinggi menyebabkan sedikitnya programmer yang membagikan dokumentasi mereka di internet.

Kedua, karena PostgreSQL ini digunakan untuk database berskala besar, tentu saja fungsionalitas pengelolaannya akan berbeda dengan tools yang menangani skala lebih kecil seperti yang akan kita bandingkan PostgreSQL vs MySQL di bawah ini.

Apa saja Beda PostgreSQL vs MySQL?

Kedua tools database ini bisa dibilang memiliki banyak kesamaan dan juga perbedaan. Penggunaan setiap tools nya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang sedang dikerjakan.

Agar lebih memahami lebih detail terkait PostgreSQL vs MySQL, berikut merupakan beda PostgreSQL vs MySQL yang wajib kamu ketahui!

Selain diatas, masih ada beberapa perbedaan antara PostgreSQL dan MySQL antara lain :

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah memahami beda PostgreSQL vs MySQL? Untuk menentukan mana yang lebih baik, semua akan dikembalikan pada project apa yang akan kamu hadapi saat ini dan bagaimana skala dari project tersebut.

Gunakan MySQL jika kamu adalah pemula yang awam dengan tools database dan ingin mencoba mempelajarinya, namun jika kamu adalah seseorang yang sedang mengerjakan project berskala besar, kamu dapat mencoba PostgreSQL untuk kemudahan-kemudahan dalam pengaplikasiannya.

PostgreSQL lebih cocok untuk aplikasi tingkat perusahaan atau organisasi dengan query yang kompleks.

Namun, Anda dapat memulai proyek MySQL jika Anda ingin membuat prototype, atau membuat aplikasi internal dengan pengguna berskala kecil.

Jadi, kamu yang dapat menentukan tools yang tepat dengan memahami beda PostgreSQL vs MySQL yang ada pada penjelasan di atas.

Baca Juga : Panduan Membuat Database PostgreSQL di cPanel

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds