• Home
  • Berita
  • Direct Marketing adalah Strategi Mudah Untuk Meraih Pelanggan Dalam Bisnis

Direct Marketing adalah Strategi Mudah Untuk Meraih Pelanggan Dalam Bisnis

Oleh Mila Rosyida

Direct marketing adalah salah satu istilah yang penting di dunia marketing atau pemasaran. Mengapa? Hal ini karena direct marketing adalah sangat berkaitan dengan konsumen sebagai target marketing. Seperti arti namanya yaitu “direct” artinya langsung, direct marketing merupakan strategi yang secara langsung dilakukan tanpa perantara. Lalu apa saja jenis-jenis direct marketing? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung kepada konsumen potensial tanpa melalui perantara.

Pada direct marketing, perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan audiens target mereka melalui berbagai saluran seperti email, SMS, katalog, kartu pos, sosial media, dan sebagainya.

Tujuan dari direct marketing adalah untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan, mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

direct marketing adalah
Sumber : envato

Direct marketing berisi informasi tentang produk, brand, atau layanan untuk target audiens yang paling berpotensi untuk merespons. Oleh karena itu, strategi ini cocok  untuk menjangkau audiens berdasarkan kesamaan tertentu, seperti usia ataupun preferensi.

Baca Juga : Giveaway adalah Strategi Menyenangkan Pelanggan, Begini Caranya!

Fungsi Direct Marketing

Fungsi utama dari direct marketing adalah menghasilkan tindakan atau respons tertentu dari audiens yang ditargetkan secara spesifik. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengukur respons dan tindakan yang dihasilkan dari setiap kampanye dengan lebih akurat. 

Sehingga, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas kampanye dan mengoptimalkan strategi pemasaran berdasarkan data tiap-tiap audiens yang diperoleh. Beberapa fungsi lain dari direct marketing diantaranya : 

Membantu menjangkau pelanggan

Direct marketing adalah strategi yang bisa menjangkau prospect dan pelanggan perusahaan secara langsung sekaligus memastikan mereka mendapatkan cukup informasi.

Pada direct marketing, perusahaan dapat mengirimkan pesan atau penawaran kepada pelanggan yang telah memberikan izin atau menunjukkan minat sebelumnya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang lebih terfokus dan relevan, yang dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

Direct marketing juga memungkinkan perusahaan untuk memperluas basis pelanggan dengan menjangkau audiens yang belum pernah terpapar dengan merek atau produk perusahaan sebelumnya.

Perusahaan dapat mengirimkan pesan atau penawaran kepada audiens yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan perusahaan.

Melalui hal ini, direct marketing adalah strategi dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Membangun loyalitas pelanggan

Direct marketing memungkinkan perusahaan untuk membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan kode diskon khusus atau penawaran eksklusif kepada pelanggan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang lebih dalam dan mempersuasi mereka untuk mengambil tindakan, termasuk melakukan pembelian.

Meningkatkan penjualan

Direct marketing memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan solusi yang relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Dengan menawarkan solusi yang relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk melakukan pembelian. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target penjualan mereka.

Baca Juga : Manfaatkan Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Pendapatan Pasif

Melakukan kustomisasi

Direct marketing memungkinkan perusahaan untuk melakukan personalisasi dan kustomisasi promosi sesuai kebutuhan pelanggan.

Perusahaan dapat menggunakan data pelanggan untuk mengirimkan pesan atau penawaran yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu pelanggan.

Dengan melakukan personalisasi dan kustomisasi promosi sesuai kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Menjangkau kembali pelanggan lama

Direct marketing memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan kembali bisnis dengan pelanggan yang sebelumnya pernah melakukan pembelian.

Dalam direct marketing, perusahaan dapat mengirimkan pesan atau penawaran yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu pelanggan yang telah melakukan pembelian sebelumnya.

Perusahaan juga dapat mengirimkan pesan atau penawaran yang hanya ditujukan kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian sebelumnya atau menunjukkan minat tertentu.

Hal ini dapat meningkatkan rasa eksklusivitas dan kepercayaan pelanggan terhadap merek atau produk perusahaan.

Manfaat Direct Marketing

Strategi direct marketing memiliki beberapa manfaat untuk bisnis dan perusahaan yang menerapkannya, diantaranya : 

Biaya yang dikeluarkan lebih rendah

Salah satu manfaat utama dari direct marketing adalah biaya pemasaran yang lebih rendah dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

Metode direct marketing memungkinkan bisnis untuk menghemat anggaran pemasaran, terutama karena dapat dilakukan secara digital melalui berbagai platform online.

Pada direct marketing, biaya cetak, distribusi, atau iklan media tradisional yang mahal tidak lagi diperlukan. Sebaliknya, bisnis dapat menggunakan email marketing, pemasaran media sosial, iklan online, atau bahkan kampanye konten untuk menjangkau target audiens mereka dengan biaya yang lebih terkendali.

Adanya platform digital marketing dan alat analitik yang tersedia, bisnis juga dapat melacak dan mengukur efektivitas kampanye mereka secara real-time, sehingga memungkinkan penyesuaian yang cepat dan penggunaan anggaran yang lebih efisien.

Baca Juga: Apa itu Upstream Marketing dan Downstream Marketing?

Menjangkau lebih banyak pelanggan

Manfaat lain dari direct marketing adalah kemampuannya untuk mencapai audiens yang luas secara online. Ketika kamu membagikan informasi bisnis kamu melalui platform online, kamu dapat menjangkau pengguna dari berbagai wilayah geografis.

Hal ini berarti tidak ada batasan geografis yang menghambat cakupan bisnis kamu. Calon konsumen dari berbagai daerah, bahkan dari seluruh dunia, memiliki kesempatan untuk mengenal dan tertarik pada produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Keuntungan dari cakupan yang luas ini adalah meningkatnya aksesibilitas dan kemudahan berkomunikasi melalui platform online yang memungkinkan kamu untuk dapat membangun brand awareness yang lebih besar dan memperluas pangsa pasar bisnis kamu.

Sumber : envato

Melalui direct marketing online, kamu dapat menghubungi target audiens yang lebih luas, memperkenalkan produk kamu kepada mereka, dan mempengaruhi mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian atau berlangganan.

Lebih fleksibel

Direct marketing memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada bisnis kamu untuk memilih strategi, waktu, dan media pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu memiliki kebebasan untuk bereksperimen dengan berbagai strategi pemasaran, menyesuaikan dan mengubahnya sesuai dengan respons dan hasil yang diperoleh.

Kamu dapat memilih apakah ingin menggunakan iklan online, surat langsung, email marketing, telepon, media sosial, atau kombinasi dari beberapa media tersebut. 

Selain itu, direct marketing juga memungkinkan kamu untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengirim pesan pemasaran kepada calon konsumen.

Kamu dapat menjadwalkan kampanye pemasaran kamu untuk mencapai audiens pada saat yang paling relevan dan efektif, seperti saat mereka sedang aktif online atau berada dalam periode pembelian yang potensial. 

Fleksibilitas direct marketing juga memberikan kesempatan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pendekatan pemasaran. Kamu tidak perlu terpaku pada strategi yang sudah umum digunakan oleh banyak bisnis.

Sebaliknya, kamu dapat berpikir out-of-the-box dan menciptakan kampanye yang unik, menarik perhatian, dan membedakan bisnis kamu dari pesaing.

Namun, penting juga untuk mencatat bahwa dengan fleksibilitas tersebut, diperlukan pemahaman yang baik tentang target audiens dan analisis yang teliti untuk memastikan bahwa strategi pemasaran yang dipilih sesuai dengan konteks bisnis dan dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Hasil pemasaran terstruktur

Manfaat lain dari direct marketing adalah kemampuannya untuk memberikan hasil pemasaran yang terukur dan mudah dilacak.

Pada direct marketing, kamu dapat menggunakan berbagai metode yang memungkinkan pengukuran dan pelacakan yang akurat terhadap keberhasilan kampanye pemasaran yang dilakukan.

Misalnya, dalam pemberian kupon potongan harga, kamu dapat memberikan kupon khusus kepada calon konsumen sebagai insentif untuk melakukan pembelian.

Penggunaan kode unik pada setiap kupon memungkinkan kamu untuk melacak berapa banyak kupon yang digunakan dan berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari kupon tersebut.

Melalui pemantauan angka-angka ini, kamu dapat dengan mudah mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan memperoleh wawasan yang berharga tentang respons pelanggan.

Penjualan meningkat

Implementasi direct marketing yang efektif dapat secara signifikan mendorong peningkatan penjualan. Hal ini terjadi karena perusahaan yang memiliki reputasi baik dan pelanggan yang setia memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan angka penjualan.

Ketika pelanggan puas dengan kualitas produk atau layanan yang diberikan, mereka cenderung merekomendasikannya kepada kerabat, teman, atau kenalan mereka.

Proses ini dikenal sebagai pemasaran mulut ke mulut, yang memiliki dampak positif terhadap kesadaran merek (brand awareness) perusahaan.

Rekomendasi dari orang-orang terdekat menjadi sumber kepercayaan yang kuat bagi calon pelanggan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Selain itu, memiliki pelanggan yang setia juga memberikan keuntungan penting dalam mempertahankan pangsa pasar. Pelanggan yang telah membangun hubungan kepercayaan dengan perusahaan cenderung tetap setia dan konsisten dalam membeli produk atau layanan yang ditawarkan, bahkan di hadapan persaingan yang ketat.

Mereka tidak tergoda untuk mencoba merek lain yang sejenis karena telah merasa puas dengan pengalaman yang mereka dapatkan dari perusahaan kamu. Dalam jangka panjang, pelanggan setia ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap stabilitas dan pertumbuhan bisnis kamu.

Terciptanya loyalitas pelanggan yang kuat

Dampak positif dari pemasaran yang dipersonalisasikan adalah terciptanya loyalitas pelanggan yang kuat. Penyediaan penawaran yang sesuai dengan pengalaman berbelanja dan kebutuhan unik setiap pelanggan memungkinkan perusahaan kamu untuk membangun hubungan yang erat antara merek dan pelanggan.

Dengan kata lain, pelanggan kamu akan merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. Mereka merasakan bahwa merek tersebut memahami kebutuhan dan preferensi mereka secara individual, sehingga mereka merasa lebih terhubung secara emosional dengan merek tersebut.

Hal ini menciptakan rasa loyalitas yang tinggi, di mana pelanggan cenderung memilih untuk terus berbelanja dan menggunakan produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

Adanya hubungan yang erat dan loyalitas pelanggan yang kuat, perusahaan kamu dapat memperoleh beberapa manfaat.

Pertama, pelanggan yang loyal cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dalam jangka panjang karena mereka terus membeli produk atau layanan dari perusahaan.

Mereka juga lebih mungkin untuk memberikan referensi positif kepada orang lain, membantu memperluas jangkauan merek dan potensial pelanggan baru.

Selain itu, pelanggan yang loyal juga menjadi kelompok yang lebih terbuka terhadap pengenalan produk baru atau peningkatan layanan. Mereka percaya pada merek dan merasa nyaman untuk mencoba inovasi terbaru yang ditawarkan.

Ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas bisnis mereka dengan memperkenalkan produk baru atau meningkatkan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang sudah ada.

Menarik pelanggan baru

Direct marketing memiliki kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Terutama bagi bisnis baru yang mungkin belum memiliki kehadiran yang kuat di internet, sulit bagi calon pelanggan untuk menemukan produk atau layanan yang ditawarkan.

Jika pelanggan tertarik dengan produk atau layanan kamu, mereka memiliki potensi untuk merekomendasikan bisnis kamu kepada kerabat atau kenalan mereka. Rekomendasi dari pelanggan yang puas memiliki bobot yang besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Jika kamu berhasil membangun hubungan yang baik dengan pelanggan kamu dan memberikan pengalaman yang positif, kamu dapat menciptakan jaringan promosi alami yang dapat membantu memperluas jangkauan bisnis kamu.

Memperkuat hubungan dengan pelanggan

Pada direct marketing, kamu dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan tanpa melibatkan pihak ketiga, sehingga memudahkan upaya menjalin hubungan.

Melalui komunikasi langsung tersebut, kamu dapat menciptakan interaksi yang bermakna dengan pelanggan, yang memungkinkan brand untuk memahami persepsi dan pandangan mereka tentang produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Jika kamu memperoleh wawasan langsung dari pelanggan, kamu dapat mengidentifikasi area perbaikan dan mengembangkan fitur atau kualitas produk yang lebih bermanfaat bagi mereka.

Hal ini membantu membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan dan meningkatkan tingkat kepuasan mereka. Semakin relevan produk kamu dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, semakin besar kemungkinan mereka akan terus menggunakan produk kamu dan menjadi pelanggan yang setia.

Selain itu, memperhatikan hubungan dengan konsumen melalui pemasaran langsung juga berdampak pada reputasi perusahaan. Ketika pelanggan merasa dihargai dan diberikan perhatian yang baik, mereka akan memiliki pandangan yang positif terhadap perusahaan kamu.

Hal ini dapat membantu memperkuat reputasi perusahaan sebagai brand yang peduli dan dapat dipercaya, sehingga mempengaruhi persepsi dan kepercayaan pelanggan yang lebih luas.

Mengevaluasi strategi pemasaran

Pada direct marketing, terdapat berbagai pilihan channel yang dapat kamu eksplorasi untuk menentukan media pemasaran yang sesuai dengan pendekatan kamu.

Direct marketing berperan penting dalam membantu kamu mengidentifikasi strategi yang efektif untuk setiap produk yang kamu miliki.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan e-mail marketing untuk mengirimkan informasi terbaru tentang produk dan penawaran khusus kepada pelanggan.

Sedangkan, social media marketing dapat digunakan untuk membangun kesadaran merek dan mengembangkan komunitas pengguna yang aktif.

Testing produk baru

Menambah lini produk dalam suatu bisnis merupakan tugas yang kompleks karena melibatkan faktor-faktor yang belum diketahui, seperti bagaimana respon pelanggan terhadap produk baru tersebut.

Penting untuk memahami apakah pelanggan tertarik atau memberikan komentar negatif terkait jenis produk, harga, atau fiturnya.

Salah satu contoh strategi pemasaran yang dapat kamu coba saat menawarkan produk baru kepada pelanggan adalah jenis direct marketing yaitu telemarketing.

Penerapan pemasaran melalui telepon memungkinkan kamu dapat menawarkan produk dengan rinci kepada pelanggan dan mengamati reaksi mereka.

Melalui hal tersebut, kamu dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, mendengarkan pertanyaan, kekhawatiran, dan tanggapan mereka secara real-time.

Selain itu,  kamu juga  dapat memperoleh wawasan berharga mengenai preferensi pelanggan, menyesuaikan pendekatan pemasaran, dan membuat penyesuaian pada produk yang ditawarkan agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Jenis-Jenis Direct Marketing

Berikut ini jenis-jenis direct marketing adalah :

E-mail Marketing

E-mail marketing adalah jenis direct marketing yang dilakukan dengan mengirimkan e-mail berisi promosi atau iklan kepada pelanggan dan pelanggan potensial. Jenis direct marketing ini adalah salah satu strategi marketing yang paling efektif digunakan untuk menjangkau audiens.

Beli Email Hosting

SMS Marketing

SMS marketing adalah salah satu jenis direct marketing yang dilakukan dengan mengirimkan pesan teks promosi atau iklan kepada pelanggan atau calon pelanggan. SMS marketing dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengirimkan penawaran khusus, konfirmasi transaksi, pengingat janji atau jadwal, dan lain sebagainya. 

Direct Selling

Direct Selling adalah jenis direct marketing yang dilakukan dengan mengirimkan surat promosi atau katalog langsung kepada pelanggan dan calon pelanggan potensial. Pada Direct Selling, perusahaan dapat mempromosikan produk atau layanan secara langsung dan personal kepada pelanggan

Social Media Marketing

Jenis direct marketing ini dilakukan dengan memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk atau layanan. Pada Social Media Marketing, perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan pelanggan, memberitahukan diskon, produk baru, dan sebagainya.

Online Advertising

Online Advertising adalah direct marketing yang dilakukan dengan memanfaatkan iklan online seperti Google Ads atau Facebook Ads untuk memasarkan produk atau layanan. Pada Online Advertising, perusahaan dapat menargetkan secara spesifik siapa audiens yang ingin dijangkau, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mencapai pelanggan yang tepat dengan pesan yang tepat.

Telemarketing

Telemarketing, yaitu salah satu jenis pemasaran langsung yang dilakukan dengan menggunakan telepon untuk menemukan leads atau pelanggan potensial. Selain itu, Telemarketing juga dapat berfungsi sebagai strategi untuk menindaklanjuti campaign marketing.

Katalog Marketing

Katalog Marketing adalah jenis pemasaran langsung yang dilakukan dengan menggunakan katalog produk untuk mempromosikan produk atau layanan.

Perusahaan dapat menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan dengan detail dan gambar yang jelas, sehingga memungkinkan pelanggan untuk memilih produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Katalog Marketing biasanya digunakan untuk mempromosikan brand seperti pakaian, sepatu, dan sejenisnya. Pelanggan dapat memesan produk yang dilihat dalam katalog dan perusahaan dapat memproses pesanan tersebut. 

Youtube Channel

Membuat video adalah cara mudah dan populer untuk menampilkan produk perusahaan ke hadapan konsumen. Perusahaan dapat menggunakan link yang mengarahkan calon pelanggan pada media sosial perusahaan untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan mengenai produk yang ditawarkan. 

Sumber : envato

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan pada direct marketing adalah :

Kelebihan Direct Marketing

Direct marketing memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Mempersonalisasi campaign dan promosi

Salah satu keunggulan direct marketing adalah kemampuannya untuk mempersonalisasi campaign dan promosi. Dalam direct marketing, perusahaan dapat mengirimkan pesan atau penawaran yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu audiens.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan target audiens pada tingkat yang lebih dalam dan mempersuasi mereka untuk mengambil tindakan, termasuk melakukan pembelian .

Test offering

Direct marketing dapat digunakan sebagai cara untuk menguji respons audiens terhadap produk baru yang akan diluncurkan, serta meningkatkan kesadaran merek terhadap produk tersebut.

Dalam test offering, perusahaan dapat mengirimkan sampel produk atau penawaran khusus kepada audiens target untuk mengukur minat mereka terhadap produk tersebut .

Meningkatkan brand awareness

Jika direct marketing dilakukan dengan cara yang unik dan menarik, audiens cenderung akan mengingat dan membagikan kampanye tersebut kepada orang lain, sehingga meningkatkan kesadaran merek. 

Meningkatkan customer base

Direct marketing dapat digunakan sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan customer base. Dalam direct marketing, perusahaan dapat meminta audiens untuk mengambil tindakan langsung seperti mendaftar akun gratis atau memberikan penawaran khusus untuk memotivasi mereka agar menjadi pelanggan.

Sumber : envato

Menghemat anggaran pemasaran

Pada penerapan direct marketing, salah satu kelebihan terbesarnya adalah penghematan anggaran untuk pemasaran. Hal ini disebabkan karena perusahaan tidak terlalu bergantung pada periklanan, baik itu iklan online maupun offline.

Perusahaan dapat lebih fokus pada upaya untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat dengan tujuan menawarkan atau mengajak pelanggan secara langsung, tanpa perantara pihak ketiga.

Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk iklan dan dapat mengalokasikan anggaran tersebut untuk kegiatan pemasaran lainnya.

Selain itu, direct marketing juga memungkinkan perusahaan untuk lebih efektif dalam menjangkau pelanggan potensial dan meningkatkan konversi penjualan, karena pesan yang disampaikan lebih spesifik dan personal.

Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dari upaya pemasaran yang dilakukan.

Kelebihan-kelebihan tersebut membuat direct marketing dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. 

Kekurangan Direct Marketing

Direct marketing juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

Tingkat respons rendah

Tingkat respons direct marketing cenderung rendah, hanya sekitar 1-3% saja. Hal ini berarti bahwa sebagian besar audiens tidak merespons atau tidak tertarik dengan pesan atau penawaran yang dikirimkan melalui direct marketing.

Jika perusahaan tidak berhasil menargetkan konsumen dengan tepat, direct marketing hanya akan menghabiskan banyak anggaran tanpa hasil maksimal .

Adanya regulasi privasi negara tertentu

Dalam era digital, kebocoran data menjadi salah satu kekhawatiran pelanggan. Beberapa negara mulai menerapkan regulasi privasi mereka sendiri, seperti General Data Protection Regulation (GDPR) di Uni Eropa, yang mengatur penggunaan data pribadi oleh perusahaan.

Hal ini membuat direct marketing lebih sulit untuk menjangkau audiens target karena perlu mematuhi regulasi privasi yang berlaku .

Potensi mengganggu audiens

Jika pesan atau penawaran yang dikirimkan melalui direct marketing terlalu sering atau tidak relevan bagi audiens, hal ini dapat mengganggu mereka dan menyebabkan mereka mengabaikan atau bahkan memblokir pesan tersebut.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan frekuensi dan relevansi pesan yang dikirimkan agar tidak mengganggu audiens dan tetap efektif dalam mencapai tujuan pemasaran.

Meskipun memiliki kekurangan, direct marketing masih dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif jika dilakukan dengan tepat dan memperhatikan faktor-faktor tersebut.

Perusahaan perlu melakukan riset dan segmentasi yang baik untuk menargetkan audiens dengan tepat, serta mematuhi regulasi privasi yang berlaku untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

Oke, sekarang kamu sudah mengetahui bahwa direct marketing adalah strategi yang sangat dibutuhkan dalam bisnis. Direct marketing adalah salah satu cara mudah untuk meraih pelanggan. Tidak hanya itu, dengan melalui direct marketing tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan-pelanggan bisnismu.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds