Panduan Sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Panduan Sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare – Tidak hanya IPv4, IPv6 juga bisa disinkronisasi ke CloudFlare. CloudFlare akan melakukan proteksi terhadap server dari ancaman spam dan DDOS. Masih bingung apa itu CloudFlare? Silahkan baca artikel Apa itu CloudFlare. Singkatnya, CloudFlare adalah suatu Content Delivery Network (CDN) yang akan meningkatkan performa dan melindungi website dari cyber attack. Semua hosting di DomaiNesia sudah support CloudFlare lho! Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti Panduan Setting CloudFlare di cPanel Hosting. Jadi, baik IPv4 atau IPv6 bisa sinkronisasi ke CloudFlare. Pada panduan ini akan dijelaskan cara sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare.

Cara Sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare

Adapun langkah- langkah sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare adalah sebagai berikut :

1. Login ke CloudFlare

Pertama- tama, silahkan login ke https://dash.cloudflare.com/. Masukkan email dan password kamu. Jika belum memiliki akun di CloudFlare, silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik Sign Up.

2. Menambahkan Domain

Selanjutnya adalah kamu harus menambahkan domain terlebih dahulu agar CloudFlare dapat terhubung dan bekerja dengan baik. Adapun cara menambahkan domain yaitu silakan tuliskan nama domain dan klik Add Site.

3. Memilh Paket CloudFlare

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke Paket CloudFlare yang akan digunakan. Ada berbagai Paket CloudFlare yang bisa kamu pilih, dari yang gratis hingga berbayar. Untuk memilih Paket CloudFlare gratis, silakan pilih Paket Free. Lalu klik Continue.

4. Mengecek IPv6 pada Domain

Kemudian, akan muncul tulisan Scanning for existing DNS Records. Itu tandanya CloudFlare sedang mencari DNS record milik website kamu. Tunggu beberapa saat hingga DNS Record websitemu muncul.


Jika sudah muncul, maka pastikan IPv6 dari domain/website sudah berada dalam daftar scanning DNS Record yang dilakukan oleh CloudFlare. Lalu klik Continue.

5. Mendapatkan Nameservers CloudFlare

Setelah itu, agar domain dapat terhubung ke CloudFlare maka harus diarahkan ke nameservers milik CloudFlare. Apakah ini berbahaya? Justru tidak! CloudFlare akan menjadi pertahanan pertama dalam melindungi website kamu. Silakan copy 2 nameservers milik CloudFlare tersebut.

Catatan: Setiap customer dapat memiliki nameserver CloudFlare yang berbeda- beda. Untuk itu, pastikan nameservers sesuai dengan yang ada dashboard CloudFlare!

6. Mengubah Nameservers di Client Area DomaiNesia

Nah, saatnya mengubah nameservers kamu dengan nameservers dari CloudFlare yang telah didapatkan tadi. Untuk mengubah nameservers, silahkan ikuti panduan Cara Mengubah Nameservers di Domain. Jika sudah selesai silahkan klik Change Nameservers. Jika muncul tulisan Changes Saved Successfully! artinya nameservers berhasil diubah. Tunggu sebentar hingga masa propagasi domain berakhir.

7. Verifikasi Nameservers di CloudFlare

Setelah kamu mengubah nameservers ke CloudFlare, maka saatnya sekarang verifikasi. Silahkan buka halaman CloudFlare tadi dan klik Done, check Nameservers.


Jika kamu menemui tampilan seperti ini, silahkan klik Finish Later yang dilanjutkan klik Check Nameservers untuk melakukan verifikasi. Tunggu hingga proses verifikasi selesai.

8. Setting IPv6 di CloudFlare Berhasil!

Yeay! Proses sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare sudah berhasil! Kamu bisa menikmati beberapa fasilitas CloudFlare di hosting sekarang seperti pengelolaan cache, perlindungan dari ancaman DDOS dan SPAM, hidden IP Address, dan sebagainya. Untuk melakukan pengecekan apakah proses sinkronisasi domain, hosting ke CloudFlare telah berhasil, kamu bisa cek di https://intodns.com/ lalu tuliskan nama domain atau nama website. Jika nameservers sama seperti nameservers CloudFlare, itu berarti proses sinkronisasi IPv6 ke CloudFlare telah berhasil.

Kesimpulan

Untuk IPv4 maupun IPv6 sama- sama bisa disinkronisasi di CloudFlare. Buat kamu yang belum menggunakan IPv6, silahkan baca Cara Sinkronisasi Hosting ke CloudFlare. Dengan kamu melakukan sinkronisasi, kamu akan mendapatkan keuntungan dari sisi proteksi website. Nah selain CloudFlare, agar website lebih aman lagi kamu bisa menggunakan SSL di websitemu. Jika menggunakan SSL, bukan hanya aman saja tapi kamu juga akan mendapatkan sertifikat digital yang diverifikasi oleh Certificate Authority. Tertarik untuk menggunakan SSL? Silahkan order SSL murah di DomaiNesia ya. Informasi lengkapnya kamu bisa baca Cara Order Sertifikat SSL Murah DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!