Home  »  Permulaan   »   Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui Htaccess

Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui Htaccess

Last Update:
No ratings yet.

Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui Htaccess
Hi DomaiNesians! Apakah kamua seorang developer pemula? Apakah program yang kamu buat sering stuck dan tidak bisa berjalan dengan baik? Tenang saja! Jangan berkecil hati ya! Semua butuh proses! Pada panduan kali ini akan kami jelaskan tentang cara menghapus ekstensi PHP melalui htaccess. Pernahkah kamu melihat url website menggunakan ekstensi .php dibelakangnya? Sebagai contoh: www.domainesia.com/domain.php
Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui Htaccess

Tentu saja hal tersebut cukup mengganggu dan kurang enak jika dilihat. Apalagi dari sisi keamanannya, pengunjung akan dengan mudah tahu bahwa website kamu dibangun dengan script “PHP”. Lalu bagaimana jika ingin menghilangkan ekstensi PHP agar tampak seperti gambar dibawah ini,

Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui Htaccess

Tenang saja! Kamu tidak perlu merubah semua script yang telah kamu bangun dengan susah payah. Jika sudah diupload ke hosting, kamu bisa manfaatkan keberadaan file .htaccess untuk menghapus ekstensi PHP. Sehingga URL website menjadi lebih bersih, mudah diingat, dan lebih SEO Friendly. Mau tahu caranya? Yuk ikuti step by step ya!

Cara Menghapus Ekstensi PHP Melalui .htaccess

Sebelum mengikuti panduan ini, pastikan sudah melakukan upload file website ke hosting ya! Jika masih pemula, kamu bisa ikuti Cara Upload Website ke Hosting. Adapun cara menghapus ekstensi PHP melalui htaccess yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Pertama yang harus kamu lakukan adalah login terlebih dahulu ke cPanel. Untuk akses cPanel silakan akses url https://namadomain.com/cpanel. Jika masih bingung bagaimana cara login ke cPanel bisa baca artikel sebelumnya tentang Panduan Login cPanel

membuat file htaccess

2. Memilih Menu File Manager

Kemudian, kamu akan diarahkan ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “file manager”. Lalu klik menu tersebut.

membuat file htaccess

3. Mencari .htaccess di File Manager

Silakan tunggu sebentar dan kamu akan diarahkan ke halaman file manager. Silakan masuk ke folder dmana file website diuplaod. Jika di domain utama, silahkan klik folder public_html kemudian coba cari file .htaccess. Jika di subdomain, silakan klik nama folder yang menjadi nama subdomain. Coba cari file .htaccess nya? Jika ada, silakan klik kanan lalu pilih edit. Jika tidak ada, silakan klik Settings pada pojok kanan atas.

membuat file htaccess

3. Mengaktifkan Show Hidden Files

Pada dasarnya .htaccess memang termasuk file tersembunyi. Jadi, silakan beri tanda centang pada Show Hidden Files (dotfiles) lalu klik Save.

membuat file htaccess
Kemudian kamu akan menemukan file .htaccess di sana.

membuat file htaccess

4. Menghapus Ekstensi PHP Melalui htaccess

Jika file htaccess telah ditemukan, silakan klik kanan pada file tersebut dan klik Edit.
Kemudian silakan ganti dengan script berikut ini,

Keterangan:
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME}.php -f
berfungsi untuk mencari file .php yang ada di dalam satu direktori
RewriteRule ^(.*)$ $1.php
berfungsi untuk menghapus file dengan ekstensi .php di dalam satu direktori
Jangan lupa klik Save Changes ya!

5. Ekstensi PHP Telah Terhapus!

Sekarang coba cek kembali. Ekstensi PHP pada url website kamu pasti telah berubah. Agar tetap aman, jangan lupa selalu pasang SSL ya!

Kesimpulan

Cara menghapus ekstensi PHP melalui htaccess sangat mudah untuk pemula. Kamu tidak perlu mengubah satu persatu di script website. Cukup dengan mengedit file htaccess saja, maka URL website menjadi lebih bersih. Bagaimana jika tidak ada file htaccess? Tenang saja! Segera buat file htaccess dan tambahkan script tadi ya. Kamu bisa baca Cara Membuat htaccess di cPanel jika kurang paham.

 

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!