• Home
  • Berita
  • Apa itu VPN Tunnel? Kenali Cara Aman Kirim Data Lewat Jaringan!

Apa itu VPN Tunnel? Kenali Cara Aman Kirim Data Lewat Jaringan!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Seperti yang kita tahu, VPN adalah salah satu teknologi jaringan yang dapat meningkatkan keamanan privasi data pada komunikasi antar jaringan. VPN memiliki berbagai macam cara untuk melakukan pengamanan data pada saat berkomunikasi dari satu perangkat ke perangkat lain. VPN melindungi kamu saat mengakses melalui jaringan internet publik.

VPN melindungi Internet Service Provider (ISP) pribadi kamu daripada mengirim koneksi internet kamu ke server yang di hosting. Untuk hosting yang aman, kamu bisa gunakan layanan hosting murah dari DomaiNesia ya!

Kembali ke teknologi VPN, terdapat mekanisme VPN yang dapat mengamankan pengiriman suatu data, yaitu VPN Tunnel. Apakah kamu pernah mendengar VPN Tunnel? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan berikut ini terkait VPN tunnel. 

Apa itu VPN Tunnel?

Terowongan VPN atau Tunnel VPN adalah mekanisme jalur yang terenkripsi yang membuat data-data dikirim melalui sebuah jaringan atau antar perangkat dengan lebih aman, jadi seolah-olah data tersebut melalui jalur atau terowongan khusus yang tidak terlihat oleh manusia.

Penggunaan tunnel VPN ini membuat pengiriman data menjadi lebih aman karena data yang digunakan telah dienkripsi.

Mekanisme ini bertujuan untuk memberikan keamanan saat menggunakan VPN kepada data-data pengguna jika sedang menggunakan jaringan publik atau jaringan yang kurang aman, namun membutuhkan untuk mengirimkan data yang krusial atau privasi. 

vpn tunnel
Sumber : envato

VPN tunnel ini sering digunakan saat ingin memindahkan atau mengirimkan data jarak jauh dengan keamanan privasi yang terjaga. VPN memberikan kebebasan lokasi dari pengguna dalam melakukan komunikasi di dalam jaringannya.

Dengan menggunakan VPN maka orang lain yang menggunakan WiFi publik lainnya tidak akan dapat melihat apa yang sedang kamu lakukan ataupun yang sedang kamu akses.

Walaupun VPN tunnel ini tidak terlihat, namun VPN tunnel akan memastikan tidak akan ada kebocoran data pada saat proses pengiriman atau penerimaan data. 

Baca Juga : 4 Kelebihan Membuat VPN Server Sendiri

Bagaimana Tunnel VPN Bekerja?

Setelah memahami apa itu VPN tunnel, apakah kamu penasaran bagaimana tunnel VPN ini bekerja? VPN tunnel bekerja melewati jaringan dengan kode-kode yang melindungi setiap data yang terkirim. Lebih detailnya, yuk simak penjelasan bagaimana tunnel vpn ini bekerja.

1. Melakukan Koneksi dan Konfigurasi pada VPN

Tahapan pertama dalam menggunakan VPN tunnel adalah dengan melakukan koneksi serta konfigurasi pada VPN. Perangkat harus terkoneksi dengan sebuah jaringan, kemudian melakukan koneksi pada VPN.

Konfigurasi yang dilakukan menyesuaikan kebutuhan yang akan kamu gunakan atau bisa menggunakan konfigurasi otomatis. Selanjutnya proses autentikasi untuk memastikan bahwa perangkat atau pengguna memiliki izin untuk terhubung ke jaringan VPN. Kemudian encryption key akan dibuat untuk sesi VPN ini.

2. Pembentukan Tunnel

Selanjutnya, jika konfigurasi telah dilakukan maka tunnel akan terbentuk. Pembentukan tunnel ini akan melibatkan beberapa jenis protokol yang sering terlibat pada tunnel VPN (IPsec/IKEv2, OpenVPN, SSTP, dsb). Jika tunnel telah terbentuk maka data yang akan dikirimkan akan dienkapsulasi oleh lapisan paket data baru. 

3. Proses Enkripsi Data

Kemudian, jika tunnel telah terbentuk, maka proses pengiriman data akan dimulai. Saat memilih data apa yang akan dikirimkan, tunnel akan membantu untuk melindungi data tersebut dengan kode enkripsi. Jadi, saat di perjalanan menuju penerima data akan terbungkus oleh kode enkripsi yang hanya dimiliki oleh penerima atau ujung tunnel.

Sumber : envato

4. Proses Transmisi Data melalui Internet

Selanjutnya, maka akan terjadi proses transmisi data melalui jaringan internet. Walaupun menggunakan jaringan internet, namun kamu akan memiliki jalur terowongan tersendiri yang tidak dapat diganggu oleh orang lain pada jaringan internet yang sama.

5. Proses Dekripsi

Jika data telah sampai kepada penerima atau ujung dari tunnel VPN ini, maka proses dekripsi akan dilakukan. Kode dekripsi hanya akan ada di akhir perjalanan data agar penerima dapat membukanya tanpa adanya hambatan pengaksesan dan data tetap aman terjaga kerahasiaannya.

Jenis VPN Tunnel

Pada VPN tunnel terdapat beberapa jenis protokol yang sering digunakan tergantung pada kebutuhan pengiriman data yang akan dilakukan. Berikut merupakan penjelasan dari jenis-jenis vpn tunnel yang harus kamu ketahui!

1. IPSec/IKEv2

Jenis VPN tunnel pertama adalah IPSec/IKEv2. Protokol IPSec/IKEv2 terdiri dari IPSec dan IKEv2 yang memiliki manfaat keamanan dan kecepatan yang lebih optimal kepada vPN tunnel.

Kedua kombinasi ini membuat pengiriman data melalui VPN tunnel menjadi lebih cepat dan aman. Biasanya protokol ini menjadi pilihan utama untuk pengutamaan keamanan pada saat pengiriman data. 

2. OpenVPN

Jenis VPN tunnel kedua adalah OpenVPN. Sesuai namanya, OpenVPN adalah salah satu protokol yang lebih terbuka untuk bekerjasama dengan seluruh sistem operasi.

OpenVPN bersifat open-source yang dapat di download kode sumbernya kemudian dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. PPTP

Jenis VPN tunnel ketiga adalah PPTP atau Point-to-Point Tunneling Protocol. PPTP adalah salah satu protokol yang mendukung adanya koneksi point-to-point. PPTP sudah lahir sejak lama dan mudah untuk mengimplementasikannya.

Walaupun demikian, PPTP memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan jenis protokol VPN tunnel lainnya.

4. SSTP

Jenis VPN tunnel yang keempat adalah SSTP atau Secure Socket Tunneling Protocol. SSTP adalah salah satu protokol VPN yang berasal dari Microsoft yang memiliki konfigurasi yang mudah dan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Walaupun SSTP dikeluarkan oleh Microsoft, namun penggunaan SSTP dengan sistem operasi lainnya tetap bisa dilakukan dengan optimal.

5. WireGuard

Jenis VPN tunnel yang kelima yaitu WireGuard. WireGuard adalah salah satu protokol yang baru muncul dan memiliki kecepatan serta efisiensi yang paling tinggi dibandingkan protokol-protokol lainnya.

Dengan kecepatan yang tinggi, membuat protokol ini memiliki popularitas yang melesat, namun protokol ini masih belum memiliki keamanan yang tinggi seperti protokol lainnya.

Beli Cloud Hosting

 

Apa itu Tunnel Bear VPN?

Dari penjelasan jenis-jenis protokol yang sering digunakan pada VPN tunnel, mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang dari segi keamanan, kecepatan, yang berdampak pada popularitas yang kian melejit.

Selain jenis-jenis VPN tunnel di atas, apakah kamu pernah mendengar tentang Tunnel bear VPN? Kali ini yang kita bahas bukan protokol melainkan penyedia layanan dari VPN. Apa itu Tunnel Bear VPN? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Tunnel bear VPN adalah salah satu penyedia layanan dalam memproteksi atau melindungi pengguna yang sedang terkoneksi dengan internet.

Tunnel bear VPN memiliki tingkat keamanan sekelas militer, dengan menggunakan teknologi enkripsi, membuat Tunnel bear VPN dikenal memiliki pengamanan yang tinggi saat kamu terkoneksi dengan internet.

Menggunakan Tunnel bear VPN dapat menyembunyikan segala aktivitas-aktivitas kamu di internet serta data apa saja yang sedang kamu akses.

Tunnel bear VPN berbentuk aplikasi yang dapat digunakan di segala sistem operasi yang kamu gunakan. Kemudian, Tunnel bear VPN memiliki server di seluruh dunia.

Jadi, pengguna dapat memilih server berdasarkan letak geografis atau negara tertentu untuk mengakses konten yang mungkin dibatasi geografis atau untuk menjaga privasi mereka.

Sumber : envato

Salah satu kelebihan dari Tunnel bear VPN ini adalah aplikasi yang memiliki antarmuka pengguna yang mudah dipahami oleh orang awam. Tunnel bear VPN juga menawarkan berbagai paket yang dapat kamu pilih mulai dari ratis hingga berbayar per bulannya.

Kelebihan lainnya, Tunnel bear VPN juga tidak menyimpan log dari pengguna, hal ini dikarenakan aktivitas dari pengguna juga merupakan data privasi yang harus dijaga dan tidak boleh diketahui oleh siapapun demi kenyamanan dan keamanan pengguna.

Apakah sekarang kamu sudah memahami VPN tunnel serta apa saja yang berkaitan dengannya? VPN tunnel adalah mekanisme pengamanan pada VPN saat kamu terkoneksi dengan jaringan publik namun ingin mengirimkan data-data privasi yang membutuhkan pengamanan yang cukup tinggi.

Dengan berbagai jenis protokol VPN tunnel yang ada saat ini, kamu bisa lebih tenang untuk mengirimkan data dengan tingkat keamanan yang tinggi kepada siapapun.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds