• Home
  • Berita
  • Apa itu GUI? Pahami Definisi dan Cara Kerja GUI

Apa itu GUI? Pahami Definisi dan Cara Kerja GUI

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Pada era digital saat ini, rata-rata masyarakat sudah memiliki perangkat teknologinya masing-masing dengan berbagai jenis dan bentuk. Seperti Smartphone, Tablet, Laptop dan sebagainya. Apakah kamu pernah penasaran bagaimana perangkat keras atau hardware dapat memenuhi kebutuhan kita saat memberikan sebuah perintah?

Pastinya, semua terlihat melalui layar apa saja yang tersedia, apa saja yang dibutuhkan dan apa ada yang salah dengan perintah yang kita sampaikan? Layar pada perangkat yang interaktif dan berisikan banyak komponen itu bernama GUI. Apa itu GUI? Apakah kamu pernah mendengarnya? Lebih lengkapnya akan dibahas tuntas pada artikel ini, jangan sampai terlewat ya!

gui
Sumber: Envato

Apa itu GUI?

Apa itu GUI? Graphical User Interface atau GUI adalah antarmuka sistem operasi berbasis grafis yang bertujuan untuk memberikan visualisasi pada sebuah perangkat. Sudah familiar bukan dengan kata User Interface? GUI merupakan salah satu  penerapan dari user interface pada sistem operasi yang telah berkembang sangat signifikan. GUI adalah antarmuka interaktif yang menjadi jembatan komunikasi antara manusia dengan perangkat agar perintah yang diberikan dapat dijalankan dengan baik oleh perangkat.

Dengan berkembangnya GUI, saat ini sangat mudah untuk mengetahui terkait respon dari perintah yang diberikan, dan bagaimana harus menindaklanjuti atau menyikapi respon yang diberikan karena semua akan tertampil melalui visual pada layar perangkat. Ditambah lagi, saat ini semakin banyak inovasi ilustrasi yang menarik untuk lebih merepresentasikan sebuah fungsi atau fitur pada sebuah sistem.

Seiring berkembangnya zaman, beberapa sistem operasi GUI mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari beberapa tahun belakangan ini. Selain mengikuti perkembangan zaman, saat ini tampilan GUI pada beberapa sistem operasi juga sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

GUI adalah user interface yang dapat berbentuk sebuah aplikasi, sistem operasi, dan sebagainya yang merupakan tampilan depan dengan merepresentasikan fungsi ataupun fitur pada sebuah sistem yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Contoh Graphical User Interface

Dari segala jenis user interface, Graphical User Interface adalah salah satu antarmuka yang menggunakan model dengan pola software model-view-controller. Dengan pola tersebut, informasi internal dan eksternal akan terpisah. Jadi, fungsi yang ditampilkan pada layar hanya fungsi-fungsi yang dapat langsung digunakan tanpa harus menggunakan kode dan sebagainya.

Hal ini membuat interaksi akan lebih mudah dilakukan, karena pengguna tidak perlu lagi mengotak-atik kode yang ada di dalamnya. Berikut merupakan contoh Graphical User Interface pada dua sistem operasi yang berbeda.

gui
Contoh Graphical User Interface dari sistem operasi MacOS 13.3 
gui
Contoh Graphical User Interface dari sistem operasi Windows 11

 

Graphical User Interface adalah antarmuka yang tidak memiliki standarisasi khusus. Mereka memiliki perbedaan desain, namun pola-pola fungsi yang digunakan masih sama. Walaupun saat kamu berpindah sistem operasi kamu harus melakukan adaptasi, tetapi dari segi fungsi tidak akan jauh berbeda. Selain kedua contoh ini, masih banyak sistem operasi yang memiliki Graphical User Interface yang beraneka ragam.

Selain pada sistem operasi, aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan juga memiliki Graphical User Interface yang sangat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Berikut merupakan beberapa contoh aplikasi yang menggunakan Graphical User Interface dan rutin melakukan pembaharuan.

gui
Contoh Graphical User Interface Aplikasi Microsoft

Contoh Graphical User Interface di atas merupakan salah satu aplikasi Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat sebuah presentasi berbentuk slideshow. Microsoft dengan periode waktu tertentu rutin melakukan pembaruan fitur serta desain yang lebih memudahkan pengguna dalam membuat sebuah presentasi. 

Microsoft juga terus meningkatkan kenyamanan pengguna dalam penggunaan aplikasi-aplikasi yang telah mereka luncurkan. Hal inilah yang mengakibatkan seiring berjalannya waktu kita lebih mudah lagi menggunakan sebuah aplikasi, karena pihak developer telah mempelajari apa saja pola-pola yang dilakukan oleh para penggunanya.

Cara Kerja Graphical User Interface

Dengan pola user interface yang diterapkan oleh Graphical User Interface yaitu software model-view-controller, cara kerja Graphical User Interface satu dengan lainnya hampir sama. Karena Graphical User Interface sebagai visualisasi sebuah sistem operasi yang akan muncul di layar.

Cara kerjanya cukup mudah, yaitu saat kamu ingin melakukan suatu tugas, kamu hanya perlu menggeser serta mengarahkan icon tanda panah melalui mouse/trackpad yang ada pada perangkat kamu, dan selanjutnya kamu dapat memilih menu yang sesuai dengan tugas yang akan kamu lakukan.

Cara kerja Graphical User Interface pada setiap sistem operasi sebagian besar sama persis, karena visualisasi yang menampilkan kebutuhan-kebutuhan pengguna. Cara kerjanya tidak jauh berbeda satu dengan lainnya. Kamu hanya perlu menemukan menu yang tepat dalam menyelesaikan tugas yang akan kamu lakukan. Terkadang, perbedaan yang cukup besar yaitu ada pada desain antarmuka yang sesuai dengan kreativitas developer pada sistem operasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan GUI

Pada penerapannya, teknologi memang tidak sempurna termasuk pada Graphical User Interface ini. Terdapat kelebihan dan kekurangan Graphical User Interface yang harus kamu ketahui agar lebih mudah mengoperasikan sebuah sistem operasi dengan tepat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Graphical User Interface.

gui
Sumber: Envato

Kelebihan GUI

  • Memberikan Kemudahan dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Tentu saja Graphical User Interface adalah teknologi yang sangat memudahkan manusia dalam interaksinya terhadap komputer. Dengan visualisasinya dan fungsionalitas yang sederhana, pengguna akan terbantukan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau kebutuhannya. Pengguna sudah tidak perlu lagi melakukan coding dalam mengubah atau mengoperasikan komputer dalam menyelesaikan sebuah tugas. 

  • Membuat antarmuka lebih menarik

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa sistem operasi komputer memutuskan untuk melakukan perkembangan dengan pembaharuan desain yang lebih modern dan lebih memudahkan pengguna mengatasi kebutuhannya. Walaupun desain antarmuka yang berbeda-beda, fungsionalitas dasar yang dimilikinya tetap sama dan semakin mudah digunakan.

  • Memudahkan menyelesaikan sebuah tugas

Dengan adanya Graphical User Interface, pekerjaan menjadi lebih lebih cepat selesai dan lebih efisien. Hanya dengan menggeser icon tanda panah mouse, kamu dapat mengakses dan memilih menu yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu mengeksplorasi dan memperhatikan apa saja menu serta fitur yang dimiliki oleh sistem operasi tersebut.

Kekurangan GUI

  • Menggunakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Dengan visual yang menarik, pastinya butuh kapasitas yang tidak kecil untuk merealisasikan tampilan yang menarik. Di dalam visualnya, terdapat banyak komponen yang harus dipersiapkan oleh sistem, seperti warna, ilustrasi dan sebagainya. Jadi, pastikan jika kamu ingin menerapkan Graphical User Interface, kamu harus menyiapkan kapasitas yang cukup pada perangkat kamu ya!

  • Kurangnya Fleksibilitas

Bagi seorang developer, dengan ilmu yang dimiliki dan rasa pengetahuan yang tinggi terkadang mereka ingin mengubah atau memodifikasi beberapa fungsionalitas yang sudah ada menggunakan beberapa baris kode. Jadi, kebanyakan Graphical User Interface tidak mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi atau menambah sebuah fungsionalitas secara khusus.

  • Memerlukan waktu yang lama dalam pengembangannya

Untuk mempersiapkan Graphical User Interface yang optimal, seorang developer membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengembangkannya. Mulai dari tahapan riset hingga deployment yang memerlukan banyak sumber daya dan waktu. Untuk itu, pembaharuan yang dilakukan pasti memiliki jarak periode waktu tertentu agar perusahaan dapat efektif memaksimalkan desain-desain atau fungsionalitas tertentu.

gui
Sumber: Envato

Teknologi yang Menampilkan Visualisasi

Jadi, sudah memahami apa itu GUI? Graphical User Interface adalah salah satu teknologi yang dapat menampilkan visualisasi sebuah sistem yang dapat membantu manusia berinteraksi dengan sebuah perangkat. Graphical User Interface dapat memudahkan para pengguna dalam menyelesaikan sebuah kebutuhan atau tugas dengan lebih efisien. Namun, Graphical User Interface juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang dapat kamu manfaatkan dan kamu siapkan untuk dapat menggunakan Graphical User Interface secara optimal.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds