• Home
  • Berita
  • VGA Adalah: Fungsi, Jenis, dan Perbedaannya dengan GPU

VGA Adalah: Fungsi, Jenis, dan Perbedaannya dengan GPU

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Komputer terdiri dari banyak komponen pendukung yang membuatnya bisa bekerja secara maksimal. Salah satu komponen penting yang ada pada komputer adalah VGA.

VGA adalah komponen wajib yang harus ada sebab memiliki peranan untuk menentukan seberapa bagus grafis dan juga visual yang ditampilkan.

Sebelum membeli laptop atau komputer bagi kebanyakan orang yang memang berkecimpung di dunia games dan multimedia, VGA sangat penting untuk diperhatikan.

Sebenarnya penting atau tidaknya sebuah barang kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing penggunanya ya DomaiNesians!

Namun tidak ada salahnya kan jika DomaiNesians menambah pengetahuan masalah teknologi kan? Supaya kamu tidak ketinggalan perkembangannya.

Untuk itu, simak penjelasannya pada artikel kali ini mulai dari fungsi VGA, jenis VGA, dan juga perbedaan GPU dan VGA. Selamat menyimak!

Apa itu VGA?

Video Graphic Array atau VGA adalah hardware yang berperan dalam proses infografis pada komputer, laptop, dan juga proyektor yang ditampilkan ke layar. VGA ini sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 1987 melalui lini komputer IBM PS/2.

Lalu standar tampilan VGA ini diikuti oleh produsen kartu grafis komputer. Perkembangan VGA kini semakin terasa karena sudah dilengkapi dengan Graphic Accelerator dimana mampu mengintegrasikan tampilan 3D yang lebih nyata.

Seperti apakah bentuk dari VGA ini? VGA adalah perangkat keras yang umumnya berbentuk port, kabel, dan konektor yang saling menghubungkan kartu video ke monitor.

Dengan penggunaan VGA ini kamu akan mendapatkan pengalaman menikmati tampilan grafis yang tajam. Jadi sederhananya VGA adalah komponen yang berkaitan erat dengan grafis dan berfungsi untuk menerjemahkan output dari PC ke monitor.

VGA adalah
Sumber : envato

Nah untuk fungsi VGA lebih lanjut, kamu akan menemukannya pada pembahasan poin berikutnya. 

Apa Saja Fungsi VGA?

Sempat disinggung sebelumnya bahwa fungsi utama VGA adalah membantu untuk mengubah sinyal digital yang nanti akan ditampilkan pada monitor.

Keberadaan VGA pada komputer jenis lama memang sangat penting, namun kini VGA sudah ada pada motherboard atau biasa dikenal dengan istilah VGA card on board.

Kamu tidak membutuhkan lagi tambahan VGA dengan spesifikasi tinggi jika kamu hanya melakukan aktivitas ringan seperti browsing. Namun jika keberadaan VGA card on board ini gagal maka kamu harus menambahkan kartu VGA.

Sebab ada beberapa prosesor yang tidak mendukung keberadaan VGA card on board. Selain fungsi utamanya tersebut, perlu kamu ketahui juga bahwa fungsi VGA masih ada banyak loh, berikut ini fungsi VGA:

  • Fungsi VGA yang pertama adalah menampilkan visual yang disajikan lebih tajam, halus, dan juga realistis.
  • Berperan dalam memainkan game dan juga aktivitas multimedia lainnya.
  • Mengkonversi gambar menjadi output yang lebih berkualitas.
  • Mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis pada monitor.
  • Fungsi VGA selanjutnya yaitu menyimpan data yang dikirim dari harddisk.
  • Mengirimkan data yang nanti akan diproses oleh prosesor.

Itu dia beberapa fungsi VGA yang harus kamu pahami. Kapasitas VGA yang semakin tinggi jelas akan membuat fungsi-fungsi tersebut berjalan lebih optimal lagi. Terutama bagi kamu yang memang membutuhkan tampilan dengan kualitas yang tinggi. 

Jenis-Jenis VGA

Dari fungsi VGA yang sudah dijelaskan, kamu dapat memilih sesuai kebutuhan. Begitu juga dengan jenis VGA yang ternyata juga masih terbagi lagi ke beberapa bagian. Jadi, kamu bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kegunaannya.

Penasaran apa saja jenisnya? Simak penjelasannya sekarang juga!

Jenis VGA Berdasarkan Fisiknya

Maksud dari jenis VGA berdasarkan fisiknya adalah letak dari penggunaanya. Jika VGA on board maka menyatu dengan motherboard, namun jika VGA card terpisah dengan motherboard.

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

VGA on Board

VGA on Board adalah jenis VGA yang umum digunakan pada komputer dan juga laptop. Ciri dari jenis bawaan VGA adalah chip yang menyatu dengan motherboard dan saat bekerja menggunakan memori RAM.

Penggunaan VGA on Board ini dapat kamu temui pada komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah dan tidak yang pasti tidak mengutamakan tampilan grafis bahkan 3D.

Jenis VGA ini cocok digunakan untuk kegiatan standar seperti menjalankan Microsoft Office atau game yang ringan.  Selain itu kamu bisa menemukan jenis VGA ini pada komputer dengan detail:

  • Laptop dengan kisaran harga 2 jutaan atau yang memiliki spesifikasi rendah.
  • Laptop dengan ukuran layar 10 inch.
  • Komputer server yang berukuran kecil.

Keunggulan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jenis VGA ini yaitu:

  • Perawatan yang cenderung mudah.
  • Harga yang dibanderol lebih rendah.
  • Sudah memenuhi standar penggunaan komputer pada umumnya.

Dibalik tiga kelebihannya tersebut, ada juga kelemahan yang akan kamu rasakan apabila menggunakannya, seperti:

  • Tidak dapat mensupport game dengan resolusi tinggi.
  • Lemah apabila menangani grafik tinggi.
  • Terkadang terasa lemot apabila memutar video dengan kualitas tinggi.

VGA Card atau VGA add-on

Berikutnya, Apa itu VGA Card? jenis VGA adalah VGA Card atau biasa disebut dengan VGA add-on. Berbeda dengan jenis VGA sebelumnya, VGA Card ini bisa dilepas dan dipasang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan karena memang tidak tertanam pada motherboard.

Selain itu, jenis VGA ini bisa berjalan tanpa harus mengandalkan RAM pada komputer atau laptop.

Sumber : envato

Jika kamu mencari jenis VGA yang mampu mengatasi hal-hal yang cukup berat seperti bermain game HD, desain grafis, dan melakukan aktivitas berat lainnya, maka kartu VGA adalah solusi yang bisa kamu gunakan.

Untuk itu, yuk simak spesifikasi komputer yang menggunakan jenis ini.

  • Komputer yang memang dikhususkan untuk bermain game dan desain grafis.
  • Komputer dengan spesifikasi mid hingga high end.

Keunggulan dari jenis VGA Card yaitu:

  • Tampilan gambar lebih tajam.
  • Sistem pendingin yang terpisah sehingga bisa lebih tahan lama.
  • Bisa ditambah atau di upgrade.
  • Mampu menjalankan game dan juga film dengan grafik tinggi.

Kelemahan VGA Card yaitu:

  • Harga yang dibandrol relatif mahal.
  • Tidak semua perangkat bisa mendukung jenis VGA ini.

Jenis VGA berdasarkan jenis memori

Selain berdasarkan fisiknya, jenis VGA juga dibedakan berdasarkan jenis memorinya. Apa itu VGA berdasarkan penggunaan memorinya?

Jadi VGA adalah kartu grafis yang memang memiliki berbagai jenis klasifikasi, salah satunya berdasarkan memori yang digunakan. Jika berdasarkan memorinya ada 5 jenis VGA adalah EDO RAM, SGRAM, RAMBUS, DRAM, dan VRAM.

Berikut penjelasan lengkapnya : 

EDO RAM

Pertama, jenis VGA adalah EDO RAM. EDO RAM adalah salah satu jenis dynamic RAM yang memiliki kecepatan hingga 25% jika dibandingkan dengan DRAM pada umumnya. Jenis VGA ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990 oleh Micron Technology. Nah biasanya kamu akan menemukannya pada komputer 64 bit.

SGRAM

Synchronous Graphic RAM atau SGRAM adalah RAM yang memang diciptakan khusus untuk VGA. Diperkenalkan sejak tahun 1994 dan device komersil yang pertama kali menggunakannya adalah Playstation. SGRAM biasa digunakan pada VGA dengan 3D accelerator, seperti halnya ASUS 3D Explorer.

RAMBUS

VGA adalah kartu grafik yang sangat penting pada sebuah device terutama video game atau game konsol. Nah, RAMBUS adalah jenis VGA yang digunakan pada Nitendo, PlayStation, Sega, dan masih banyak yang lain. 

DRAM

Dynamic RAM atau lebih dikenal dengan DRAM adalah kartu grafis yang memiliki kecepatan yang terbilang rendah yaitu sekitar 70-80 ns. Apakah kamu bisa memberi contoh komputer yang menggunakan DRAM? Yup benar, karena memiliki kecepatan rendah maka penggunaan kartu grafis ini bisa ditemui pada komputer yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna grafis yang terbatas.

VRAM

Terakhir, jenis VGA adalah VRAM. VRAM merupakan kartu grafis dengan kecepatan 20-10 ns. Kartu grafis ini biasanya akan ditemui pada komputer high end atau komputer gaming atau desain grafis. Salah satu contoh jenis VRAM VGA adalah Diamond Stealth 3000 3D.

Apa Perbedaan GPU dan VGA?

Jika sudah berbicara tentang komponen komputer yang berfokus pada grafis, kamu pasti akan menemukan istilah GPU. Lalu apakah GPU dan VGA itu sama? Yuk kita ulik bersama-sama!

Apa itu VGA?

Sebenarnya VGA sudah kita bahas sebelumnya kan? Kini kita ambil kesimpulannya saja bahwa VGA adalah standar tampilan yang dikembangkan oleh IBM. Umumnya VGA ini berupa port, kabel, dan juga konektor yang akan menghubungkan monitor ke kartu video.

Apa itu GPU?

GPU (Graphics Processing Unit) adalah perangkat keras yang digunakan untuk melakukan pengolahan grafis yang intensif. GPU dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja komputasi dalam aplikasi yang menggunakan banyak operasi matematika seperti pemodelan 3D, visualisasi data, pembelajaran mesin, dan komputasi paralel lainnya. GPU juga sering digunakan untuk menambah kecepatan dalam komputasi pembelajaran mesin.

Sumber : envato

Itulah VGA, Ternyata Memori Juga Akan Mempengaruhi VGA!

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ternyata terdapat jenis VGA berdasarkan memori atau RAM. Semakin bagus tingkat grafis pada VGA, akan mempengaruhi memori atau RAM. Sehingga memori atau RAM yang dibutuhkan lebih besar.

Nah prinsipnya sama ketika kamu ingin membangun website. Website yang menggunakan banyak komponen didalamnya seprti teknologi yang lebih canggih, gambar dengan resolusi yang tinggi, hingga ukuran file yang besar juga akan mempengaruhi memori  atau kapasitas penyimpanan yang digunakan.

Hosting DomaiNesia menyediakan berbagai macam paket yang dapat memenuhi kebutuhan kapasitas penyimpanan website. Untuk mendapatkannya kamu bisa kunjungi website DomaiNesia dan ikuti Cara Order Hosting Indonesia di DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds