• Home
  • Berita
  • SSO Adalah: Pahami Manfaat dan Cara Kerja SSO!

SSO Adalah: Pahami Manfaat dan Cara Kerja SSO!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

SSO Adalah – Pada era digital saat ini, teknologi terus berkembang dengan maraknya platform baru yang dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Terkadang pada setiap platform, mereka memberikan ketentuan bahwa harus log in atau sign up akun jika ingin menikmati kemudahan yang akan diberikan platform tersebut.

Karena tidak 1-2 platform saja yang memiliki ketentuan tersebut, membuat seringkali kita lupa “platform ini pake password yang mana ya?” atau “ini pake username apa ya?”.

Hal ini dikarenakan platform tersebut hanya sesekali kita butuhkan dan tidak kita pakai secara rutin, yang menjadikan kita tidak memiliki ingatan ataupun usaha dalam menyimpan informasi akun pada setiap platform

Seiring berjalannya waktu, terdapat solusi dari permasalahan tersebut yang menguntungkan kedua belah pihak. Dari pihak pemilik platform tetap menentukan ketentuan untuk melakukan sign in/sign up dan dari pihak pengguna juga tidak perlu lagi membuat akun yang selalu baru.

Solusinya adalah dengan SSO, apa itu sso? Single Sign On atau SSO adalah teknologi yang dapat memudahkan kamu dengan hanya menggunakan satu akun namun dapat terkoneksi dengan berbagai akun pada platform-platform lain. Ingin tau lebih lanjut? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

SSO Adalah

Apa itu SSO? Single Sign On atau SSO adalah sebuah layanan yang dapat memudahkan para pengguna internet yang dapat mengakses banyak platform/situs/aplikasi hanya dengan satu akun yang terkoneksi dari pihak ketiga.

Dengan adanya SSO, kamu tidak perlu lagi khawatir terkait lupa password atau username pada sebuah website/aplikasi. 

Saat ini SSO sudah digunakan oleh berbagai kalangan, seperti pengguna Gen-Z, millennial, maupun boomer agar lebih mudah mengakses setiap situs/aplikasi.

Selain itu, SSO ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan yang memiliki email hosting perusahaan agar meningkatkan tingkat keamanan pada sebuah berkas-berkas perusahaan.

sso adalah
Sumber : envato

Cara kerja SSO adalah menyimpan informasi akun kamu dan akan mengkoneksikan dengan situs/aplikasi yang ingin kamu akses, namun SSO tidak menyimpan dan melihat informasi akun kamu, karena informasi akun merupakan privasi, jadi mereka hanya mengkoneksikan akun dari satu pihak ke pihak lainnya.

SSO adalah salah satu teknologi yang belum banyak orang memahami cara kerjanya secara detail, yuk kita bahas tuntas terkait cara kerja SSO pada penjelasan di bawah ini

Cara Kerja SSO

Sebelum menjelaskan terkait cara kerja SSO, kamu harus paham bahwa SSO adalah sistem yang mengelola informasi pengguna agar memudahkan kamu dalam mengakses sebuah situs/aplikasi.

Seperti yang sudah dijelaskan, SSO tidak akan mengakses akun pribadi kamu secara sembarangan, mereka akan tetap menjaga privasi setiap pengguna. Sebelum itu, kamu harus memahami terkait service provider dan identity provider. 

  1. Service Provider: Sebuah platform yang mengizinkan pengguna untuk mengakses layanan mereka tanpa harus memasukkan kembali kredensial berkali-kali.
  2. Identity Provider: Sebuah platform penyedia single sign on yang mengelola otentikasi dan otorisasi akses ke berbagai website/aplikasi.

 Lantas, bagaimana cara kerja SSO? Berikut cara kerja SSO yang harus kamu ketahui, antara lain : 

  1. Pengguna mengakses sebuah website/aplikasi yang mewajibkan adanya log in/sign in dalam pengaksesannya, website/aplikasi ini disebut dengan Service Provider
  2. Kemudian dari pihak service provider mengirimkan permintaan sebuah token yang berisikan informasi akun pengguna ke identity provider
  3. Selanjutnya, identity provider akan mengecek apakah pengguna telah terautentikasi, dan jika sudah maka identity provider akan mengirimkan perizinan akses terkait akun tersebut kepada service provider
  4. Seringkali, otentikasi gagal dan pengguna tidak bisa masuk ke service provider, maka yang dilakukan adalah identity provider akan meminta pengguna untuk verifikasi kredensial atau mengirimkan kode OTP
  5. Jika otentikasi sukses, maka pengguna bisa masuk dan akses website/aplikasi service provider tersebut.

Otentikasi gagal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu banyak device dengan akun yang sama mengakses website/aplikasi, jangka waktu akun yang sudah habis (harus melakukan login ulang), kesalahan password, adanya perbedaan tempat di waktu yang dekat dalam mengakses akun, dan lain sebagainya.

Cukup mudah bukan cara kerja SSO? SSO adalah salah satu tahapan otentikasi yang cepat karena Langkah-langkah diatas dilakukan dengan kurun waktu hitungan detik, sangat canggih bukan teknologi dunia saat ini? Setelah kamu tahu cara kerja SSO, jika terdapat kesalahan atau diminta melakukan verifikasi ulang kamu jadi mengerti alasan dibalik hal tersebut.

Manfaat SSO

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja dari SSO, selanjutnya kamu harus tahu apa saja manfaat SSO pada kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan manfaat SSO yang wajib kamu ketahui

Meningkatkan Keamanan Privasi

Pertama, Manfaat SSO adalah identitas kamu akan lebih terlindungi. Mengapa? Terdapat banyak kelebihan yang merujuk pada manfaat ini, yang pertama, kamu jadi tidak perlu khawatir terkait keamanan identitas pada SSO, karena walaupun mereka memiliki informasi akun kita, pihak SSO tidak akan mengakses dan melanggar privasi pada akun yang telah didaftarkan.

Kemudian identitas kita juga lebih banyak terlindungi karena pada setiap mengakses suatu website kita tidak perlu lagi membuat akun baru secara  terus menerus.

Jika terdapat tindakan yang mencurigakan, pihak identity server akan melakukan verifikasi ulang untuk memastikan bahwa yang menggunakan akun tersebut adalah benar pemilik akunnya. 

Sumber : envato

Kemudahan dalam mengakses website/aplikasi

Kedua, Manfaat SSO adalah kamu lebih mudah dalam mengakses sebuah website/aplikasi dengan hanya sekali klik. Kamu tidak perlu lagi meregistrasikan username/password ataupun informasi pribadi lainnya kecuali memang dibutuhkan dari website/aplikasi tersebut.

Jadi, dengan mudah dan cepat kamu dapat mendapatkan apa yang kamu butuhkan pada website/aplikasi tersebut. 

Terkadang tanpa SSO, jika kamu membutuhkan sesuatu dan memerlukan registrasi ulang, kamu akan memilih untuk mencari website/aplikasi lain yang tidak membutuhkan hal tersebut karena saat ini serba instan dan cepat, jika kamu harus melakukan registrasi lagi akan sangat membuang waktumu.

Meningkatkan Efisiensi

Ketiga, Manfaat SSO adalah meningkatkan efisiensi, tentu saja dengan SSO kegiatan sehari-hari kamu akan lebih cepat.

Tidak perlu waktu yang lama untuk mengakses informasi pada sebuah website/aplikasi.

Hal ini akan berdampak pada peningkatan produktivitas, karena dapat menghemat waktu yang sebelumnya digunakan untuk registrasi akun, dan sekarang kamu bisa memanfaatkannya dengan kegiatan lain yang dapat mendukung pekerjaan atau kegiatan sehari-hari kamu.

Beli Email Hosting

Tidak perlu mengingat username/password yang terlalu banyak

Keempat, Manfaat SSO adalah kamu tidak perlu lagi mengingat username dan password yang terlalu banyak. Terkadang setiap website/aplikasi memberikan syarat karakter pada username/password yang berbeda-beda. Hal ini yang kadang dapat menambah celah kerentanan pada informasi pribadi kamu. 

Sumber : envato

Semakin banyak website atau aplikasi yang kamu registrasi, pasti kamu berpikiran bahwa kamu akan lupa dan mencatat password kamu di sebuah media, dengan adanya jejak dari password tersebut membuat adanya celah para hacker untuk mengetahui password yang sering kamu gunakan, dan mereka akan mulai menelusuri terkait akun-akun lain yang memiliki peluang besar password itu digunakan kembali, jadi jangan pernah menyimpan dan meninggalkan jejak akun pribadi kamu di tempat-tempat yang mudah ditemukan ya!

Kekurangan SSO

Di samping kelebihan serta manfaat yang cukup banyak, sebuah teknologi pasti memiliki kekurangan di dalamnya. Teknologi SSO adalah satu dari sekian banyak teknologi yang memiliki beberapa kekurangan.

Namun, kekurangan ini dapat berdampak sangat masif jika terjadi, yaitu jika data/informasi pribadi akun utama kamu bocor atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka akun pada seluruh platform yang sudah kamu daftarkan akan juga terkena dampaknya dan dapat digunakan dengan bebas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Bagaimana cara mengatasinya? Pastikan kamu memiliki verifikasi lain selain pertahanan password tersebut, seperti contohnya mengaktifkan Double Authentication pada identity provider untuk memastikan butuh dua langkah ketika harus masuk ke akunmu.

Sumber : envato

Yang kedua, secara berkala kamu harus mengganti password dari akun yang sering digunakan, tidak perlu merubah total, namun ubah beberapa karakter yang sekiranya kamu juga akan mengingatnya. Kamu bisa mengubahnya dalam kurun waktu 1-3 bulan sekali untuk meyakinkan bahwa akun kamu selalu aman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, sudah paham apa itu SSO? dapat disimpulkan bahwa SSO adalah teknologi yang dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi kita dalam mengakses sebuah informasi.

SSO juga memiliki banyak manfaat yang dapat membantu pekerjaan kamu sehari-hari, kamu tidak perlu lagi melakukan register pada setiap website/aplikasi yang kamu akses, dengan satu kali verifikasi, maka kamu dapat mengakses semuanya.

Baca Juga : Cara Membuat Email Bisnis Profesional (100% Mudah!)

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds