• Home
  • Tips
  • 8 Tools Online Terbaik Untuk Cek Website Down Atau Tidak

8 Tools Online Terbaik Untuk Cek Website Down Atau Tidak

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Salah satunya adalah rutin cek website down atau tidak. Sebab faktor ketersediaan dan aksesibilitas sebuah website adalah bagian penting dari proses bisnis.

Sebuah perusahaan besar yang memiliki website kebanyakan punya tim monitoring yang akan mengawasi status aktif website setiap harinya.

Tapi bagaimana dengan perusahaan non profit dan blogger? Belum tentu mereka memiliki pilihan cara cek website down yang terpercaya.

Cek website down
Sumber: Envato

Untuk menjawab permasalahan tersebut, kamu bisa memanfaatkan berbagai tools online yang tersedia di internet yang mana sangat berguna dalam cara cek website down atau tidak dengan mudah.

Bahkan kamu juga akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan jika URL website kamu tiba-tiba down.

Oh iya, yang paling penting, sebagian besar dari online tools pada artikel ini tersedia secara GRATIS sehingga bisa kamu pakai secara cuma-cuma. Jadi, pilihlah tools yang paling kamu suka, ya!

2 Cara Cek Website Down atau Tidak Down

Sebelum memastikan apakah website down atau tidak dengan tools online yang akan kami bahas pada artikel ini, banyak pemilik website dari berbagai kalangan melakukan cara dasar dan manual terlebih dahulu.

Walaupun cara cek website down ini membuat kamu bekerja ekstra, tapi cara ini cukup membantu meyakinkan bahwa apakah permasalahan ada pada browser dan jaringan yang kamu gunakan atau memang website benar-benar sedang down.

Jika kamu tertarik mencoba cara itu, maka simak cara-caranya di bawah ini.

  1. Cara Cek Website Down: Basic

  • Coba kunjungi situs lain seperti Facebook atau YouTube, apakah mereka bisa diakses? Atau kamu juga bisa coba kunjungi domain website lain untuk memeriksa apakah kamu memiliki akses ke Web tersebut.
  • Periksa koneksi internet. Sebab, sebagian besar penyebab masalah tidak bisa diaksesnya website hanya karena masalah perangkat jaringan seperti WiFi atau router yang tidak terhubung dengan benar.
  • Akses website dari browser, perangkat, dan jaringan lain. Cara ini bisa kamu lakukan jika website masih belum bisa diakses walaupun tak ada permasalahan lagi pada jaringan dan perangkat.
  • Gunakan VPN. Terkadang, pemilik website membatasi akses ke situs mereka berdasarkan provider atau wilayah tertentu. Maka dari itu, coba gunakan server VPN yang berbeda (sebaiknya dari negara lain) untuk memverifikasi bahwa apakah website tersebut memblokir akses perangkat kamu.
  • Matikan ekstensi (extensions). Sebagai upaya terakhir, nonaktifkan sementara ekstensi browser dan coba kunjungi website tanpa ad blocker.
  1. Cara Cek Website Down: Teknis Melalui CMD

  • Untuk Windows, bukalah aplikasi Command Prompt dengan tekan tombol Windows pada keyboard lalu ketiklah cmd. Kemudian, ketik ping dan tambahkan URL website yang ingin kamu cek status aktifnya.
  • Pada Mac OS, ketik Network Utility ke Spotlight untuk menemukan tool Ping. Cukup masukkan alamat IP atau link website yang ingin kamu tes lalu tekan Enter.
  • Jika kamu pengguna Linux, tekan tombol CTRL + ALT + T pada keyboard, lalu lakukan cara yang sama seperti langkah-langkah pada Windows.

Setelah melakukan cara cek website down di atas, kamu akan melihat hasilnya dalam waktu kurang dari satu menit.

Jika website ternyata sedang offline atau down, maka kamu akan melihat hasil error dengan pesan “request timed out”.

Tools Online Untuk Cek Website Down Atau Tidak Down

Selain kedua cara pada poin sebelumnya, kamu bisa langsung gunakan tools online rekomendasi kami ini.

Sebab, menggunakan website status checkers adalah cara termudah untuk mengetahui penyebab masalah koneksi atau masalah lain yang terjadi pada website berharga kamu.

Untuk itu, mari kita lihat layanan online paling populer yang bisa kamu coba sekarang.

Tools monitoring website down pertama datang dari situs open source bernama Is It Down Right Now.

Seperti klaimnya di awal dashboard, tools tersebut akan membantu kamu cara cek website down atau tidak dan monitoring status website dengan mudah.

Cukup ketikkan URL website lalu tekan tombol hijau bertuliskan Check.

Tunggu sekitar 5 detik untuk mendapatkan hasil monitoring berupa grafik status aktivitas layanan, waktu update setiap 4 jam, dan riwayat uptime website yang terperinci.

Situs gratis ini juga menyediakan beberapa data tambahan.

Misalnya, kamu bisa melihat daftar status situs lain yang baru saja orang lain cek dan daftar website yang sedang down secara real time.

Bisa kami jamin, tools online ini cocok untuk kamu yang ingin tahu status website down atau tidak dengan cepat, mudah, dan to-the-point.

Bagaimana tidak, kamu hanya perlu mengetikkan nama domain website, klik tombol “or just me?”, dan nanti langsung muncul jawaban website kamu down atau tidak.

Tidak seperti situs sebelumnya, website Down for Everyone or Just Me tidak memiliki tools atau fitur tambahan yang bisa kamu gunakan lebih lanjut.

Selain itu, ia juga tidak menunjukkan alasan mengapa kamu tidak bisa mengakses website jika kondisi website benar-benar down.

Down Inspector masuk ke jajaran layanan web gratis lainnya yang berguna untuk cara cek website down atau tidak secara real-time.

Cukup masukkan URL domain website yang ingin kamu analisis, dan nantinya Down Inspector akan memberi hasil berupa status up atau down.

Keunggulan Down Inspector terlihat dari tersedianya lebih banyak fungsi daripada situs ping dasar seperti Down for Everyone Or Just Me.

Misalnya, Down Inspector menunjukkan laporan waktu aktif untuk hari terakhir dan bahkan peta dengan negara-negara yang kesulitan mengakses website karena down.

Down Inspector juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan laporan tentang masalah availability dan down semua website.

Cek website down
Sumber: Envato

Dengan Site 24×7, kamu dapat menguji aksesibilitas website di lebih dari 60 server yang berlokasi di seluruh dunia.

Selain itu, tools ini memiliki banyak fitur unggulan lain yang akan sangat berguna dalam monitoring status website dengan tampilan informatif.

Site 24×7 menunjukkan DNS resolve time, waktu byte pertama dan terakhir, serta waktu respons total untuk situs mana pun.

Selain pemeriksaan uptime, tools ini juga bisa melakukan analisis status website mendalam, yang mencakup server, jaringan, serta pemantauan infrastruktur cloud.

Tapi fitur-fitur ini dapat kamu akses dengan syarat berlangganan bulanan terlebih dahulu. Eits, jangan khawatir.

Mereka cukup baik agar pengguna pemula tetap bisa mencoba fungsionalitas Site 24×7 tersebut secara gratis dengan program free-trial 30 hari.

Cara cek website down atau tidak dengan mudah juga bisa kamu dapatkan dari Host Tracker.

Ia akan mengecek dan memantau status aktif dan availability website kamu dari berbagai lokasi di seluruh negara.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk memantau page speed website, performa ping, tracing, dan DNSBL (DNS Based Realtime Blackhole List). Data dari masing-masing fitur ditampilkan dengan jelas dan cukup user friendly.

Tak perlu khawatir jika tidak selalu bisa update monitoring, karena Host Tracker memfasilitasi kamu notifikasi pemberitahuan status aktif website melalui email, SMS, telepon, Telegram, Google Hangouts, dan bahkan Skype.

Asalkan kamu sign-up akun terlebih dahulu.

Website open source selanjutnya mirip dengan Down for Everyone or Just Me karena memiliki UI yang sangat sederhana.

Seketika membuka situsnya, kamu bisa langsung melihat search bar untuk memasukkan nama domain website yang ingin kamu cek status up atau down-nya dan tombol hijau berukuran besar yang bertuliskan “is it down?”.

Hebatnya lagi, kamu hanya butuh waktu hitungan detik untuk mendapatkan hasil pengecekan status aktif website, down atau tidak.

Is It Down sangat cocok bagi pemula dan pengguna yang ingin cepat-cepat memeriksa status down/up website.

Tools milik Dotcom-Tools ini akan memudahkan kamu memonitor kinerja, fungsionalitas, waktu uptime dan downtime website, server, dan API melalui 7 browser berbeda dan lebih dari 25 lokasi di seluruh dunia.

Dotcom-Monitor melakukan cara cek website down atau tidak dengan menganalisis kecepatan page load, kode respons server, dan menampilkan daftar error konektivitas untuk website manapun setiap satu menit.

Kamu akan mendapatkan notifikasi monitoring via email, SMS, atau telepon.

Walaupun tidak 100% gratis, ya, karena mereka menawarkan free-trial selama 30 hari pertama dan setelah itu kamu bisa berlangganan dengan membayar $1.99/bulan.

Tools online terakhir untuk cara cek website down rekomendasi DomaiNesia adalah dari Website Planet.

Tampilan desain UI nya terbilang sederhana, tapi masih lebih unggul daripada Is It Down dan Down for Everyone or Just Me.

Hanya saja secara fungsionalitas ketiganya sama, kamu hanya perlu mengetikkan URL domain pada search bar yang telah disediakan lalu tekan tombol kuning bertuliskan Check.

Nantinya kamu akan mendapatkan hasil monitoring up atau down-nya sebuah website sekaligus informasi IP address, waktu respons, dan kode respons 200 yang artinya request berhasil terkirim dan diterima.

Kini, Cek Website Down Jadi Lebih Mudah dan Praktis!

Dengan rutin melakukan cara cek website down atau tidak, kamu sudah menghindari salah satu penyebab penurunan performa website dan hilangnya omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Apalagi sekarang sudah tak ada alasan lain untuk tidak memonitor status aktif website dengan menggunakan tools online yang kami rekomendasikan.

Cek website down
Sumber: Envato

Sebagai pencegahan terjadinya website down, pastikan kamu menggunakan layanan hosting terpercaya milik DomaiNesia untuk kelola website berharga kamu, ya!

Harapannya semoga artikel cara cek website down sekaligus tools onlinenya ini bisa menjawab permasalahan kebutuhan kamu dalam monitoring aktivitas jaringan dan website.

Jangan lupa semangat dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!