Home  »  Permulaan   »   Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

Last Update:

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain
Hi DomaiNesians! Siapa disini yang ngerasa kurang nyaman dengan penyedia layanan yang kalian pakai sekarang? Duh… supportnya kurang bagus, duh… Layanannya nggak banget. Lalu mencari-cari penyedia layanan yang reliable, selamat Anda menemukan DomaiNesia pilihan yang tepat! Untuk kalian yang bingung apa sih dan bagaimana cara mudah migrasi hosting dan transfer domain ke layanan DomaiNesia, sebelumnya admin mau kasih tau apa itu migrasi hosting dan transfer domain.

Apa itu Migrasi Hosting?

Migrasi hosting adalah memindahkan data hosting atau website dari penyedia layanan lama ke layanan DomaiNesia, Proses pemindahan hosting ini sering dilakukan karena berbagai hal misalnya penyedia lama pelayanannya kurang bagus, ingin menggabungkan hosting dan domain di satu penyedia layanan dan sebagainya. Jadi, apabila Anda memiliki hosting di penyedia lain dan ingin memindahkannya di DomaiNesia dapat dengan mudah dilakukan melalui migrasi hosting.

Bagaimana Cara Migrasi Hosting ke DomaiNesia?

Tenang tidak perlu khawatir karena migrasi hosting dibantu oleh tim support yang handal plus dengan diskon 25% untuk seluruh hosting terbaik DomaiNesia!
Adapun langkah sebagai berikut ini:

1. Mengisi Form Migrasi Hosting

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu silakan akses https://www.domainesia.com/migrasi kemudian isi formulir yang tersedia dengan keterangan sebagai berikut ini:.

  • Domain: Kolom domain diisi dengan domain utama hosting, contohnya : namadomainanda.com
  • URL cPanel: Kolom URL cpanel diisi dengan alamat dimana Anda login ke cpanel, contohnya : namadomainanda.com/cpanel
  • Kolom username cPanel diisi dengan username untuk login ke cpanel lama
  • Kolom password cPanel diisi dengan password untuk login ke cpanel lama
  • Pada bagian pilih lokasi server (data center), kalau Anda bingung yuk cek panduan memilih server. Kami memiliki 4 lokasi server yaitu Jakarta (ID), Singapura (SG), Tokyo (JP), Dallas (US).
  • Untuk kapasitas yang disarankan mengambil paket yang lebih besar dari penyimpanan yang telah terpakai pada cpanel lama, Anda bisa cek lebih detail mengenai paket hosting di halaman hosting berikut ini ya https://domainesia.com/hosting/.
  • SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website Anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain.

Kemudian untuk kolom catatan tidak harus Anda isi, diisi jika ada yang ingin disampaikan kepada tim support misalnya: semangat proses migrasi hosting saya ya!

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

Gambar berikut ini adalah contoh pengisian setiap kolomnya menyesuaikan keterangan sebelumnya. Nah jika semua kolom dan bagian pilihan sudah diisi, selanjutnya klik tombol migrasikan hosting saya.

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

2. Mendapatkan Invoice

Selanjutnya Anda diarahkan ke halaman troli, dibawah ini adalah detail harga yang perlu dilunasi sebelum hosting diproses untuk dimigrasikan

Oh iya, Anda perlu login menggunakan akun DomaiNesia ya seperti dibawah detail order ini. Jika Anda belum memiliki akun DomaiNesia silakan sign up terlebih dahulu.

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

Setelah berhasil login silakan Anda centang pada bagian Terms of service, kemudian klik tombol selesaikan dan bayar.

Setelah itu klik Selesaikan & Bayar

3. Melakukan Pembayaran

Tunggu beberapa saat hingga muncul invoice berupa rincian hosting serta nomor rekening tujuan. Kemudian, silakan melakukan pembayaran melalui salah satu metode pembayaran kami. Lalu anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran. Setelah invoice untuk migrasi hosting sudah dilunasi selanjutnya migrasi hosting akan diproses oleh tim support kami dalam waktu kurang dari satu jam!

4. Migrasi Hosting Selesai!

Setelah migrasi hosting selesai, maka anda akan mendapatkan email dan informasi untuk mengarahkan domain ke nameserver DomaiNesia. Yeay! Proses migrasi hosting telah selesai!

Apa itu Transfer Domain?

Transfer domain adalah salah satu proses pemindahan domain dari registrar (penyedia layanan domain) lama ke registrar baru. Proses pemindahan domain ini sering dilakukan karena berbagai hal misalnya registrar lama pelayanannya kurang bagus, ingin menggabungkan domain dan hosting di satu registrar, pemindahan kepemilikan domain dan sebagainya. Jadi, apabila Anda memiliki domain di registrar lain dan ingin memindahkannya di DomaiNesia dapat dengan mudah dilakukan melalui transfer domain.

Bagaimana Cara Transfer Domain ke DomaiNesia?

Kami tidak menyarankan untuk melakukan migrasi hosting dan transfer domain secara bersamaan, hal tersebut akan mengakibatkan down pada website. Mengapa? Karena selama proses transfer domain akan mengunci DNS Management. Sehingga DNS tidak dapat diubah. Hal ini sering terjadi ketika proses transfer domain dan migrasi hosting dilakukan bersamaan. Namun, hosting sudah terlanjur tersuspend.

Contoh:
Anda memiliki domain dan hosting di penyedia layanan X. Kemudian, anda ingin melakukan transfer domain ke penyedia layanan ke DomaiNesia. Jika hosting di layanan sebelumnya sudah kadaluarsa atau terkendala (phishing, pelanggaran hak cipta) lalu hosting tersuspend dan terlanjur sudah dalam proses transfer domain. Maka domain tidak dapat diarahkan ke hosting tersebut. Otomatis, website anda menjadi down.

Solusinya adalah lakukan transfer domain setelah migrasi hosting selesai ya. Setelah migrasi hosting selesai tim support kami akan menyarankan Anda untuk mengarahkan domain ke hosting DomaiNesia. Nah jika website sudah mengarah ke hosting DomaiNesia dan bisa diakses, baru deh Anda bisa lakukan transfer domain.

Apa Saja Syarat Transfer Domain?

  • Pemilik domain harus memiliki kode EPP dari penyedia layanan lama. Untuk lebih mengetahui tentang Kode EPP anda dapat membacanya di Apa itu Kode EPP?
  • Domain telah berumur lebih dari 60 hari.
  • Domain dalam status aktif (minimal aktif tersisa 3 minggu).
  • Disable privacy protection atau whois protection pada penyedia layanan lama.
  • Disable theft protection (unlock domain) pada penyedia layanan lama.
  • Untuk ekstensi domain ID wajib upload dokumen pelengkap terlebih dahulu. Syarat dokumen domain ID bisa diakses pada halaman syarat domain ID

Cara Transfer Domain

Adapun cara transfer domain adalah sebagai berikut,

1. Memilih Transfer Domain

Buka https://www.domainesia.com/ pada web browser. Kemudian scroll ke bagian bawah. Pada bagian Domain, klik Transfer Domain.

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

2. Mengisi Form Transfer Domain

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman transfer domain. Tulis nama domain yang akan ditransfer. Tunggu sebentar hingga muncul form kode EPP, durasi dan Addons. Kemudian tambahkan Kode EPP dari registrar lama. Pilih durasi pemesanan domain beserta Addons yang diinginkan. Setelah semua selesai maka klik Masukkan Troli.

Setelah itu klik Selesaikan & Bayar

3. Melunasi invoice

Tunggu beberapa saat hingga muncul invoice berupa rincian transfer domain, serta nomor rekening tujuan. Kemudian, silakan melakukan pembayaran melalui salah satu metode pembayaran kami. Lalu anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran. Setelah itu, transfer domain diproses.

Berapa Lama Transfer Domain Berhasil

Proses transfer domain berlangsung selama 5-10 hari. Selama proses transfer berlangsung DNS dan NS akan otomatis locked, setelah transfer domain selesai maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer domain ke layanan DomaiNesia telah berhasil.

Ya! Saya ingin Migrasi Hosting dan Transfer Domain!

Singkatnya begini cara migrasi hosting dan transfer domain ke DomaiNesia, yang Anda harus dilakukan :

  1. Anda perlu mengisi form untuk migrasi hosting disini https://www.domainesia.com/migrasi
  2. Lunasi invoice untuk migrasi hosting
  3. Migrasi hosting diproses oleh tim support kurang dari 1 jam
  4. Anda akan menerima informasi melalui tiket bahwa proses migrasi hosting telah selesai
  5. Arahkan domain ke server DomaiNesia dengan cara mengubah nameserver domain ke ns1.domainesia.net dan ns2.domainesia.net, kemudian cek dengan akses https://www.whois.com/whois/websitesaya.net (nama domain diganti dengan domain milik Anda), jika informasi nameservers sudah muncul ns1.domainesia.net dan ns2.domainesia.net maka Anda bisa melanjutkan ke proses transfer domain.

Cara Mudah Migrasi Hosting dan Transfer Domain

  1. Setelah migrasi hosting selesai dan nameserver sudah mengarah ke server DomaiNesia, lakukan transfer domain dengan mengisi form di halaman ini https://www.domainesia.com/pesan&q=transfer/
  2. Lunasi invoice untuk transfer domain
  3. Transfer domain diproses oleh tim support, proses transfer domain berlangsung selama 5-10 hari.
  4. Setelah proses transfer domain berhasil, Anda akan mendapatkan informasi bahwa transfer domain telah selesai.
  5. Migrasi hosting dan domain berhasil.

Closing

Yap, cukup mudah bukan? Jadi jangan bingung ya DomaiNesians! Karena tadi sudah menjelaskan cara mudah migrasi hosting dan transfer domain ke DomaiNesia. Kalau masih bingung mengenai migrasi hosting bisa kembali ke halaman awal, jika masih bingung langsung chat yuk dengan tim support kami di live chat DomaiNesia. Dapatkan diskon 25% migrasi hosting dan bantuan tim support untuk migrasi akun hosting dari penyedia layanan hosting lama Anda ke server kami. File HTML, PHP, Database MySQL, Email, gambar dan seluruh data di akun hosting lama akan kami pindahkan secara GRATIS! Serta kemudahan transfer domain yang belum Anda rasakan di penyedia layanan lain. 🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!