Home  »  Permulaan   »   Cara Instal Ghost Terbaru

Cara Instal Ghost Terbaru

Last Update:

cara instal ghost

Ghost merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang berfungsi sebagai blogging platform. Layaknya WordPress, Ghost dirancang khusus dengan tampilan yang elegan cocok untuk para blogger di seluruh dunia. Kamu dapat menceritakan pengalaman, berbagi tutorial atau sekedar bercerita di dalam CMS Ghost. Dikembangkan dengan Node.js membuat Ghost ini semakin diminati para blogger karena memiliki performa yang cukup tinggi dan lebih cepat jika dibandingkan dengan CMS blogging lainnya. Di DomaiNesia kamu dapat melakukan instalasi Ghost dengan mudah di Hosting. Nah, pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara instal ghost di hosting. Oiya, cara instal Ghost di Hosting ini hanya dapat dilakukan pada Hosting Super ke atas.

Bagaimana Cara Instal Ghost di Hosting?

Terdapat berbagai cara instal Ghost.  Pada panduan ini akan dijelaskan cara instal Ghost menggunakan bantuan Setup NodeJS App yang ada di cPanel. Jika belum tahu, silahkan baca Cara Setting NodeJS. Nah, bagi kamu yang ingin merasakan bagaimana sensasi proses instalasi Ghost secara manual silahkan ikuti panduan ini ya.

1. Membuat NodeJS App

Cara terbaru dan paling mudah dalam melakukan instalasi Ghost yaitu melalui Menu Setup NodeJS App yang ada di cPanel Hosting. Pilih menu Setup NodeJS App yang ada di cPanel, kemudian ikuti step by step yang ada di panduan setup NodeJS App.

cara instal ghost

Silahkan isi sesuai gambar dibawah ini. Pada bagian Application root, silahkan buat folder untuk tempat instalasi. Agar lebih mudah, Kamu bisa membuat folder dengan nama seperti aplikasi yang ingin diinstal. Misalnya, tulis “Ghost” sebagai nama folder agar nantinya mudah dicari. Selanjutnya jika ingin melakukan instalasi Ghost maka pada bagian “Application startup file” silahkan diisi dengan index.js. Apabila Kamu arahkan ke index.js, ketika proses instalasi Ghost selesai maka akan langsung terarah ke halaman utama Ghost. Jangan lupa klik Save ya!

cara instal ghost

Dan pastikan kamu sudah menyalin/ mengcopy  path yang ada di Command for entering to virtual environment: . Jangan lupa untuk mengingat nama folder yang telah kamu buat!

cara instal ghost

2. Akses Hosting via SSH

Agar kamu bisa lebih leluasa dalam melakukan proses instalasi, silahkan akses hosting via SSH terlebih dahulu. Bagi yang belum mengerti tentang cara akses SSH silahkan cek di Cara Akses SSH Via Terminal dan Putty. Perlu diingat bahwa akses SSH hanya bisa dilakukan minimal di Paket Hosting Super! Setelah itu, silahkan masukkan password hosting sehingga kamu dapat masuk ke dalam hosting. Jika kamu lupa password cPanel Hosting, silahkan baca Cara Mengganti Password cPanel Hosting.

3. Masuk Node Environment

Setelah berhasil masuk hosting via SSH, kamu bisa langsung masuk node environment. Adapun caranya yaitu, path yang tadi sudah kamu copy silahkan di paste di terminal. Misalnya,

source /home/websites/nodevenv/nodeaplikasi/8/bin/activate

Setelah di paste dan enter, maka tampilan akan berubah. Folder akan dipindah ke node environment berdasarkan folder yang tadi dibuat.

cara instal ghost

4. Melakukan Download Ghost

Setelah berpindah ke node environment, maka kamu bisa masuk ke folder yang telah dibuat. Pada panduan ini, folder yang dibuat bernama “nodeaplikasi”. Cara berpindah ke folder yaitu

cd namafolder

Setelah masuk ke folder yang telah dibuat, silahkan download Ghost dengan cara,

curl -L -O https://ghost.org/zip/ghost-latest.zip

Untuk melakukan ekstrak file, silahkan tulis

unzip ghost-latest.zip

kemudian enter. Tunggu hingga proses ekstrak selesai.

5. Konfigurasi npm

Karena Ghost berbasis NodeJS, maka kali ini package manager yang digunakan yaitu npm. Nah, silahkan tulis perintah berikut,

NODE_ENV=production npm install

tunggu hingga proses instalasi selesai.

6. Konfigurasi Database Ghost

Sekarang saatnya konfigurasi database Ghost. Kamu bisa membuat database sendiri secara manual dengan mengikuti Cara Membuat Database MySQL. Pastikan kamu ingat user database, password database dan nama database Ghost! Setelah itu, silahkan sesuaikan konfigurasi database pada config.production.json dengan database yang kamu buat menggunakan perintah berikut,

nano core/server/config/env/config.production.json

maka akan muncul tampilan seperti ini. Silahkan ganti user, password dan database sesuai yang tadi dibuat. Setelah selesai jangan lupa save! Jika kamu menggunakan editor nano, maka silahkan tekan ctrl+x kemudian tulis Y dan enter. Kamu juga bisa menggunakan editor lainnya seperti Vi, Vim atau Emacs.

cara instal ghost

7. Instalasi Knex Migrator

Agar service Ghost dapat berjalan, kamu juga harus menambahkan Knex Migrator. Untuk menambahkan knex migrator, kamu bisa melakukan instalasi dengan bantuan npm. Caranya yaitu,

npm install knex-migrator

cara instal ghost

Untuk menjalankan service, silahkan tulis,

./node_modules/knex-migrator/bin/knex-migrator init

 

8. Instal Ghost Berhasil!

Sekarang, tulis nama domain/ subdomain di web browser. Tunggu sebentar! Voila! Instalasi Ghost telah sukses!

cara instal ghost

Cara Mengakses Ghost

Mudahkan cara install Ghost? Nah, setelah blog jadi sekarang saatnya mengakses dan mengelola Blog di Ghost. Lalu bagaimana saya dapat mengelola blog? Ghost memang sedikit berbeda dengan Content Management System lainnya. Untuk mengelola blog Kamu perlu membuat akun di Ghost. Adapun caranya adalah sebagai berikut,
1. Masuk ke blog Kamu. Tuliskan nama domain yang Kamu miliki pada web browser. Setelah itu tuliskan /ghosts/ setelah nama domain. Misalnya blogsaya.com/ghosts/. Maka Kamu akan diarahkan ke halaman Ghost. Untuk membuat akun silahkan klik Create Your Account.
cara instal ghost
2. Kemudian isi form mengenai data diri anda. Tulis alamat email, nama lengkap, password serta judul blog. Lalu klik Last Step: Invite Your Team.
enter image description here
3. Setelah selesai, maka Kamu akan diarahkan ke step ketiga. Dengan Ghost, Kamu dapat memberikan undangan (invite) teman- teman untuk berkolaborasi mengenai blog yang Kamu buat. Mereka dapat memberikan feedback mengenai artikel yang Kamu buat dan sebagainya. Untuk mengundang mereka silahkan tulis alamat email masing- masing. Kemudian klik Invite Some Users. Apabila tidak ingin memberikan udangan sekarang, silahkan klik I’ll do this later, take me to my blog!
cara instal ghost
4. Maka halaman administrator dari Ghost telah muncul. Kamu dapat membuat artikel baru dan mengelola blog melalui halaman ini.
cara instal ghost

Closing

Bagi kamu yang ingin mendapatkan sensasi yang berbeda dalam dunia blogging, Ghost merupakan salah satu alternatif yang terbaik. Dengan desain yang simpel serta performa yang lebih cepat membuat kegiatan sharing pengalaman, sharing ilmu dan knowledge kepada teman- teman menjadi lebih menyenangkan. Adapun cara instal Ghost sangatlah mudah ya DomaiNesians. kamu dapat melakukan instalasi melalui menu Setup NodeJS App. Apabila kamu mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mengirimkan tiket kepada tim support Kami! Terima kasih telah menggunakan layanan DomaiNesia. DomaiNesia merupakan penyedia layanan hosting terbaik yang sudah melayani lebih dari 45.000 customer dari Indonesia maupun mancanegara.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!