• Home
  • Hosting
  • Cara Mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Cara Mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Redis adalah teknologi penyimpanan struktur data dalam memori yang bersifat open source. Redis adalah singkatan dari Remote Dictionary Server. Redis berfungsi sebagai database, pengelolaan cache serta message broker. Redis mendukung beberapa jenis data struktur abstrak seperti strings, list, map, set, bitmap, streams maupun spatial indexes (indeks spasial). Fitur Redis di DomaiNesia dapat digunakan untuk pengelolaan cache seperti Memcached. Selain itu Redis juga dapat membantu mempercepat loading website karena memiliki fitur penundaan waktu pencarian dan dapat mengakses data dalam mikrodetik. Redis dapat diaktifkan di semua hosting DomaiNesia secara gratis. Pada panduan ini akan dijelaskan cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting.

Apa itu Redis?

Redis adalah teknologi penyimpanan stuktur data dalam memori yang berfungsi sebagai database, pengelolaan cache, message broker dan thread. Redis singkatan dari Remote Dictionary Server, bersifat open source dan memungkinkan respon cepat dalam mengakses berbagai layanan game, layanan finansial, layanan kesehatan atau IoT secara real-time.
Redis dapat digunakan diberbagai bahasa pemrograman dan dapat dibangun di atas replikasi, script Lua, LRU eviction dan memberikan high availability serta kemudahan dalam automatisasi sistem. Redis juga mendukung adanya asychronous replication.

Selain Redis, pengelolaan cache juga dapat menggunakan Fitur Memcached di DomaiNesia. Ketahui Apa itu Memcached lebih lanjut.

Cara Mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Agar website lebih cepat, kamu harus mengikuti cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting berikut,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara menggunakan git version control di cpanel

2. Memilih Menu Redis

Setelah berhasil, maka kamu akan masuk pada halaman cPanel. Fitur Redis ini hanya tersedia minimal paket hosting super ke atas dan tersedia di kolom DomaiNesia. Semua fitur terbaru dan unggulan dari Tim DomaiNesia tersedia disini. Kamu juga bisa cek status server realtime.

Kemudian pilih menu Redis dan klik menu tersebut.

3. Mengaktifkan Redis

Secara default, Redis memang belum aktif. Jika Redis belum aktif, terdapat tulisan Redis is not installed. Kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar dapat digunakan. Silakan klik Enable.

Tunggu sebentar hingga tombol Enable berubah menjadi Disable berwarna merah serta path socketnya. Pada contoh, path socket adalah home/websites/redis.sock. Path socket inilah yang nantinya dimasukkan pada konfigurasi sistem lainnya.

 

Mengelola Fitur Redis di WordPress

Untuk kamu pengguna WordPress, penggunaan Redis dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan cache dan mempercepat loading website. Namun kamu butuh melakukan instalasi plugin W3 Total Cache. Adapun langkah- langkahnya dapat anda baca di Panduan Cara Install W3 Total Cache. Pastikan Plugin W3 Total Cache yang anda gunakan merupakan versi terbaru atau minimal W3 Total Cache versi 0.9.5. Plugin W3 Total Cache ini berfungsi untuk menghubungkan sock Redis dengan website WordPress itu sendiri.

Oiya, pastikan juga option Redis pada versi php telah aktif! Apabila belum aktif, maka silahkan login cPanel. Kemudian, pada form pencarian, silahkan ketik “php version“. Pilih Select PHP Version.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Silahkan beri tanda centang pada Redis. Setelah itu, klik Save.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Konfigurasi Dasar

Setelah instalasi W3 Total Cache berhasil, maka kamu akan menemukan Menu Performance pada sidebar (sebelah kiri). Ada 2 menu yang wajib diperhatikan. Yaitu Page Cache dan Object Cache. Untuk itu kamu hanya perlu mengaktifkan fitur Redis pada kedua menu tersebut terlebih dahulu.

  • Page Cache
    Silahkan klik Performance lalu klik General Settings. Setelah itu cari tulisan Page Cache. Kemudian beri tanda centang pada tulisan Enable.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Lalu pada bagian Page Cache Method silahkan pilih Redis. cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Maka akan muncul tampilan seperti ini. Pastikan pada bagian Page Cache Method sudah muncul Redis. Setelah selesai, klik Save all settings.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

  • Object Cache
    Silahkan klik Performance lalu klik General Settings. Setelah itu cari tulisan Object Cache. Kemudian beri tanda centang pada tulisan Enable. Lalu pada bagian Object Cache Method silahkan pilih Redis. Setelah selesai, klik Save all settings.

agar website lebih cepat

Catatan: Untuk versi W3 Total Cache terbaru, ketika pertama kali install akan muncul seperti ini. Untuk pengaturan secara manual sesuai dengan panduan ini, silakan klik skip this setup guide. Setelah itu, kamu baru bisa klik pada Page Cache maupun Object Cache. Jika tidak di skip, maka menu tersebut tidak akan dapat di klik.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting agar website cepat

Mengelola Page Cache

Redis berfungsi untuk pengelolaan cache yang lebih scalable. Untuk itu, kamu harus menghubungkan Redis dengan WordPress melalui plugin W3 Total Cache, pada menu Page Cache. Silakan klik Performance lalu klik Page Cache.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting agar website cepat

Kemudian pada bagian Redis hostname:port /IP:port : silahkan isi dengan path sock yang ada pada cPanel Hosting tadi.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting agar website cepat
Kemudian klik Test. Apabila muncul Test Passed dan berwarna hijau itu berarti Page Cache berhasil. Jangan lupa klik Save all settings.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Mengelola Object Cache

Kedua, kamu harus menghubungkan Redis dengan menu Object Cache. Silakan klik Performance lalu klik Object Cache. Kemudian pada bagian Redis hostname:port /IP:port : silahkan isi dengan path sock yang ada pada cPanel Hosting tadi.


Kemudian klik Test. Apabila muncul Test Passed dan berwarna hijau itu berarti Object Cache berhasil. Jangan lupa klik Save all settings.

cara mengaktifkan Redis di cPanel Hosting

Kesimpulan

Fungsi Redis adalah pengelolaan cache, message broker, penyimpanan data dalam memori serta memudahkan load database agar website lebih cepat. Cara mengaktifkan Redis di cPanel dapat dilakukan seperti mengaktifkan fitur Memcached di Hosting. Jika Memcached lebih menekankan pada kesederhanaan dan kemudahan bagi pemula, Redis memiliki berbagai fitur yang membuatnya efektif untuk digunakan berbagai usecase. Selengkapnya, kamu bisa baca Perbedaan Memcached dan Redis.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!