Home  »  Hosting   »   Cara Mengubah File Permission (Hak Akses) di Hosting

Cara Mengubah File Permission (Hak Akses) di Hosting

Last Update:

cara mengubah file permission di hosting

Apa itu File Permission?

File Permission adalah hak akses yang dimiliki sistem untuk menentukan siapa saja yang bisa mengontrol kerja sistem itu sendiri. Dikutip dari Wikipedia, file permission ini berfungsi untuk mengatur user untuk melihat file, mengubah, mengarahkan dan mengeksekusi file sistem. Baiklah, sekarang coba diibaratkan suatu rumah. Kamu harus mengatur siapa saja dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan orang lain di dalam, bukan? Nah, fungsinya sama seperti file permission ini. Setiap orang harus memiliki hak akses berupa kode agar bisa masuk ke rumah dan melakukan kegiatan di dalam. Apakah hanya bisa masuk ke rumah saja? Apakah bisa mengubah interior rumah? dan sebagainya. Bagi pemula biasanya mengubah hak akses adalah sesuatu yang membingungkan. Namun tenang, kamu bisa ikuti cara mengubah file permission di hosting step by step sesuai panduan ini.

cara mengubah file permission di hosting

Sekilas Tentang File Permission / Hak Akses

File permission bisa kamu temukan melalui file manager ataupun melalui akses SSH. Di server berbasis Unix, file permission biasanya berupa angka-angka. Misalnya, 777, 755, 711 dan lainnya. Apa sih arti angka-angka tersebut?
Sebelumnya, kamu harus tahu jenis user beserta mode/ kategori hak akses.

Jenis User

Ada 3 jenis user yang memiliki hak akses yaitu,
User: User adalah pemilik akun hosting/ server
Group: Group adalah kelompok user yang diberi akses untuk mengakses file di hosting
World: World adalah semua orang alias publik.

Kategori Hak Akses

Kemudian terdapat 3 mode/ kategori hak akses yang dapat dilakukan sistem. Yaitu:
Read: Hak akses untuk membaca file. User hanya bisa membaca file saja. User tidak dapat memodifikasi dan menjalankan suatu file.
Write: Hak akses untuk memodifikasi file, menambah file dan menghapus file/ folder. User hanya bisa memodifikasi file, menambah konfigurasi file tetapi tidak bisa menjalankannya.
Execute: Hak akses untuk menjalankan/ mengeksekusi file. User bisa menjalankan dan mengeksekusi file/ script.

Apa hubungan antar jenis user dan mode hak akses? Baiklah, Kami akan berikan contohnya.
Misalnya terdapat kode file permission 755

cara mengubah file permission di hosting
Artinya:
User dapat membaca file (read), memodifikasi file (write) dan menjalankan file (execute).
Sedangkan Group dan World hanya bisa membaca file (read) dan menjalankan file (execute).

Dilarang Menggunakan 777!

Ya! File permission 777 sangatlah dilarang! Folder atau file yang memiliki hak akses 777 artinya semua orang bisa membaca file (read), memodifikasi file (write) dan menjalankan file (execute). Hal tersebut sangat rawan sekali untuk disisipi malware/ virus oleh hacker.

cara mengubah file permission di hosting

Cara Mengubah File Permission di Hosting

Adapun cara mengubah file permission di Hosting sangat mudah. Silahkan ikuti step by step berikut ini.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

cara mengubah file permission di hosting

2. Memilih File Manager

Setelah berhasil login, silahkan ketik “file manager” pada kolom pencarian. Klik Menu File Manager tersebut.

cara mengubah file permission di hosting

3. Memilih Folder Yang Akan Diubah Hak Aksesnya

Sekarang saatnya memilih folder/ file yang akan diubah hak aksesnya. Pada bagian kanan tepatnya pada kolom “Permissions” terdapat angka-angka yang berupa hak akses folder/ file. Untuk mengubah file permission, silahkan klik angka tersebut lalu klik Permissions.

cara mengubah file permission di hosting

Ubah sesuai hak akses yang diinginkan. Setelah itu klik Change Permissions. Secara default biasanya public_html memiliki hak akses 0755.

cara mengubah file permission di hosting

4. File Permission Berhasil Diubah!

Voila! File permission berhasil diubah. Selalu ingat! Pastikan kamu mengubah file permission sesuai arahan Tim Support DomaiNesia ya! Jika sembarangan mengubah file permission, maka akibatnya bisa fatal. Misalnya script tidak bisa dijalankan, website mudah di hack atau bahkan website error.

Kesimpulan

Cara mengubah file permission di Hosting sangat mudah. Kamu bisa ubah file permission di Hosting melalui menu File Manager di cPanel ataupun langsung via SSH. Namun, Kami sarankan untuk mengubahnya melalui File Manager saja karena lebih mudah! Suka bingung apa saja yang bisa dilakukan cPanel Hosting? Coba baca Apa itu cPanel. Butuh upgrade hosting agar website tidak lemot? DomaiNesia memiliki Hosting Murah dengan kualitas terbaik. Yuk order hosting sekarang! Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!