Home  »  Permulaan   »   Panduan Deploy Website Berbasis Ruby di cPanel Hosting

Panduan Deploy Website Berbasis Ruby di cPanel Hosting

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians! Tahukah anda bahwa website dapat dibuat dari berbagai macam bahasa pemrograman? Di Wikipedia, anda dapat melihat berbagai macam website beserta dengan bahasa pemrograman yang digunakan. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling terkenal untuk membangun sebuah website. Bersama dengan HTML, Javascript dan CSS, website dengan segala macam style dapat dibuat. Namun, bukan hanya PHP saja lho. Ada banyak bahasa pemrograman seperti Ruby, Python, Java, Erlang, Scala dan sebagainya. Nah yang jadi masalah adalah terkadang pihak penyedia Hosting tidak bisa digunakan untuk menyimpan file- file website dengan bahasa pemrograman tersebut. Masalah konfigurasi, support atau sejenisnya. Sehingga file website yang sudah jadi tidak dapat di “online” kan. Bagi para developer, jangan khawatir. Di DomaiNesia anda bisa mengupload file website berbasis Ruby, Python dan Node JS dengan mudah ke Hosting! 😀 Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara deploy website berbasis Ruby di cPanel Hosting berikut ini ?

Persiapan

Sebelum melakukan deploy website berbasis Ruby di cPanel, tentunya anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Seperti mempersiapkan file website serta mengetahui versi Ruby yang digunakan.

Cara Deploy Website Berbasis Ruby

Adapun langkah- langkahnya yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

deploy website berbasis ruby

2. Memilih Menu Setup Ruby App

Setelah itu, silahkan tulis “setup ruby” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Setup Ruby App. Silahkan klik menu tersebut.

deploy website berbasis ruby

3. Melakukan Deploy Website Berbasis Ruby

Nah tahap selanjutnya yaitu memilih versi Ruby yang digunakan. Di Hosting Kami, tersedia versi Ruby 1.8 hingga 2.4. Sesuaikan dengan versi Ruby website anda. Di bawahnya, tulis nama folder yang digunakan untuk tempat upload file website. Kemudian, pilih domain / subdomain yang diinginkan. Setelah selesai, silahkan klik Setup.

4. Menambahkan Module

Terdapat banyak module yang harus anda tambahkan ketika ingin deploy website berbasis Ruby. Misalnya rails, bundler, gems dan sebagainya. Silahkan klik Show, kemudian tuliskan module yang diinginkan. Anda juga dapat memilih versi dari masing- masing module.

Setelah selesai memilih module, silahkan klik Add. Anda juga dapat menambahkan module yang lainnya dengan cara yang sama.
deploy website berbasis ruby

5. Melakukan Update Dependency

Setelah semua module ditambahkan, silahkan klik Update. Hal ini digunakan untuk melakukan update dependency dari module. Tunggu sebentar hingga proses update selesai. Oiya pada kolom Command for entering to virtual environment, terdapat perintah yang digunakan untuk eksekusi di cPanel Hosting via SSH. Silahkan copy command/ perintah tersebut kemudian paste di Hosting via SSH. Anda dapat melakukannya melalui Putty atau Terminal. Untuk mengetahui cara melakukan akses Hosting via SSH, silahkan baca Panduan Akses SSH via Terminal atau Putty. Oiya, akses SSH hanya bisa dilakukan di minimal Paket Hosting Super ya!
deploy website berbasis ruby

6. Melakukan Restart

Setelah update dependency selesai dan anda telah mengeksekusi perintah/ command tersebut via SSH maka hal selanjutnya yaitu melakukan restart website. Silahkan klik Restart. Tunggu sebentar, maka deploy website berbasis Ruby telah berhasil! 😀
deploy website berbasis ruby
Catatan: Bagi pengguna Ruby on Rails, pastikan kamu telah melakukan hal berikut,
1. Selalu masuk ke environment setup Ruby terlebih dahulu agar mudah dalam konfigurasi. Path environment bisa dilihat di cPanel Hosting.


2. Kemudian, pastikan file aplikasi berbasis Ruby on Rails dimasukkan ke folder yang anda tulis tadi. Dan pastikan folder aplikasi Ruby on Rails komplit! Bagi anda yang sudah menyimpan file aplikasi di Github, bisa juga langsung di clone di folder tadi.  Pengen tahu cara clone aplikasi? Cek aja Cara Menggunakan Git di Hosting
3. Silahkan jalankan

Kemudian untuk migrasi data ke db tuliskan

Kemudian agar semua asset (file gambar, javascript, gif dan sebagainya) bisa muncul, tuliskan

Agar file aplikasi Ruby on Rails bisa jalan, maka anda memerlukan secret key. Silahkan tulis

dan masukan key ke .bash_profile.

Yang terakhir, silahkan restart ruby app melalui cPanel.


Reload web browser dan lihat hasilnya. Aplikasi Ruby on Rails anda sudah berhasil dijalankan!

Closing

Banyak penyedia layanan yang belum menyediakan Hosting untuk file website selain PHP. Terlebih bahasa pemrograman yang berbasis console seperti Ruby, Python atau Node JS. Ketiga bahasa pemrograman tersebut terkenal tangguh, memiliki performa yang tinggi, tidak gampang dijebol namun agak ribet dalam urusan konfigurasi. Nah, DomaiNesia telah menyediakan deploy website berbasis Ruby, Python maupun Node JS yang bisa anda gunakan. Jadi jangan khawatir! 😀 Tertarik untuk pindah Hosting di DomaiNesia? Silahkan cek HOSTING TERBAIK DomaiNesia. Atau anda masih bingung untuk memilih Hosting yang tepat? Baca dulu Tips dan Trik Memilih Hosting! Oiya, Kami juga punya PAKET HEMAT DOMAIN HOSTING lohh. Lebih murah, efisien, dan lebih untung hehe. Apabila ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi Tim Support Kami melalui email support@domainesia.com , kirim tiket melalui my.domainesia.com, atau via chat langsung. Salam DomaiNesia! 😀

Baca Juga: Cara Membuat Subdomain


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!