• Home
  • Berita
  • Ubuntu adalah Sistem Operasi Populer, Mari Bahas Asalannya!

Ubuntu adalah Sistem Operasi Populer, Mari Bahas Asalannya!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagi kamu yang bergelut di dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Ubuntu. Apa itu Ubuntu? Ubuntu adalah salah satu sistem operasi open source yang berbasis linux. Sistem operasi ini cukup populer loh DomaiNesian! Bahkan diperkirakan saat ini ada 3 miliar orang yang menggunakan Ubuntu. 

Tak heran karena sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan dan fitur yang ditawarkan. Penasaran? Nah, pas banget nih karena pada artikel kali ini DomaiNesia akan membahas pengertian, fungsi ubuntu, kelebihan ubuntu, hingga jenis ubuntu yang tersebar saat ini. Simak pembahasannya disini!

Ubuntu adalah Sistem Operasi

Ubuntu adalah satu sistem operasi yang populer di dunia. Tak heran perusahaan besar seperti Dell dan Uber juga menggunakannya. Lalu apa itu ubuntu? Ubuntu adalah sistem operasi yang dirilis sejak tahun 2004 yang dikembangkan oleh Mark Shuttleworth yang merupakan pendiri perusahaan Canonical dengan basis kernel linux Debian.

ubuntu adalah
Sumber: Envato

Pada awalnya Mark dan tim adalah pengembang sistem operasi Debian. Lalu mereka ingin menciptakan sistem operasi berbasis linux dengan gratis dan mudah untuk digunakan. Maka dari itu terciptalah sistem operasi ubuntu ini. 

Ubuntu adalah sistem operasi yang selalu merilis versi terbaru setiap 6 bulan sekali, mengembangkan keamanannya, hingga meng-host server untuk komunitas Ubuntu. Seperti yang sudah kita bahas bahwa ubuntu adalah sistem operasi open source, berarti semua orang bisa menggunakan dan mengembangkannya secara gratis. 

Ubuntu juga menjadi sistem operasi yang bisa digunakan pada perangkat seperti komputer, laptop, mobile, hingga server sekalipun. Nah dengan Ubuntu kamu bisa melakukan berbagai kegiatan mulai mengerjakan pekerjaan yang ringan seperti membuat dokumen, mengedit dokumen, menjelajah internet, hingga pekerjaan yang cukup berat seperti pemrograman dan juga mengelola server. 

Wah cukup lengkap ya fungsi Ubuntu ini! Jika kamu tertarik maka kamu bisa mengunduh pada website resmi Ubuntu. Nah ubuntu adalah sistem operasi yang memiliki segudang kelebihan dan manfaat yang bisa kamu rasakan. Apa saja kelebihan ubuntu? Simak penjelasannya.

Apa Kelebihan Ubuntu?

1. Open Source

Ubuntu adalah sistem operasi open source. Nah itu menjadi salah satu kelebihan ubuntu. Memiliki lisensi open source membuat sistem operasi ini populer karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk mengunduh, menggunakan, bahkan melakukan pengembangan sistem. Selain itu kamu bisa menggunakan semua aplikasi di dalamnya secara gratis juga! Tidak seperti Windows dan Mac OS yang berbayar kan? 

2. Lebih “kebal” terhadap virus

Berikutnya, kelebihan ubuntu adalah lebih aman dari serangan virus. Dengan kelebihan ini tidak menutup kemungkinan bahwa Ubuntu juga bisa terserang virus. Livepatch adalah salah satu keamanan yang dimiliki Ubuntu sehingga jika ada celah keamanan maka perbaikan otomatis akan dilakukan. 

Risiko Ubuntu terkena virus bisa dibilang sangat kecil karena sistem operasi Ubuntu mengedepankan keamanan, seperti mengharuskan pengguna untuk menjadi administrator untuk menjalankan program tertentu, mengeksekusi kode tertentu dan berbagai aktivitas hal lainnya.

3. Aplikasi bawaan cukup lengkap

Memiliki aplikasi bawaan yang lengkap menjadi kelebihan Ubuntu berikutnya. Saat kamu menginstall Ubuntu maka kamu akan mendapatkan bundle aplikasi yang beragam. 

Bahkan jika kamu menginginkan sistem operasi dengan tujuan khusus seperti untuk penetration testing, aplikasi yang diperlukan bisa jadi telah diinstal sejak awal sehingga kamu tidak perlu mempersiapkan aplikasi tambahan lagi. Selain itu, aplikasi sehari-hari seperti aplikasi office, multimedia, pengarsipan dan berbagai hal lainnya sudah tersedia dengan lengkap. 

4. Ramah pengguna baru

Kelebihan Ubuntu berikutnya yaitu ramah untuk pengguna baru. Alasannya karena Ubuntu memudahkan penggunanya mulai dari proses penginstalan hingga penggunaannya. Dengan tampilan yang mudah dipahami oleh siapapun membuat sistem operasi ini juga ramah terhadap pengguna baru.

5. Dukungan komunitas yang besar

Dukungan komunitas ini penting loh! Alasannya karena saat terjadi kendala kamu bisa berdiskusi dan menemukan solusinya. Nah ini menjadi salah satu kelebihan Ubuntu karena memiliki komunitas besar dan aktif dalam diskusi. Ubuntu menyediakan berbagai forum diskusi seperti forum ubuntu dan juga ask ubuntu. Jadi tidak perlu takut untuk memilih Ubuntu sebagai sistem operasi sehari-hari ya!

Sumber: Envato

6. Persyaratan sistem rendah

Kelebihan Ubuntu berikutnya yaitu memiliki persyaratan minimal komputer yang rendah. Nah jadi kamu bisa menggunakan Ubuntu pada komputer lama milikmu loh! Berikut persyaratan minimum yang sudah ditetapkan oleh Ubuntu.

  • Processor: 2 GHz Dual Core 
  • RAM: 4GB 
  • Memory: 25 GB Free Memory

7. Memiliki beragam jenis

Kelebihan Ubuntu yang terakhir yaitu memiliki beragam jenis. Jadi kamu tinggal memilih mana jenis ubuntu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis Ubuntu ini diklasifikasi berdasarkan desktop environment yang digunakan. Nah untuk mengetahui apa saja jenis ubuntu, simak penjelasannya setelah ini ya!

9+ Jenis Ubuntu yang Harus Kamu Tau

Ubuntu masih terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Jenis ubuntu ini berdasarkan Desktop Environmentnya atau tampilannya. Berikut penjelasan 10 jenis Ubuntu untuk kamu!

1. Ubuntu Studio

Pertama, jenis ubuntu adalah ubuntu studio. Seperti namanya, ubuntu studio adalah jenis ubuntu yang diperuntukkan untuk multimedia. Jenis ubuntu satu ini dirilis pertama pada tahun 2007 dan menggunakan Desktop Environment KDE. Saat kamu memasang jenis ubuntu ini kamu akan mendapatkan berbagai aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan langsung setelah proses instalasi sistem operasi selesai. 

Aplikasi yang mendukung audio seperti Jack, Virtual Guitar Amps, Ardour, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi graphic desain yang tersedia juga cukup lengkap seperti Blender, Inkscape, dan Gimp. Hingga aplikasi video program seperti Openshot dan DVDStyler. 

Fungsi ubuntu satu ini memang lebih berfokus untuk multimedia, seperti contohnya saat kamu merekam suara untuk production maka dengan ubuntu studio ini bisa membantu dari proses awal hingga musik tadi tercipta.  

2. Kubuntu

Kubuntu adalah ubuntu yang memiliki tampilan yang mirip dengan Windows mulai dari tata letak hingga warna toolbar yang dimiliki. Dirilis pada tahun 2005 dan menggunakan desktop environment KDE Plasma yang sama seperti Ubuntu Studio. Kubuntu menawarkan sistem operasi terbaru dan stabil untuk pengguna biasa dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan instalasi sistem.

3. Xubuntu

Xubuntu adalah jenis ubuntu yang pertama kali dirilis pada tahun 2006. Xfce menjadi system grafis yang digunakan jenis ini. Xfce dikenal dengan kesederhanaan dan konsumsi sumber daya yang rendah namun tetap menawarkan kustomisasi menu lengkap. Dengan konsumsi sumber daya yang rendah menjadikan ubuntu ini sangat ringan dan mampu beroperasi pada komputer dengan spesifikasi rendah.

4. Lubuntu

Sama seperti Xubuntu, Lubuntu adalah jenis ubuntu yang memiliki ukuran yang sangat ringan. Bahkan Ubuntu satu ini bisa kamu gunakan untuk komputer dengan spesifikasi RAM di bawah 1 GB. Pertama kali dirilis pada tahun 2011 dan menggunakan LXQT (Lightweight QT) yang membuat Ubuntu satu ini sangat ringan. 

5. Ubuntu MATE

Selanjutnya, jenis ubuntu adalah Ubuntu MATE. Ubuntu MATE adalah jenis ubuntu yang dirilis pada tahun 2014 dengan menggunakan desktop environment yang bernama MATE yang mirip dengan GNOME 2. Ubuntu MATE dibekali dengan 8 tampilan yang berbeda loh DomaiNesian! Tampilan-tampilan ini bisa diaktifkan dengan menggunakan fitur “Panel” dari aplikasi MATE Tweak. Berkat tampilannya yang klasik, banyak pengguna Ubuntu yang memilih jenis ubuntu satu ini.

ubuntu adalah
Sumber: Envato

6. Ubuntu Kylin

Jenis ubuntu satu ini dirilis pertama pada tahun 2013 dan digunakan khusus untuk penggunanya di Cina. Berbagai aplikasi yang disediakan juga diperuntukkan untuk pengguna di Cina saja seperti input Tionghoa, kalender Tionghoa, indikator cuaca, dan pencarian musik secara daring melalui “Dash”. 

Ubuntu Kylin menggunakan desktop environment yang bernama UKUI dengan tampilan yang sederhana dan mirip seperti Windows 10. Dengan tampilan dan tata letak yang mirip dengan Windows 10 membuat pengguna Windows dapat beradaptasi dengan cepat.  

7. Ubuntu Server

Fungsi ubuntu satu ini lebih difokuskan untuk pengembangan dan pengelolaan server. Jenis ubuntu satu ini tidak memiliki Graphical User Interface (GUI). Jadi untuk pengoprasiannya menggunakan baris perintah atau Command Line Interface (CLI). Ubuntu server berbasis Debian sehingga dokumentasi yang disediakan cukup banyak dan lengkap serta didukung oleh komunitas yang kuat. 

8. Ubuntu Budgie

Jenis ubuntu selanjutnya yaitu Ubuntu Budgie. Pertama kali dirilis pada tahun 2016 dan menggunakan desktop environment yang bernama budgie. Memiliki tampilan yang modern dan mirip dengan OS membuat ubuntu jenis ini cukup banyak digemari. Fitur menarik yang dimiliki Ubuntu Budgie adalah adanya Applet atau extension yang dapat digunakan untuk melakukan kustomisasi. Applet tersebut seperti Global Menu, Weather, dan Screenshot.

9. Mythbuntu

Berikutnya, jenis ubuntu adalah Mythbuntu yang ditujukan untuk MythTv. MythTv adalah aplikasi gratis dan open source yang didistribusikan di bawah GNU GPL yang fungsi utamanya adalah merekam video, theater PC, dan berbagai aktivitas multimedia lainnya.

10. Edubuntu

Terakhir, jenis ubuntu adalah Edubuntu yang merupakan singkatan dari Education dan Ubuntu. Fungsi ubuntu ini berfokus pada pendidikan atau lebih jelasnya untuk kegiatan sekolah. Desktop yang digunakan pada jenis ubuntu ini yaitu GNOME dan GDM sebagai display managernya. Aplikasi yang tersedia seperti Kalzium, Kmplot, Schooltool calendar, Open Office, Ktouch, dan masih banyak yang lain.

ubuntu adalah
Sumber: Envato

Apakah Kamu Tertarik Menggunakan Ubuntu?

Ubuntu adalah sistem operasi berlisensi open source yang memiliki berbagai jenis dan kelebihan. Menjadi sistem operasi populer yang digunakan baik dari perorangan maupun perusahaan sekalipun. Beragam kelebihan Ubuntu yang bisa kamu rasakan seperti gratis, mudah digunakan pemula, aman terhadap virus, dan masih banyak yang lain. Selain itu kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis Ubuntu sesuai dengan kebutuhan kamu ya seperti jika kamu ingin mengelola server maka kamu menggunakan Ubuntu Server.

Tahukah kamu jika server yang menggunakan Ubuntu itu lebih aman dan menjanjikan performa yang baik? Yaps, jika kamu menggunakan Ubuntu maka server kamu akan memiliki performa yang menjanjikan. Nah untuk itu DomaiNesia menyediakan layanan VPS loh! Yuk beli vps murah DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Hikma
September 27, 2022

artikelnya sangat bermanfaat

Mas uki
September 17, 2022

Saya juga telah menggunakan domain my id untuk blog personal

Jalu
September 1, 2022

Terima kasih banyak min atas informasinya serta penjelasannya mengenai kelebihan dan kekurangan Google AMP. Banyak ilmu yang saya pelajari dari artikel ini. Terimakasih min artikel nya sangat bermanfaat.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!